Rekrutmen Management Trainee dengan Aplikasi HR

4 comments
Perusahaan selalu membuka berbagai jenis posisi dalam setiap tahunnya untuk para fresh graduate. Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, ternyata jabatan management trainee masih menjadi yang terfavorit bagi mereka yang baru lulus. Adanya jenjang karir yang jelas dan gaji yang menarik tentu membuat para fresh graduate berlomba-lomba untuk mengincar posisi management trainee di perusahaan ternama. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi HRD untuk menemukan talenta dan bakat terbaik dari fresh graduate tersebut.




Proses rekrutmen secara manual sangatlah memakan waktu dan sering memecah fokus staf HRD. Akibatnya, HRD kerap kali luput dan melewatkan kandidat-kandidat terbaik. Namun dengan adanya bantuan aplikasi HR, kesulitan dalam proses rekrutmen itu pun akan menghilang dan terasa lebih mudah.


Sekilas Mengenai Aplikasi HR dalam Rekrutmen 

Aplikasi HR mampu mengotomatisasi dan mendigitalkan proses rekrutmen manual yang lama itu menjadi lebih cepat. Dengan mendigitalkan proses perekrutan, perusahaan akan lebih gampang untuk menemukan karyawan yang memenuhi syarat dari seluruh kota, atau bahkan di seluruh dunia. Cara ini membuat perusahaan mampu menarik kumpulan kandidat yang lebih luas sehingga perusahaan dapat menemukan bakat terbaik. Dengan membuat kebutuhan perekrutan dan informasi perusahaan secara transparan, calon karyawan bisa dengan mudah memahami semua yang harus mereka ketahui dan perlukan untuk menjadi bagian dari perusahaan.


Rekrutmen Management Trainee ala Aplikasi HR 

Aplikasi HR sangat membantu dalam perekrutan di berbagai macam posisi. Begitu pula dalam rekrutmen management trainee. Setelah aplikasi dan resume dikirimkan oleh kandidat, informasi tersebut kemudian dapat dengan mudah ditinjau secara bersamaan oleh semua manajer dan staf HRD terkait. Hal ini dapat membantu mempercepat proses perekrutan, karena informasi itu tak perlu lagi diteruskan ke seluruh perusahaan secara manual. Setelah meninjau resume-resume yang masuk, maka manajerial bisa lebih siap untuk mengambil langkah-langkah berikutnya. Aplikasi HR juga dapat memudahkan manajer untuk berkomunikasi satu sama lain mengenai pertanyaan dan kondisi kandidat sebelum wawancara dijadwalkan.

Selama bekerja, management trainee juga akan dilatih untuk menempati jenjang karir menjadi seorang manajer. Dibutuhkan pula berbagai macam modul untuk menggampangkan pembelajaran seorang management trainee. Perjalanan dalam pembelajaran ini bisa sederhana atau kompleks, tergantung bagaimana kemampuan karyawan itu sendiri. Terlepas dari hal itu, sudah menjadi kewajiban bagi HRD untuk mempersiapkan pembelajaran yang efektif agar management trainee memiliki kemampuan yang terampil.

Modul learning pada aplikasi HR membuat pembelajaran dapat dilakukan menjadi transparan. Pembelajaran yang transparan akan menghadirkan jalur pengembangan potensi bagi tiap karyawan dengan kelas pelatihan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan. Dengan begitu, perusahaan pun bisa lebih memanfaatkan bakat management trainee terbaik sekaligus meningkatkan keterlibatan dan kepuasan dalam bekerja. Dengan berbagai tantangan yang dihadapi HRD dalam menemukan kandidat terbaiknya, LinovHR pun hadir sebagai kunci utama dalam kesuksesan rekrutmen management trainee.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi HR dari LinovHR, maka perusahaan akan lebih mudah dalam mendapatkan management trainee terbaik yang akan membangun perusahaan menjadi perusahaan unggulan di antara para kompetitor. Menjadi perusahaan unggulan adalah mimpi bagi semua perusahaan, bukan? Untuk lebih lengkapnya mengenai kemudahan dan kepraktisan dalam rekrutmen, kamu bisa segera menghubungi tim layanan LinovHR. 


Apakah di antara teman-teman ada yang punya pengalaman dalam mengikuti perekrutan management trainee? Kamu boleh berbagi cerita di kolom komentar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Salah satu sepupuku pernah daftar jadi management trainee tuh mas, tapi gagal pas di tahap tes bahasa inggris. Jenjang kariernya emang jelas, cuma kan seleksinya gak segampang itu. Saingannya juga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Saingan mencari kerja dalam bidang apa pun memang banyak banget.

      Delete
  2. Dulu di HSBC banyak banget MT ini pada direkrut. Biasanya di dept2 Business risk control ato marketing. Banyak di antara mereka aku suka , Krn walopun mereka fresh graduate tp cepet nangkep apa yg di mau Ama perusahaan. Makanya lulusan MT ini banyk disukai kalo di HSBC. Walopun ada juga, yg setelah melewati JK waktu tertentu mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan lain :D. Wajar sih, orang bagus biasanya slalu dicari :).walopun kesannya kayak kutu loncat. Aku ga prnh masalahin itu, asalkan kemampuannya memang memadai. Masalah dia loncat2 ke perusahaan lain, itu sih pinter2 perusahaan lamanya juga utk bisa menahan si staff :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu kenapa ada karyawan yang disebut kutu loncat. Tapi kalau dia merasa keterampilannya kurang dihargai atau upahnya tak sepadan, terus ada perusahaan lain yang rela bayar lebih mahal atau benefit lainnya, saya kira itu sah-sah aja. Seperti yang Mbak Fanny bilang, gimana perusahaan bisa mempertahankan si karyawan itu.

      Delete

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.