Membaca Kenangan

72 comments
Akhir-akhir ini, gue lagi keranjingan membaca tulisan sendiri beberapa tahun ke belakang. Saat membacanya, perasaan gue pun otomatis menjadi campur aduk. Kalau baca tulisan 2012-2013, tentu saja bikin ngakak dan jijik sendiri karena tulisannya masih kacau dan membuat gue bergumam, “Ya Allah, ini beneran gue yang nulis?”. Merasa nggak percaya kalau tulisan gue saat ini sudah banyak berubah jika dibandingkan dengan tulisan pada tahun itu.

Lalu, ketika membaca tulisan tahun 2014, gue merasa kalau gaya gue sok-sok motivator yang sangat berusaha memberikan nasihat kepada pembacanya. Mirisnya, pada tahun itu sedikit banget dan jarang yang komen di blog gue. Alias cuma segelintir manusia yang baca. Terus itu gue ngasih nasihat ke siapa dong? Bangkai curut!

Pada tahun 2015, gue mulai terpengaruh dan belajar untuk menulis komedi. Ya, meskipun komedi-komedi di tulisan gue itu kayaknya garing banget. Sekalipun lucu, palingan yang jokes mesum. Sampai-sampai gue malah jadi keterusan untuk memakai cara itu. Gue merasa nggak kreatif sama sekali. Berniat menghibur orang, tapi caranya kok gitu-gitu aja? Menyedihkan.

Barulah pada tahun 2016, terutama setelah mengganti nama domain dan blog menjadi: akbaryoga(com) - Mengunci Ingatan. Gue mulai menulis apa aja yang memang ada di kepala. Yang penting keresahan dan pesan gue dapat tersampaikan. Kalau ada bumbu komedi yang bisa gue selipkan di tulisan itu syukur, nggak ada juga gak jadi masalah. Toh, nggak semua orang butuh tulisan lucu. Bisa aja dia lebih butuh tutorial. Tutorial menulis lucu dengan estetika yang diremehkan, misalnya.

sumber asli: pixabay yang kemudian ditambahin teks olehku

Masih terus menikmati tulisan-tulisan gue sendiri yang bikin diri ini semakin nggak keruan. Sampai akhirnya, gue menemukan puisi ini:


Di bawah putih berkelip
Ada kenangan yang terselip
Duduk berdua di meja kotak
Membuat hati semakin retak

Sedih dan pedih seolah-olah membentak
Marah dan ingin memberontak
Namun, di depanku ada botol-botol air suci
Yang kuharap bisa mengobati benci

Lama tidak bertemu
Kenapa masih ada api di matamu?
Yang membakar habis bahagiaku
Sampai lidah ini pun kaku

Kita mulai terjebak canggung
Entah bingung atau takut tersinggung
Yang pasti aku tidak begitu peduli
Apalagi memilih kembali

Pamulang, 15 Februari 2015

***

Gue masih nggak tau harus memberikan judul apa yang pantas untuk puisi itu. Apalagi judul untuk tulisan ini. Saat jari gue terus menekan tuts di laptop dan terketik kalimat ini, gue masih saja kepikiran akan judulnya. Namun, tetap nggak ketemu juga judul yang cocok. Yang gue tau, kayaknya gue nggak perlu mendefinisikan puisinya. Puisi itu bisa kalian artikan sendiri maknanya. Dalam seni kan setiap orang mendeskripsikannya berbeda. Hehe. Yang pasti itu memang menyangkut masa lalu dan gue malas untuk membahasnya. Gue cukup membaca kenangan itu di tengah hujan deras pada malam Minggu ini sambil mendengarkan lagu Endah n Rhesa “Untuk Dikenang (Jikustik cover)”.

Barisan puisi ini, adalah yang aku punya
Mungkin akan kaulupakan atau untuk dikenang

Tulisan dariku ini, mencoba mengabadikan
Mungkin akan kaulupakan atau untuk dikenang

Gue pun secara tidak sengaja menemukan judul itu ketika membaca ulang tulisan ini. Jadi, judul tulisan ini adalah....
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

72 comments

  1. Jadi, masa lalu yang mana nih Yog?

    ReplyDelete
  2. Membaca kenangan... horeeee

    "mulai menulis apa aja yang memang ada di kepala. Yang penting keresahan dan pesan gue dapat tersampaikan"
    setuju banget, dari pada nanti malah jadi beban karena mikirin konten postingan.

    Tapi kadang juga suka kepengaruh sama temen blogger yang lain sih, ehe he he. ngerasa malu karena isi blog cuma curhatan doang. padahal kan niat awal bikin blog emang buat curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hore minuman zaman dulu?

      Wahaha. Jadi Kera Sakti aja, Put. Biar tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran dalam membuat konten.

      Kepengaruh gimana tuh?

      Delete
    2. Gue suka tuh kata kata yang jadi kera sakti, biar tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran yihaaaa...ker sakti..tak pernah berhenti bertindak sesuka hati wkwkwk

      Delete
    3. Yoi. Bertindak sesuka hati. Kera Sakti memang film favorit. :D

      Delete
  3. Jikustik - Untuk Dikenang. Iya, itu ada 2 bait liriknya yang lu tulis di atas. Wkwkkw....
    Ini kok kebetulan bnaget gue lagi dengerin lagu-lagu lama -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih suka versi Endah n Rhesa. Nggak tau kenapa asyikan yang itu daripada orinya. :D

      Delete
    2. Banyak!!! Lagu cover yang lebih enak ketimbang penyanyi aslinya :-)

      Delete
    3. Apalagi kalo covernya rock version, lebih mantab hoho

      Delete
    4. Andhika: Iya, Mas.

      Brian: versi metal sekalian. :D

      Delete
  4. Semangat mengenang bang. Semoga kenangan yang indah.

    ReplyDelete
  5. kenangan yang mana dulu nihh ciee wk

    ReplyDelete
  6. Dan gua baca tulisan ini sambil dengerin lagu itu, ini efek hujan terus, kenangan juga muncul terus. Hahaha ga nyambung padahal :D

    Jadi judulnya 'Untuk Dikenang'?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagunya enak, kan? :p Bikin senyum-senyum gimana gitu.

      Judul lagunya iya, judul tulisannya bisa baca sendiri kan itu. Haha.

      Delete
  7. Replies
    1. "Terjebak di ruang nostalgia," kata Raisa mencoba membetulkannya.

      Delete
  8. itu pas buat puisinya dalam keadaan sadar engga bang? ya kali aja waktu itu lagi nyedot baygon
    .
    Terus itu gue ngasih nasihat ke siapa dong? Bangkai curut!
    emang bangkai curut bisa nerima nasihat, bang? bukannya bangkai curut itu udah mati ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi nyedot darah aja biar kayak vampir, Nik.

      Ya, udah mati. Lu yang bunuh pasti kan curutnya? Hayo, ngaku!

      Delete
  9. Membaca kenangan sesekali itu sehat. Berarti pikiran atau hati, lagi butuh nafas sebentar. Asal jangan keterusan aja bang yoga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh napas untuk? Ehehe. Iya, sebentar saja. Keterusan nanti nabrak ya, Jo.

      Delete
  10. Aku juga suka baca2 tulisan sendiri di blog, malah yang ternyata isinya spam banget, aku suka apusin hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak mau menghapusnya. Biarlah jadi kenangan kalau aku pun pernah alay, Sya. Wahaha.

      Delete
  11. Membaca kenangan... cocok buat judul puisinya juga kok :D
    Emang sih baca tulisan jaman dulu bikin campur aduk hati. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari judul susah euy. Ehehe. Begitulah tulisan zaman dulu. :)

      Delete
  12. Ha ha postingan jadulku sebagian besar udah yang dihapus malah. Disimpen jadi dokumentasi pribadi.

    Oiya, keren puisinya cees. Kali-kali ajarin dong. Bikin puisi kok susah banget ya. Pernah nyoba bikin beberapa kali, tapi hasilnya malah aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Itu puisi juga dokumentasi pribadi, Kang. Nggak berani dipublikasi sebenarnya. Cuma, ngerasa pas aja kemarin pengin ditaruh di blog. :))

      Saya juga masih butuh banyak belajar. Coba aja dipublikasi dulu. Nanti kan ada komentar tentang puisi itu. :D

      Delete
  13. Jadi judunya adalah membaca kenangan??

    ah gak ahsek nih malah endingnya ngegantung gini, macam sinetron kang bubur aja :/
    apa jangan-jangan tulisan ini bakal keluar part-part selanjutanya
    aaaaaak tidaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha. Iya, kalau judul tulisan ini. Kalau puisinya masih bingung. :|

      Bakal sampai season 7 gitu biar kayak Cinta Fitri.

      Delete
  14. MEMBACA KENANGAN! PASTI JUDULNYA ITU KAN? OKE!

    Btw, sukaaa sama puisinya..

    ReplyDelete
  15. Hmm.. *pertama kali mampir kemudian celingak-celinguk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada apa-apa di sini, Mput. Cuma curhatan. :|

      Delete
  16. Puisimu itu.. Mengingatkanku pada sebuah kisah yang tertulis di E-book.

    Kok aku juga ngerasa kayak Puti sih, kadang malu curhat di blog. Padahal bikin blog niatnya pengen curhat. Asem, tenen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda orang padahal. Bahaha. Namun, intinya sama, sih. Nggak pengin kembali lagi. :)

      Apalagi pembacanya udah banyak, ya. Terus curhatannya nggak begitu penting. XD
      Kembali ke niat bikin blog aja. Nikmatilah. :)

      Delete
  17. Betul mas, kalau baca tulisan lama tuh kayaknya seperti tidak percaya gitu kalau itu kita yang nulis..hehe
    Semakin kesini semakin ada peningkatan tulisannya..

    Beuh, puisinya mas.. Aku mah belum bisa bikin puisi.

    Ceritanya lagi nostalgia ini ya mas..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe. Baguslah kalau ada peningkatan. :D
      Coba bikin dong, Mas Andi. :))

      Gak nostalgia, emang lagi pas aja pengin posting puisi lama itu.

      Delete
  18. aku baper liat gambarnya. napa harus sepasang manusia? :'D heuheu


    puisinya bagus, bang. nyesek di bait yang paling terakhir. argh. </3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus sepasang apa dong? :|

      Makasih. Nikmatin aja rasa sesak itu. Kapan lagi ya, kan?

      Delete
  19. cie ciee...
    yang lagi melihat ke belakang..
    yang lagi sibuk baca postingan lama..
    yang lagi nostalgia..
    cieeeeeeh...

    ReplyDelete
  20. Bagus puisinya! Udah gamau panjang2, entar kolom komennya jelek. *beli siomay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Adi!

      Gak ada seribuan, Bang? Duitnya gede amat. *malah fokus ke siomay*

      Delete
  21. Komen gw kalo liat postingan awal ngeblog: "Ya Tuhan... kenapa postingannya copas-an semua"

    Tapi kalo lagi liat-liat postingan lama, kadang gw suka nggak nyangka pernah posting tulisan itu dan itu menarik. Disitu baru kerasa banget enaknya ngeblog. Dapet banget nostalgianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, pernah copas? Bahaha. Gak apalah masa lalu. :D

      Yoih. Jangan berhenti ngeblog! \m/

      Delete
  22. Puisi itu kayaknya bagus kalau dikasih judul.... Hikayat Mantan. Ngomong-ngomong soal postingan lama, di postingan lama kamu yang banyak itu, bertebaran komen-komenku yang manggil kamu dengan sebutan Bang. Bang Yoga. Taik lalat! HAHAHAHAHA NGAKAK. dan kalau soal ngomongin postingan lama lagi, aku rindu komenan jaman dulu. Rindu postingan lama. Nggak ada soal receh dan remeh yak, Yogs :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikayat Mantan? Kenapa harus itu? :(

      Bahaha. Halo Icha, makasih udah jadi fansnya Bang Yoga. :p

      Dunia bloger memang sudah berubah, Cha. Kita juga nggak bisa memaksakan bisa seperti dulu. Tugas kita mah buat jadi seru lagi biar yang lain termotivasi untuk kembali ngeblog. :p

      Delete
  23. aku juga suka baca tulisan lama
    dan sering banget nemu typo -_-
    tapi kalau puisi aku gak pernah buat mas, soalnya ga bisa nulis puisi, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Typo gak usah dipikirin amat, Mas. :D

      Huhuhu. Coba dong sesekali.

      Delete
  24. Halo Yoga, udah lama gak ke sini, makin rapi aja nih blognya. Ngangkat pembantu dari mana sih?

    Jadi sekrang lebih banyak nulis hal-hal serius ya lu? efek semkain bertambahnya umur haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Uzbekistan, Jeh.

      Nggak juga, sih. Lebih ke semau gue. Wahaha.

      Delete
  25. apa ya judulnya?

    "Usai"?
    eaaaa
    wkwkw

    Tapi itu terlalu to the point sih.

    Gmana ya gue kok jadi baper baca puisinya yog :(

    Itu kayak ketika hubungan udah selesai, tapi masalah belum selese.
    Pas banget sama gue nih.
    Udah putus, malah musuhan wkwkw.
    Gara gara si mantan takut sama pacar barunya, dehh.

    Padahal kalau hubungan selesai, masih musuh musuhan gitu malah kayak ada yang belum tuntas gitu lho. *halah halaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaa. :p

      To the point gimana, Da? :(

      Gak usah baper gitulah. Hm, tapi kalau emang lu lagi ngalamin, mohon maaf. Wqwq. Takut gimana? Nggak mau menjalin tali silaturahmi lagi gitu?

      Bener, sih. Kalau masih musuhan kayak perlu ada yang diomongin biar jelas. Ihiy.

      Delete
  26. Cieeeee

    Follback www.mangandosetiawan.com
    Salam kenal
    Terima kasih

    ReplyDelete
  27. baca, baca yang kenangan apa hayooo?

    ReplyDelete
  28. Loh gue malah kebalikan dengan lu dong yogs, gini...jadi kalo lu ngerasa lucu bin jijik wakaak ama tulisan lama, gue malah sebaliknya. Gue rindu cara nulis gie yang dulu...yang ga terpengaruh ama komen orang, yang ga terpengaruh ama tata bahasa yang kudu baku, njlimet bahkan sampe mikirin estetika penempatan photo ama tulisan baeknya kayak gimana. Dan gue ngerasa tulisan gue jaman dulu lebih alami yawla...kemunduran amat yak gue hahahhah

    Oiya gue jd penasaran ama tulisan yang katanya lu merasa menggurui, tapi karena ga ada yg baca jadi menggurui siapa....bangke curut ahhaha

    Oyah, bener banget, ga selamanya orang butuh tulisan lucu, ya gue setuju sih, nulis aja semau kita..,sesuai perasaan yang lagi dialamin, ntah itu pengen nglawak, pengen srius, pengen kritis, pengen puitis,, bebas, yang penting kepala ga mumet karena ga ada pelampiasan ye kannnnd, dah bijak blohm gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Mbak. Kadang nulis bebas tanpa aturan itu enak banget. Sewaktu belum ada yang baca juga rasanya asyik. Gak takut dikomen ini-itu. Cuma, buatku kritik itu penting. Ehehe. :D

      Wakaka. Gak menggurui juga, sih. Cuma sok bijak gitu kayaknya dulu. :(

      Yoih. Begitu emang yang baik. Nulis yang memang bikin kepala lebih enteng.

      Delete
  29. Karena lagi belajar dengerin band indie, gue ngebayangin puisi itu dijadiin lagu. Wah, mantap pastinya!

    Kalo nengok ke belakang, postingan gue yang lama-lama kayak apa ya? Lebih sampah kayaknya. Ada post tentang nahan boker terus cerita boker di sekolahan. Malu ngingetnya. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha. Siapa coba yang mau jadiin lagu? XD

      Nahan boker itu gak gampang, loh. Gak apa. Bagus dong ditulis. Wqwq.

      Delete
  30. flashback ga salah,
    tapi kalo ga bisa lepas itu namanya terjebak di masa lalu.
    Jadinya bakal susah buat ngelangkah maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai terjebak dong. Nggak susah asal gak keseringan lihat ke belakang. :D

      Delete
  31. ya ampppunnn, itu tulisan lama tapi udah bisa bikin puisi begitu mah, buatku kereeen Yog ;p.. lah kalo dibandingin tulisanku yg berantakan, font msh ga jelas, trs ceritanya ga disusun ;p.. wkwkwkwkw aku aja malu baca ulang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu beberapa kata ada yang aku revisi, sih. Wehehe. Gak apa kok, Mbak. Namanya juga proses. Semangat! :D

      Delete
  32. Setiap org mmiliki masa lalu sy jug punya masa lalu yg indah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.