Hal yang Dilakukan Ketika Seseorang Ultah

56 comments
Setiap orang yang dilahirkan, pasti memiliki tanggal lahir. Tanggal lahir itulah yang biasa kita sebut sebagai hari ulang tahunnya (biasa disingkat ultah). Ulang tahun merupakan hari yang spesial bagi orang yang merayakannya.


Nah, untuk karena itu, gue ingin menuliskan beberapa hal yang biasanya kita lakukan ketika seseorang ultah. Entah itu teman, sahabat, pacar, orang tua, atau siapa pun seseorang itu.


1. Mengucapkan Selamat

Setiap ada seseorang yang kita kenal lagi ultah, kita lazimnya akan mengucapkan selamat. Walaupun itu hanya sebatas mengucap "HB ya" di wall Facebook, mention di Twitter seperti "selamat ultah ya coy, jangan lupa traktiran", hingga ucapan yang panjang beserta doanya di pesan seperti WhatsApp, Line, SMS, ataupun yang menjabat tangan dan mengucapnya secara langsung.

2. Ngerjain

Beberapa bulan yang lalu, ketika gue ultah yang ke-19, gue waktu itu dikerjain sama pacar gue (sekarang udah mantan, sih), ini tuh rasanya ngeselin tapi sekaligus bikin bahagia. Orang mah dikerjain aturan marah, tapi entah kenapa gue susah buat marah dan justru malah senyum-senyum sendiri.

Temen-temen gue yang lain juga sering ngerjain teman yang ultah. Salah satunya pernah ada kejadian yang ngumpetin handphone. Orang yang ultah itu hampir nangis baru deh dibalikin.

Ketika ada teman yang ultah seringnya mah berkaitan dengan kata 'ngerjain'. Kayaknya kalo nggak dikerjain itu kurang seru gimana gitu.

Pernah juga tuh sewaktu SMP ada salah satu teman yang dikerjain sekelas, bahkan gurunya pun ikut-ikutan. Jadi, pada waktu itu emang temen gue emang sengaja gue ajak ngobrol (sesuai yang sudah direncanakan), gue bercandain temen yang duduk di depan gue itu sampe nengok ke belakang (karena dia duduk di depan gue), dan sampe dia ketawa-ketawa ngakak. Oh iya, sebut saja namanya Rani.

Kemudian sang guru pun memanggil, "RANI, KAMU NGGAK MERHATIIN SAYA?" bentak sang guru "KAMU MALAH ENAK-ENAKAN BERCANDA, SINI MAJU KE DEPAN!"

"Tapi sih Yoga Bu, yang ngajak ngobrol" Rani menyangkal.

"UDAH SALAH! MASIH NYALAHIN ORANG, KAMU KENAPA MAU DIAJAK NGOBROL?"

"..." Rani hanya terdiam, gue pun senyum-senyum sendiri..

Rani diomelin abis-abisan sama gurunya.

"Nilai kamu tuh udah jelek, malah bercanda aja, bukannya merhatiin, kamu nggak menghargai saya ya?"

Rani tampak mewek.

"KAMU MEMANGNYA MAU TINGGAL KELAS?" lanjut Bu guru dengan nada yang lebih tinggi
"Nggak bu, saya mau naik kelas.. saya minta maaf bu," Rani menunduk dan air mata menetes membasahi pipinya.

"kalo diajak berbicara tolong perhatikan saya"
"..." Rani menatap wajah bu guru, tetapi hanya terdiam dan air mata mulai membanjiri wajahnya. raut mukanya semakin nggak enak dipandang, dan suara tangisnya mulai terdengar di tengah keheningan suasana kelas.

"..." Bu guru hanya diam memandanginya

Sekitar 5 detik hening.

"Kamu hari ini ulang tahun ya? selamat ya.. ibu cuma bercanda kok.."

Rani mengangguk dan kemudian tersenyum, Bu guru pun memeluknya. Lalu teman-teman sekelas menyanyikan lagu selamat ulang tahun, dan Rani tertawa sehabis menangis, lalu gue dan teman-teman kompak meledeknya dengan kalimat: Habis nangis ketawa, makan gula jawa.

3. Diceplokin

Bukan hanya penggorengan saja wadah untuk menceplok telor, bagi temen-temen gue, seseorang yang ulang tahun, kepalanya harus diceplokin juga. Nggak hanya sebatas diceplokin, kadang juga dikasih tepung atau terigu.

Gue kadang jadi mikir, ini tuh mubazir.. kenapa enggak dibikin kue aja. Telor sama tepung kan lumayan bisa jadi kue, dan nanti dimakan pasti kenyang. Tapi ya sudah tradisi dari zaman dahulu kala, bahwa yang ultah harus diceplokin, amis-amis deh tuh. Bagusnya selama gue ultah, gue belum pernah diceplokin. Mungkin memang nggak ada yang inget lagi sama ultah gue.

4. Surprise

Biasanya ini berlaku hanya untuk keluarga, teman-teman terdekat, sahabat, ataupun pacar. Setelah diucapin dan dikerjain, biasanya bakalan ada surprise yang menyusul dari orang yang spesial. Habis dikerjain habis-habisan, diceplokin bau amis, kemudian dikejutkan oleh seseorang yang membawa kue dan berkata "SURPRISE", kemudian peniupan lilin.

5. Memberi Kado

Setelah ada surprise, biasanya akan dilanjutkan dengan pemberian kado. Ya meskipun nggak selalu setiap habis surprise ada kado.

Tapi, memang beberapa orang pasti  suka memberikan kado untuk seseorang yang ultah. Namun memberi kado itu juga tidak semudah yang kita kira. Pertama kita harus mengumpulkan uangnya. Dengan penuh niat biasanya rencana ini dilakukan seminggu sampai sebulan (tergantung seberapa mahal) sebelum seseorang itu ultah, lalu memilih kadonya, kado apa yang cocok dan pas untuk seseorang yang ultah itu.

Mencari kado dengan uang yang seadanya juga cukup sulit, belum lagi jika waktu yang diperlukan untuk mencari sebuah kado itu tidak sebentar.

Karena padatnya kesibukan, baik itu sibuk sekolah dan kuliah, sibuk ngantor, atau sibuk macarin pacar orang, kita jadi tidak ada kesempatan untuk mencari kado itu. Kadang udah muter-muter mall seharian aja masih belum ketemu yang cocok.

Bagusnya waktu itu gue sempat dikasih tau temen gue, tentang toko online bernama Zalora.

zalora

Ternyata Zalora merupakan pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan fashion pria dan fashion wanita dengan menawarkan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Zalora ini juga menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti trend fashion terbaru. Jadi nggak bakalan ketinggalan zaman lagi deh.

Berhubung dua minggu lagi teman gue  yang bernama Agus ultah, lalu isenglah gue mencari kado buat dia, terus coba-coba mampir ke bagian sepatu. Inilah contoh koleksi sepatunya.



Karena belum puas, kemudian gue juga iseng melihat-lihat koleksi jam tangan. Oke, ternyata pas gue lihat koleksi jam tangan Swiss Army ini bikin ngiler banget. Kalo nggak percaya, coba aja cek di SINI.



Dengan adanya keterbatasan waktu, dan jadwal kesibukan yang padat, gue nggak perlu lagi ngiter-ngiter mall seharian. Selain nggak capek, bisa menghemat waktu juga kan kalau belanja di Zalora ini. Mana biasanya suka ada promo bebas ongkos kirim. Mantaplah pokoknya.

Kira-kira, apakah ada hal lain yang biasanya dilakukan ketika seseorang ultah? Boleh tambahin di kolom komentar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

56 comments

  1. Ini postingan modus.. Kamu pengen dibeliin sepatu itu kan? Ngakuuuuu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingan demi sesuap nasi lebih tepatnya kak.. nggak kok, tapi kalo ada yang mau beliin mah terima :)

      Delete
    2. Hahah.. Enak ya dapet job review, Yog. Mayaaaan.. :D

      Cieeee.. Punya pacar dongs, biar dibeliin. :P

      Delete
    3. Iyanih lumayan :)
      Pacar orang siapa tau mau beliin :p

      Delete
    4. Sering-sering aja deh! ^^

      Duh. Siap-siap digebukin kalok gitu :P

      Delete
    5. Aamiiiin.. ^^

      Ya uda buruan cari deh pacar orangnya. :P

      Delete
  2. Eh, iya. Modus banget ini postingannya. Haha.

    Barang di zalora emang oke sih. Gua pernah pake celana dari zalora. Gue pake keluar, ga lama banyak yg manggil, "Vino.. Vino.. Vino Bastian kan?"
    Speechless saya.

    ReplyDelete
  3. duh dibilang modus.. :(
    iya oke emang.. hallo Vino :p

    ReplyDelete
  4. mulus banget promonya. haha. keren ah. gua paling males kalau ultah diceplokin. bikin bau kalau mau pulang. mana naik angkot lagi. sial

    ReplyDelete
    Replies
    1. semulus paha-paha JKT empat delapan kah?
      hahaha ya begitulah diceplokin, nggak enak, tapi gue pengen ngerasain :(

      Delete
  5. Waktu sd gw sering bgt diceplokin, untung skrg harga telor mahal, drpd diceplokin dikepala gue, mending diceplok dipenggorengan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gue belom pernah dari SD sampe sekarang.. :( kan pengen nyobain..
      iyaaa bener.. zaman sekarang mah apa-apa mahal :(

      Delete
  6. hahaha, ini keren asli promo terselubungnya :)
    jadi ceritanay beberapa bulan yang lalu lu masih punya pacar bro?
    hahaha, yang sabar ya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya makanya pinter-pinterlah dalam promo, maklum demi bisa makan, tulisan absurd pun ujung-ujungnya jadi promo :D
      iyaaa masih.. :(
      selalu sabar kok bro

      Delete
  7. <- paling gak suka dikerjain. Sukanya ngerjain. Hahaha. \:D/

    ReplyDelete
  8. << kalo ultah setiap pagi pasti dicipika-cipiki sama ibuknya :")
    << masuk kategori yang lebih suka ngucapin secara langsung sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah soswit yaaa.. Ya emang lebih asik langsung :)

      Delete
  9. Ultah gak perlu ceplok-ceplokan kan sayang telornya mending di masak dan di jadi in pelengkap nasi kuning buat bancakan ( adat di jawa gitu) hehehe

    ReplyDelete
  10. Ye elaah broo, lagi serius serius baca atasnya eh bawahnya tetep ada pesenan dari sponsor wkwkw

    Ciee dapet voucher belanja haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya seperti itulah promo :)
      gue bukan voucher :p

      Delete
  11. Kalo gue sih, ulang taun malah ditanyain PR matematika hahaha :D

    ReplyDelete
  12. Yah, mas yog. kalo ngomongin tentang ultah, rasanya ngenes banget. Gue sering banget ngerjain temen gue, sama ngasih suprise ke mereka. Gue juga pingin digituin, diceplokin telor juga. tapi.. pas ulang taun gue mereka ga pernah gituin ke gue,sahabat gue juga, ngucapin aja mesti telat, hiks. gue juga pingin ngerasain begituuaaan. huaaaaa.. Eh ini curcol mas, sori.. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh sabar ya mbak.. Gapapa kok kalo mau curhat :) , besok-besok aja mama dedeh yaaa.. Semogs ultah lu di tahun selanjutnya ada surprise, ceplokan telor, kado de el el yaaa.. :D

      Delete
  13. Gue paling kesel banget kalo udah dikerjain-kerjain gitu. Apalagi diceplokin. Syukur deh kalo telurnya pecah pas diceplokin ke kita, nah kalo enggak? Sakitnya tuh disini yog, disiniiii. Hiks. #curcol. Gue tiep ulang tahun pasti dikerjain, jail soalnya hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha seru kali dikerjain :)
      Kesel-kesel tapi bahagia :D
      Kalo telornya nggak pecah dijual aja Dev :p

      Delete
  14. Aduh, sayangnya gue kaga pernah dikerjain sama temen.temen di skolah, soalnya gue ultah bulan july, liburan sekolah bulan july juga, waktu libur skolah full jalan.jalan sama kluarga, nasiblah yang lahirnya bln july, cuman dapet ucapan ultah di perjalanan aja,,hehe
    Well, gue baru nemu blog lu nih.. jgn lupa follback yee:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah nasib kamu kasihan amat nak.. Tapi nanti pas kuliah atau kerja juga ngalamin :p
      Wahaha nanti ya pas on di laptop :)

      Delete
  15. kirain gak bakalan promo,ekh taunya promo juga :) good job

    ReplyDelete
  16. gue sih gak bikin surprise apa apa untuk pacar, karena dia gamau dirayain jadi gue temenin dia seharian sama kasih dia Al-Qur'an.. gak ada romantisnya gue ya --

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. Romantis aja menurut gue.. Sisi romantis seseorang kan dinilai dari sisi-sisi yang berbeda.. Nggak selalu dengan bunga dan surprise kok ;)

      Delete
  17. Kalo gue mah pas umur 1 tahun udah sering di cepokin bro.. sama emak emak lagi -__- eh ceplokin apa cepokin nih ?

    ReplyDelete
  18. Hahahaha tulisannya mengandung unsur zalora :D

    Eh tapi ada benernya juga sih, ngerasa pas banget sama kejadian sendiri, apalagi pas baca sering dilupain tanggal lahir :(

    ReplyDelete
  19. 90% orang inget ultah juga dari facebook. hehehe

    btw, kok gak ada yg pernah ngasi aku kado yah waktu ultah. sedih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha waduh gue malah udah nggak buka pesbuk lagi...
      sedih bro.. sabar ya.. suatu hari nanti ada kok :D

      Delete
  20. Wah, ternyata ada promo terselubung ya hehe.

    Sebenernya enak sih kalo ngerjain orang yang lagi ultah, tapi kalo dikerjain balik ... musibah :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogger juga butuh makan mbak :)
      hahaha ya begitulah.. ngerjain itu seru, kalo dikerjain balik itu terharu..

      Delete
  21. Gw jadi pengen dikerjain pacar, tapi apa daya hidup jomblo harus senantiasa wkwk. Gw belum pernah ah dikerjain sebab ultahnya tahun baru. Huff

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha nanti juga dapet pacar :p
      wih bentar lagi dong? aseekk

      Delete
  22. Diceplokin! Trend banget itu dikampus gue. Diguyur ramuan telur, tepung, kopi, air comberan dll dalam keadaan terikat ditiang (kalo yg cowo sebelumnya di'gesek' dulu), gue pernah ngerasain tahun lalu -_- minus surprise, soalnya surprise udah pas hari ulang tahun tapi ceplokinnya dua minggu kemudian -_-
    Btw, seneng banget pake nama gue, Yog? Hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. anjirrrr parah banget itu yang cowok digituin... alhamdulillah gue nggak ngampus di tempat lu :p
      dih dibilang nama Rani itu karena udah jadi ciri khas blog gue :(

      Delete
    2. iya, gesek ditiang atau pohon, mau coba gak Yog? hahaha :p
      oke deeh~ emang nama gue aja ya yg pasaran hiks :"

      Delete
    3. hahaha makasih. nggak mau!!
      duh sabar ya. ciyee pasaran. nanti nama lu jadi terkenal :p

      Delete
  23. Kalo ultah gue pas tahun lalu , gue dibawain kue sama sahabat gue dan di datengin sma orang yang special banget buat gue, trus orang itu nyeplokin telor ke kepala gue, sakit sih tapi gak bakal gue lupakan kejadian itu ({}) ♥♡

    ReplyDelete
  24. yoga , aku mau curhat ni , masalah gue dengan pacar gue , udah 1 minggu lebih dia berubah , trus gue ultah tanggal 15 bulan ini , menurut loe dia betulan serius berubah atau gimana ? soalnya tersiksa udah batin gue :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan dia sengaja bikin lu sebel gitu, Des. Biar nanti ngasih surprise lu bakal nyengir-nyengir bahagia. Ehehe. Etapi gatau juga. Lu yang paling tahu gimana cowok lu. :))
      Semoga aja dia gak berubah beneran. Semangka!

      Delete

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.