Nama

89 comments
Sejak Januari 2016, ada beberapa hal yang terus mengganggu pikiran gue tentang blog ini, salah satunya: nama domain. Gue tidak begitu mengerti kenapa awalnya memilih nama domain "yoggaas(dot)com". Yang gue ingat, gue hanya mengikuti username di Twitter supaya sama.

Namun, makin ke sini ada beberapa orang yang mengeluh kalau mencari nama “yoggaas” itu susah. Baik di Blog, Twitter, ataupun media sosial lainnya. Sejujurnya, gue emang udah lama pengin ganti. Tapi karena emang dasarnya males, malah gue diemin aja. Lagian, nggak penting-penting amat.

Dan ternyata gue salah. Nama itu penting banget. Nggak lucu, kan, kalo nama anak kalian, “Sturtzbluchrgowshylderch”. Baru hari pertama sekolah, itu guru dan temen-temennya pasti langsung gila saat mau memanggil atau melafalkannya.

Gak perlu jauh-jauh yang ribet kayak gitu deh. Ambil contoh dari nama lengkap gue sendiri, “Yoga Akbar Sholihin”. Gue yakin, kalau kalian mendengar nama itu, beberapa di antara kalian akan mengiranya “Yoga Akbar Solihin”, nggak pake huruf “H”.

Gue sering banget mengalaminya. Kasus ini juga pernah terjadi ketika gue masih bekerja dan sedang mengurus kartu ATM yang keblokir. FYI, gue punya dua rekening bank di mana keduanya berasal dari bank yang sama. Kartu yang keblokir ini nama di rekeningnya bener, “Sholihin”-nya pake “SH”. Sedangkan yang satunya lagi, kurang huruf “H”.

Mumpung lagi di bank, gue berpikir untuk sekalian mengurusnya. Namun, begitu gue memberi tahu tentang huruf “H” yang kurang, petugas bank itu bilang, “Maaf, Mas Yoga, kalo soal kesalahan nama itu ngurusnya nggak bisa di sini.”

“Maksudnya?” tanya gue.
“Ini daftar rekeningnya waktu itu di cabang mana? Nah, untuk mengurus kesalahan nama itu harus di cabang yang itu juga.”

Alhasil, gue nggak jadi ngurus soal kesalahan nama tersebut karena cabangnya agak jauh dari rumah ataupun kantor. Gue nggak bisa izin sembarangan. Jatah istirahat cuma satu jam. Di kerjaan gue dulu, pegawai kontrak nggak akan dapet cuti. Terus kalo izin juga ada potongannya. Ya, mendingan gue transfer aja semua uang dari rekening yang namanya salah itu ke rekening yang namanya bener. Simpel. Lagian banknya juga sama. Hehe.

Tapi terkadang, gue sesekali masih suka membayangkan kalau jadi mengurusnya.

“Permisi, Mbak.”
“Ya, ada yang bisa kami bantu?” tanya si Mbak.
Gue menjelaskan ada kesalahan pada nama di rekening itu, dan memberi tahu kalau yang benar itu pakai “SH”.

Si Mbak menatap gue sinis, kemudian menggantinya menjadi “Yoga Akbar Solihin, S.H.”.

Bunglon! Gue belum sarjana woy! Terus ngapa jadi ke sarjana hukum? Fakultas gue, kan, Ekonomi.

Oh, lupakan sajalah khayalan itu. Namanya juga mengkhayal. Balik lagi ke nama domain.

Kadang gue suka mencoba untuk mengucapkan “yoggaas” ketika ditanya temen blog-nya apa. Emang, sih, susah banget buat ngelafalin. Tapi karena itu username gue, ya, gue udah terbiasa. Tapi kalo diperhatiin lagi, itu gue ngucapinnya udah kayak baca Alquran yang hurufnya pake tasydid. Islami juga tuh nama domain gue. Biarpun gue menganggapnya Islami, tapi beberapa temen masih sering protes. Karena mereka ngetiknya: “yoggass”, “yogass”, “yogaass”, dan lain-lain.

Ini kenapa huruf “S”-nya yang double? Di mana “ass” dalam bahasa Inggris artinya pantat. Nama yang menurut gue mengandung tasydid ini berubah jadi kotor. Astagfirullah. Sebelum terlambat, sepertinya gue kudu ganti nama domain nih. Menurut kalian gimana? Perlu ganti, nggak? Gue udah coba mikirin ini mateng-mateng, tapi masih agak ragu.

Terus, mengganti sesuatu yang udah lama melekat ini rasanya nggak gampang. Contohnya, ganti status dari pacaran ke jomlo atau dari pacaran ke pernikahan. Gue nggak perlu menjelaskannya secara detail, takutnya ini malah melebar ke mana-mana. Intinya, sebuah perubahan itu pasti ada masa adaptasinya.

Apalagi menurut gue, ganti domain itu harganya lumayan mahal. Dan beberapa temen bilang kalau itu ngaruh banget ke trafik blog, Alexa, SEO, dll. Butuh waktu juga untuk balikin itu semua. Biarpun gue nggak begitu ngerti dengan hal-hal itu, tapi katanya lumayan penting buat dilirik brand untuk dapetin job review. Ehehe.

Jadi, ya, sekarang gue coba pertahanin dulu deh. Paling baru media sosial aja yang gue ganti karena gratis. Gue masih nabung sambil menunggu diskonan domain. Ehehe. Barangkali kalian masih ada yang suka lupa dan kesusahan untuk main ke blog ini, inget-inget aja sama kata  give away—yang biasa disingkat GA. Nah, huruf “G” dan “A” itulah yang double pada blog gue. Nikmatin dulu, ya. Untuk sementara waktu, kok (kalo emang jadi ganti).

***

Ngomong-ngomong, kalo ada yang mau pasang domain di blog-nya, coba hindari beberapa hal ini:

Huruf-Huruf Double, Apalagi Triple

Kayak kasus dan cerita gue tadi. Huruf “G” dan “A” yang double itu agak nyusahin. Takutnya malah nyesel di kemudian hari. Orang-orang bingung, huruf yang double ini di huruf apa aja. Kalaupun emang mau, usahakan tempatinnya di paling belakang aja. Contoh: poconggg (huruf “G”-nya tiga tapi di paling belakang).

Kepanjangan dan Susah Diinget

Meskipun bagi sebagian orang (biasanya cewek) yang panjang itu enak, tapi kalo urusan nama domain sepertinya nggak perlu deh. Pilih aja yang singkat, sepertinya blog-nya Bena: benablog(dot)com.
Boleh juga nama sendiri seperti: “radityadika(dot)com” atau “harisfirmansyah(dot)com”. Lebih bagus lagi, usahain jangan lebih dari 10 karakter. Ehehe. Misalnya: “ayogaler(dot)com”.

Domain yang Selain (dot)com

Selain karena harganya yang mahal, temen gue pernah bilang kalo selain (dot)com itu SEO-nya masih kurang. Butuh usaha lebih keras untuk naikin SEO-nya. Jadi, kalo mau pasang domain alangkah baiknya pake yang (dot)com aja.

Itu tadi, sih, cuma saran aja. Nggak perlu dipercaya dan diikuti. Hoho. Tolong koreksi juga kalo ada kalimat yang sotoy. Gue cuma berbagi cerita aja. Ya, meskipun tulisan ini curhatan nggak penting, semoga aja tulisan ini bisa jadi pelajaran untuk orang-orang yang akan memilih nama domain blog-nya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari kayak gue. Kalo selama ini ada yang pernah salah atau kesusahan cari blog dan medsos gue, tolong dimaklumi, ya. Doakan semoga bisa cepet ganti. Hahahaha. Sebelumnya, gue mohon maaf.


Terima kasih.

PS: tasydid adalah tanda pada tulisan Arab untuk menyatakan huruf rangkap.

Kalo nanti nama domainnya jadi gue ganti, di blogroll atau daftar blogwalking kalian tolong ganti, ya. Atau nanti gue yang kasih tau deh. Ehehe :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

89 comments

  1. wahah makanya gue dulu waktu bikin blog mikir keras nama yang cocok apa, biar nantinya gak nyesel.

    Gue setuju yog ama nama ayogaler.com, gerakan garuk-garuk leher gitu kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi ribet nih gue. :(
      Iya, di lehernya ada kurap, makanya ayogaler.

      Delete
  2. Dobel "ass" heehm seperti obrolan singkat kita tadi di chat muahahahah (≧▽≦)

    Cari nama dulu yog yg cucok, semoga aja bakal ada diskon domain dalam waktu deket ini, biar lu bisa ganti hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ngobrol, gue udah nulis ini, Vir. Ahaha.

      Aamiin. Iya, semoga cepet ada diskon deh.

      Delete
  3. Awal awal juga gue susah nyari alamatnya. Tapi sekarang udah enggak, g nya dua, a nya dua, kan? hapal gue.

    Tuuuh ada tips memilih domain dari Yoga. Untung gue pas 10 kata. Aamaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nggak semuanya hafal, Ben.
      Tip itu nggak perlu diikutin. Itu cuma saran aja. :D

      Delete
  4. suka kesel kalo mau nyari artikel yang udah pernah dibaca terus lupa nama blognya. Yang diinget hanya author-nya aja. Kan berabe. contohnya, saya suka sama blognya arif rahman terus nama blognya aneh. jadi beberapa waktu saya ngubek di google buat mengingat-ingat judul yang sempat saya baca. ribet toh. Mending cepetan dirubah,Yog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan. Nama penting, ya. Ahaha. Iya, ini lagi nunggu diskonan dulu, Din. :)

      Delete
  5. Oh kalo engga lebih dari 10 karakter itu bagus y yog?
    Ya udah yog ganti j nama lu jadi y(dot)com
    Kapan lagi 1 karakter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu nggak bisa, Nik. Minimal 5 karakter deh kalo nggak salah. :))

      Delete
  6. Wkwkwkwk. Y.com.

    Niki emang juaranya!

    Btw, makasih loh nama domain saya dijadiin contoh. Hahaha.

    Saya sarankan kamu pake nama domain playboypensiun.com. Bahkan pensiun ketika niat jadi playboy masih dalam pikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngambil contoh dari yang di sekitar aja. Yoi, sama-sama. :D

      Gimana caranya pensiun kalo belum dilakuin? :(

      Delete
  7. Bener loh, bang. Ada beberapa orang yang kesulitan nyari blog lu. Gue aja sampe sekarang nggak hapal berapa jumlah huruf G dan A di Yoggaas. (Lha, ini hapal!)

    Ya udahlah, ketikyoga(dot)com siap beredar. Sesuai sama alamat email. Hahaha
    Atau cari aja keyword yang lagi laku. Bisp*k kek, atau jabs kek. Apapun lah. Huehehe suram :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rob. Ini lagi pengin ganti. :))
      Gak sekalian taksipalsu? (faxe taxi dibikin bahasa Indonesia)

      Delete
  8. Bahahahaha. Ini yang sempat kamu bahas di grup bukan? Pengen ganti tapi sayang. Yang kurang 'H' itu, aku juga sering, Yog. Aku kira nama kamu nggak pake huruf 'H'. Huhu maaf ya. Tapi cuma itu aja kok, nggak sampe ngirain domainmu yoggaass(dot)com :D

    Tipsnya berguna banget, Yog. Khususnya buat aku yang pengen dotcomin blog. Hohoho. Iya juga ya, kalau kepanjangan juga nggak enak. Ribet. Ya, yang panjang nggak selalu jadi terbaik. Makanya syukuri berapapun ukuran barangmu. Ukuran nama maksudnya. Kalau udah pendek, nggak usah dipanjang-panjangin. Kayak nama Hairunnisa dipanjangin jadi Icha Hairunnisa. Huhuhu.

    Kalau misalnya jadi ganti, mau ketikyoga(dot)com kah, Yog? Atau yogadun(dot)com? Eeeh maaf :(

    *kabur naik buraq*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, santai aja. Yang salah nggak cuma lu, kok. :D

      Wih, Icha mau pasang domain juga? Mantap! Kalo ada diskon nanti langsung pesen, Cha. :)

      Gak sekalian yogalau atau yoganteng? Halah.

      Delete
    2. Gue ngetik alamat blog ilIcha ga pernah bener. Yang gue inget cuma 'cacatan'. Btw, kenapa gqk pake catatan?

      Delete
    3. Blog gue simpel banget malah, gembulnita wkw, walo rada alay sih

      Delete
    4. Renggo: Iya, gue dulu juga ngetiknya "catatan". Ternyata "cacatan". :(
      Nita: Unik kok itu. Jadi ciri khas. :)

      Delete
  9. Iya juga bang yog, kadang sering nyari domain blognya di address bar, kelupaan g nya ada dua :p.

    Saran gue hilangkan saja satu huruf g, dan satu huruf a. Jadi nantinya yogas.com. Tapi kelihatannya terlalu simple ya...tapi terserah bang yoga aja sih mana yang bagusan. Yoi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sorry yak. Tapi itu udah dipesen orang, Fif. :)

      Delete
  10. Dukung ketikyoga.com untuk blog nya deq yogaaaaaaaa~ moga tercapai hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ng... ketikyoga itu bagus nggak, sih? :|

      Delete
  11. Bikin domainnya jadi yogakeren.com aja yog. Lagian domain itu belum ada yang ngeklaim. Kurang keren apalagi coba kalo lo yang ngeklaim. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue nggak sepede itu untuk pake nama keren. Kemarin Uni malah usul yoganteng. :(

      Delete
  12. Haha, soal nama ini memang selalu unik terjadi ya. Kayak yg lo alamin itu, Ga
    Tapi, dulu gue kira itu "shaolin" lo bukan sholihin :p

    Btw, kalo untuk nama blog lo sendiri... saran dari gue ini: blogyoga(dot)com atau yogablog(dot)com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue kagak botaaaakkkk. :(
      Ng... males pake kata "blog", ehehe.

      Delete
  13. Kalo kesalahan nama gue baru ngerasain salah penulisan itu baru-baru ini, pas SMK. Gak tau kenapa nama gue yang harusnya Dani nya gak pake H. Kadang di buku absen atau pas ambil rapot. Jadi Dhani. Udah coba bilang, cuma low respon gitu. *Lah malah curhat.*

    Iya sih bener, susah buat ngapalin domain blog lu. Bingung antara huruf G sama A nya. Harusnya mah dulu itu gini aja: yogaasss(dot)com. Tapi misalnya lu mau ganti, gue saranin sih begini: catatanyoga.com :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena guru lu inget sama Ahmad Dhani Dewa 19. XD

      Kalo cacatan itu kayaknya kepanjangan, Yu. :)

      Delete
  14. gue setuju sih, yog. pertama kali nulis link blog elu pasti selalu salah. biasanya kalo mau ke blog elu, ya gue ke blog gue dulu, liat yg ada komentar dari elu, terus baru ngeklik muka elu itu deh. nah baru bisa main ke blog elu. gampangnya sih gue kayak gitu, cuy.

    nah, kenapa blog elu ga elu ganti ke ayogaler.com aja, yog. pasti banyak yg inget tuh. beneran deh. atau yg laen gitu kek, yg mesum'' gitu lah, yog.
    *eeeh

    gue pribadi malah bikin nama domain yg sama kayak judul blog gue sendiri. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke-oke. Makasih sudah relain ngeklik muka gue demi blogwalking. Tapi ayogaler itu bercanda doang woy! :(

      Keren, zi. Mantap tuh mahasantri.

      Delete
  15. syudah ganti saja namamu jadi udin. udah gitu jadi ga ribet.
    oh sholihin nya pake shod yaa. oke. catet.

    aku juga lagi mikir-mikir nih mau ganti domain, tapi bingung namanya apa, kalo adibah doang kependekan, kalo nama panjang kepanjangan. hhmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak gitu juga. :(
      Gue saranin gini: dibahukunyamanuntuksenderan

      Delete
  16. Aku juga kadang salah mau BW ke blog kamu yog, kadang suka salah ketik huruf g, a dan s suka kebalik gitu. hehe

    Kalau boleh saran sih ganti domain jadi yogalemah(dot)com aja, cocok itu xD

    Aku mah cukup ajalah punya web berbayar yang widaku(dot)com aja kalau yang widazee blogspot tetep gitu aja hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang lemah, Wid? Astagfirullah. :(
      Gue nanti bikin yogamu aja kali, ya? XD

      Delete
  17. ganti pake yoga dot id aja atau yoga dot com biar samaan kita, hehe

    ReplyDelete
  18. Bhahahaaa itu gue juga pernah. Nyari domain lu. Gue ketiknya Yogaass. 'S' nya double. Taunya salah :'D

    Sama kayak Fasya. Gue setuju kalo ganti domain, ganti jadi ketikyoga(dot)com
    Yeaaahh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ng... gue masih mikir, sih. Bisa aja nanti gue ganti lagi. :))

      Delete
  19. Wah iya bener banget itu yg kesusahan. Dulu, gue salah mulu. Page not found deh jadinya. Tapi lama kelamaan biasa sih.
    Hahaha pantesan tadi gue liat nama ig lo berusaha jadi ketikyoga. Kayanya entar blognya jg jadi ketikyoga.com yak(?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok berusaha sih -_- bzzzz. Berubah maksudnya

      Delete
    2. Belum pasti, Bil. Masih mikir-mikir lagi. :)

      Delete
  20. Wah. Rasanya kalau ngomongin ganti domain, gue juga pengen ganti.

    ReplyDelete
  21. eaaa bikin GA pilih nama blog nie, loe bikin 5 nama blog loe nanti kita yg pilihin dengan alasan yg masuk akal deh.. hekekekkek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rezeki saya lagi belum banyak nih kalo mau bikin GA. Ahaha. XD

      Delete
  22. Dulu niat pake domain renggostarr.com juga biar username-nya sama kayak akun medsos. Abis beli domain baru kepikir, ini kok ngetiknya agak susah.

    Sekarang bodo amat sih. Misal mau nyari blog gue, ketik nama (tapi harus nama lengkap) di Google udah muncul blog & foto gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending itu double-nya di belakang, Nggo. :D

      Gue tadinya juga pengin bodo amat. Tapi..., kayaknya lebih baik ganti.

      Delete
  23. Yog menurut gue ga masalah dengan nama lu yang sekarang, lagian di hp gue blog lu uda bolak balik kukunjungin, jadi secara otomatis kerekam di halaman awal gugle tentang web apa saja yang sering gue telusurin
    Yogaass itu uda branding lu banget, ehehe
    Bukan begitu yoga akbar sholihin sarjana hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tapi emang pengin ganti deh. Ehehe.

      Delete
  24. wah wah wah. gue baru tau kalau dot com itu berpengaruh sama SEO. nice lah bro, postingan yang bersifat preventif buat orang2 yang pingin beli domain. itu dot com emang paling bersahabat, selain paling kece harganya juga oke. itu kalau domain yang dot jp (punya jepang) itu asli gue asma ngeliat harganya. pertahun 1,5 juta. dan entah udah naik atau belum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga dikasih tau temen, Jev. Anjirrr. Mahal banget itu ampe jutaan. XD

      Delete
  25. mnrtku sih ga perlu lah Yog... ini masih trmasuk gampang diinget lagi.. Aku sih ngapalinnya, Yoggaas, nama kamu yg pertama dobel G, trs singkatan dr akbar sholihin, AS. biasanya kalo mw cari nama kamu di twitter aku tinggal ketik YOG aja juga udh kluar.. jadi ga prlu sih kalo menurtku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah nginget ya, Mbak. :))
      Tapi kayaknya lebih baik ganti, dehh. Mau branding baru gitu. Ehehe. :D

      Delete
  26. Kemaren gue sempet baca ini Yog. Tapi, karena gue lagi fokus ujian Skripsi. Makanya baru sempet mampir. Maaf, ya. Telat. :)

    Jadi gini, apa yang lo bahas di materi ini semacam menjawab pertanyaan gue beberapa waktu yang lalu sejak pertamakali gue mampir di blog lo Yog. Kenapa bisa gitu? Karena gue ngerasa lo gak punya karakter. Lagian, nama domain yg lo buat sekarang. Jujur, susah diingat. Beberapakali pengen ngetik domain random. Gak pernah bener nyari domain lo yog. Yg lain gampang. Misal, HarisFirmansyah, BenaBlog, dkk. Gampang. Lah, punya lo yoggaasdotcom. Nulisnya aja, gue kaku. Gimana otak gue mau nginget.

    Kalo mau ganti, sebaiknya sekarang. Traffik sana SEO bisa diperbaiki kok. Lagian lokan pembacanya rame. Beda sama gue.

    Saran nama, apa y? Yogaakbar(dot)com mungkin bisa. Lebih simple dan gampang diinget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yailah, santai aja soal itu, Her. Ahaha. :D
      Terus gimana skripsinya? Lancar kan? :))

      Iya, gue juga mikir gitu tadinya. Dan baru sadar bangetnya sekarang. :')
      Lagi mikirin nama, nabung, sambil nunggu diskonan ini, sih. Begitu ada diskon gue langsung ganti. :D

      Makasih ya sebelumnya. :))

      Delete
  27. Setauku sih, nama itu mempengaruhi banget, biar diinget, kayak nama panggung gitu, kayak benakribo, sampe sekarang pasti ditau walaupun udah gak kribo, yah nama kayak identitas gitu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rul. Saya emang nggak punya nama panggung atau nama pena gitu. :D

      Delete
  28. Aku bersyukur banget dulu waktu mulai ngeblog, sifat alaynya udah sedikit ilang :' jadi namain blog cuma pake nama sendiri yang normal wkwkwk :D

    Wkwkwk nama Yoga Akbar Sholihin (PAKE SH) bisa jadi perbincangan dan penelitian untuk para pakar kesusastraan deh kayaknya *INI APAAN SIH* wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan gue kayaknya itu masih alay, Feb. Segala ngikutin Twitter. :')

      Wakakka.

      Delete
  29. Sholihin, oke. Jadi tau. Ribet juga ngurusin nama kurang huruf sebiji pun. Ckckkk

    Emang nama bagusnya singkat, padat dan jelas biar mudah diingat.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Rum. Ribet kan gue segala double-double gini. :')

      Delete
  30. Wih baru bisa mampir kesini nih. Ciee header baruuu, keren :D

    Eh iya, awalnya aku kira huruf H di nama kamu cuma satu doang, ternyata ada 2 H. Pernah ngetik domain Yoggass(dot)com di adress bar tapi malah not found, eh ternyata gak ada double S yak wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren? Menurutku kurang. :(
      Kritik atau kasih saran dong.

      Ahaha. Maaf yak kalo begitu. Nanti gue mau ganti nih. Ehehe. :D

      Delete
    2. Iya, keren, Yog. Soalnya kamu bisa ngedit sendiri, wkwkw.

      Delete
  31. Yoga Akbar Solihin S.H
    Itu mbaknya udah ngasih kode kalo bang Yoga takdirnya jadi pengacara tapi harus kuliah hukum dulu.

    Nama salah gini emang bikin ribet ya, gantinya juga meesti muter-muter dulu.
    Untungnya gak ada masalah sih sama nama blog yang sekarang, soalnya udah langganan tinggal klik doang. Tapi kalo bikin nama web lagi yang baru sih enak pakai nama sendiri aja, atau mencuriingatan(dot)com keren tuh namanya.

    Kalau udah ganti nama jangan lupa syukuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha. Nggak suka hukum. Hukum di negara ini kurang bagus. :(
      Semoga ada pelajaran yang bisa diambil dari kebodohan gue ini, ya. :))

      Iya, nanti gue coba syukuran. Ehehe.

      Delete
  32. Aku juga mengalami hal yang (hampir) sama. Banyak yang komplain gara-gara id twitterku susah diingat; missbabbitt. Tapi aku ogah ganti, soalnya udah tertulis dimana-mana. Malas kalau edit lagi. Namaku juga banyak yang salah tulis. Ada yang nulis "Indie" atau "Indy" padahal aslinya simple banget, "Indi", hehehe.
    Kalau tujuannya untuk memudahkan pembaca cari blog kamu, boleh juga diganti. Atau suruh pada follow aja biar gak ada alesan gak mampir gara-gara lupa nama blog xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja gue nekat ganti. Dari nol lagi. Dari awal. :))

      Yah ampun, indi jadi indie. Wakaka. Orang-orang ini aneh juga yak. Padahal pake huruf "i" biasa. XD

      Delete
  33. Mending ganti aja Yog, dari pada orang ngira makna Yoggaas itu Pantan Yoga hahaha :D
    pake domain .xyz aja murah meriah cuma 15rebuan hahaha :D

    ReplyDelete
  34. Okey, finally jadi ganti. Semoga betah sama domain yang ini. 👌

    ReplyDelete
  35. beeeh dah ganti nie namanya, saran aja sie yog, yg web lama di redirect ke web baru aja, jadi kalo orang buka web lama bisa tau web barunya apa.. soalnya gw buka web lamanya mati

    ReplyDelete
  36. Siiiiip gue dah njejak ke alamat barunya (critanya biar kerekam di cookie gugle) hp gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya, Mbak. :D
      Kadang masih suka eror nih. :(

      Delete
  37. Asik ganti nama domain emg si kalau di cari lewat google nama yogass agak susah di cari,
    tapi setidaknya ini pelajaran buat lu yog
    kalau buat nama domain minimal, namanya sesuai dengan diri lu yog
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mah yoggaas udah lumayan terkenal di mana-mana itu, Koh. Sekarang gue mau mulai dari awal lagi. Ehehe. :)

      Iya. :D

      Delete
  38. Emang agak susah sih ngucapin kata "yoggaas". Selain pake tasydid, yg terakhir jg dibacanya panjang dua harakat. :/ biasanya sih aku bcanya yog-ga-as.
    Aku tiap sosmed bda2 username, twitter luluandtha, niatnya biar keren aja ngilangin 1 hurup pokal. Tp pas dibaca malah susah. Wkwk. Instagram malah luluuanditaa. Ini gmn bcanya coba? Ganti dah abis ini. :'D

    Salah nulis nama 1 huruf aja emg ribet, klo pas jaman sklah mah ga boleh ikut UN tuh. Untungnya namaku gak ada mslah dulu. :'D nambahin "h" di andit'h'a bru skrg2 aja.

    Selamat menjalani hidup baru ya kak! Eh, maksudnya url baruuu~ :D Adaptasinya emg lama, tp lama2 jg kebiasa kok :) Selamat bermupon ria! Yg mupon bkan yg pnya blognya aja kok, pmbaca jg ikutan mupon dan beradaptasi sm url ini, jd beradaptasi dan muponnya rame2, kan seru. Huehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha. Makasih ya, Lu. Udah berusaha menghafal yoggaas itu. Tapi sekarang udah coba move on. Ehehe. :)

      Wakaka. Keren juga semuanya beda. Emang gak susah? :p

      Asyek. Ehehe. Duh, jadi terharu gini gueee.

      Delete
  39. Yogaaa. Ya ampun susah banget nyari blog lo. Ternyata ganti toh. Dikasih tau Icha juga. Tapi btw gue ngetik di web akbaryoga(dot)com kok gak bisa ya? Buka blog lo bisanya lewat tautan link gini. Kok gitu ya?

    Btw, gue juga lagi galau nih masalah nama. Emang kalo lebih dari 10 karakter kenapa Yog? gue pengennya nama sendiri sih, tapi farihikmaliyani aja udah 15 karakter. -_- gimana ya enaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ng... mungkin cache yang kesimpen masih data lama, Rih. Bisa clear cache dulu. Sebelumnya maaf ya ngerepotin pembaca gini. :(

      Nggak apa-apa, sih, 15 karakter. Cuma menurut kalo lebih dari 10 itu susah diinget. Ehehe. :D

      Enaknya tuh... farihyani, ikmafarih, ikmaliyani, atau farihperih juga boleh. Wakaka.

      Delete
  40. Yes, akhirnya gua bisa mampir ke sini juga! Saran lo waktu itu ke gua kan ada dua: clear cache atau buka pake gadget lain. Gua clear cache di laptop sampe stres sendiri tetep ga bisa buka alamat baru lo, pake link dari blog laen sama aja. Akhirnya gua pake saran kedua lo: buka di gadget laen dan berhasil. Yah, meski gua lebih nyaman BW di laptop, tapi ngga pa2 deh Yog, demi lo yang udah rela mampir di blog gua, gua BW via gadget lain aja *hasek*

    Gua biasanya masuk ke blog lo via google plus, tapi pernah sih coba ngetik di address bar, dan sempet salah ketik namanya, jadi ujung2nya pake google plus lagi hehe.

    Nama emang penting Yog. Kalo lo inget, dulu awalnya gua pake "catatanbray" sebelum pindah ke "bayurohmantika". Gua pake redirect Yog akhirnya (hasil googling sana sini), jadi kalo ada yang masuk ke alamat lama, diarahin ke alamat baru dengan sendirinya. Gitu.

    Wah, keren tuh kalo ada gelar S.H di belakang nama, tantangan tersendiri nuntut ilmu hukum hehe. Bener Yog, setiap perubahan pasti ada masa adaptasinya, dan ga selalu mulus. Tenang, kalo masa adaptasi terlewati, lo bisa nyaman lagi ngeblog.

    Nama blog gua lebih dari 10 karakter karena pas sama nama depan dan tengah gua hehe. Alesan gua sih biar untuk branding diri sendiri aja, emang pengen real punya blog yang sesuai nama. Ini gua salut sama perubahan nama lo jadi akbaryoga(dot)com, pemilihannya pas, "akbar"-nya di depan, kalo ditaro di belakang, bentrok dua huruf a (atau emang nama ini yang available? :p)

    Oke sip deh Yog, semoga problematika penggantian nama ini ngga lantas nurunin semangat lo untuk ngeblog.
    Happy blogging, as usual :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, sumpah. Gue terharu banget ini baca komen lu, Bay. Makasih! Udah mau repot-repot main ke sini. Sekali lagi maaf atas ketidaknyamanannya. Atau mungkin lu boleh coba clear DNS cache kalo mau tetep blogwalking lewat laptop. Ada langkahnya di google, kok. Pake CMD. Ehehe. Gue juga awalnya buka blog sendiri susah banget. Page not found mulu. Tapi berkat clear DNS, tutup browser, restart laptop bisa lagi. :D

      Ng... yogaakbar juga available, kok. Cuma gue menghindari huruf double lagi. Gue juga ceritanya sekarang pengin pake nama sendiri. Kayaknya lebih seru. Oh, itu gak apa-apa, Bay. Nama sendiri kan juga gampang diinget. Ehehe. :D

      Aamiin. Semoga tetep semangat blogging meskipun trafik blog gue jadi sepi. :))

      Delete
  41. Halo, Kak! Dan akhirnya ganti nama domainnya juga. Jujur, lho, pas nyampe sini, aku pengen ketawa. MAAF BANGET. MAAF BANGET... Fotonya kenapa dikasih shapes lonjong gitu? Kesannya kayak liat buku yasin :'(
    Iiiihhh maaf, cuma mau bilang doang :(
    Alhamdulillah, sih, pas ngetik website kakak ngetik sendiri mah, inget-inget aja. G-nya 2, sama a-nya 2. Gitu... .-.
    Iya bener, nama alamat blog-ku turun menurun dari twitter. Soalnya simple, sih. Jamannya SMP banget. Sudah terlanjur sayang :v
    Semoga dengan "branding-nya" bisa bikin blog-nya "laris" hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.