Hari Ibu, Tahun Keempat, dan Sebuah Bentuk Terima Kasih

73 comments
Kau adalah rasa haus yang terus membuatku dehidrasi.
Meski aku telah minum ratusan gelas.
Bahkan, sampai aku terkencing-kencing.

Kau adalah kebaikan yang tak akan mungkin bisa kubalas.
Bahkan sampai akhir hayatku nanti.
Engkau takkan pernah terganti.




Selamat Hari Ibu!

Maaf kalau telat beberapa hari. Kemarinan pas tanggal 22 Desember, gue lagi sok sibuk banget. Oiya, entah yang barusan itu sebuah puisi atau apa, biasalah gue kan kadang suka sok-sok penyair gitu. Halah.

Anyway, gue nggak bisa melakukan hal yang spesial di Hari Ibu ini selain bikinin puisi. Gue belum gajian. Mau sekadar beliin kue bolu atau brownies gitu aja gak bisa. Iya, invoice gak cair-cair. Mana isi dompet gue udah makin tipis. Buat keperluan pribadi aja bingung. Jadi, yang bisa gue lakukan adalah mendoakan beliau.

Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang. Gue berharap banget semoga beliau masih sempat melihat gue menikah dan memiliki anak nanti. Ya, karena gue anak pertama. Nyokap belum bisa menimang cucu di usianya yang udah semakin tua itu. Semoga beliau kesampaian umroh atau pergi haji. Semoga beliau masih sempat melihat gue tersenyum karena berhasil meraih mimpi-mimpi dan sukses dengan jalan yang gue pilih. Atau keinginan yang paling simpel, beliau bisa melihat sebuah buku yang tertulis nama Yoga Akbar Sholihin sebagai penulisnya. Aamiin.

Ngomongin Nyokap kayaknya nggak pernah ada habisnya deh. Selalu ada kisah yang bisa gue ceritain tentang beliau di tulisan. Sebelumnya gue pernah menceritakan kisah ketika memberikan kejutan ulang tahun untuknya. Gue juga pernah curhat kalau Nyokap adalah pahlawan gue. Bahkan, tentang Hari Ibu pun juga sudah pernah.

Nah, gue jadi kepikiran gimana kalau kalian (pembaca blog ini) gantian yang menuliskan tentang ibu. Kemudian gantian gue yang baca. Tenang aja, akan ada hadiahnya, kok.

Sumpah, ini seriusan!

Semua itu karena...

BLOG GUE SUDAH BERUMUR 4 TAHUN WOY! MUAHAHA.

Iya, blog gue ini terbuat pada tanggal 22 Desember 2012. Ng... gue lupa, sih, tanggal pastinya. Namun, di tulisan pertama yang berjudul Kamu Satu itu tanggalnya percis barengan sama Hari Ibu. Daripada ribet-ribet buat mengingat kapan blog ini terbuat, ya gue anggep aja itu tanggalnya.

Asli, gue masih nggak nyangka kalau udah ngeblog selama 4 tahun. Perasaan kemarin baru dikasih tau sama temen kalau mau jadi penulis bisa dimulai dengan latihan menulis cerita di blog. Perasaan kemarin baru ngerti dan mulai bisa bedain mana “di” kata awalan, mana yang kata depan. Perasaan kemarin baru ngerti apa itu istilah blogwalking. Perasaan kemarin baru paham HTML sedikit dan sok ngedit template sendiri, dan perasaan... halah perasaan mulu si Yoga. Nanti baper lagi kalau perasaannya dimainin.

Intinya mah banyak banget suka-duka selama ngeblog. Sekitar 2012-2014, bisa dibilang blog gue masih sepi banget. Pengunjung dalam sehari gak sampai 100 orang. Bahkan, komentar paling cuma satu atau dua biji. Barulah sekitar 2015 blog gue mulai ramai dan ada yang komentar. Blog ini juga dulunya masih ada embel-embel blogspot. Saat Juni 2015, baru deh gue memutuskan untuk mengubahnya menjadi yoggaas(dot)com. Kemudian, akhirnya ganti lagi—seperti yang kalian lihat sekarang ini—menjadi akbaryoga.com. Ya, semoga aja gue betah sama nama ini. Jangan sampai ganti-ganti lagi. Susah euy cari trafiknya! Balikin visitor per hari 1.000 seperti zaman yoggaas aja belum terwujud. Muahaha.

Gue yang tadinya hanya blogger curhatan, sekarang udah mulai menghasilkan receh. Ya, belum sampai 3.000 dolar, sih. Masih rupiah. Namun, gue tetap bersyukur banget kalau blog ini bisa jadi sumber rezeki. Jumlah kunjungan ke blog ini ternyata juga sudah mencapai 300.000 views. Alhamdulillah banget bisa mencapai angka ratusan ribu. Nggak pernah kebayang dulunya kalau blog ini bisa seramai sekarang (ya, walaupun di mata bloger senior ini mah paling nggak ada apa-apanya).

Blog yang niat awalnya hanya untuk curhat dan latihan menulis, eh sekarang malah tulisan itu berbayar. Ehehe. Entah itu berupa job review yang cuma menulis di blog atau liputan acara; baik diundang ke event kecil-kecilan yang hanya mendapatkan makan dan goodie bag, atau diundang ke acara besar yang malah dapet uang.

Lalu, menurut gue, rezeki itu nggak cuma uang. Teman yang baik juga sebuah bentuk rezeki. Nah, berkat ngeblog gue jadi mendapatkan banyak teman bloger, baik yang baru kenal secara maya ataupun yang udah pernah kopdar. Apa pun jenis rezeki itu, gue bersyukur dan bahagia banget bisa jadi bloger.

Oke, jadi ceritanya gue pengin membuat give away. Sebuah bentuk terima kasih dari gue karena udah sering meramaikan ataupun ngerusuh di blog ini. Hm... seperti yang gue bilang tadi di awal, kalau gue pengin gantian bacain tulisan kalian tentang ibu. Oleh karena itu, tema give away ini adalah: ibu

Kalian bebas mau bercerita tentang ibu dengan cara seperti apa. Mau tulisan curhatan gak jelas seperti gue, cerpen tentang ibu, ataupun puisi. Bebas deh! Atau malah mau ngata-ngatain ibu? Itu juga boleh, sih. Tanggung sendiri tapi akibatnya. Dasar anak durhaka kamu! Mau dikutuk jadi baskom? Wqwq.

Cerita kalian boleh di media apa aja. Boleh di blog (seperti blogger, wordpress, tumblr), sebuah foto kemudian tulis ceritanya di caption Instagram, notes Facebook, atau dinding toilet juga boleh. Pokoknya sebuah media dan bisa dibaca deh. Alangkah baiknya, sih, di blog. Namun, bagi yang nggak punya blog, tulis di Ms. Word dan kirim ke email gue juga gak apa-apa.

Buat kalian yang udah nulis, tolong infoin ke gue via email: ketikyoga(at)gmail(dot)com, terus kalau merasa itu ribet, ya kasih tau tautannya lewat Twitter juga gak masalah. Gue tunggu sampai tanggal 6 Januari 2017. Nah, nanti sekitar tanggal 9 atau 10 Januari baru gue umumin pemenangnya.


Hadiahnya apaan woy?!

Oiya, lupa. Hadiahnya ada empat.

Ya, karena ini ulang tahun blog yang keempat. Biar keren dan sesuai aja gitu. Alias mah karena bokek nggak bisa ngasih hadiah banyak-banyak. Muahaha.

Hadiah pertama: senilai Rp100.000,00 (seratus ribu).

Hadiah kedua: senilai Rp75.000,00 (tujuh puluh lima ribu).

Hadiah ketiga: senilai Rp50.000,00 (lima puluh ribu).

Hadiah keempat: buku “Digitalove, from chatting to cheating” terbitan Gramedia Pustaka Utama. Sebuah antologi dari Roy Saputra, Jenny Jusuf, Ariev Rahman, Adelina Fitriyani, Putu Aditya Nugraha, dan Twelvi Febrina.

Sebenarnya kalian bebas boleh menerima dalam bentuk uang, pulsa, ataupun buku. Yang penting nilainya segitu deh. Namun, mendengar saran dari beberapa temen di blog katanya kalau dalam bentuk uang atau pulsa itu nggak bisa dikenang. Cepet habisnya. Jadi, hadiah itu akan gue berikan dalam bentuk buku yang mungkin bisa jadi kenang-kenangan. Suatu hari ketika kalian baca buku itu, kemudian teringat, "Wah, hadiah GA dari blog Yoga nih". Tentunya akan timbul sebuah perasaan yang berbeda. Jika kalian menerimanya dalam bentuk uang, ya paling udah gitu aja. Cuma senang di awal. Gak ada sesuatu yang membekas di dalam pikiran kalian untuk beberapa tahun kemudian.

Nanti para pemenang akan gue kabarin dan kalian memilih judul buku itu, kemudian gue yang tinggal membelikannya selama stok di toko buku daerah gue tersedia. Misalnya gini, kamu juara satu dan dapet hadiah seratus ribu. Kamu terusnya memilih mau beli buku Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan) yang harganya 99 ribu. Terus kalau mau beli dua buku yang harga satunya 50 ribu, juga gak apa. Pokoknya mah nggak lebih dari nilai hadiah itu. Nah, kayak gitu ya contohnya.

Eh, tapi kalau kalian domisilinya jauh, secara kan gue di Jakarta nih. Palingan yang bisa gue beliin daerah Jabodetabek atau pulau Jawa aja. Kalau yang di luar itu, mending gue transfer uangnya ke rekening kalian. Dengan syarat uangnya kalian beneran buat beli buku, ya! Gimana? Setuju? Ini semua demi menghemat ongkos kirim. Wahaha. Dengan catatan, itu tidak berlaku untuk pemenang keempat.

Selain itu, gak ada syarat apa-apa lagi untuk give away ini. Tulisannya bebas. Mau pendek apa panjang gak masalah. Tapi ya jangan panjang-panjang banget juga, kalau panjang banget mending kalian kirim tulisan itu ke penerbit. Terus kalian gak wajib follow Twitter atau Instagram gue: (at)ketikyoga. Gak, gak perlu kok. Cuma kalau mau follow, ya boleh dan makasih banget! Gak perlu juga sertakan link ke blog ini, tapi kalau kalian bersedia melakukan itu secara sukarela mah bebas! Ehehe.

Pokoknya, gue bikin give away ini karena niatnya memang pengin berbagi. Masa, sih, segala pakai syarat-syarat yang ribet? Gue nggak mau ngerepotin kalian. Tulis cerita itu seenak dan senyaman kalian aja. Namun, yang tulisannya rapi dan sesuai EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) akan menjadi nilai tambah tersendiri. Fokus utama penilaian tetap pada kekuatan cerita dan konten yang menarik. Hehehe. Ya udah, segitu aja. Pada ikutan, ya! Doakan semoga rezeki gue lancar dan bisa sering-sering berbagi seperti ini. Aamiin.

***

Makasih banget udah sering mampir ke blog ini, baca-baca tulisannya, dan apalagi yang sering memberikan komentar, baik kritik ataupun saran. Bahagia bisa tumbuh bersama kalian selama empat tahun ini. Uh, sekali lagi makaseeeh!

Pokoknya gue nggak tau harus bilang apalagi selain terima kasih. Kalau dalam bahasa Jawa: matur suwun; bahasa Sunda: hatur nuhun; bahasa Inggris: thank you; bahasa Jepang: ikeh-ikeh kimochi, eh-eh salah maksud gue arigatou gozaimasu.

Dan untuk menutup tulisan ini, gue pengin ngikutin kata-kata yang ada di undangan ulang tahun:

Blog ini tiada kesan tanpa kalian. Tanpa pembaca yang baik dan keren seperti kalian. Tanpa komentar kalian. Tanpa dukungan dan apresiasi dari kalian. Kalian luar biasa!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

73 comments

  1. Selamat ulang tahun akbaryoga.com Semoga panjang umur dan selalu banyak sharing...

    Btw... bisa2nya keselip ikeh ikeh kimochi 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Feb. :D Itu lagi kebetulan nemu buat jokes. Wahaha.

      Delete
  2. Apa dayaku yg blogger newbie mas, aku ngefens mas ngefens Karo blognya sing wis Patang taon..

    Jadi, ikutan enggak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Makasih udah ngefans. Halah. Ikutan dong, meramaikan! :D

      Delete
  3. Gak kerasa ya udh 4 tahun. Semoga blog ini terus memberikan manfaat untuk para pembacanya.. Trutama mas Yoganya trus sehat agar bs berbagi dlm blog ini..

    Btw, stiap inget jepang knapa ikeh ikeh kimochi.. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih, Mas Andi.

      Wakakak. Karena JAV memang bagus. XD

      Delete
  4. Hmm.. gue mau ikutan ah. Mayan dapat janda muda #LHA.

    ReplyDelete
  5. Selamat ulsng tahun blognya yogaaaaaaaa :)

    ReplyDelete
  6. Selamat, Yog. L udah konsisten selama 4 tahun melayani pembaca. Tetep es krim spesial mesti dibuat sekuel. Sebagai kado.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm... nanti deh kalau ada ide liar lagi. Ehhh.

      Delete
  7. Uwaaaah pas banget si aku lagi kangen mamah banget. Tapi sebagian ttg mama sudah kuceritakan di grup blogger. Tapi ngapapa dah ceritain lagi kali yaa. Mau ikutan ah, sebagai anak kos harus mampu mencari celah dengan baik nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohoho. Kutunggu partisipasimu, Bah. Ajak yang lain! Sebarkan! Jangan berhenti di kamu!

      Delete
  8. Selamat ulang tahun ya akbaryoga.com Gila keren banget udah bisa kasih giveaway sendiri. Semoga makin semangat updatenya ya yog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak blogger yang lebih keren. Wehehe. Eniwei, thanks ya, Jo!

      Delete
  9. yoog, itu foto mamamu baru2 ini ato udh lama? muda bangeetttt :D.. kalian cocok jd kaka adek malah ..;)

    aku kayaknya ga ikutan dulu yaa, soalnya bingung mw cerita apa soal mama. jujurnya krn memang ga deket.. apalagi skr beda pula gini. aku br tau ttg hari ibu 22 dec, itu jg pas kuliah yog.. sblmnya ga tau dan boro2 mau ngucapin. .udh ah, ntr malah curhatan gaje lagi yg ditulis ;p.. sukses GA nya.. moga banyak yg tulisannya bgs2 supaya kamu bingung pilih pemenang huahahaha ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya itu foto 2015 deh. Baru setahun yang lalu. Wahaha. Anjir kakak-adek. XD

      Iya, gak apa-apa kok, Mbak. Terima kasih doanya! Aamiin. :D

      Delete
  10. oalah jadi ini akhirnya giveawaynya... sukses terus yoga.. berkah GA nya, makin banyak rezeki, cepet dapet kerja yang tetep, tetep konsisten sama tulisan nanti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih ya, Lia. Iya, harus konsisten dong. Wqwq. Sukses juga buat elu! :))

      Delete
  11. Wow udah empat aja nih cees. Saya doakan semoga kamu makin rajin bikin postingan Yog. Ah iya, mudah-mudahan gak akan terjangkit suatu virus yang lazim dialami blogger, yaitu......vakum. Jangan sampe lah.

    Ide give away nya keren banget nih. Selain hadiahnya yang asoy, topiknya juga mengajak untuk berbakti. Wadaw rawan mengundang air mata ini mah. Ha ha.

    Tapi cees, kayaknya saya gak bisa ikut euy. Gak tahu kenapa akhir-akhir ini 'lupa' cara nulis. Virus malas sedang menggerogoti :(

    Semoga lancar yog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, nggak mau lagi vakum. Saya pernah vakum 3 bulanan sewaktu depresi. Itu bikin kepala saya pusing karena gak nulis. Wqwq. Aamiin. Makasih doanya! :))

      Sengaja. Saya emang pengin nangis baca kisah-kisah pembaca. :D
      Woahaha. Yowes, gak apa-apa. Terima kasih sudah mendoakan! Lancar juga dengan segala urusan, Akang Agia. :)

      Delete
  12. Akhirnya bisa follow blog ini lagi. Gue baru enggeh kenapa di 'daftar bacaan' di dashboard gue selalu si blog maha ngaco itu, ternyata gue masih memfollow yang yoggaas itu. Jadinya enggak masuk deh blog lu

    Goodluck buat GA nya
    Eh emak lu masih kalah tua sama emak gue. Jadi nikahlah nak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Udah ganti sejak lama euy! Lu duluan apa gue nih yang nikah? :p

      Thanks, ya!

      Delete
    2. Mahangaco bukannya milik si robby

      Delete
    3. Mbak Nita: Iya, punya Robby emang. Itu si Dicky ngeledek Robby, kan. Nongol mulu di dashboard keseringan apdet blog. :D

      Delete
  13. Yah, doa saya (yang ditulis di komen) mah cuma satu: semoga tahun 2017 ada giveaway buku yang nama penulisnya Yoga Akbar Sholihin. Eh, tapi nama penulis bukannya cuma dua kata aja atau pake singkatan? Yoga A. S. bagus tuh.

    Selamat ulang tahun blog akbaryoga.com. Semoga semakin seru ke depannya dan makin rame pengunjung. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Rata-rata pada pakai nama pena, ya. Atau disingkat. Yoga Akbar S paling. :))

      Aamiin! Semoga blogmu juga begitu. :D

      Delete
    2. Yoga A.S bagus tuh, kalo lagi iseng biar kutambah satu huruf lagi. :))

      Delete
  14. Wih gila udah 4 taun, sukses terus ya ngeblognya ^^

    ReplyDelete
  15. Yoga dompet tipis aja masih bisa GA.
    Uhuy yoga memang panutan :D
    Btw, deadline mepet bgt. Gak ada niat perpanjangan waktu nih yog ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panutan apaan? XD

      Ada. Lihat lagi aja tanggalnya. :p

      Delete
  16. 4 tahun dengan syukuran GA, boleh juga nih..
    Catet dulu. Semoga keburu buat ikutan. Wkwkw...


    Btw, salam buat nyokap. Semoga sehat selalu ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Kakak. Aamiin. Sehat juga buat lu sekeluarga. :)

      Delete
  17. Waaaaaaaa~ Selamat Ulang Tahun blognya Yogaaaa.
    Semoga ke depannya blog ini makin plus-plus-plus-plus~ ^^
    Hmmm. Menarik, nih~ Ikutan tidak, yaa~ Wqwq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus-plus-plus dalam artian apa nih? :/

      Bebas. :D

      Delete
  18. alhamdulillah yah dapat rejeki dari blog meski belum bernilai 3000USD ngahahahahah asih aja dolaarr. Semoga suatu saat nanti bisa kesamapaian sih dapat 300USD ya, Yog.
    Emang niat mau nulis tentang Mamski sih, tapi takut gak keburu detlen haha. Suksess terus yaa Yog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka. Belum bisa sampai ke titik itu, Mia. :( Aamiin, begitu juga dengan lu, ya! Sukses! :))

      Delete
  19. Hai tante ... bentar lagi anak nya mau kasih mantu hahaha
    Selamat 4 th buat blog nya, sukses selalu trus sharing yesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih mantu apeaaaan. Wqwq.

      Makasih, Mas Cum! :D

      Delete
  20. ah, mamahnya cantik kak muda.
    ditunggu tulisan selanjutnya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe. Kamu mau saya bilang cantik juga? :))

      Oke!

      Delete
  21. BOOM! Selamat ya bro udah 4 tahun aja. Semoga makin kece aja blog lo. Jangan ganti nama lagi. Hahaha

    Btw, sukses nih untuk give awaynya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, segala pakai boom. :D Gue juga males ganti-ganti lagi. Makasih, ya! :D

      Delete
  22. Waaaaaaaaaaaa blognya lagi ulang tahun yaaa...
    jadi makan-makannya di mana?
    *dikeplak

    ReplyDelete
  23. oh iyes, selamat hari ibu..
    mamanya cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Nona. Kamu juga cantik, meskipun saya belum pernah melihatmu. Namun, setiap perempuan emang cantik, kan? :D

      Delete
  24. Hmmm temanya cukup dekat, bahkan dekat banget sama sehari2 nih. Tinggal merangkai kata yang bisa membuat reflek air mata bercucuran agar menang :)

    Mau ikutan asal hadiahnya 3800 dollar. #sikap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa? Hadiahnya $3800? Kenapa saya harus memberikan hadiah sebanyak itu? Pikir sendiri! Ini Indonesia, Brother!

      Delete
  25. KOMEN DI ATASKU BANGKE BANGET SIK.

    Iya, memang nggak ada habisnya kalau ceritain soal Ibu. Apalagi kalau anak cowok, kan biasanya anak cowok lebih dekatnya sama Ibu daripada sama Ayah.

    Pengen ikutan, tapi tulisan ono itu aja belom :(((( kayaknya aku harus melakukan usaha yang berkepanjangan, doa yang terus dipanjatkan, sujud yang terus dilakukan supaya semangat nulis lagi, Yogs :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya juga. Cowok lebih dekat sama ibu. :)

      Ya, kalau begitu tulis saja. Mana yang menurutmu lebih penting. Semangka! :D

      Delete
  26. wwidih dehidrasi~ pembukaan yang keren

    kalau gitu cepet nikah lalu ena ena biar ibu cepet nimang cucu

    1000 views per hari 300.000 views? alig alig keren. sering dapet job review? diundang ke event?

    wah gue dengki sekali terhadap kesuksesan lo hahaha

    ikut nga yah? aku pikir-pikir dulu deh (kaya cewe ditembak aja)

    keren lo yog, selamat ulang tahun! 4 tahun bener-bener berkembang. terusin, jangan stuck kaya gue. gue doain semoga makin mantap jiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Sok emang buka tulisan pakai puisi.
      Wahahanjeeer. Lu duluan deh yang nikah. :p

      Itu zaman masih yoggaas 1k. Wqwq. Sekarang mah sedikit, Tom. :) Sukses gak harus kayak gitu, kok. Masih banyak yang lebih hebat di dunia perblogeran. Mungkin aja lu juga sukses di dunia nyata, kan? :D

      Terima kasih! Ayo, ikut dan ramaikan! :)

      Delete
  27. Blog kamu sudah balita ya yog, sudah bisa apa aja dia ? *ngemesumin artikel #dihajar hahhaha

    Hmmm ibu kamu cantik banget, aura seorang ibu emang selalu menenangkan enta knapa
    Yog tolong jangan bawa2 statistik dong, gue kan minder, perbulan aja gue masih 28 ribu mulu, kapan ngrangkaknya coba hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bisa banyak. Merangkak. Menyusu. Halah!

      Lah, 28 ribu? Hmm, banyakan Mbak Nita itu mah. Saya kan ramainya dulu pas yoggaas. Sekarang biasa-biasa saja. :D

      Delete
  28. Kok gue jadi pengen ikutan giveawaynya y

    ReplyDelete
  29. Waaaa ngadain giveaway, waaa udah 4 taun, waaa mantap soul. Aku mau dong ikutan, moga keburu sebelum tanggal 6 jan ya hahaha. Kalau gak keburu, ya emang Fasya nya aja suka malesan wqwq.

    Eh iya, hepi eniv blognya Yogaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan, Teh. Masih sepi tau nih. Sama. Aku pun juga malesan anaknya sama give away. Bisa-bisa ikutnya pas mepet deadline. :(

      Wahaha. Makasih, yaaa! :D

      Delete
  30. jadi pingin ikutan give away nya ni Mas ... tapi masi bisa nggak Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca sampai kapan tanggalnya, Mas. :)

      Delete
  31. Selamat buat anniversary-nya yang ke-4.
    salam kenal dari saya.
    barusan saya kirim link artikel via email ya.
    Semoga berkenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, salam kenal. Btw, terima kasih udah ikutan! :D

      Delete
  32. Gue googling dong apa itu ikeh-ikeh kimochi.
    Dalam bahasa inggris : feeling of good pleasure.

    Hwhahahahaa

    Yahhh kayaknya gue pengen ikutan nih, kalo di gabungin sama 30 hari bercerita yang ada di ig itu boleh gaaak?
    :D *biar sekalian wqwq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ini bukan googling.. maksud awak ini google translate ding wkwkkw

      Delete
    2. Gue baru bacaaa postingan yoga yang ini dari link link pas BW huahahaa. Jangan jangan udah lewat lagi terus aku baru komen mau ikutan.

      *dasaaaaaaaaaaaaaaaaar awak ni*

      Delete
    3. Jangan segala di-translate. Itu cuma jokes gak penting. :D Maaf ya, Da. Kamu telat blogwalking. Wqwq. GA itu udah habis. :p

      Delete
  33. Kok sekarang malah jarang apdet ya bro? Sibuk? Kirain setelah raup banyak dollar *aamiin* makin rajin posting, kok saya lihat malah sepi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dolar dari mana? Blog ini nggak pakai iklan, Mas. Ngaco deh. Wqwq.

      Delete

Terima kasih sudah membaca. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.