Blogger Rewind 2016

87 comments
Belum lama ini, gue habis menonton Youtube Rewind Indonesia 2016.




Dibanding sama yang tahun 2015, terlihat jelas emang banyak perkembangannya. Gue (yang tentu saja gak berkontribusi karena bukan Youtuber) menilai secara subjektif kalau suka sama hasilnya yang bagus. Namun, rasa suka itu gak bertahan lama. Ternyata gue lebih suka sama versi parodinya yang dibuat oleh Hati-Hati di Internet (silakan cari sendiri di Youtube wqwq).

Bangke. Pokoknya gue ngakak nonton itu.

Kalau diperhatikan, kok rasanya Youtube semakin banyak acaranya, ya, beberapa tahun belakangan ini? Salah satunya yang bikin gue iri adalah Youtube Fanfest. Kenapa Blogger Fanfest gak ada? Apa karena bingung dengan acara yang mau ditampilkan? Pamerin tulisan-tulisan yang masuk pejwan gugel? Pamerin hasil job review atau adsense yang udah didapet? Gak mungkin deh! Hm... mungkin karena itu, ya? Padahal nih nggak ada salahnya mengadakan acara bloger. Bisa kita telaah kalau minat baca bangsa ini masih terlalu rendah. Kita memang terlalu menyukai yang visual dibanding tulisan. Miris.

Anggep aja gitu. #anggepajahgituh

Terus seperti pembuka tulisan ini, ada Youtube Rewind Indonesia 2016. Para Youtuber Indonesia bekerja sama menciptakan sebuah karya untuk mengenang apa saja hal-hal yang telah terjadi selama 2016. Keren euy! Setelah dipikir-pikir, kayaknya seru juga nih kalo gue bikin Blogger Rewind 2016. Oke, gue akan mencoba menuliskan apa saja yang telah terjadi dalam dunia perblogeran selama 2016 melalui sudut pandang gue.

Januari

Pada awal tahun. Seperti biasanya, semangat menulis masih tinggi-tingginya karena baru saja membuat resolusi, ya meskipun pada malam pergantian tahun 2016 kemarin gue gak menuliskan resolusi apa-apa di blog. Intinya, gue masih on fire. Ada 7 tulisan pada bulan ini.

Kemudian, gue juga pertama kalinya mengeluarkan proyek WIDY—dulu memang itu namanya, sekarang bernama WIRDY karena ditambah Robby. Proyek itu berbentuk cerita bersambung yang akhirnya bisa sampai 11 bagian. Entah itu sebenarnya mau sampai bagian berapa. Niatnya, sih, sampai 12 atau 13 bagian. Namun, akhirnya berhenti lama yang disebabkan oleh berbagai perkara.

Setelah itu, gue bener-bener gak nyangka kalau pada bulan ini pernah diundang ke acara besar: Anniversary Huawei yang ke-15. Dikasih uang saku pula. Asoy!


Februari

Masih tetap konsisten menulis. Bahkan bulan Februari ini jumlah tulisannya ada 8. Sedikit meningkat dibandingkan Januari. Lalu, gue merasa pada bulan ini belajar banyak banget tentang kejujuran. Waktu itu, kondisi keuangan gue emang lagi parah-parahnya. Namun, gue bisa menuliskan cerita terbaik selama ngeblog (menurut gue) dari sebuah novel.

Seorang teman bloger asal Bandung, Fasya Aulia, datang ke Jakarta untuk sebuah keperluan alias wawancara kerja. Gue yang hari itu kebetulan gak ada kegiatan karena emang seorang freelancer, memilih untuk menemaninya di Jakarta. Ya, walaupun ujung-ujungnya main di mal doang karena waktunya mepet banget dan bingung mau ngajak ke mana. Cerita lengkapnya bisa kalian baca di: Ketemu Temen Blog Episode 4.



Maret

Bulan ini kuantitas tulisan gue menurun. Cuma ada 6 tulisan, tapi gak apa-apalah. Itu masih termasuk produktif karena target gue minimal seminggu satu tulisan. Merasa jenuh dengan dunia perblogeran yang kayaknya kok gitu-gitu aja. Nulis, blogwalking, ninggalin komentar, promosi tulisan. Dan ulangi begitu lagi. Maka, kami yang tergabung di grup WhatsApp Blogger Jabodetabek memutuskan untuk kopdar. Yang akhirnya bisa bertemu dan berbahagia di TMII.



Setelah itu, gue mendadak liburan ke Bandung. Entah gue habis dapet uang dari mana dan entah saat itu gue ada masalah apa di rumah, sehingga dengan songongnya jalan-jalan ke Bandung hampir dua minggu. Tiga hari pertama selama di sana, gue gak ke mana-mana karena Bandung hujan melulu. Barulah setelah itu, Fasya gantian menemani gue di Bandung (maaf, gue gak sempet nulis cerita apa-apa selama di sana).

Di saat gue memutuskan untuk pulang ke Jakarta, gue terkejut mendengar kabar dari Fasya kalau Tata dan beberapa temannya juga lagi liburan ke Bandung. Maka, gue menunda kepulangan dan kopdarlah kami di Bukit Moko.



Kalau kalian perhatikan, di foto itu Fasya gak sempat foto bareng. Dia sudah pergi untuk interviu kerja. Saat Fasya bilang di chat kalau dirinya sedih karena nggak bisa ikutan berfoto, gue pun dengan berbaik hati mengedit foto Fasya agar dia nggak bersedih lagi.



Baik kan gue? Ehehe.

Pada bulan ini, gue kepikiran untuk mengganti nama domain yang tadinya yoggaas menjadi ketikyoga (biar seperti akun Twitter). Gue benar-benar galau pada masa itu. Pengin ganti, tapi sayang sama jumlah pengunjung per harinya yang sempat sampai di angka 800-1k. Namun, gak tau kenapa gue udah muak bahkan gak cocok dengan nama yoggaas. Apalagi teman-teman gue sering salah menuliskannya dan malah jadi yogaass (dibaca: Yoga pantat). Maka, gue memikirkannya matang-matang. Gue bingung sama nama ketikyoga, kurang sreg aja gitu buat blog. Kata orang, sebaik-baik nama adalah nama sendiri. Dan akhirnya nama domainnya menjadi akbaryoga(dot)com dan judul blog gue juga berubah menjadi Mengunci Ingatan.

Selain itu tadi, gue juga sempat memenangkan give away yang dibuat oleh Haris Firmansyah. Alhamdulillah gue juara dua. Lumayan dapet buku dan duit yang bisa dijajanin bakso 5 mangkok. Inilah review yang gue buat: 365 Hari(s).


April

Kuantitas atau mungkin juga kualitas tulisan di blog ini menurun. Masalah datang bertubi-tubi. Kuliah lagi hancur-hancurnya. Semangat gue untuk menulis pokoknya jadi meredup. Namun, ada satu video yang mulai mengubah sudut pandang gue tentang berkarya, 2 Tiang 7 Layar (sengaja gak dikasih link, cari sendiri aja itu di arsip blog halah).

Mei

Mulai gak ngerti mau nulis apa. Rasanya seperti kehilangan arah dan tujuan hidup. Cuma ada satu tulisan di bulan ini. Ya, gue sengaja buat tulisan itu supaya ngasih tau pembaca kalau blog ini belum selesai. Gue suatu saat pasti kembali menulis di sini.

Juni

Gak tau ada apa-apa di dunia perblogeran. Gak ngikutin sama sekali. Gak buka-buka medsos. Gak nulis apa-apa. Gue lagi depresi parah pada bulan ini.

Juli

Sama. Masih depresi. Bahkan merasa hidup gak ada gunanya lagi. Sampai akhirnya ada seorang pembaca blog yang hampir gak pernah meninggalkan komentar. Iya, dia silent reader blog gue. Dia bilang, dia rindu sama tulisan gue karena tulisan gue menginspirasi dan menghibur. Ya, Allah. Ternyata seorang Yoga masih ada gunanya. Gue pun mencoba untuk bangkit perlahan-lahan dari jurang keterpurukan.

Agustus

Akhirnya gue bisa kembali nulis di blog ini setelah vakum kira-kira hampir 3 bulan. Meskipun cuma ada 4 tulisan. Ngepas banget sama target yang seminggu satu tulisan. Paling gak, gue bahagia udah berhasil bangkit. Salah satu cara memulai untuk memperbaiki diri gue adalah dengan menulis. Karena banyak sekali sampah-sampah di kepala yang harus dibuang atau dituangkan ke media.

Bulan ini, tawaran job review dan diundang acara bloger mulai ada lagi setelah berulang kali menolak rezeki ketika depresi. Gue mulai berpikir, mungkin aja emang menulis adalah jalan gue dan salah satu cara mendapatkan rezeki. Walaupun tujuan utama gue bikin blog ini untuk curhat, gak ada salahnya mencari rezeki di sini. Nggak dosa, kok.

Gue juga mulai merombak karya berbentuk cerpen yang gue ikutkan di Proyek Menulis Indonesia tentang kesehatan. Awalnya gue gak nyangka kalau cerpen itu terpilih dan bakal dibukukan. Padahal gue saat itu bikinnya kurang maksimal. Eh, malah terpilih. Namun, karena prosesnya lama dan gak terbit-terbit, gue izin sama panitia untuk merevisi karya itu dan mengganti judulnya menjadi Kisah Rokok dan Tiga Anak Remaja.


September

Apa yang bikin seseorang merasa dirinya cukup terkenal? Ketika foto atau nama seseorang termuat di media lain yang memang sudah besar. Hal itu gue rasakan ketika Ahmad Fauzi, temen bloger yang saat ini sedang kuliah di Mesir, mensyen gue di Twitter menanyakan, "Ini foto lu kan, Yog? Masuk Hipwee tuh!"

Gue speechless. Gak percaya akan hal yang baru saja terjadi. Pantes blog gue mendadak jadi lumayan ramai lagi. Ya, gara-gara foto dan link blog gue sempat masuk di Hipwee. Biar gak dikira hoax, berikut gue berikan skrinsut-nya.

sumber foto: http://www.hipwee.com/travel/kadar-romantisnya-cowokmu-bisa-dilihat-dari-tempat-favorit-liburannya-nah-cowokmu-gimana/
Itu foto sekitar tahun 2013, saat gue liburan ke Yogyakarta. Di artikel Hipwee itu, katanya gue termasuk ke dalam tipe cowok berkarakter yaitu: "Jika jalan-jalan ke kota besar adalah hobi cowokmu, dia punya karakter petualang sejati. Kamu bakal dibuat bahagia dengan sifatnya yang nggak membosankan."

Asyik gak tuh pacaran sama gue? Nggak membosankan! Wqwq.

Beberapa bloger mengusulkan ide untuk menulis cerita yang bertema Es Krim. Temen gue, Hawadis, membuat cerita yang cukup kampret. Lalu, dengan hasrat balas dendam karena kesal dan liarnya imajinasi gue. Maka, lahirlah karya berbentuk cerpen yang berjudul Es Krim Spesial. Banyak banget komentar yang berkata kasar sama alur ceritanya yang emang menipu banget itu.

Dan gara-gara cerpen terkutuk itu, gue akhirnya diundang ke grup Telegram karena beberapa member pada penasaran sama orang yang udah bikin cerita bajingan macam itu. Sebetulnya, gue ogah-ogahan dan males donlot aplikasi Telegram karena memori kepenuhan, tapi entah kenapa gue pun terhasut. Gue pun jadi mendapatkan teman baru di grup itu. Gue juga jadi mulai kecanduan main Werewolf. Bagus sekali itu permainan, bisa mengurangi produktivitas gue dalam menulis ataupun bekerja. Terima kasih, WWF!

Para temen-temen di Twitter yang mayoritas bloger memainkan hestek #CinderellaMasaKini dan #TutorialSulit yang ternyata bisa trending topic. Buahaha. Sungguh sebuah prestasi.

Kemudian, teman bloger gue yang sering pejwan dan juga merupakan inspirator sejati, Heru Arya, membuat tulisan “Maaf untuk Keputusan Ini” yang memiliki makna sangat mendalam.

Berikut cuplikannya:

“Berusaha menuliskan apa yang sudah nggak gue suka. Berusaha cerita lucu, tapi aslinya gue sedang meneteskan air mata.”

Gue gak bisa bayangin gimana perasaan Heru saat itu. Parah. Berarti gue dulu-dulu kalau baca jokes Heru itu, tandanya gue lagi bersenang-senang di atas penderitaan orang lain dong? Kacau! Gue jahat banget. Heru meneteskan air mata di Pekanbaru sana, sedangkan gue di Jakarta refleks ketawa-ketawa. Astagfirullah.

Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan Heru memilih untuk menjadi bloger di bidang tutorial dan nggak lagi curhat seperti biasanya. Mungkin, tulisan tutorial lebih ngangkat. Atau mungkin lebih menjual. Kenapa Heru harus memilih jalan lain seperti itu? Ya, biar dapet rezeki berupa recehlah. Ini Indonesia, Brother!

Namun, gue pernah bilang kalau rezeki itu gak hanya uang. Rezeki bisa berbentuk sebuah relasi, seperti pertemanan. Gue berhasil bertemu dengan bloger Medan, Beby Rischka. Bahkan, di kopdar itu dia yang traktir beberapa bloger Jabodetabek di Bebek H. Slamet. Mantap jiwa. Semoga rezeki Beby ini lancar! Aamiin.



Waktu itu, gue juga sempat diajak Vira untuk menghadiri undangan event blogger. Dan ternyata sesampainya di sana bisa bertemu dengan Dita, seorang travel blogger kece. Sebenarnya gue udah pernah bertemu dengan pemilik malesmandi(dot)com ini pada acara Komik Baladeva di bulan Februari. Cuma waktu itu, gue nggak engeh kalau dia itu adalah bloger yang gue biasa kunjungi blognya dan suka sama tulisannya. Parah emang si Yoga. Bisa-bisanya nggak mengenali wajah temen bloger. Asli, gue suka banget sama pemilihan branding dia. Males mandi. Mudah sekali diingat.

Btw, bonus foto bersama dia, maaf kalau si Vira di-crop wahaha:



Oktober

Banyak hal buruk terjadi di lingkaran gue. Icha, sempat keluar dari grup yang gue gagas. Syukurnya, masing-masing di antara kami pada introspeksi dan saling meminta maaf. Setelah itu, seperti yang tadi sempat gue jelaskan kalau WIDY berganti nama menjadi WIRDY. Di bulan ini, WIRDY juga bikin proyek tentang mengomentari tulisan pertama.

Kemudian anggota WIRDY juga sempat kopdar. Ya, meskipun Icha dan Robby berhalangan hadir. Icha gak bisa beli tiket pesawat ke Jakarta karena, ya tolong pikir sendiri aja. Tiket pesawat mahal. Mending buat makan. Ini Indonesia, Brother! Robby saat itu juga lagi sibuk sama ekskul di SMA-nya. Jadi, di hari itu gue, Darma, dan Wulan ngobrol-ngobrol santai di Hotel Ibis. Wulan datang ke Jakarta bersama sekeluarga karena kakaknya mengikuti lomba Putri Pesona Indonesia. Dia nggak seperti Darma yang belain datang jauh-jauh dari Jakarta ke Pekanbaru hanya demi cinta. Alhamdulillah kakaknya itu bisa memenangkan Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2016. Pada hari itu, kami bertiga yang biasanya seru-seruan di grup chat, kini bisa berbahagia secara nyata. Alias mah itu gue cuma gangguin Wulan dan Darma yang mungkin sedang bernostalgia akan cintanya. #anggepajahgituh



Bulan ini, gue juga sungguh bahagia karena bisa menikmati suasana Jakarta dari siang hingga malam bersama 30-an bloger. Pada hari itu, Jakarta rasanya indah sekali. Jakarta tidak lagi kelam seperti biasanya.



November

Waktu itu, gue diundang oleh brand di bidang travel. Seperti biasa, acaranya palingan makan gratis, live twit, menerima goodie bag, dan akhirnya diadakan lomba blog. Saat sedang asyik menatap hape alias sedang live twit, tiba-tiba dari belakang ada yang menepuk bahu gue.

“Yoga, ya?” 

Gue menoleh. Dan ternyata di belakang gue saat itu ada Bang Roy Saputra, penulis novel komedi idola gue. Kemudian gue merasa terhipnotis begitu saja. Begitu tersadar, tau-tau hape, dompet, dan kunci motor gue hilang. Eh, enggak-enggak. Gak gitu. Entah bagaimana perasaan gue saat itu, pokoknya bener-bener campur aduk dan gak keruan, gue hanya menjawab, “Heh? Iya, Bang.”

Gue nggak tahu harus ngomong apa. Gugup bukan main. Mungkin kalau diibaratkan, itu hati gue menjerit-jerit, “KYAAAAK-KYAAAAKKK.”

Percis cewek-cewek penggemar drama Korea saat melihat Mario Maurer.

Mario Maurer itu dari Thailand woy!

Duh, maaf. Pokoknya siapa kek gitu. Super Junior—yang biasa dikenal SUJU—deh (karena gue gak tau lagi cowok-cowok Korea yang diidolakan cewek, masa iya gue contohin Park Ji Sung?)

Kami bersalaman.

“Yaudah, gue ke sana lagi, ya!” katanya sambil berjalan menuju meja yang letaknya percis di belakang gue.

“Oke, Bang.”

Anjir. Baru kali ini terjadi dalam hidup gue, kalau gue yang malah disamperin seorang idola. Beberapa jam setelah itu, setelah makan, bermain games yang diadakan panitia, tanya-jawab seputar traveling, dan acara itu pun nggak berasa telah berakhir. Nah, para blogger dan influencer sebelum pulang diharapkan maju ke depan untuk foto bersama. Di saat itulah, gue berpapasan kembali dengan Bang Roy Saputra. Dan kali ini, bersama istrinya, Sarah Puspita.

“Sar, kenalin ini, Yoga,” kata Bang Roy kepada istrinya.

Kak Sarah menjabat tangan gue dan tersenyum hingga sebagian giginya terlihat jelas berwarna putih (yakali emas?).

“Halo, Kak Sarah,” ujar gue, tentu saja dengan senyuman manis (gak apa-apa pede aja, Yog!).

Lucunya, gue gak berani minta foto bareng mereka. Gak tau kenapa, gue gak bisa seperti orang-orang yang dengan penuh rasa percaya diri bilang, “Ini Indonesia, Brother!”

Eh, salah-salah. Gak gitu anjis. “Kak, foto bareng dong.”

Nggak. Gue gak bisa senorak itu. Eh, itu norak gak, sih? Pokoknya, gue cukup mengagumi mereka saja tanpa berlebihan. Inilah foto keramaian yang mempertemukan gue dengan bloger-bloger keren.

ramai banget coy!

Beberapa hari setelah itu, beberapa anggota grup Telegram WWF liburan ke Solo. FYI, WWF itu bukan WWF berlogo panda yang melindungi satwa liar. Bukan. Bukan juga yang smack down itu. Karena WWF yang dimaksud adalah kepanjangan dari World Werewolf Federation, nama grup bermain Werewolf. Anggota yang liburan ke Solo itu ialah: gue, Haris, Bena, Tiwi, dan Mia. Kemudian di sana kami bertemu Jaimbum, anggota dari regional Malang, yang akhirnya disambut antusias sama teman-teman di Solo, yaitu: Hana, Ilham, Justin, dan Jung.

Sebenarnya ada banyak kejadian yang begitu membekas di bulan ini. Nah, yang paling gue ingat adalah ketika gue pernah protes akan dunia penerbitan. Menurut gue, penerbitan lagi kacau gitu. Kenapa jadi banyak banget selebtwit, selebgram, selebaskfm, atau seleb 88 (itu salep woy!) yang diajak nulis buku karena ber-followers banyak. Sedih sekali hati ini.

Terus kenapa menuliskan memoar (lebih sering dikenal dengan personal literatur) tuh susah banget bagi seorang pemula? Kalau belum jadi influencer, kayaknya bakalan susah diterbitin. Haha. Kemudian, twit itu ternyata di-RT sama Kakang Rido. Yang akhirnya menyebabkan gue di-mensyen sama aMrazing.

Kaget, sih. Gue yang awalnya cuma pengin ngetwit semau gue karena itulah yang gue rasakan selama ini. Eh, malah jadi debat. Namun, fokus gue kan ke genre personal literatur itu, bukan novel genre apa aja. Ah, tapi mungkin sebenarnya emang salah gue juga, sih, yang kurang berusaha dalam mengirimkan naskah. Terus malah langsung emosi denger curhatan Haris yang bukunya gagal terbit. Dan yang terpenting jangan asal ngomong di media sosial. Kudu berhati-hati di internet deh. Entahlah, ya. Namanya keresahan kan jangan dipendam. Unek-unek kudu dikeluarin.

Kemudian gak tau kenapa itu akhirnya malah jadi semakin ramai dan cukup heboh. Sejak itu, gue gak akan pernah melupakan beberapa kalimat ini:

“Sebut nama!”

“Aselik gue kesel banget kalau itu bener.”

“Maaf, gue baru cek hape. Udah seminggu tipus.”

Desember

Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi di balik awan hitam. Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini. Menanti seperti pelangi... lah, malah nyanyi. Desember masih terasa hangat meskipun sering hujan. Umm, jadinya nggak perlu diceritain, ya?

Iya, alias udah kepanjangan.

Intinya, kami beberapa bloger regional Jabodetabek pernah mengadakan kopdar di TIM untuk menutup tahun ini. Meskipun nggak ramai-ramai banget, setidaknya sudah cukup bikin ketawa-ketawa karena bahagia. Cerita lengkapnya mungkin menyusul.



Etapi ada sesuatu nih yang bikin gue merenung.


Cerpen Es Krim Spesial yang pernah gue buat itu akhir-akhir ini dikritik oleh Attar (pemilik blog Suara Macan yang katanya terinspirasi dari Siluman Capung). Dia bilang, cerpen gue itu bisa merusak generasi muda. Wahahaha. Seorang anak SMP mengajari dan menegur gue. Jelas-jelas cerpen itu segmentasinya buat remaja yang udah 17 tahun. Terus kenapa dia baca itu woy?! Kan tulisan gue yang lain banyak! Namun, biar bagaimanapun yang namanya kritik dan saran dari pembaca harus diterima dengan baik. Rencananya, sih, emang mau mencoba menghilangkan kata-kata mesum di blog ini. Semoga saja di tahun 2017 gue berhasil.


Kayaknya udah nggak ada lagi deh. Ahay, kelar juga menuliskan perjalanan setahun ke belakang tentang dunia bloger. Semoga 2017 semakin menarik! Mari, kita ramaikan dunia perblogeran! \m/

PS: Maaf sebelumnya kalau tulisan ini panjang banget dan cuma tentang yang gue tau. Ada yang mau nambahin hal apa saja yang terjadi dan heboh di dunia bloger? Biar bisa gue tambahin lagi di daftar. Sudah ada beberapa bagian yang diedit karena diingatkan oleh teman-teman di kolom komentar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

87 comments

  1. Meetup blogger ga diitung neh? Yg numpahin float di kaefcih ga disebutin neh? Halah blogger pencitraan. Gimana mau sholeh kalaw masih membohongi diri sendiri.

    Key. Selamat tahun baruuu. Barakallah tahun ini, semoga cita-cita mengubah branding blog ini jauh lebih sholeh tercapai, tapi jangan sampai kehilangan ati diri, aku ngamau blog ini jadi blog tutorial yg berbasis SEO dan pejwan. Sekian. Samlekum

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) (2) -->catet jangan terlalu mengubah diri jadi blog tutorial, n seo

      Delete
    2. Ya, Allah. Dibahas. Gue nggak bohongin diri sendiri. Nanti gue buat tulisan khusus. :(

      Yah, gimana ya. Saya gak bisa berjanji untuk nggak berubah menjadi blog tutorial. Masalahnya ini Indonesia, Sister!

      Delete
  2. Resolusi 2017: Yoga meet up bareng Attar.

    Yog, kamu gak konfirmasi dulu kenapa Roy bisa ngenalin wajahmu? Apalagi belio ngenalin kamu ke istrinya. Bukannya apa-apa. Aku curiga saja jika belio baca hikayat es krim. Lalu mendiskusikan itu dengan istrinya. Hingga membuat keputusan untuk menjaga anak-anaknya (eh, dia sudah punya anak gak sih) dari blogmu. Bagaimanapun juga, role antagonis sudah cocok kamu sandang. Generasi muda perlu tokoh jahat untuk dijauhi. Yo kui kowe, Yog. Ingat kata Attar, "Rusak generasi muda, coy!"

    Kami segenap kru yang bertugas, mengucapkan selamat tahun baru dan semoga meet up bareng Attar segera terjadi. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilham: Resolusi macam apa itu, Ham?
      Belum tau. Aku gak nanya. Sepertinya lagi hamil. Dia baru menikah tahun lalu kan. Wasyuuuuu kowe, Ham. Aku mau jadi anak baik ih. :(

      Icha: Astagfirullah.

      Delete
  3. NYELIP HESTEK YAM APISER DI PEMBUKAANNYA HAHAHAHA!
    Di bulan-bulan awal gue juga gak gitu ngeh, sih, masih dalam kekangan dan sibuk sama kampus.
    Tapi, tapi, CERITA SOLONYA MESTI ADA POST SENDIRI INI!
    Itu cewek sebelah Kak Beby mukanya minyakan bet ya Allah :(
    Eh, eh, Heru emang inspirator banget ya. Gue baru ngeh sama kutipan di atas. Gilak nangis aja masih nyoba bikin tulisan yang bikin orang ketawa, lho. Kalah konsisten lu vakum tiga bulan... gue juga :(

    Gue juga mau ubah konsep blog, kepuasan hilang karena tahun lalu kebanyakan iklan. Sukses, Yog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hestek itu telah meracuni gue, Wi. Wqwq. Iya, cerita ke Solo memang mau dibuat terpisah. :D

      Iya, banyak bloger yang memang kalah, Wi. Heru mah udah tingkat dewa konsistennya. Apalah kita ini. :(

      Sukses juga buat lu! Aamiin.

      Delete
  4. Bangke lah ada kata-kata seminggu kena tipus. Orangnya lagi sakit tuh. Hahahahaha huuhuhu.

    Yoga memang santap jiwa! Bisa merangkum kisah setahun menjadi blogger dengan seapik ini. Kalau dari sudut pandangku, bulan yang paling berkesan itu bulan November. Karena kamu bisa ketemu banyak blogger, liburan, dan akrab di Twitter karena skandal itu. Bahahaha. Skandal. Yha gitu dah pokoknya.

    Kopdar sama Wulan nggak dimasukkin, Yog? Trus Darma ke Turki?

    Btw si Attar bentar lagi kayaknya bakal nulis soal kamu di blognya deh. Huahahaha. Parah dia emang. Awalnya ngekritik tapi ujung-ujungnya terinspirasi juga. Dan pas baca soal es krim lagi, aku jadi mikir kalau yang lebih mesum itu kamu, bukan aku! NGAHAHAHAHAHAHAHAHA.

    Oh iya, selamat tahun baru, Yogaaaaa! Semoga segera bisa jadi idola tersohor di dunia kepenulisan kayak Roy Saputra!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yang lagi sakit, sih? Hahaha.

      Ehehehe. Iya, November banyak sekali cerita yang ditulis. :)
      Darma ke Turki nanti aja di proyekan kita. Makanya buruan kelarin itu tulisan woy! XD

      Woahaha. Jangan sampai deh. Gila. Gue gak mau blog gue merusak generasi muda. :(
      Aamiin, ya Rabb. Makaseh!

      Delete
  5. Blogger rewind, semoga tahun ini makin produktif Yog, sebulan 6 kali aja kata lu dikit, dah gue mah sebulan sekali. Gue sempet heran sih, waktu lo tiba-tiba ngilang. Akhirnya bisa bangkit. Cayooo 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha. Eh, itu banyak yak? Semua orang pernah terpuruk, Zis. :)
      Cayooo!

      Delete
  6. Kok L depresinya setelah menang giveaway dari I?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang berarti hadiahnya, Ris. Besok-besok kalau bikin give away hadiahnya receh berbentuk dolar aja, ya. :)

      Delete
  7. Jadi, setelah Blogger Rewind 2016, akankah ada Blogger Forward 2017. Dicepetin gitu kisi-kisi postingannya? :)

    Pas depresi nggak sampe bikin diary kan, Yog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Jung out of the box banget, sih. :)

      Wqwq. Diary depresiku udah kayak lagu Last Child. :)

      Delete
  8. Gue mulai kehilangan fokus dan imajinasi nyangkut di bagian "Heru Arya". :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang salah dengan sang inspirator, Man? Dia keren tau!

      Delete
  9. Kasihan Dek Attar. Moralnya sudah rusak sejak dini gara-gara bloger keji macam Yoga dan Icha.

    Kak Seto mana Kak Seto!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihatlah tahun ini saya akan berubah menjadi bloger religius. Halah.

      Delete
  10. Pas lo depresi itu, gue sempet mikir "lah, ini Yoga mau mundur dari dunia perblogeran dan persocialmediaan apa gimana dah." di blog nggak muncul, di socmed nggak muncul, di grup nggak muncul.

    Huwaaa baru sadar 2016 sama sekali nggak ikut kopdar grup :<

    Asik bangeeeettt dikenal, disamperin sama idola!

    Dik Attar itu tinggal di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya depresi mah gak ngerti lagi mau ngapain. Maen medsos juga udah gak penting saat itu. Yang padahal adalah hiburan banget. Tujuan hidup sempat hilang pula. Wqwq. XD

      Sibuk banget ya, Bil? Pernahnya ketemu sama gue di CP doang?

      Di Lampung kalau gak salah.

      Delete
  11. May 2017 be a good year. Aamiin :))

    Semoga makin sering update blognya bang yog, gue blogger pemula banyak belajar dari lu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. o:)

      Halah. Gue belum bisa menginpirasi euy. Eniwei, makasih. Wqwq.

      Delete
  12. Yoga, hidupnya seru banget sih banyak kopdar sama jalan-jalannya, ya walaupun ada depresinya hehehe :D eh, tapi namanya juga hidup kalau seneng semua jadi monoton, jadi harus diimbangi sedihnya jugaa.

    Attar ini sukanya mengkritik ya, maklum ketos jadi harus sensitif sama lingkungan sekitar. *iyain aja*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haruslah, ada suka dan duka. Kalau seneng-seneng mulu gak ada sedih, hidup gak nikmat. Halah. :D

      Iya, Dek Attar kan kritikus tulisan sejati. Biarin aja biar. Biar biur.

      Delete
  13. Enak kali yaa punya temen bloger dari kota lain. Biar bisa kunjungan ke kota dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak. Punya teman di mana-mana itu seru. Bisa melihat dunia lebih luas. Ehehe. :D

      Delete
  14. Senoga semakin produktif di tahun 2017. Cita-cita followers instagram banyak terwujud trus bisa nerbitin buku. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga, ya. Aamiin. Sukses juga buat, Mbum. :D

      Delete
  15. Mantap attar akhirnya muncul di post ini. Semoga kalian bisa meet up ya :))

    AH PAAN NEH GAK ADA NAMA GUE DI POSTINGAN INI. BIJIK. *close tab*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama lu duluan gih, Yog. Dia kan fans berat lu. Siluman Capung itu ada juga. Hih! :(

      Delete
  16. woooo ada akuuuhh *joget-joget*
    btw dirimu produktif banget ya di tahun 2016, luar biasa!! Semoga tahun 2017 semakin produktif dan makin sakses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dita! Iya, meskipun sempat vakum. Syukurnya bisa tetap produktif. Aamiin. Begitu juga denganmu. :)

      Delete
  17. Dari tulisan ini, kentara banget ya, pertengahan tahun kamu down :( tapi Alhamdulillah bisa bangkit lagi, terus banyak acara2 bloher juga. Moga 2017 lebih baik semuanya ya Yooog!

    Anyway, MAKASIH LOH FOTOKU DICROP DAN DISATUIN, JADI BERASA ADA DI BUKIT MOKO - KALA ITU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertengahan tahun emang suram bagiku. :')
      Aamiin ya, Rabb. Sukses juga buat Teteh Fasya. :D

      Sama-sama ya, Sya! Yoga memang terbaik. ^__^

      Delete
  18. Tiket pesawat icha ke jakarta oke dipikir sendiri, asli aku ngguyu bagian ini huhu, emang iya yog, mending buat beli makan 1 bulan hahahhahahha
    Tapi aku pnasaran kapan icha bisa ketemu asli wirdy cz kan di grup icha yang paling rame ahhahahhaha, btw si darma kemana emang? Kok ga pernah kliatan lagi?
    Hmmm jujur gue jadi penasaran yang lo protes tentang dunia penerbitan ahhahah
    Jadi pada intinya kalo mau masuk gitu ga bole terlalu frontal ya ketika kita ada uneg2 sesuatu, kadang gue juga gini pengen mengkritisi suatu pemikiran yang ga sreg di ati takut jadi jerawat, tapi abisnitu pikii2r lagi ntar ada pihak yang terlukai ga gitu hahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyek ada yang terhibur sama jokes itu. Wahaha. Iya, mending buat makan sebulan. Betul sekali pemikiran itu. Makan lebih penting, kan. Loh, Mbak Nita gak tau kalau si Darma ke Turki?

      Jangan penasaran, Mbak. Jangan deh. :(

      Sebenarnya gak ada salahnya protes sama hal-hal yang menurutmu udah salah, Mbak. Cuma ya itu, hati-hati di internet. Gak semua orang bisa berpikiran terbuka dan emndengarkan pendapat orang lain. :)

      Delete
  19. Hmmmm sepertinya ada peristiwa blogger lain yang kelewat deh bang yoga. Aku tambahin dikit ya.

    1. Icha pacaran dengan lelaki bernama Haris.

    2. Bang ilham punya gandengan baru, yaitu seorang wanita bernama pertiwi yuliana.

    3. Bang fandhy suka perempuan seksi.

    4. Blog renggo sempet gak bisa dibuka. Kayaknya dia lupa nyimpen kunci di mana.

    5. Rido arbain ngebahas film-film asia. Tapi sayang, gak ada satu pun film dari negara Suriname :(

    6. Typo ichsan semakin merajalela.

    7. Eh jangan lupa beli produk obatku ya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taik banget ini si Dian nyamar jadi Agen Jelly. Eh, ini Dian apa Agia, sih? Waktu itu kayaknya si cees. XD

      Makasih ya, tambahan informasinya. Namun, kalau bagian percintaan seperti itu rasanya agak gimana gitu deh. :(

      Delete
  20. Dipagi ini perlu waktu untuk baca ini :)

    Wah waktu ke Jogja, kalau bs ngabarin bisa ktemu mas.. hehe

    Setuju mas, harapanku juga bisa lebih baik lagi, mksdnya menghilangkan kata2 mesum..hehe

    Karena fans mas Yoga ini tidak semuanya sudah dewasa..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solo maksudmu? Aku gak ke Jogja. :D Ehehe. Doakan saja, Mas. Jangan sampai kata mesum merusak generasi muda. :(

      Delete
  21. Mantap jiwa mas.
    Setahun yang penuh warna.

    ReplyDelete
  22. panjang amat ceritanya, membutuhkan waktu yang santai kaya di pantani heheh

    ReplyDelete
  23. komplit ya Mas ... dijabarkan mulai awal tahun sampai akhir tahun... keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Namanya juga rewind. Ehehe. :D

      Delete
  24. Waww panjang banget history-nya. aku bacanya bener-bener ngalir banget ^^

    itu yang bagian vakum, aku ngerasa sedih tau pas itu, lagi nganggur menunggu kelulusan terus butuh bacaan dan nunggu postingan dari bang Yoga malah nggak muncul. 3 bulanan lagi. .-. hahaa semoga kejadian itu nggak terjadi lagi. lebih konsisten dan nobody can't drag you down! ^^

    semoga tahun depan banyak hal yang lebih bermakna dan akhir tahun nanti bisa diceritain lebih panjang dari ini. ^^

    btw yang masalah es krim spesial... aku kaget nyampe ngobrak-abrik arsip blog terus pergi ke judul es krim spesial, eh iya beneran dikritik. yha... mungkin nanti kudu kasih labelan kali ya bang yog, karena nyatanya bisa aja penggemar blog bang yoga banyak yang berumur seumuran attar tapi bang yoga nggak tau... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengalir deras gak? :/

      Huhuhu. Maafkan saya, ya. Sip! Semoga tidak terjadi lagi. Aamiin. Yoih. Setiap tahunnya harus menjadi lebih baik. :)

      Iya, Ris. Tahun ini juga mulai mengurangi diksi yang mesum. Jangan sampai merusak generasi muda. Saya teledor dalam hal itu. Bahwa, blog ini juga ada yang belum 17 tahun. :)

      Delete
  25. Aaa.. kemarin yang waktu Yoga bilang bikin draf di twitter sejujurnya aku terinspirasi daan juga tentang hal yang terjadi selama 2016. Tapi belum keposting sih, soalnya sampe sekarang juga belum selesai ckckckk

    Asli pengen ngakak rasanya ngeliat editan foto yang ada Fasyanya itu. Sungguh temen yang peduli sekalee

    Duniamu selama 2016 berwarna banget ya? Ada yang seneng banget ada juga yang tragis banget. Gak bisa bayangin betapa bahagianya disamperin idola.. jadi pengen disamperin idola juga. Tapi sama siapa ya #mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gak apa-apa, Rum. Pelan-pelan aja nulisnya. :)

      Ngakak aja. Ngakak. Sebelum ngakak itu dilarang. Wuahaha. XD

      Iya nih. Alhamdulillah seimbang. Jadi, hidup gak selamanya senang-senang melulu. Eaaak. Idolamu siapa, Rum? Semoga kesampaian juga, ya! :D

      Delete
  26. Bangcaaaaaat! kenapa poto gue di crop!!!
    cocok sih sama background belakangnya jadi "Wujudkan mimpi tanpa Vira"
    okey fayn makaseeeh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar keren gitu, Vir. Foto berduaan travel blogger keceh. Wqwqwq. Gak bermaksud gitu, sih. XD

      Delete
  27. mau apapun, yang penting ada semangat :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semangat seperti orang-orang yang memiliki inisial D di Wanpis. :)

      Delete
  28. Ada dua fotoku. Oke, pelan-pelan dulu biar ngangkat di Google, kemudian page one. Kudu sabaar agar bisa mengetahui konsep page one itu sendiri.

    Ayo, 2017 kita boyong Attar ke Jakarta. Nanti kita ajak meetup lucu. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si anjis masih aja berharap page one gara-gara foto. Wqwq.

      Duh, awas nanti dia bawa knuckle. :(

      Delete
  29. Baru tahu itu sebenernya ada Viranya tapi dicrop. :))
    Pilihan yang tepat sekali. *ampun pir*

    ReplyDelete
  30. Jadi kapan, Yog, mau jadi blogger tutorial~?

    Setidaknya aku sempat nyempil jadi bagian ceritamu di tahun ini, Yog... T.T
    Eh iya, jangan sampe kesanjung artikel hipwee kategori yg berhubungan dgn relationship, biar gak lengah.

    oh, iya, bener itu, Cerpen Es Krim spesialnya mesti segera dibikin sekuelnya. Kami perlu pencerahan mengenai hal itu, terutama detail kegiatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pikirkan sendiri!

      Iya-iya, jangan sampai lengah. Wqwq. Waduh, bingung banget buat nerusinnya. Udah merasa kacau abis. :(

      Delete
  31. Bahaha..
    Perbanyak kata mesum juga gapapa kak.
    Mendewasakan Indonesia kayak Enny Arrow ditaun waktu emak emak kita masih muda dulu.

    Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe. Jangan mending deh. Takutnya mereka cenderung ke hal yang negatif. Padahal blog ini niatnya buat lucu-lucuan. :D

      Delete
  32. Baca tulisan ini jadi ngerasa "oh my God gue ngeblog nggak ada apa-apanya". Banyak banget pengalaman lo di dunia blog, Yog! Keren!

    Semoga bisa menyusul. :D

    Ngilangin tulisan mesum di blog lo? Dimana mesumnyaaa? Blognya Icha apa kabar coba kalo blog lo dikata ada mesumnya -_-

    Btw, "Ternyata seorang Yoga masih ada gunanya" sukses bikin gue ketawa pagi-pagi. HAHAHA. Thanks Yog. Tulisan lo ini menginspirasi banget buat sering-sering nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibandingin sama jumlah tulisan lu, mungkin iya. Kalau lihat bloger lain, masih banyak yang lebih keren. Wahaha. Eniwei, makasih ya!

      Udah mulai hilang, kok. Emang sebenernya nggak mesum, cuma sebatas jokes aja. Wqwq. Icha mah emang binal. Ehhh.

      Sama-sama, yak. Semangat, Farih!

      Delete
  33. 2016 tahun lu banget yog. Depresi trus mendadak ngilang dari dunia maya sekaligus dari grup dan kemudian bangkit sendiri :))
    Lain kali depresinya gausah lama-lama ya.
    Gue sampe ngucapin habede di email masak:(

    Bernostalgia akan cintanya. Bangke emang ya

    Hmm btw, gue curiga nih. Apa jangan-jangan Attar itu sebenarnya Yogaesce. Soksok pake bilang terinspirasi dari blog siluman capung segala.
    Trus juga si Attar ngomentarin Icha sama elu tentang kemesumannya.
    Wah wah FIX, INI MAH ADMINNYA SI YOGA ESCE PASTI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cuma diri sendiri yang bisa nyembuhin. Dukungan dari temen-temen, kalau diri sendiri nggak ada kemauan mah sama aja. Ehehe. :)

      Lain kali gak mau sampai depresi, Lan. Serem tau. :(

      Bercanda itu. :p

      Jangan mudah menilai gitu. Etapi bisa juga, sih. Coba Dek Attar atau Yogaesce mengklarifikasi komentar ini.

      Delete
  34. Yah, saya sih jujur aja cukup terpukau perjalannya setelah depresi, saya pernah baca di blog satu setelah memenangkan giveaway.. Iya, ini lagi blogwalking ke semua blogger personal :D

    Dari sekian banyak tulisan di atas saya memikirkan tentang "Blogger di sana kok bahagia banget, ya ? Saya yang sendirian di daerah Gorontalo, nggak ada blogger personal, nggak ada kopdar".. But, saya masih disini, menulis, blogwalking, masih semangat.. semoga aja keterusan semangatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weleh-weleh, sampai terpukau segala. :D

      Pasti ada, kok. Coba cari-cari info dan gabung ke komunitas gitu. Dulu, gue juga suka merasa sendirian pas belum kenal blogwalking. Yeah, semangat! :)

      Delete
  35. Ada fotoku di blog hits ini. Semoga hits-nya menular ke blogku juga kak. :)

    Semoga ke depannya makin banyak pencapaiannya, khususnya di dunia blogging. Dan kalo ada job, bagi-bagi yakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woalah, dibilang hits. Padahal masih cupu. :D Semoga cepat hits juga seperti projomblo ya, Kak! Aamiin.

      Ehehe. Siap!

      Delete
  36. Tahun yang mempesona ini bakalan lebih buruk kayaknya daripada tahun ini.
    Semoga ya bang.

    Dan yang gue pikirkan, apakah tulisan itu lu buat dalam setahun penuh atau gimana ya?
    Maaf kalo enggak jelas :p

    ReplyDelete
  37. wew... kece...
    mungkin saya pribadi belum sanggup menceritakan blogger rewind sesantai itu, semengalir itu...
    tapi kamu udah kece kak, menyimpannya baik-baik dalam ingatan, lalu dituangkan ke blog, kemudian menguncinya..
    salut daaaah

    seneng yaa, bisa kopdaran terus. saya mah di jember, sepiii, kok kayak nggak ada rame-ramenya gitu para blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, kamu bisa saja. Eniwei, makasih atas pujiannya. :D Biar sesuai sama nama blog ini, "Mengunci Ingatan".

      Masa, sih? Coba cari-cari lagi info soal bloger daerah Jember.

      Delete
  38. aiiih, kamu ketemu bebby yaaa... aku malah di jkt ini blm prnh ketemu ama dia... tapi pas di medan udah... masih di jkt ga sih tuh anak? no wa nya ga aktif, blognya udh lama juga ga update -__- . kamu lumayan rame tapi yog thn 2016 lalu... aku aja ga seaktif itu di blog .. pengennya 2017 bisa lbh aktif lah nulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kami ketemu. :D
      Masih di Jakarta sekarang ini, kok. Mbak mau saya kasih nomornya?

      Semoga 2017 bisa lebih aktif! Aamiin. :)

      Delete
  39. Panjang review blog 2016 nya... n ngakak bacainnya.
    Jadi dirimu gak ngeh kalau di acara Baladeva itu adalah Dita? Atau kamu kesengsem sama Dita yang satunya? hmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sengaja dibuat panjang biar byur. Ehehe. Hmm. Tidak begitu, Mas. Tidak. Wahaha.

      Delete
  40. yay~ oktober Lalu kita sempat ketemu trip bareng yah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak Dee. Sampai ketemu di event selanjutnya! :D

      Delete

Terima kasih sudah membaca. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.