Bukber Nyunyu

54 comments
Lebaran sudah berlalu dari beberapa bulan yang lalu, begitu pun juga bulan Ramadan. Namun, ada sebuah cerita yang belum sempat gue tuliskan. Karena udah kelamaan nggak ditulis, gue hanya bisa menuliskan beberapa hal yang gue ingat saja.

Semua berawal dari gue yang banyak waktu santainya (dibaca: nganggur) sedang membaca artikel dari website Nyunyu. Dari sekian banyak artikel, mata gue langsung tertuju pada judul ‘Quiz Ramadan Part 1’. Sebagai pecinta gratisan, gue pun langsung membaca isi artikelnya.

Ternyata kuisnya hanya menjawab pertanyaan dari menonton video Nyunyu tentang Orang Kaya Baru.

Setelah gue tonton videonya, gue segera memberi komentar. Lalu gue perhatikan, sudah banyak yang ikutan. Gue jadi pesimis untuk menang. Tapi gapapa deh, gue tetep usaha supaya dapet hadiah itu. Kalo ikutan kuis mah yang penting berpartisipasi dulu, kalo menang anggep aja itu bonus. Oiya, hadiahnya berupa kaos dan buku catatan.


Setelah mengecek tanggal pengumuman pemenang, nama gue tidak tertera. Iya, gue belum beruntung.

Beberapa hari kemudian ada kuis part 2, tetapi kuisnya agak ribet menurut gue. Jadi, yang cewek harus bikin tutorial hijab pake sarung. Sedangkan yang cowok... juga sama.
Mengingat gue yang masih punya malu dan nggak mau aib memakai tutorial hijab pake sarung tersebar, gue pun nggak ikutan dan berharap ada kuis selanjutnya.

Setelah menunggu berhari-hari. Kok ini malah nggak ada kuis selanjutnya, ya? Ya Allah. Padahal hadiahnya buka bersama bareng sama tim Nyunyu.

***

Acara Nyunyu diadakan pada Kamis, 25 Juni 2015. Tepatnya jam 4 sore di Cafe Hospitalis yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (seberang Labschool).

Pada hari H, gue pun siap-siap dari rumah setelah salat Asar. Karena gue nggak begitu hafal jalan, gue pun membuka aplikasi Google Maps dan menuliskan ‘Labschool’. Setelah gue ikuti, petunjuk jalannya malah menuju ke arah Labschool yang terdapat di dekat UNJ.

Mampus salah.
Kenapa gue patokannya ke Labschool? Gue mengeluh dalam hati.

Ya, seharusnya langsung aja nama kafenya. Ah, dasar gue memang tidak pintar. Gue pun mengganti ‘Labschool’ menjadi nama kafenya: ‘Cafe Hospitalis’. Namun, alamatnya malah terletak di luar negeri.

Kacau!

GPS ini sepertinya ialah singkatan dari Global Positioning Sesat. Bikin orang tersesat mulu.

Gue juga lupa, kalau saat bulan puasa itu orang kantoran pada pulang jam 4. Alhasil, gue terjebak macet. Mencoba tetap nekat, gue pun sampai di daerah Jakarta Selatan sekitar jam 5.
Akhirnya, gue sampai di tempat acaranya sekitar pukul 17.20.  Sangat-sangat telat.

Dengan cueknya, gue langsung menuju ke bagian resepsionis. Cewek berwajah geulis (ciri khas orang Sunda) dan berjilbab abu-abu menanyakan nama gue untuk konfirmasi kehadiran.

“Yoga Akbar Sholihin,” kata gue jujur. Nggak mungkin gue ngaku-ngaku nama Steve. Yang ada tampang gue kayak orang kena setip.
“Oh, ini yang namanya Yoga?” tanyanya.
Karena sering meramaikan kolom komentar di beberapa artikel, kayaknya gue cukup terkenal. Terkenal nggak ada kerjaan.

Gue berharap dia akan bergumam, “Ternyata ganteng juga.” Padahal mungkin aja di dalam hatinya melanjutkan bilang, “Kurus banget kayak lidi-lidian.”

Gue tersenyum dan segera mencari tempat duduk yang masih kosong. Gue pun kenalan sama cowok dan cewek yang duduk di deket gue, namanya Andi dan Wulan.

MC acaranya ialah Alphi (juara ke-4 SUCI 3) dan Ikramarki.

Acara yang berlangsung saat gue baru datang adalah akustikan oleh Adhie Fahmi. Kemudian pembacaan mention-mention dari followers Nyunyu.
Beberapa tim Nyunyu dan selebtwit banyak yang hadir. Yang gue ketahui antaranya: Arief poconggg, Alitt, Satria, Falen, Adel, dan Oka.

Kemudian acara selanjutnya... buka puasa karena udah azan Magrib.

Semuanya langsung menyerbu hidangan yang disajikan secara prasmanan. Jadi harus mengantre dahulu. Setelah makan dan salat, gue pun kembali ke tempat duduk lagi.
Saat sedang menunggu acaranya dimulai kembali, tiba-tiba ada yang bilang, “Geseran dong.”, gue pun menoleh ke kanan, ternyata Arief duduk di sebelah gue.

Beberapa cewek-cewek yang duduk semeja sama gue langsung terkejut. Yang mungkin dalam hatinya menjerit-jerit, “KYAAAKKKK. KYAAAAKKKK.”
Gue sendiri stay cool. Padahal nggak ada cool-cool-nya. Kalo kayak bakul, mungkin iya.
“Pada dateng dari mana, nih?” tanya Arief.

Beberapa pada jawab, “Pondok Indah”, “Palmerah”, dan beberapa daerah yang masih di sekitar tempat acaranya.

Saat Andi dan Wulan bilang, “Bekasi, Kak.” si Arief langsung berkata, “Wow. Berangkat dari kapan? Subuh?”

“Dua hari yang lalu, Kak.”

Entahlah, kenapa jokes ini masih berlaku.

Kemudian Arief bertanya lagi, “Tau dari mana ada acara ini?”

“Line, Kak,” jawab cewek-cewek kompak.
“Dari ikut kuis di website,” jawab gue.
“Kuisnya ngapain tuh?” tanya Arief.

Gue menjelaskan kuis part 3 yang menonton video dan menjawab pertanyaan: ‘Berapa ukuran heels yang dipakai si cewek di video tersebut?’
“Kok lu bisa jawab?” tanya Arief lagi.
Pertanyaan yang seolah-olah meragukan kejantanan gue.
“Jawab ngasal,” kata gue jujur.

Dan setelah acara makan-makan kelar, MC memilih 16 orang untuk mengikuti sebuah kuis atau permainan. Totalnya: 4 kelompok. Jadi, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Kelompoknya dibagi berdasarkan jenis kelamin; yang cewek sama cewek, yang cowok sama cowok.
Permainannya memperagakan clue yang terdapat di kertas—yang nanti diperlihatkan MC. Waktu memperagakannya hanya semenit. Maka, yang paling banyak menebak ialah yang menang.

Kelompok pertama mendapatkan tema superhero; kelompok kedua mendapatkan tema pekerjaan; kelompok ketiga mendapatkan tema olahraga; dan kelompok keempat—kelompok gue—mendapatkan tema hewan.

Kelompok pertama berhasil menjawab 4 soal, sedangkan kelompok kedua dan ketiga berhasil menjawab 3 soal.

Sekarang giliran kelompok gue.
Karena kelompok keempat pada malu-malu, gue pun terpaksa maju ke depan.
Ah, kelompok gue pasti menang. Hewan, kan, gampang. Kata gue dalam hati.

membaca clue



Gue membaca clue kuisnya.
1. Kecoa
2. Cicak
3. Lintah
4. Tapir
5. Harimau
6. T-Rex
7. Laba-laba

“Udah siap?” tanya Alphi.

Gue mengangguk.

“Satu. Dua. Tiga. MULAI!”

Mampus. Apa yang bisa gue peragain duluan?

Gue reflek bilang, “INI KECOA GIMANA MERAGAINNYA?”

“WOI JANGAN DISEBUT!” kata Alphi, kesal.

“ULANG-ULANG,” kata Ikram sambil mematikan stopwatch di HP-nya. “Ya udah nanti yang ‘kecoa’ ganti jadi ‘kelabang’ aja,” bisik Ikram.

Sama aja susah. Astagfirullah. Ini mah ngerjain gue.
Ini kenapa gue apes banget ya Allah? Batin gue.

Gue pun mencoba gerakan T-Rex. Karena grogi, si Ikram langsung nyeletuk, “YANG ATRAKTIF DONG! JANGAN NGGAK NIAT GITU.”
Gue mencoba berusaha semaksimal mungkin, tetapi masih saja mereka—kelompok gue—bingung akan gerakan gue. Yap, gue memang bisanya malu-maluin.
Akhirnya, gue mengganti ’T-Rex’ menjadi gerakan ‘harimau’. Namun, kelompok gue malah menjawab ‘serigala’. Entahlah, mereka kebanyakan nonton GGS atau Duo Serigala. Akhirnya ada seseorang dari kelompok gue yang menjawab benar.

Waktu semenit sudah berakhir. Kelompok gue hanya berhasil menjawab satu. Menyedihkan.

Setelah permainan usai, rupanya tidak ada yang menang ataupun kalah. Yang ada hanyalah hadiah. Asyek.

Setelah itu, masih ada beberapa kuis lagi yang hadiahnya lebih menarik: paket buku dari Bukune.
Tau gitu, gue ikut kuis yang ini. Tapi, ya udahlah. Bukannya bersyukur tetep dapet hadiah.
Kemudian acara Stand Up Comedy menampilkan Uus. Ini pertama kalinya gue nonton stand up secara live. Dan menurut gue, pecah banget. Yaiyalah, nonton di TV atau Youtube mah kurang berasa.

Lalu, acara bebas.



Uus karaokean dan heboh sendiri. Adhie Fahmi yang mengiringinya dengan gitar. Beberapa peserta ada yang langsung pulang, dan banyak juga yang minta foto-foto sama para tim Nyunyu.
Gue pun foto bareng Arief.


Kalo Satria dan Oka, gue hanya sempat minta tanda tangannya. Iya, soalnya cewek-cewek pada ngantri foto bareng sama Satria.


Gue fokus mencari-cari Mas Alitt untuk diajak foto bareng. Eh,  si Mas Alitt ternyata di luar kafe lagi ngobrol sama temennya—entah siapa gue lupa namanya.

Akhirnya bisa juga foto bareng sama penulis idola.






Karena hari juga sudah semakin malam, gue memutuskan untuk pulang. Pulang dengan membawa hadiah.


Terima kasih Nyunyu, semoga makin sukses dan unyu. Semoga tahun depan bisa diundang lagi ke acaranya. Hehe. Ngarep.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

54 comments

  1. Itu hadiahnya apaan deh bro ?
    wah, rejeki berpihak ama lu bro. hoki banget ..

    ReplyDelete
  2. Inget t-rex malah jadi inget sama stand up si Kemal Pahlevi... :/

    Itu seru banget ya, Yog. Ketemu penulis-penulis kece gitu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Uus juga stand up soal T-Rex, Dar.
      Alhamdulillah seru. :D

      Delete
  3. Mantep ini. Geretongan menang banyak.
    Bukber gratis, ketemu seleb twet, bawa pulang hadiah, plus foto bareng idola.

    ReplyDelete
  4. Hahahaha. Hahahaha. Kecoa. Hahahaha. XD
    Harusnya nggak usah ngapa-ngapain, Yog. Cukup diam dan bernapas, kamu udah mirip sama kecoa.
    Eh? ._.

    Aaaaak! Ikram!

    Ciyeee ketemu penulis idolaa~
    Hoki banget, Yog.
    Semoga kamu selalu beruntung dalam segala halnya. Aamiin. ^^

    ReplyDelete
  5. Seperti biasa dan itu udah jadi ciri khas yoga kalau pergi kemana-mana tanpa kejebak macet dan nyasar rasanya nggak afdol kali yes :D wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak gitu juga, Wid. Namanya juga suka lupa sama jalanan. Lagian nyasar seru, kok. :(

      Delete
  6. Aku gak bisa ngebaca google maps.. kurang cerdas ckckk

    Wiih acaranya seru banget kayaknya.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ngeledek gitu dong, Mb. Saya emang kurang cerdas. :(

      Delete
  7. HEI LU JANGAN DEKET-DEKET BANG ARIP GITU DONG FOTONYA YOG.
    -__-
    Huuhu pengen ketemu bang Arief. Betewe kak Tipang gak ikutan ya Yog?
    Hahaaa kok gue geli ya bayangin gimana cara meragain kecoa.

    Ehm, iya Yog. Kita waktu itu kenalan ye gak? Gue sama Andi, lu duduk deket-deket kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba kamu dateng ka acara'a?
      itu WUlan di sebut-sebut hahaha :D

      Delete
    2. Wulan: Ikut. Kuota terbatas, nggak bisa upload semua foto. XD Nggak usah sok ngaku-ngaku lu, Lan. Emang Andi mana? Iklan Molto?

      Chis: Beda. Yakali dia ke Jakarta. :/

      Berarti nama Wulan pasaran, ya. :))
      *ini bercanda doang, kok. Maaf ya siapa pun yang namanya Wulan.

      Delete
    3. Wah ada kak Tipang juga berarti ya Yog.

      Hahahaa nama Wulan memang pasaran Yog.
      Andi iklan Molto. :D wkakaa

      Delete
  8. hadiah nya itu yog? selamat ya udah dapet hadiah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya. Lumayan buku buat nyatet ide.

      Delete
  9. Selamat ya, Yog. Mesti berkesan banget deh :))

    ReplyDelete
  10. itu gmna meragain'a Yog yang Lintah? hahaha :D

    ReplyDelete
  11. Seumur umur belum pernah make google maps haha :))
    Udah ketemu seleb twit, bukber gratis, prasmanan pula. Kenyang, Yog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyang, Lam. Biasa buka puasa pake lontong, waktu itu makan... auk apa namanya. Gue juga lupa. Intinya makanan mahal deh. Hhh~

      Delete
  12. Kampret banget ye Ikram, ganti kecoa jadi Kalajengking :/

    Seru euy, jadi pengen.
    Dulu waktu Kancut Keblenger bikin acara futsal sama mereka pengen banget ikut, tapi gak bisa. Llupa kenapa gak bisa ikut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Nggo. :(

      Waduh, gue belum gabung ke komunitas-komunitas kayaknya kalo zaman futsal bareng.

      Delete
  13. Lah terus itu lo menang begituan gak dikasih tahu. Awalnya yg part 1 sama dua, eh di dalem cerita dibilangin kalo lo gara2 part tiga. Aku pusing kakaaaaks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan aku kakak. Malah bikin pembaca bingung. Hahaha

      Delete
  14. Ahelah knp gw jd ketawa pas bagian lo ga ngaku namanya steve, trus ada lidi lidian pula, ngahahaaa

    Semua hewan2nya ngapa pd absurd gituhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwahaha. Itu lucu, yak?

      Entahlah, Mbak, gue juga nggak ngerti sama yang bikin clue kuisnya. Huwahaha

      Delete
  15. buset. mungkin cara mraktekkin kecoa dengan pura2 terbang. kceoa terbang.

    wenak yah yang tinggal kota, punya banyak event. peluang besar juga bisa ketemua sama banyak idola.

    gue juga pernah dong foto sama alitt, ceritanya disini http://tomiazami.blogspot.co.id/2013/07/creative-charity.html
    alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kepikiran, Tom. Tapi yang terbang kan banyak. Bisa burung, ya kecuali burung yang di dalam sangkar. Emaap.

      Ada enak dan nggak enaknya juga, kok. Dapet pekerjaan buktinya sulit. Lah, curhat.
      Udah baca gue. :))

      Delete
  16. Wah, gue jadi inget pas tahun lalu. Gue jg dateng ke acara BUBARBUR. Di kantor Nyunyu. Gue lumayan borong hadiah muaahahaha. Dan pulang kemaleman -____-
    Seru dateng ke acara Nyunyu. Gue pas puasa kemarin lupa mau cari tau infonya :/ Eh, udah kelewatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik banget malah di kantornya, Bil. Gue hadiahnya cuma beberapa doang. Tapi, lumayan lah.
      Maklum, pengangguran nyari-nyari info gratisan terus. Hehehe.

      Delete
  17. wah seru banget di nyunyu banyak selebtweet, sayang ane gak bisa ngikut huhuhu :'D

    ReplyDelete
  18. Huaaaaa ada Ikramarki. Rada jahil ya dia, kecoa diganti kelabang. Kamu disuruh buat menggeliat gitu, Yog. Btw ini aku bingung mau pake emot :( apa emot :D ini.

    Seru yaaaaaaa, tapi tiba-tiba kok kamu bisa di acara bukber itu, Yog? Ikut kuis yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emot :* aja, Cha. Emaaapppp.

      Part 3, Cha. Hahaha.

      Delete
  19. Bisa ya, di kota ada seru2 macam itu...

    ReplyDelete
  20. Lah iya itu kuis part 3 gak diceritain, sempet keder jg bacanya, kirain kak Yoga maen nyelonong aja dateng ke tmpat acara. Wkwk.
    Ngmongin gugel maps, emg suka nyesatin tuh, kirain cuma aku doang yg dibikin nyasar sm gugel maps-_-
    Bhahaha lidi2an.. Skrg lidi lidian mahal, serebu atu :( eh ini ngapa jd komen harga lidi2an??
    Wuaaaa, bang Arieeff!! Terakhir aku ngepoin blog sm tweet nya taun 2011-an klo gak salah. Hampir lupa jg mukanya kyak gmn. Udh beda bgt skrg ya? Hmm..
    Jokes tntang bekasi... Ampe sekarang msh laku trnyata._.
    Gerogi gak pas meragain binatang gtu? Wkwk.
    Asik banget dah, makan gratis, ktmu selebtwit, poto bareng, dapet hadiah pula. Duuhh.. Beruntung sekali dirimuu kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakali nyelonong. Hahaha. Lah, auk kamu, Lu. Tau aja yang jualan. Hafal banget sama harganya.
      Iya, gemukan doi.

      Sabar ya anak Bekasi.
      Grogi banget. Dilihatin semua orang pula. Beruntung apaan? Gosok bungkus ale-ale aja masih sering "coba lagi".

      Delete
  21. hahahaa, "itu kecoa gimana nyebutnya" itu kesalahan yang sangat sangat wajar. biasa kalau gue main games2 yang mirip kayak gitu juga reflek gue sering begitu/ pernah sekali disuruh meragain dota 2, nah lo gimana cara meragainnya -__-

    tidak... arief sama alit... asik bener bisa foto sama 2 blogger terkenal. maknyus banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka. Wajar kan, yak? Coba aja dia yang meragain.

      Mantaaap, Jev!

      Delete
  22. Baru tau deh kalo orang kurus nyebutnya lidi-lidian hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga. Itu gue iseng aja ngatain diri sendiri. Wkwk

      Delete
  23. Ih kalau saya jadi kamu sih, makanan nya mau dibungkus Yoggg. Sekalian Arief nya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahanjirrrr. Malu bungkus-bungkus gitu, Kak.
      Nanti Tipang gimana?

      Delete
  24. Tahun lalu pengin banget ikut acara ini, tapi tahun ini masih belum kesampean :(

    ReplyDelete
  25. kayak pernah liat muka penulis itu dimana ya :D

    ReplyDelete
  26. Arrrggghhhhhhhh... bisa foto sama bang alit *envy
    selamat sdh menang, jd inget jg pernah ikutan acara yg mirip-mirip gt :)

    kreatif (y)
    kunjungan perdana ni + follow... salam kenal...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.