Tips Liburan ke Bali ala Blogger Curhatan

66 comments
Orang yang sudah mengenal gue (baik di dunia maya ataupun nyata) pastinya tahu kalau gue ini seorang blogger curhatan. Namun selain curhat, gue juga suka jalan-jalan dan kulineran (walau nggak gemuk-gemuk).

Gue, sih, biasanya jalan-jalan itu untuk mencari inspirasi menulis atau menghilangkan stres. Ya, seperti kondisi sekarang ini deh. Gue mulai penat dengan suasana kota Jakarta yang entah kenapa malah semakin kacau. Apalagi menjelang pemilu begini. Hal ini pun membuat gue pengin liburan ke suatu tempat.

Kemudian dengan spontannya gue langsung menyebut nama "Bali".

Kenapa Bali? Pertanyaan bagus!

Karena gue belum pernah ke sana dan pengin mencoba menikmati keindahannya. Muahaha.

Oke, serius. Gue emang belum pernah ke sana. Lagian mah biasanya saat ada jatah cuti untuk liburan, sebagian orang akan memilih Bali sebagai tempat untuk berlibur. Betul, gak?

Betul dari mana? Ke sana juga belum woy!

Kalaupun kalian belum pernah ke sana, mungkin kalian pernah mendengar dari kerabat atau teman-temanmu yang pernah berlibur ke sana. Kalau belum pernah denger juga, ya setidaknya kalian pasti pernah berselancar di internet tentang betapa serunya cerita perjalanan dan liburan di Bali itu.

Dan kita selalu memiliki alasan untuk mengunjungi Bali, bukan?

Siapa coba yang nggak tahu soal Bali ini? Para orang asing pun kalau berlibur ke Indonesia tentunya akan memilih Bali sebagai tujuan utama.

Bali memang dikenal akan banyak hal. Mulai dari pantai yang diminati banyak wisatawan, kemudian pie susu, juga karya seni dan adat istiadat yang kental. Beberapa hal itulah yang membuat Bali memiki daya tarik tersendiri. Bali sangat unik.

Karena gue belum pernah ke Bali, gue jadi kepengin banget liburan ke sana. Kalian yang belum pernah ke sana juga pada mau, nggak? (oke, ini pertanyaan retoris). Bahkan gue pikir, yang udah pernah ke sana pun pasti ingin kembali lagi. Iya, gak? Hohoho.

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat jika kita (gue atau kalian) ingin pergi mengunjungi Bali, nih. Meskipun gue belum pernah ke sana, tapi gue udah coba riset dan tanya beberapa teman yang pernah mengunjungi Bali. Jadi, berikut inilah tips saat kalian ingin berwisata ke Bali

sumber: Pexels.com



1. Jangan Saltum!


Saltum atau singkatan dari salah kostum ini nggak hanya terjadi saat kita datang ke pesta atau suatu acara. Tapi, pada saat berpergian ke suatu kota, pastikan juga kita tidak salah kostum atau salah mengenakan pakaian.

Mula-mula, perhatikan dulu tujuan berliburmu. Bila ingin ke pantai, membawa pakaian pantai seperti kolor dan bikini tentu saja sah. Namun, pakaian minim tidak berlaku jika kamu pergi ke museum-museum seni atau ke acara budaya yang ada di Bali. Terus jangan sampai salah kostum lainnya. Misal kamu yang hobi banget menjadi cosplayer. Kan nggak mungkin juga kamu ke pantai memakai kostum ninja atau cosplay menjadi Naruto. Apalagi kostum Power Rangers. Di Bali nggak ada monster. Megazord-nya mau taruh di mana pula?

Setelah itu, perhatikan cuaca yang kira-kira akan datang saat kamu berada di Bali. Jangan sampai kamu cuma membawa beberapa potong pakaian hanya untuk ke pantai, tapi tidak membawa pakaian resmi atau casual untuk berkeliling. Yakali, kamu mau keliling kota atau tempat makan cuma pake boxer doang. Ehehe. Boxer tinju pula yang dipakai sama sarung tangan tinjunya. Orang lain juga bakalan jijik melihat badanmu yang setengah bugil itu. Mending kalau badannya bersih dan bagus, kalau malah banyak panu?

Jika kedua hal tersebut tidak diperhatikan dari awal, mungkin kamu akan salah kostum karena pakaian yang kamu bawa tidak sesuai untuk dipakai pada tempatnya.


2. Dilarang Berbohong!

Kita sudah nggak asing lagi mendengar, bahwa Bali begitu taat beragama dan patuh pada peraturannya. Salah satunya yang paling kuat di Bali adalah agama Hindu. Berbeda sekali dengan di Jakarta, di mana kita lebih akrab melihat masjid dan gereja di mana-mana. Sedangkan di Bali itu lebih banyak Pura—tempat umat Hindu beribadah.

Sebagai wisatawan yang datang mengunjungi Bali, baik dari agama apa pun, kita tetap harus menghormati budaya yang ada di sana. Kita juga biasanya diperbolehkan mengunjungi Pura meskipun tidak beragama Hindu. Namun, pastikan kalau ingin ke tempat ibadah tersebut dalam keadaan bersih dan rapi. Kemudian sesampainya di sana biasanya kamu akan dipinjamkan kain untuk menutup tubuhmu.

Nah, untuk perempuan yang berkunjung, jangan pernah berbohong ya. Kalau sedang datang bulan, mending ngaku aja. Kalian tidak boleh masuk ke sana karena keadaannya sedang tidak bersih. Konon, jika kalian tetap memaksa masuk, maka kalian akan dikerubungi hewan monyet yang menandakan bahwa dirimu kotor. Sebenarnya mah berbohong itu juga perbuatan yang tidak baik. Entah kamu itu sedang berada di mana saja, biasakanlah untuk tidak berbohong. Lagian, menjadi jujur itu nggak ribet, kok.


3. Barang Wajib Sebelum ke Pantai

Sumber: Pexels.com

Jika ada keinginan untuk keliling ke pantai sekadar menikmati pemandangan, atau ingin berjemur, atau bahkan ingin surfing, kamu harus banget membawa beberapa hal penting. Mulai dari sunblock, kacamata hitam, topi pantai, dan juga dua kain panjang. Oiya, kain ini pun bisa kamu beli di Bali, lho. Apa kalian sudah pernah mencoba atau memiliki kain Bali yang adem dengan motif yang lucu-lucu itu? Kalau belum, kalian bisa mencobanya saat berkunjung ke sana. FYI, kain yang pertama itu bisa digunakan untuk alasmu saat bermain di pantai, dan kain satunya lagi untuk menutup kaki atau badan jika kepanasan.


4. Tentukan Tempat Penginapan

Di Bali ada banyak sekali hotel atau tempat penginapan yang bisa dipakai untuk bermalam selama kamu di Bali. Sebelum menyewa kamar, sebaiknya tentukan dulu tujuanmu akan ke mana saja. Kamu bisa menginap di Kuta atau ke tempat lain dengan catatan kamu sudah jelas memiliki tujuan akan melakukan apa saja selama di sana.

Tempat bermalam di Bali juga sangat beragam. Kamu bisa memastikan mulai dari harga, atau kenyamanan yang ditawarkan. Saran gue, sih, cari penginapan yang nggak jauh dari pantai. Kan lumayan banget bisa sambil menikmati senja yang jingga itu.

Senja (Sumber: Pexels.com)


5. Hemat Pengeluaranmu!

Walaupun kita memiliki banyak uang, apalagi kamu yang mempunyai kemampuan seperti Dimas Kanjeng untuk menggandakan uang, kita jangan pernah menghambur-hamburkan uang begitu saja. Kita harus tetap bisa mengontrol apa saja yang ingin dibeli atau apa saja yang harus dibayar. Karena saat berlibur di Bali, kita akan menjumpai banyaknya tempat wisata dan juga tempat belanja yang sangat menggiurkan untuk didatangi.

Apalagi jika kamu yang hobi berbelanja ini datang ke tempat belanja. Wah, pasti boros deh! Sebelum berangkat, cobalah untuk mencatat seluruh daftar yang akan kamu beli. Bisa dimulai dengan mencatat untuk siapa saja oleh-oleh yang akan kamu berikan, lalu apa saja yang ingin dibeli karena kebutuhan, dan berapa jumlah barang yang kamu mau. Karena mengantisipasi sebelum berbelanja itu memang penting. 

Ketika sudah mencatatnya, kamu bisa juga melakukan tawar-menawar agar bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu, pengeluaranmu akan lebih tertata selama berlibur di Bali. Kamu jadi lebih hemat deh. Lalu, uangnya bisa ditabung lagi untuk liburan berikutnya. Mantap soul

6. Indra

Ngerti nggak, sih? Kagak? Ya, maksudnya indra keenam. Maaf kalo garing.

Oke, kayaknya udah segitu aja tips ala blogger curhatan ini. Jadi, apa kalian sudah siap ke Bali setelah membaca tips barusan? 

Kalau gue, sih, terus terang belum. Iya, karena belum dapet jatah libur lagi dari kantor. Kebutuhan gue juga lagi banyak-banyaknya. Mana belum gajian pula (malah curhat, ya namanya juga blogger curhatan). Ah, setidaknya gue sudah membuat tips ala blogger curhatan ini kalau misalkan suatu hari kesampaian menginjakkan kaki di Bali. Semoga bermanfaat, ya!

Yaps, sekian dari gue. Terima kasih.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

66 comments

  1. Boom. Sebuah tips yang sangat bermanfaat setelah baca ini pikiran saya jadi terbuka. Saya menjadi arti dari kehidupan. Terima kasih yoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebarkan tips ini! Jangan berhenti di kamu!

      Sama-sama, ya. :)

      Delete
  2. Waduh saya juga belum pernah ke Bali, semoga suatu saat bisa pergi ke Bali.. aamiin

    ReplyDelete
  3. Tips yang sangat bermanfaat sekali terutama menghemat pengeluaran. Sebenernya aku juga sudah hemat soalnya nginap dan makan juga ditempat temen. Borosnya itu waktu belanja oleh oleh, kebobolan sialan. Saran sih kalo gak bisa nawar kayak aku gini mending beli jangan dipasar. Langsung di toko pusat oleh oleh aja.

    Aku gak pengen ke Bali lagi. Sekarang maunya ke Lombok. Itu menurut temen temen juga lebih seru. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahaha. Gila si Arum ini cewek nggak bisa nawar. Kamu harus punya skill itu, Rum. Wah, Lombok juga bagus tuh. Aku juga mau ke sana. Mampir habis dari Bali. Bisa. :D

      Delete
    2. Sudah pernah nyoba nawar tapi belum berhasil, padahal udah diajarin juga teorinya. Ujung-ujungnya langsung nanya harga pasnya aja ehehee

      Lebih baik ke Lombok aja dulu, baru mampir ke Bali. Soalnya lebih bagusan Lombok. Gitu saran dari kebanyakan temen yang udah pernah ke Bali dan Lombok.

      Delete
  4. gue belum pernah ke bali sih, sampai sekarang juga nggak terlalu berminat buat kesana. ehe
    itu tips kedua, ga boleh boong gitu ya, yog? nanti di krumuni oleh monyet'' gitu ya. hmm...
    seandainya aja hal ini berlaku di jakarta, kira'' lu di krumuni monyet'' gitu ga, Yog?

    yah, semoga suatu saat bisa mengunjungi kota bali. mau jemur badan, kayaknya badan gue juga ga putih''. ga guna juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa emang, Zi? Gue masih penasaran nih sama Bali. Huhuhu.
      Itu buat perempuan yang masuk tempat ibadah woy! Kenapa jadi gue? :(

      Gak guna gimana? Bergunalah. Biar penyakit panumu ikut putih. Eehhh.

      Delete
  5. Kenapa Bali? Pertanyaan bagus!
    Bilang j mw ketemu miyabi disana eh

    ReplyDelete
  6. Semoga bang Yoga kesampean ke Bali ... Sekalian ngajak followernya kesana Amin...
    Bang Yoga kalo nanti ke Bali jangan lupa minta kepangin di pinggir pantai. It's a must!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha. Ngajak followers-nya? Aamiin deh. Aku bukan perempuan. Masa rambutnya sampe dikepang? :/

      Delete
  7. tambahan yog, nginep di daerah Denpasar, murah dan dekat dari mana" :D *Mantan anak kos Denpasar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kendaraannya pake motor aja, soalnya nyewa motor murah dan aman :D

      Delete
    2. Oalah. Oke, catet. Denpasar, ya. Sip! Makasih tambahannya. :))

      Delete
  8. Aku pernah ke bali satu kali
    Motifnya dari sekolahan sii study tour
    Tapi sampe sana kok cuma liburan
    Gurunya asik sendiri muridnya asik sendiri
    Malahan ada yang pulang dari sana beberapa bulan kemudian keluar sekolahnya karna mau nikah
    Nah studynya dimana yaa ?
    .
    Jadi belajar sendiri liat sekitaran bali
    "Belajar bikin istana pasir di pantai kuta sambil nikmatin bule yg lagi klekaran"
    Pengen kesana lagi tapi kasusnya sama kayak kamu ga ada dana 😂
    Sekian komen dari aku, semoga kamu bisa liburan kesana dan bisa berbagi cerita liburan di bali untuk yang pertama kali judul tulisanya gitu mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Emang begitu. Study tour hanyalah judul. Intinya tetap jalan-jalan, kan? :))

      Semoga aja nanti segera terkumpul ya dananya. Aamiin. Ehehe. Bisa-bisa, boleh juga judulnya. Nanti pasti aku tulis kalau beneran kesampaian ke sana.

      Delete
    2. abis liburan ke bali langsung nikah... anjaaayyy... itu maksudnya bulan madu duluan? xD

      Delete
    3. Kok aku juga fokeus ke abis liburan langsung nikah ya xd

      Delete
  9. BOOM!! pertanyaan bagus!

    Kalo ke Bali wajib bawa uang kecil sih, bayar kamar mandi 3 rebu, yang vip 5 rebu, wudhu bayar serebu. nangyz sekebon. :(
    dan harus banget ati-ati kalo beli makanan agar tidaq terkena jebakan batman, serta hati-hati kalau pergi ke tempat hiburan malam, karna banyak bule yang nyamperin dan suka tau-tau "nawar" harga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan wudu juga bayar? Anjis baru tau. Wahaha. Makasih info tambahannya. Aku mah anak baik, nggak maenan ke hiburan malam gitu. :))

      Delete
  10. Jadi klo udah pernah ke Bali baru boleh bilang BETUL ya? Ehehe

    BETUL! Gue udah pernah ke bali. *Penuh kesombongan. #Komen kedua yang mirip, bahas bali sih! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rifqi: Ini Rifqi Banyol kok songong, ya. Awas kalo gue nanti ke Bali! Gue bikin iri sama tulisan tentang itu.
      Mbak Nita: Huft. :(

      Delete
  11. Keren neh kalau memang beneran bisa ke sana :D

    ReplyDelete
  12. Tips dapetin biaya ke balinya juga dong, Yog! sekalian.

    gua juga belom pernah ke bali, padahal dulu pernah tinggal di surabaya, deket... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. UP. KOMENTAR INI HARUS DI-UP. AKU PENGEN KELUAR PULAU. UP.

      Delete
    2. Haw: Nanti ya menyusul. :p Wah, itu deket kenapa nggak mampir? :/

      Icha: Ke Jakarta aja dulu sini.

      Delete
  13. Aku. Nggak. Bisa. Nawar. Anjis. Dan. Aku. Nggak. Pernah. Traveling. Jauh. Jauh. Apalagi. Ke. Bali. :((((

    Mantap soul banget dah tips-tips-nya. Apalagi yang keenam, Yog. Sangat bermanfaat. Ya, kadang kita butuh indra keenam sih biar tau liburan kita itu nyenengin apa enggak. Yha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Jakarta aja sini, aku ajarin nawar, Cha. :)) Yhaaaa. Padahal garing banget itu. :(

      Delete
  14. wah tips nya keren tuh.. thank ya tipsnya.. nanti-nanti klo mau jalan boleh tuh ajak-ajak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh. Asal kamu mau bayarin aku. :p

      Delete
  15. Wohooo Baliiii! Ini tips-nya sih banyak yang nggak cuman khusus untuk liburan di Bali deh. Tapi bisa di mana aja. Hehehe. Itu gue padahal mikir lama yang bagian indra keenam. Ternyata... gak ada maksud apa-apa. Sedih gue. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih. Ehehe. :(

      Maaf ya, Kak. Aku cuma bisa bikin kamu sedih aja.

      Delete
  16. Diliat dari judul, gue langsung ngecek dari atas ampe bawah, dan bener dong ada link kemana ahahaha, ini job review juga yog?

    Yup dimanapun kita berpijak di situlah kita harus menghormati dan menghargai adat dan budaya setempat, setuju sekali kakanyaaah ahahhahah
    Btw gue kmaren k pante salah kostum tuh, jdi kepanasan gegara pake outfit kondangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ehehe. Akhir-akhir ini berbayar terus tulisanku. Alhamdulillah. :))

      Wahaha seriusan? Yakali dah. XD

      Delete
  17. Aku pernah ke Bali waktu SMA buat study tour, itu pun cuma seminggu dan gak puas banget. Aku setuju sama semua tipsnya, dan yang bikin dilemma berat itu adalah tips yang ke-2. Antara pengen masuk ke pura karena penasaran dan takut sembarangan masuk karna lagi kedatangan tamu, alhasil aku engga masuk dan menunggu di luar Pura. Hiks :'(

    Tips ke-5. Hemat pengeluaran, aku engga berbakat dalam hal tawar menawar, untungnya ada temen jadi waktu beli oleh-oleh, bisa beli banyak huahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, sedih banget dong gak jadi masuk, Nov? :(

      Kamu masa jadi cewek nggak bisa nawar, sih? Harus belajar dari sekarang, biar nanti pas udah jadi ibu-ibu gak repot. :p

      Delete
    2. Iya, Yog. Engga sampe masuk. Aku kesana cuma buat nunggu depan Pura-___-

      Wkwk. Kadang bisa kadang engga, tergantung keadaan :v

      Delete
  18. Bali? Belum pernah sih! Meski sering plaining tapi gitu deh, sll aja batal
    boleh juga tipsnya, bohong? haduh nggk deh ngeri jg dikerubutin monyet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa sukses kalau merencanakannya lagi. Iya, jangan pernah bohong ketika mau masuk Pura, ya. :))

      Delete
  19. Pas baca di hape kurang nangkep maksudnya poin keenam. Eh, pas ke warnet... kok bangke ya? Sampe bikin ketawa-ketawa sendiri. xD

    Kalau di pantai bawa buku, rasanya kayak kurang pas menurutku. Udah ke pantai mah enaknya ngelihatin mbak-mbak berpakaian minim. Halah, apa ini.

    Ngomong-ngomong soal Bali, kapan nih Kakang Darma kembali? Kuingin bertemu dia lagi di meetup. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnet yang kenceng download di tegal alur di mana ya, Rob? Pengen donlod2 belum nemu tempatnya

      Delete
    2. Wahaha. Emang tergantung situasi atau kondisi, sih. Itu lagian jokes garing. :(
      Iya, kurang seru bawa buku. Mending bawa pacar terus maenan air, ya kan?

      Apa hubungannya sama Darma?

      Delete
  20. Gak usah ke bali. Ke kalijodo aja yuk sama gue, hahaha

    ReplyDelete
  21. Nih ada tips tambahan. Bawa pacar jangan lupa :p


    Peringatan!
    Untuk Jomblo jangan baca tips aku ini haha

    ReplyDelete
  22. Belom pernah ke Bali dan belom pengen ke sana. Buat yang pengen banget ke Bali WAJIB BACA DAN SHARE tulisan ini!

    ReplyDelete
  23. Akhir tahun ini rencana mau ke Bali nih pas banget deh dapet info di blog mu sob. Btw, lu udah ke Bali belum?

    ReplyDelete
  24. Kasihan banget dah umur segitu blm ke bali hua hua #Kabur

    ReplyDelete
  25. Komen mascum minta di toyor banget *tapi ga berani deng* hahaha fasya #dukungyogakebali2017

    ReplyDelete
  26. Tips-tipsnya sudah mantab nih Mas Yoga.
    Tinggal direalisasikan aja.

    Kalau ke Bali bisa kontak saya kali ya. Hehehehe.

    ReplyDelete
  27. Jangan lupa bawa cewe. Disana banyak tempat romantis.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.