Kejutan Ekstra

28 comments
Hari ini, tanggal 24 Mei 2018, saya berulang tahun. Sejak tahun 2012 (di mana saya berumur 17 tahun), entah mengapa sampai tahun 2017 saya pasti selalu mendapatkan kejutan di hari ulang tahun dalam setiap tahunnya. Biasanya kejutan itu datang dari pacar dan sahabat. Kejutan yang saya dapat dari mereka syukurnya belum pernah dikerjain yang aneh-aneh. Misalnya diceplokin telur busuk, kepala ditaburin tepung seplastik, disiram air got, diikat di tiang listrik, dan lain-lain. 

“Yah, nggak seru dong kalo belom pernah diceplokin atau dikerjain kayak gitu. Garing dan biasa banget,” ujar salah satu teman saya. 

Lalu saya pun merespons, kalau kejutan ulang tahun saya selama ini bisa tetap seru tanpa adanya hal tersebut. Apalagi saat mengingat suatu berita yang mewartakan perayaan ulang tahun dengan telur busuk pernah memakan korban. Jangan sampai perayaan ulang tahun yang seharusnya bersuka-ria malah menjadi bencana dan duka cita.

sumber: Pixabay


Sejujurnya, saya memang begitu menghindari hal-hal seperti itu saat memberikan kejutan kepada teman-teman saya ketika mereka berulang tahun. Sehingga, saya pun mendapatkan kejutan yang juga biasa-biasa saja. Tapi saya justru senang akan hal itu. Walaupun terkesan kejutan yang biasa-biasa saja dan cenderung garing bagi teman saya (yang lebih suka dikerjain brutal itu), setidaknya saya akan tetap merasa gemas bercampur bahagia setiap kali memperoleh kejutan pada hari ulang tahun.

Contohnya pada tanggal 24 Mei 2014, yang mana hari itu saya terdapat jadwal kuliah. Beberapa teman sekelas mengucapkan ulang tahun kepada saya dan mendoakan yang baik-baik. Namun, pacar saya—yang sudah jadi mantan—tidak mengucapkannya secara langsung. Apakah ia merasa sudah cukup dengan mengirimkan pesan teks maupun pesan suara di WhatsApp pada pukul 00.00? 

Mungkin itu cukup baginya, tapi saya merasa kurang. Saya masih berharap lebih. Berharap ia juga memberikan kue ulang tahun dan kado sebagaimana kejutan yang pernah saya berikan sewaktu ia berulang tahun. Saya tahu hal itu tampak tidak ikhlas atau pamrih. Namun, entah mengapa kala itu saya memang pengin ia memberikan sesuatu yang spesial di hari ulang tahun saya. 

Sedihnya, hingga jam kuliah berakhir saya tetap tidak mendapatkan apa yang saya harapkan itu. Saya pun mengantarkan ia pulang ke rumahnya. Sore itu, langit agak mendung dan akhirnya gerimis pun turun. Mungkin mewakilkan apa yang tengah saya rasakan. Dalam perjalanan pulang itu, saya tiba-tiba jadi sebal kepadanya. Saya bahkan telah berniat nanti sesampainya di rumah pacar akan segera pamit pulang. Nggak perlu mengapel kayak biasanya. 

“Aku langsung pulang aja, ya,” ucap saya kepadanya begitu sudah sampai di depan rumahnya. 

“Kok tumben, sih?” tanyanya. “Mampir bentar gitu, minum dulu.” 

Karena merasa nggak enakan, saya pun mau tak mau tetap melangkahkan kaki ke dalam rumahnya. Begitu pintu dibuka olehnya, ruangannya gelap sekali. Dengan spontan saya bertanya, “Orang rumah pada ke mana?” 

Ia tidak menjawab, kemudian menyalakan lampu. Kala itulah pintu dapur terbuka dan terdengar teriakan, “SURPRISE!” 

Teman-teman akrab saya di kelas yang berjumlah tujuh orang muncul membawa kue ulang tahun dengan lilin angka 19 di atasnya. Tak lupa mereka menyanyikan lagu Happy Birthday untuk saya. Bahkan, adik dan ibunya pacar pun ikut-ikutan bernyanyi. Saya nggak tahu bagaimana ekspresi wajah saya pada saat itu. Mungkin akan konyol sekali kalau difoto.

Intinya, perasaan kesal, bahagia, dan haru bercampur jadi satu yang membuat saya ingin meneteskan air mata. Air mata orang yang bersyukur karena masih memiliki orang-orang terdekat yang bisa memberikan kejutan atau perayaaan sederhana ketika saya ulang tahun. Belakangan diketahui, ia ternyata diam-diam telah memasukkan kado ke dalam tas saya. Nggak nyangka, saya masih mendapatkan kejutan ekstra pada hari itu.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Akankah saya masih bisa mendapatkan kejutan seperti sebelum-sebelumnya?

Ulang tahun kali ini saya sedang tidak memiliki kekasih. Terus kalau teman-teman saya palingan sebatas mengucapkan lewat media sosial. Saya nggak akan berharap banyak kepada mereka. Terlebih banyak yang bilang, “Semakin bertambah umur, teman-teman kita justru akan semakin sedikit.” Ya, kalau dipikir-pikir kalimat itu ada benarnya juga. Kehidupan akan menyeleksi mana teman yang betul-betul layak dan cocok dijadikan teman. Berarti saya nggak akan dapat kejutan dong tahun ini?

Bagusnya, saya tidak perlu mencemaskan hal itu, sebab saya justru mendapatkan kejutan ekstra dari Tokopedia. Pada tulisan sebelumnya, saya sempat menebak-nebak apakah kejutan Ramadan Ekstra yang akan hadir pada tanggal 25 Mei 2018 ini? Sekarang, saya sudah mendapatkan bocorannya nih. Jadi, kejutan Ramadan Ekstra ini terbagi menjadi dua, yaitu:

1. SEMARAK RAMADAN EKSTRA - Kejutan Diskon 99% pada 24 Mei 2018 

- Shake-Shake Kejutan (Hadiah) 

Cukup dengan membuka aplikasi Tokopedia pada jam-jam tertentu dan “Shake-Shake” gadget, kamu bisa langsung meraih kesempatan mendapatkan berbagai kejutan mulai dari hadiah-hadiah seru, promo menarik, dan kejutan diskon 99% untuk produk-produk terbaik pilihan. 


- Artist Perfomance and Fashion Show by Exclusive Collaboration 



Pada tanggal 24 Mei 2018 pukul 20.30 WIB, tepatnya sepulang salat Tarawih nanti malam, kamu bisa menyaksikan acara hitung mundur menuju “Ramadan Ekstra, Kejutan Belanja Online”. Acara ini disiarkan secara langsung di NET, MNC TV, dan Trans7 dengan penampilan artis-artis papan atas Indonesia. Kemudian, ada juga peragaan busana (fashion show) yang berkolaborasi dengan brand-brand fashion eksklusif di Tokopedia. Asyiknya lagi, semua produk fashion yang diperagakan itu bisa kamu beli secara langsung melalui aplikasi Tokopedia.

Setahu saya, menunggu itu membosankan. Tapi menantikan Ramadan Ekstra ini justru jadi momen yang seru dan menyenangkan.


2. RAMADAN EKSTRA - Kejutan Belanja Online pada 25 Mei 2018 

- Shake-Shake ( 5x dalam satu hari), - diskon 99% 

Sebetulnya ini sama seperti “Shake-Shake” sebelumnya yang cukup dengan membuka aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu, lalu goyang-goyangkan gadgetmu. Bedanya, dalam Ramadan Ekstra Tokopedia ini kamu bisa mendapatkan kejutannya hingga lima kali dalam sehari. Bahkan, terdapat hadiah utama Toyota Yaris yang didiskon 99%! Jadi dalam promo ini kamu berkesempatan memiliki mobil seharga dua juta. Gokil banget!



- Flash Sale, Save My Coupon, Promo Lainnya, dan Exclusive Brand 

Jangan sampai kamu kehabisan berbagai produk pilihan terbaik dengan harga miring serba 25.000 untuk semua produk Flash Sale Tokopedia, ya. Kalau perlu, kamu bisa minta bantuan The Flash biar kebagian banyak produknya. 

sumber: www.releasesoon.com

Bagi yang sudah mengumpulkan kupon-kupon promo menarik di Tokopedia, inilah saatnya kamu menggunakan “Save My Coupon” agar mendapatkan diskon yang lebih ekstra lagi. Lalu untuk kejutan yang terakhir, terdapat berbagai promo Ekstra Cashback untuk berbagai macam produk di marketplace dan juga produk digital Tokopedia. Serta Tokopedia pun menyediakan berbagai penawaran menarik dari brand-brand eksklusifnya.

Nah, kejutan-kejutan barusan sungguh mantap, bukan? Jangan sampai kelewatan ya promo dua hari ini.

Setelah mendapatkan kejutan ekstra dari Tokopedia sebanyak itu, saya pun bingung mesti berharap apa lagi pada ulang tahun kali ini. Hm, mungkin saya sudah nggak perlu berharap apa-apa dan lebih banyak bersyukur. Saya pun mendadak senyum-senyum sendiri. Membayangkan pada ulang tahun berikutnya saya masih tetap bisa berbahagia dan memperoleh kejutan yang tak kalah menarik seperti tahun ini.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

28 comments

  1. Saya tida ingin membahas masalah tokopedianya, karenaaa yaaa yu kenow laaah banyak sekali blohher yang membahas itu.

    Saya lebi tertarik membahas masalah ulangtahun itu hahahak. Pada masanya banget yaaa itu, surprise-surprisen, menjelang angka 20, mesti kita ngarep ada yang ngasih suprise gitugitu wgwg. Dan konsepnya selalu sama, bikin kesel dan kehilangan harapan dulu, baru di SURPRISEEEE~ wgwgw. Biasanya ketebak, tapi mantanmu berhasil sih itu.

    Jadi, mantan yang mana nih?

    Wgwgw.

    Saya pas SMK dulu selalu seneng dan ngarep sih pas ultah gitu, ngarep ada yang ngucapin dan ngasih kejutan. Eee tapi pas suda kuliah, boro-boro, saya saja sengaja nutupnutupin tanggal ultah saya biar tida ada yang tau wgwwg.

    Btw, selamaaat olang tahun Yog! Kalau di jalan ketemu cewe, siapapun itu, salamin dari saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, gitulah. Usia belasan masih ngarepin hal spesial dari pacar. Hm, mungkin karena saya udah sebel duluan nunggu lama, jadinya mikir dan pasrah nggak akan dapet kejutan dari dia, Feb. Ternyata saya dikerjain. Berhasil dia~ XD

      Mantan zaman kuliah.

      Sejak usia 20-an juga udah nggak banyak berharap pas ultah. Malah biasa aja jadinya. Seenggaknya sampai sekarang masih ada yang inget, terutama temen-temen terdekat. Meskipun nantinya nggak ada, saya pengin tetap bersyukur dan bahagia karena diri sendiri bisa tetep inget. Ehe. :)

      Makasih, Feb. Saya nggak segila itu salam-salamin cewek di jalan. :(

      Delete
  2. Saya termasuk yang pernah diceplokin dan disiram air detergen dan diminta traktiran. Lalu berakhir di situ aja. APAAN SAYA NGGAK DAPAT HADIAH APA2. Walo emang sebenernya sejak kecil tak menganggap ultah itu hari khusus dan pernah ngarepin apa2. Ya setidaknya jangan dibulky lah, tiap hari udah dihina masa pas ultah malah makin parah. Makanya saat ultah udah gak peduli apa2 lagi. Ada yg ngucapin aja udah syukur, walo itu robotnya kaskus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok komentarmu sedih sih, Haw? :( Itu mah bukan memberi kejutan dan pengin merisak. Duh, seakan-akan hari ulang tahunmu malah kado bagi mereka buat menyiksa~

      Atau yang ngucapin situs-situs toko online. Saya termasuk sering dapet ucapan dari mereka soalnya. XD

      Delete
  3. ((Ulang tahun kali ini saya sedang tidak memiliki kekasih))

    berarti lebarannya gak bisa jalan sama uuuuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Lebaran harus jalan sama kekasih, Yan?

      Delete
  4. Hari ini wkatunya shake-shake hp buat dapat hadiah dari Tokopedia. :D

    ReplyDelete
  5. Flash sale serba 25.000 wow saya penasaran produk apa saa yang dijual di Tokopedia besok.

    ReplyDelete
  6. Dua hari ini bakalan pantengin Tokopedia terus nih, soalnya banyak diskon. :D

    ReplyDelete
  7. Gue sendiri juga lebih suka dikasih ucapan aja saat ulang tahun. Begitu juga gue ke teman. Buat gue teman ingat tanggal ultah udah hal yang menyenangkan banget. Wkwk. Seumur-umur juga gue setiap ulang tahun nggak pernah dikasih surprise yang kayak lu contohin di atas. Pertama karena gue emang ngindarin juga, kedua karena setiap gue ultah selalu libur panjang wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma kadang balesin satu per satu pegel juga, Man. Mending diucapin langsung dan berjabat tangan. Saya terus jadi inget zaman SMK kelas satu, dinding Facebook lagi rame-ramenya tuh pas ultah. XD

      Yoi, ulang tahun pas liburan sekolah mah enak diem-diem aja nggak perlu takut dikerjain atau ditagih traktiran. Haha.

      Delete
  8. Happy Birthday Bro! Sukses untuk segala urusannya dan terus bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun, Adin. Aamiin. Sukses juga buatmu, ya. :D

      Delete
  9. ANJIR DISKON 99% BRO!!!

    HAPPY BIRTHDAY, YOGA! Semoga panjang umur supaya tetap bisa update blog dan nulis postingan-postingan kece untuk pembaca! Kalau boleh request, bisa nggak antara sajak sama post lain pake selang-seling agak jauh? Misal, artikel biasa 4, sajak 1. Artikel biasa 4, sajak 1. Gue suka bingung nanggepin sajak soalnya. Tapi nunggu-nunggu artikel lo. :p itu cuma request, nggak maksa kok. :p

    Oh iya, kemarin-kemarin gue bacain postingan lama lo. Dibanding yang sekarang, lo jadi agak kalem ya? Padahal tulisan lama lo terasa "fun" gitu pembawaannya. Kalau yang sekarang-sekarang jadi lebih tenang. Gimana ya bilangnya, tapi menurut gue, seruan yang dulu feel-nya. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Andreas~ Aamiin.

      Nggak usah ditanggapi kalau begitu sajak-sajaknya. Hahaha. Saya juga udah sempet mikir begitu, sih. Kenapa trafik tulisan puisi sepi banget dibandingkan dengan yang curhatan. Nggak perlu request segala, saya juga bakalan jarang posting sajak lagi di blog ini. Udah ada tempat lainnya nih kebetulan~ :)

      Kalemnya karena saya mengurangi humor dan hal-hal jorok, kah? Untuk persoalan itu, saya pernah menjelaskannya di tulisan "Kenapa Tulisan Saya Berubah?" pada bulan Januari. Coba dibaca aja, atau malah udah baca?

      Wah, seruan yang dulu? Tapi saya udah nyaman begini, sih. Hm, intinya mungkin dulu saya ngetiknya ngasal banget dan semaunya. Jarang disensor juga. Sekarang agak banyak yang saya pertimbangkan. Namun, nggak tahu nanti bakalan berubah lagi atau gimana. Hehe.

      Eniwei, makasih sudah baca tulisan-tulisan lama dan mau menyampaikan keresahannya akan blog ini. :D

      Delete
    2. Hahahahaha iya iya, tapi jangan berhenti bikin sajak lho! Bukan gue nggak suka, cuma kurang ahli dalam menanggapinya. :(

      Eh gue kirim email!

      Delete
  10. Dengan bertambahnya umur, semoga makin sukses bang!

    Kemaren ikutan shake-shake, tapi lupa, jadi cuma ikut sekali dan gak dapet mobil wkwk. Dapet kupon gak dipake, masih tanggal tua sih ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. :)

      Saya juga ada 5 kupon belum dipake nih. Haha.

      Delete
  11. Seumur-umur, saya baru sekali dapet kejutan ulang tahun dari temen. Itupun sama temen-temen KKN pas jaman kuliah dulu. Bukan temen sekolah apa temen main *apalagi temen hati---oponeh iki*. Seneng sih, tapi ya habis itu biasa-biasa aja. Sedih malah. Soalnya habis ngerjain pakai tepung, mereka minta traktiran, kan apes banget. Habis dikerjain-di bedak-bedakin tepung, malah suruh nraktir.

    Sayang, saya kemarin nggak dapet diskonan dari Tokopedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa uang mereka yang dipakai buat beli tepung nggak diganti jadi makanan aja, ya? Biar lu nggak perlu traktir mereka, kan. Semoga budaya seperti itu cepat sirna~ :(

      Siapa tahu di kesempatan berikutnya dapet, Wis. Aamiin. o:)

      Delete
  12. Udah negative thinking dulu ye kan taunya malah big surprise. Hahaha. Gue juga pernag gitu sih Yog. Kesel kalo orang terdekat sok-sokan gak inget ya.

    Btw, happy birthday Yog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh, Rih. Saking kelamaan pura-pura nggak ingetnya jadi mengira mereka emang nggak inget. Hahaha.

      Thanks, ya! :D

      Delete
  13. kalo memang teman, pasti ga bakalan ngerjain smpe kebangetan kok
    malah sebenernya, ultah pun ga perlu di rayakan aneh2 kok
    cukup temen-temen beli kue kecil
    taro lilin, kita tiup bareng, baru ngobrol dan ngumpul bareng,
    lalu bahagia

    #setelahtamatSMAbarutau
    #ngumpulbarengtemenitususah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang sebetulnya nggak perlu yang macem-macem, Fel. Sederhana aja. Itu cerita pas saya 19 tahun, jadi entah mengapa waktu itu masih pengin diperlakukan spesial. Wahaha.

      Susah sekali dan tidak akan sama seperti dulu~ :')

      Delete
  14. Yapp...bagi gua ultah membuang telur dan tepung itu mubazir dan gua mau membasmi generasi itu ckck, gua malas komentar Tokopedia nya hehe, udah banyak yang komentar ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending telur dan tepungnya buat bikin adonan kue~

      Delete
  15. Sekarang toped juga bisa buat beli tiket pesawat. Kemarin ada promo cashback 250ribu lagi. Emang deh. Selain menggaet para blogger muda, Toped juga konsisten menelurkan promo-promo menarik yang adjustable dan advantageable bagi para penggunanya. Sukses terus toped! :)

    *ceritanya biar ikutan dikasih proyek paid post huahahahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga Tokped sukses dan Mayang ditawarkan kerja sama~ :))

      Delete

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.