Widget yang Kurang Penting

Dalam sebuah blog terdapat beberapa widget; baik di sidebar sebelah kanan, sebelah kiri, bahkan kadang juga di bawah kolong jembatan.

sumber : google
Dari sekian banyak blog yang sering gue kunjungin, atau bahasa gaulnya blogwalking, gue sering banget menemukan widget-widget yang sebenernya gak penting, tapi tetep di pasang. Gue gatau apa maksudnya, mungkin untuk menambah tampilan blog agar terlihat keren. Namun sayang, semakin banyak widget, semakin berat pula blog kalian.

Dulu, awal gue ngeblog, gue pernah juga masang widget-widget yang kurang penting itu (entah gue gak ngerti buat apaan). Alhamdulillah sekarang udah tobat. Kasian kan pembaca mau baca blog gue aja harus nunggu loading lama. Meski koneksi kenceng kayak Valentino Rossi pingin buru-buru finish karena kebelet pipis, ya tetep aja berat coy dan pasti lama kalo banyak widget yang ditambahin ke blog. Gimana nasib yang internetnya lemot? Kasian kan?

Nah, maka dari itu, gue mau ngasih tau beberapa widget yang menurut gue kurang penting.

1. Digital Clock

Ya, gue tau jam itu emang berguna banget buat mengingatkan waktu. Cuma kan di komputer kita udah ada jam, di dinding juga ada jam, di tangan kalian juga ada jam, di toilet juga ada jam... ban. Kenapa harus di pasang lagi di blog? Kurang penting sumpah. Ngomong-ngomong, gue dulu masang juga loh! Hahaha.


2. Kalender

Hampir sama sih sama digital clock, sekarang ditambah kalender, emang gak punya kalender di rumah? Atau kalender di blog itu lebih keren? Tapi yang jelas cuma bikin berat, kurang penting. Serius deh.

3. Musik

Wah, ini mah banyak banget yang sering gue temuin. Baru mau baca tiba-tiba kesetel musik secara random. Udah gitu mellow lagi lagunya. Yang lagi galau, bisa tambah galau deh.. atau tau-tau lagunya dangdut koplo, kan gak lucu baca blog yang isinya tentang puisi terus backsoundnya lagu "Kucing Garong.."

Absurd jadinya, kan?

Bisa juga lagunya metal. Lagi baca curhatan yang sedih, terus mulai mau nangis, eh mendadak suara tangisnya serem karena lagu yang didengerinnya hardcore. Lama-lama nangisnya sambil scream.. Udahlah, ini kurang penting. Singkirin aja. Kasian kan pembaca, belum tentu suka sama lagu yang lu taruh di blog.

4. Animasi-animasi gak jelas

Ya misalnya kayak burung yang terbang-terbangan. Gue tau, itu maksudnya suruh follow twitter. Tapi kenapa gak make widget twitter yang langsung memperlihatkan twit-twit kita aja? Takutnya pas lagi baca kan kurang konsen. Lagi fokus baca, eh ngeliat burung yang terbang-terbang, terus jadi memeriksa burung sendiri ikutan terbang apa nggak. *eh

Animasi lain nya banyak menurut gue mah, contoh lain : ada yang bentuk kamera CCTV di pojokan, ini bukan dunia lain, yang misal gak kuat ngebaca isi artikel blog terus bisa lambaikan tangan ke kamera, "saya gak kuat baca tulisan nya. Sedih, saya gak kuat!" *sambil nangis*

5 Welcome text

Kayak gambar di bawah ini..

sumber : google


Baru mau baca tulisan, eh nongol tulisan kayak di atas, kan rese ! udahlah gak penting banget tau..


Mending taruh yang penting-penting aja. Kayak arsip blog, popular post, label, google friend connect, widget twitter, atau widget yang mengenai akun socmed kalian..

Kalo widget yang kurang penting kayak 5 yang gue sebutin di atas mah gak usah kali ya. Eh, tapi gue gak ada hak buat ngelarang-larang. Gue cuma saranin mending gausah. Kasian pembaca matanya sakit, terus loading berat. Lu juga kan yang rugi. Jarang ada yang mampir ke blog karena blognya berat. 

Itu cuma saran aja, sih. Terserah kalian lagi mau masang widget-widget kayak gimana. Toh, itu blog kalian kok. hehehe. Lagian nyawa dari sebuah blog bukan tampilan dari widgetnya yang rame itu, tapi isi artikelnya. Percuma tampilan blog dibuat rame, kalo posting aja setahun sekali. Huahaha kayak gitu kok mau pengunjung rame? NGIMPI!

16 Comments

  1. Dulu pas baru baru bikin blog, perasaan semua widget gue masukin. :D
    Ternyata itu menganggu banget. Malah bikin visitor bukannya mendekat, malah menjauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya begitulah.. gue juga sempet masukin yang menurut gue kereen.. eh taunya malah bikin loading jadi berat haha

      Delete
  2. waktu awal ngeblo sih gw sering pasang widget ini itu, tapi sering kunjungan gw ke blog2 orang, jadi tau klo masang widget ga penting cuma bikin loading tambah lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. yabegitulah bro.. setiap orang kan belajar, dulu gue juga gitu, awal-awal ngiranya kereen. wahaha

      Delete
  3. Setuju tuh. Kebanyakan widget bikin loading blog jadi lemot.

    ReplyDelete
  4. Gua dulu waktu baru punya blog juga gitu. Segala macem widget dipasang. Semut lah, kalender lah, lagu. Tapi itu dulu. Kalo sekarang tampilan blog gua udah cihuy (menurut gua lagi nih, haha), SEO friendly juga.
    Kalo boleh ngasih saran, blog lo ini kasih related post bro. Kemungkinan pembaca buat baca artikel lainnya bakalan naik. Script-nya googling aja, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha udah oke kok, menurut gue juga gitu..
      makasih banget saran nya, gue sampe lupaaa. haha
      btw ini mau googling :D

      Delete
  5. Kalo aku tiap ketemu blog yang ada musiknya langsung ditutup, ganggu hahaha

    ReplyDelete
  6. dari sekian poin di atas, aku pernah nyobain hampir semua. dan itu kalimat terakhir ngejlep bgt tau ga sih? ngejlep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha.. ya setiap pemula pasti pernah make semua :p
      emangnya jleb yang bener pake p apa b sih?

      Delete
  7. Dari yang ada diatas, yang paling benci no 5 , bikin kesel habis kalau udah no 5 ini ada.. tapi 1-4 pernah ku pasang di blog hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nomor 1,2 gak terlalu menggangu sih, cuma ya kurang penting aja :)
      iyaa nomor 5 mah parah..

      Delete
  8. Bener banget tuh, aku udah ngalamin semuanya kalo pas lagi blogwalking ke blog orang. Paling rese ya tetep bunyi lagu, blog yg dikasih musik -_- bikin lelet

    Harusnya widget yg tak penting diganti sama iklan-iklan aja hahaa kan lumayan tuh dapet duit wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya musik itu ribet, ngeganggu, kan selera musik orang beda-beda, bukan selera yang punya blog aja :D
      jangan ngomongin iklan dong plis.. adsense gue udah diblokir :(

      Delete

—Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap sudah blogwalking.