Secangkir Teh untuk Tulisan

69 comments
Kota Bandung masih mandi sejak Jumatan tadi. Sampai saat ini gue begitu kedinginan karena hujan tak kunjung reda. Cuaca yang menurut gue dingin banget ini pun semakin parah. Bagusnya, tak ada bunyi petir marah-marah. Dari tadi gue hanya selimutan sambil mendengarkan musik. Bingung apa lagi yang harus gue lakukan ketika tidak berada di rumah sendiri.

Btw, gue lagi liburan ke Bandung dan numpang nginep di kontrakan temen. Eh, tapi nggak liburan juga, sih, soalnya budget terlalu minim. Ah, anggep aja gue lagi hijrah ke Bandung. Coba kalo di rumah sendiri, gue mah udah bebas ngapain aja; bikin Indomie rebus pake irisan cabe rawit, mandi aer anget, atau paduan keduanya (mandi pake kuah Indomie).



Namun, mengingat ini kontrakan temen gue dan banyak temen-temen lainnya, maka tidak banyak yang bisa gue lakukan. Gue mau menulis dan blogwalking ke blog temen-temen, tapi nggak bawa laptop. Sebenernya mah gue bisa minjem laptop Agus (temen yang menampung gue) seperti hari pertama di Bandung, tapi nggak tau kenapa pas ngetik feel-nya terasa beda.

Lagian, pas hujan gini dia lagi memakainya. Nggak mungkin, kan, dia yang lagi asyik Youtube-an, terus gue tiba-tiba bilang, "Gus, pinjem laptopnya dong buat nulis" sambil menempatkan golok di lehernya. Niat hijrah gue bisa rusak. Halah. Hijrah. Cuma liburan kere aja gegayaan.

Maaf, gue nggak konsisten. Habisnya bingung gue ke Bandung ini liburan apa hijrah. Akhirnya, gue cuma bikin teh manis hangat. Udah numpang jangan sampe terlalu ngerepotin. Oke, sip.

Gue menyeruput teh yang baru saja dibuat. Lidah gue rasanya langsung terbakar. Bloon. Gue emang nggak sabaran. Setelah mendiamkannya sekitar 4-5 menitan, gue meminum teh itu kembali. Kini, hangatnya sudah pas. Gue pun meneguknya bagai orang kehausan sehabis jogging... di padang pasir.

Di saat teh itu tinggal sedikit, gue tiba-tiba melihat diri gue sendiri di dalam cangkirnya. Ya, cangkir itu bisa untuk bercermin. Gue masih terus meneguknya sampai habis sambil mengaca. Gue membatin, Wah, ganteng juga gue (silakan protes).

Sampai gue tersadar suatu hal, kalau hape juga masih bisa digunakan untuk ngeblog. Meskipun lebih asyik ngetik di laptop, setidaknya menggunakan barang-barang sendiri itu lebih nyaman dibandingkan minjem. Gue tersenyum, lalu mencuci cangkir, dan menuliskan cerita ini.

PS: ide tulisan bisa datang dari mana saja. Menulis juga bisa menggunakan medium apa pun. Termasuk cerita nggak penting ini yang diketik dari hape sambil senderan di tembok pada pukul 19.55.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

69 comments

  1. Kalo bgi saya nyamanan minjem yog
    Selain kalo rusak hati engga pusing buat betulin atau beli yg baru
    Juga bisa buat benda2 kepunyaan kita awet yog
    Mending minjem aja
    Kalo rusak baru balikin
    Ya paling cuma tangan patah doang akibatnya
    Itu mah ga apa2 yog
    Minum teh kayak gimana yog? Kalo orang2 sih biasanya tuh minum air yg udah kecampur sama aroma2 teh yog
    Jadi bukan tehnya yg diminum tapi airnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti disuruh ganti dong? Ah, terserah Bang Niki aja. :(

      Delete
  2. Enggak bisa manfaatinn momen sih... Kalo kamu main ke cirebon terus hujan, saya suruh kamu hujan-hujanan di depan kosan. Biar ada cerita ngapain aja hijrah a.k.a liburan. Salah satunya tuh, hujan-hujanan...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Apa aja bisa jadi cerita, kok. Meskipun nggak penting. :D

      Delete
  3. Pantesan update seadanya, kayak blog gue, ternyata cuma ngetik di hape.

    Kalo ngetik di hape nggak ada mesumnya, bang? Wah, feel-nya kuat di laptop deh. Hahaha, kok gue nanyain yang mesum-mesum, sih. Abisnya nagih.

    Bandung yang ada di bayangan gue belum berubah; sejuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun seadanya, tapi ada pesan yang pengin gue sampaikan. Halah.

      Robby mulai ketularan. :(

      Delete
  4. Berarti nginepnya di rumah teman "biasa" ya, kalo teman dekat a.k.a sahabat pasti kosan dia berasa rumah sendiri, ngapain aja bebas semau sendiri, paling kalo dia ga suka ngoceh bentar terus ya ga ngelarang juga kita mau ngapai #pengalaman :p

    eh...itu ditulisannya abtrak, aslinya ke bandung ngapain? Kan kepo jadinya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha. Kan nggak cuma temen gue. Ada temen kontrakan yang lain. :))

      Cari istri. :D

      Delete
  5. Saya malah lebih nyaman di hape ketimbang laptop. Soalnya gak punya laptop. Ada juga netbook. Ya udah, selimutan lagi gih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di hape typo mulu, Ris. Dan, udah asyik di laptop. :D

      Semoga bisa cepet beli laptop, ya. :))

      Delete
  6. Wah emang kalo nginep dirumah orang gak bisa bebas, mau ngapa-ngapain takut ngerepotin. Tapi kalo nginep di rumah sahabat malah merasa kayak dirumah sendiri :3

    Hijrah sambil liburan wkwk. Lebih asik ngeblog pake laptop sih kalo aku, jarang pake hape, soalnya gak pnya hape :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi ini kontrakan. Nggak cuma dia seorang. Hehe.

      Serius? Keren amat di zaman canggih gini gak megang hape. :D

      Delete
  7. Asyeeek hijrah ke Bandung. Gue tau lu memang nggak liburan, Yog. Tapi lu pengen ketemu mamah muda cakep dan para bidadari Bandung, ye kan? Hahaaa

    Apa aja bisa dijadiin tulisan. Keren.
    Itu gelasnya kayak mug ya, Yog? Bisa untuk cermin gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, ketahuan. :(

      Buahaha. Iya bener, Lan. :D

      Delete
  8. Gue kalo lagi nulis, biasanya di laptop. Tapi kalo ngedit sama posting hampir semuanya pake Hape. Tapi harus ekstra hati hati soalnya sering typo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu typo kalo di hape. :(
      Lah, emang enak ngedit di hape, ya? Di hape palingan buat blogwalking aja. :D

      Delete
    2. Gak enak lah. Cuman kan biasanya gue ngedit kalo ada waktu nganggur pas di kampus. Mending pake hp, soalnya jarang bawa laptop

      Delete
  9. Iyalah barang pinjeman terus kalo di pake rasanya aneh meskipun sang pemilik sudah mengijinkannya. Lebih nyaman punya sendiri yang kalau kata kasarnya nggak sebagus punya temen ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa jelek, yang penting punya sendiri. :D
      Hehe.

      Delete
  10. kok bisa sih bikin tulisan di hp? gue kalo nulis di hp, bawannya kaya sms an, banyak singkatan-singkatan haha

    Btw jangan lupa ke Saritem Yog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di saat terpaksa dan manfaatin yang ada.

      Astagfirullah, Jeh... bagus aja lu ingetin. Hampir lupa gue ama Saritem. Hoho.

      Delete
  11. Kalo mgak dipinjemin langsung asah golok yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal di kontrakan nggak ada golok. XD

      Delete
  12. lucu banget sih bang! kocak hahaha tapi makasih udah secara gak langsung memotivasi biar tetep produktif nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal cuma nulis sotoy nih. Haha. Sama-sama, yaaa. :D

      Delete
  13. Pas baca awal2nya sempat kesal, soalnya kirain masih kalimat pembuka, eh, tau2 udah abis aja postingannya.

    Bener banget, pake barang sendiri emang lebih nyaman~

    ReplyDelete
  14. Wah rencananya emang ke bandung mau ngapain yog? Seru juga ke sana pas lagi ujan-ujan gini ya. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru apaan?! Dingin banget gini, Di. Jadi susah ke mana-mana. :(

      Delete
  15. wisss liburan kere. Kkkkk -_-
    kayaknya anget juga mandi pake kuah indomie. Mmmm dicoba boleh tuh.

    tragis betulan kalau lu minjem laptop pake golok begitu yog, silet aja silet kecil - kecil cabe rawit.

    gue ngak protes, karena lu beneran ganteng... :D Kkkkkk..

    btw yang disaranin Doni Jaelani itu recomended yog, buat latihan. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dong, Yan. :p

      ((beneran ganteng)) Uh, jadi enak. Latihan apaan woy?!

      Delete
  16. Ini masi berlanjut ya yog promo indomienya
    Ngakak pas bagian nempatin golok di lehernyaaa
    Gue jugakkkk paling sungkan lo apa apa pinjam, suka ga enakeunn gue orangnyah...
    Lha bukannya bandung lg banjir ya? Sebelah mana yg banjir yog? Kmarennliat di metro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Nggak, kok. :D

      Gue kurang tahu kalo soal yang banjir, Mbak. Di Buah Batu, sih, nggak sampe masuk rumah.

      Delete
  17. "setidaknya menggunakan barang-barang sendiri itu lebih nyaman dibandingkan minjem." setuju banget sama kalimat ini, bahkan boker di rumah sendiri lebih nyaman dari boker di tempat-tempat lain.

    wah lagi ke Bandung ya Yog, oleh-oleh dong, denger-denger cewek di Bandung cakep-cakep. bungkusin satu, kirim ke rumah gue. thnx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boker di tempat lain aneh rasanya. Nggak tenang gitu. :(

      Gue aja belum dapet nih.

      Delete
  18. Nulis di hp kdang enak kdang enggak, kalo buat yg tulisannya seuprit gpp deh, gak capek. Hehe. Lebih enak lg sih di laptop, tp kalo lg males buka laptop ya enakan di hp #iniapasih?-_-

    Asiknyaa yg lg di bandung~ Pas lg ujan2 gini mah emg mantep bgt pstinya. Paling enak makan mie rebus atau bakso deh. Hmm.. Minumnya teh anget manis, susu anget, coklat panas, atau kopi..

    Nulis kalo di rmh org mah emg gak enak, minjem laptop org jg gak enak. Kdang malah suka dikepoin "Ngapain sih lu?" Kan jd gak enak, gak ada privasi :( Risih. Enakan mah nulis pas gak ada orang. Pas lg sepi. Huehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa sih, Lu? Gue malah bingung. Hahaha.

      Iya. Ditanyain mulu. Nulis apaan. Jadi nggak tenang. :(

      Delete
  19. Hidup #TimLaptop !
    Aku kalau nulis lebih suka di laptop, kalau blogwalkingnya ya tergantung situasi dan kondisi, sih.

    Lebih enak pakai barang pribadi juga daripada minjem.
    Yeh, sehati!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo blogwalking tergantung kondisi emang. Hehehe.

      Duh, sehati? :3

      Delete
  20. lebih enak dilaptop emang kalo ngetik. leptop sendiri terutama. rasa keyboardnya itu beda.

    Gue juga ngehindari minjem, yog. pernah kejadian minjem lalu rusak, padahal dipakai secara wajar, dan itu malah bikin pertemanan tercerai-berai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beda. :))

      Hm... kayaknya gue mau mulai membiasakan untuk nggak minjem nih.

      Delete
  21. Wah, padahal pas banget. Disana lagi hujan trus kamu mandi pake kuah Indomie. Huahahaha.

    Ciyeee hijrah ke Bandung. Asik, Yog. Jadi mandiri. Ngerasain kota orang. Alasan kamu hijrah ke Bandung buat cari inspirasi nulis bukan? Inspirasi nulis buku nikah maksudnya *ini apa dah*

    Iya, Yog. Lebih baik pake barang sendiri daripada pinjem. Apalagi itu barang elektronik. Lebih leluasa aja dan nggak terbatasi waktunya, walaupun kurang nyaman. Tapi rasa kurang nyaman itu bisa dihilangin sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi nggak dapet-dapet calon istrinya, Cha. :(

      Meskipun nggak sebagus punya temen, yang penting nyaman pake punya sendiri. Hore!

      Delete
  22. Untuk nulis di hp sekarang sudah mulai sulit. Sebab ada satu area di touchscreen-nya yang kalau disentuh nggak merespon. Dibejek pun enggak, sampai akhirnya kacanya mulai retak.

    Nginep di rumah orang lain yang ada orang yang nggak kita kenalnya emang serba rikuh sih. Takutnye dianggap sok gitu, ye.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu layar hape apa doi? kok sering gak respon?

      Delete
    2. Miftah: Hooh. Kayak Raisa Serba Salah. :(
      Dibah: Bah....

      Delete
  23. Pencitraan.
    alasan doang ke bandung. Padahal tujuannya liatin Mahmud gendong bayi pagi-pagi.

    ReplyDelete
  24. Sejak kapan Bandung jadi kota hujan Mas Bro? Perasaan kota hujan itu Bogor kan? Hhhmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue nggak bilang kota hujan, kok. Tapi emang cuacanya lagi hujan.

      Delete
  25. buat yang atas ane,, bogor emang kota ujan, tapi ga ujan ujan amat ah

    ReplyDelete
  26. aih.. jam segitu senderan maen hp, gak nge mall aja sambil liat bandung yg basah2

    ReplyDelete
  27. Baru kali ini lo nulis pake hape yog? Lah gue, 3 bulan full nulis materi 600-700 kata pake Hape. Pengen nangis darah rasanya, tapi ya gitu. Gue gak ada matinya untuk tetep bisa berkarya. Ya, meskipun tangan gue udah hampir nyatu satu sama lain karena terlalu rapat keyboardnya. Gue melalui itu dan gegera itu, gue dapet job dari ngeblog yang cihuy.. Akhirnya, laptop gue yang hardisknya rusak, bisa kembali membaik dan menemani hari-hari ngeblog gue. "TSAAA!!!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, sih, udah sering juga. Tapi rasanya aneh aja ngetik di hape kalo udah kebiasaan di laptop.

      Asyek banget deh, Her. TSAAAHHH!!!

      Delete
  28. manid kuah indomie bisa enak tuh kalau sambil menyelam minum air.

    buset kaya ginian aja bisa jadi postingan ya, Yog. ntap dah. udah gitu yang komen banyak lagi, iri gue. wqwq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wqwqwq. Gue juga heran kalo tulisan ini banyak yang komen. XD

      Delete
    2. halah elu mah followernya banya
      udah gitu selebblog lagi. *salim* hahaha

      Delete
  29. Oh ini nulisnya pake hape yog, pantesan tulisannya gak terlalu panjang gak seperti biasanya pas nulis pake laptop sendiri X)

    Betul banget, nulis bisa dilakukan dengan berbagai gaya, dan berbagai media...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Fan. Seperti dipaksakan. Halah.
      Sip.

      Delete
  30. Entah kenapa, tulisan lo itu mau panjang, mau pendek, tetep enak dibacanya. You are a good storyteller :D

    Samaan kayak Dara: Hidup #TimLaptop! Paling enak emang ngeblog pake laptop, dan laptop milik sendiri, kayak udah ada semacem koneksi khusus *halah*
    Iya Yog, kalo laptop punya orang lain, feel-nya terasa beda. Apalagi di laptop sendiri kan ada hal-hal tertentu yang bisa bikin nulis makin nyaman, misalnya koleksi playlist lagu-lagu yang bisa didengerin sambil nulis. Kalo laptop orang lain belum tentu satu selera lagu :p

    Gua juga kalo ngetik di hape suka typo, tapi mau ngga mau hape tetep berguna di kondisi yang emang ngga memungkinkan untuk bergantung pada kekuatan laptop. Ah, intinya, meski di hape tetep bisa, laptop masih lebih nyaman untuk ngeblog hehe :)

    "Ide tulisan bisa datang dari mana saja. Menulis juga bisa menggunakan medium apa pun" tambahin lagi: menulis bisa di mana pun sepanjang kondusif, kayak lo yang nulis sambil senderan di tembok hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, dikomentarin begini sama Bayu. Makasih, ya. Tulisan lu juga keren. Menginspirasi dan bikin pembaca semangat. :D

      Ehehe. Asoy ditambahin. \m/

      Komen lu bisa jadi tulisan ini, Bay. :))

      Delete
  31. Bhahaha asiiik. Kalo aku sih mungkin Empuknya Kasur untuk Tulisan kali ya wkwk. Soalnya aku kalo ngetik kayak gini nih, sukanya sambil tidur. Kebiasaan buruk. Maafkan. :(
    Mm ceritanya liburan ke Bandung tapi nggak kemana-mana ya? Sama mirisnya kayak aku kalo liburan ke rumah nenek. Nggak kemana-mana. Sedih. :(
    Ya tapi kan kak liburan tanpa pulus kan jadi kok. Misalkan nongkrong di depan gang lihat cabe-cabean. Astaghfirullah, maaf. ._.v
    Have fun kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang nggak sakit itu lehernya? :|
      Huhuhuhu. Sedikit doang mainnya. Ya, menyesuaikan budget juga.

      Belum nemu cabe-cabean Bandung. :(

      Delete
  32. kalo lagi liburan/traveling, aku stop nyentuh2 segala laptop apalagi nulis Yog ;p.. itu bakal aku lakuin pas balik dr traveling.. biar pikiran bnr2 fresh.. justru aku seneng tuh kalo lg traveling dan hotel tempat kita nginep ga ada free wifi, duuuh surga bgtlah.. ga bakal terganggu ama bunyi2 bbm/wa dari kantor ato rumah.. sayangnya suami kalo lg liburan yg dicari pasti deh free wifi..Hihhhh, ga bisa nikmatin jd nya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginnya juga gitu, Mbak. Tapi berusaha konsisten update blog seminggu sekali. Jadi, ya gitu deh. Ehehe. Mungkin laen kali bisa gue bikin draft dan post-nya terjadwal gitu sebelum traveling.

      Tanpa internet kadang seru, ya. Tapi kadang biasanya butuh koneksi untuk pamer. :p

      Delete
  33. Okey hal sepele apapun busa jadi topik tulisan, belum terbiasa aja langsung terinspirasi dari itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga belum terbiasa, kok. Itu untuk pengingat diri sendiri. :))

      Delete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.