Halaman Baru

70 comments
Udah lama banget gue nggak pernah ketiduran. Namun, Senin kemarin, begitu pulang kerja freelance, gue mengalaminya. Nggak inget mimpi apa, dan tiba-tiba kebangun sudah di hari berikutnya. Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa! Biasanya, gue beranjak tidur, lalu terbangun masih pada hari yang sama. Begitulah manusia nokturnal yang tidur selalu di atas jam 12 malam.

Ketiduran. Oh. Nikmatnya.

Bagi sebagian orang yang sulit tidur, ketiduran itu memang jauh lebih nikmat daripada menidurkan seseorang (ini gue belum pernah ngelakuin, tapi sotoy!).

Kembali ke soal ketiduran. Begitu pulang dari kantor, sampe rumah gue nggak sempet buka blog, nggak sempet nulis buat posting-an baru, dan nggak sempet baca doa tidur juga. Sumpah yang terakhir itu penting banget.

Masya Allah. Allahu Akbar!

Pokoknya begitu masuk kamar, si kasur seolah-olah berkata, “Yoga, ayo cepat tiduri aku. Aku udah nggak tahan, Mas.” Gue pun tergoda.

Ini apa dah? Kasur, kok, ngajak mesum? Astagfirullah.

Baru juga ngucap takbir, terus malah kumat lagi. Setelah itu langsung istigfar. Mau lu apa, sih, Yog?

Mau mesum apa alim? Pilih dong salah satu. Jangan serakah!

Skip.

Gue udah lama nggak ngerasain capek seperti ini. Maklum, sudah 11 bulan nggak kerja, lalu sekalinya kerja freelance aja langsung ngomong, “Gini amat, ya, rasanya kerja. ” Kondisi fisik gue terkejut.

Capek? Iya. Merasa nyari uang itu susah banget? Apalagi. Uang dari hasil freelance emang nggak seberapa, tapi gapapalah. Gue coba syukuri aja. Karena secapek-capeknya kerja, nganggur itu jauh lebih capek.

Kayak sekarang aja nih, freelance udah berakhir. Gue pun nganggur lagi. Bingung gue nyari-nyari kegiatan positif untuk menghabiskan waktu. Sampai gue membuka sebuah foto-foto lama di laptop. Gue melihat diri gue yang tidak terlalu kurus seperti sekarang (walaupun menurut kalian kayaknya sama aja kurusnya). Gue merenung sejenak. Nggak terasa udah mulai memasuki bulan November. Berarti kira-kira seminggu lagi adalah anniversary (setahunan) jadi seorang pengangguran.

Asyek!

Meskipun kemarin sempet kerja freelance, tapi gue tetep ingin merayakannya. Ini gue doang kali, ya? Nganggur setahun malah dirayain. Orang aneh!

Setelah setahun penuh perjuangan bertahan hidup dan belajar apa itu arti kekurangan dan kesederhanaan. Halah, bahasa gue apa dah. Bilang aja belajar ngirit. Pokoknya ada beberapa pembelajaran yang bisa  gue jadikan catatan kehidupan saat membuka halaman baru.

***

Akhir-akhir ini gue jadi keranjingan ngedesain. Ternyata ini bikin gue ketagihan. Seperti mengandung nikotin. Udah kayak ngerokok (padahal gue bukan perokok). Tapi serius, jadi pengin nyoba terus. Pengin lebih mempelajarinya lagi. Padahal sebelumnya gue takut banget buat coba-coba ngedesain. Gue selalu merasa cemen dalam hal desain. Sampai-sampai menilai karya gue sendiri jelek. Seseorang—gue lupa siapa—pernah bilang, “Kalo diri sendiri aja selalu merasa hasil karyanya jelek, gimana orang lain mau menilainya bagus?”

Dalem.

Setelah mendengar kalimat itu, gue memutuskan untuk belajar desain dan nggak mau merendahkan karya gue sendiri. Lebih belajar menghargai karya orang lain juga tentunya. Emang terbilang agak nekat dalam mencari peluang usaha di bidang desain. Namun, gue tetep membuka halaman baru di blog ini. Kalian boleh intip halaman ini.

Well, sambil menunggu orderan desain, gue bakal meningkatkan skill dan mempelajari beberapa teknik yang lain. Namun, kalo usaha ini tidak juga membuahkan hasil, mungkin gue akan menggantinya menjadi jasa desahin. Membuat wanita mendesah pasrah.

Oke, yang terakhir jangan dianggep bercanda. Itu serius.

Kayaknya terbalik, yak?

Hahaha. Yekali dah gue kayak gitu. Jadi, itu emang serius. Gue nggak bercanda.

Serius, Yog?

Iya.

Serius, itu cuma bercandaan.

Nggak jelas lu, Yog! Oke, damai ya kita.

Gue nggak sampe segitunya hanya untuk mencari rezeki. Masih banyak cara untuk mendapatkan uang secara halal. Asoy!

Kalo gitu, udah dulu, ya. Mau ngedit-ngedit foto untuk para pemenang kemarin nih.

PS: Tulisan ini udah agak lama disimpen di draft. Baru sempet edit dan publish. Jadi, maaf kalo tulisannya agak aneh karena waktu penulisannya memang campur-campur. Sayang aja kalo dibuang. Muahahaha.

Oiya, si Adi katanya lagi bikin mainan baru dan mau bagi-bagi e-book gratis tentang “Rahasia Dapur Blog” dan “Penulisan Komedi”. Mantap nih. Sayangnya, e-book itu cuma sampe hari Minggu aja. Oleh karena itu, jangan sampe ketinggalan, Gaes! Yang penasaran langsung mampir ke: SINI AJA.

Terima kasih.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

70 comments

  1. Aduh, blog ini makin mesum. Perhatikan fans-fans cilik blogmu, Yog! Jangan sampe anak-anak Indonesia jadi rusak. Ehehe

    Wogh, sekarang buka jasa desain juga. Sukses dengan usaha barunya. Gue mah apa, cuma bisa ngasih doa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((FANS CILIK)))

      Ngakak tanjal bacanyaaaaa! :D

      Delete
    2. Maaf, Rob. Semoga ke depannya bisa gue kurangi. Aamiin. :(
      Makasih kritiknya. Hehe. Lupa banyak anak-anak kecil yang juga baca.

      Aamiin, Rob. Thanks, ya! Lancar juga sekolahnya. :D

      Delete
  2. Hahahaa beneran aneh lu Yog. Pake eniperseri setahunan nganggur.
    Aciyee yg udah kerja freelance. :) Semangat yuhuu.

    Astagfirulloh.
    Membuat jasa desahin? Membuat wanita berdesah pasrah?


    Hmm leh uga u.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue aneh. Hore!

      Plis, itu cuma boongan aja. :(

      Delete
  3. saya suka benget bkata kata ini. “Kalo diri sendiri aja selalu merasa hasil karyanya jelek, gimana orang lain mau menilainya bagus?”

    bagus banget buat introsfeksi diri saya. okeh mas makasih kata - kata dalamnya ini

    ReplyDelete
  4. Geloooo, buka jasaa desahin hahahha

    Eh ntar deh aku bikin postingan ndiri tentang hasil menang lomba n kuis yg salah satunya dah khilap dimenangin kemaren, azeeegggg .... kok sekarang mau komen kena chapta ya
    ???
    Susa diverivy
    Btw met aniv yak buat status penganggurannya selama setahun, waduh maaf ini bukan bercanda, e tapi serius..
    Kebalik denk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelesetan dari desain aja. :p

      Ah, masa? Gue nggak pake captcha begitu-begitu, Mbak. :)
      Buahaha.

      Delete
  5. Kemaren freelance apa yog? Hmm capek ya kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di-share sama Vira itu, Di. Bedanya gue lewat telepon.

      Capek. Kalo berkarya enggak. Eaaakkk.

      Delete
  6. waduy desahin, mau dong kita kita didesahin aaaw

    Seengganya, lu jadi punya pengalaman kerja. gak kayak Fresh graduate kayak gue hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI KENAPA YANG MINTA DIDESAHIN COWOK?!
      Astagfirullah.

      Semangat, Jeh! Semoga cepet dapet. ^^

      Delete
  7. Apa yog, SAYANG? hmmmmm oke ini baper -__-

    Kerja itu capek tapi kalau di nikmatin akan jadi ringan dan nggak ngerasa cape apalagi kalau udah dapet uang gaji senengnya bukan main :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Wid. :D Tetep nikmatin dan bersyukur. :)

      Delete
  8. Serius gak pernah nidurin, Yog? Kalau gak salah kamu punya adek yang namanya Saddam kan? Kamu gak pernah nidurin alias nina boboin Saddam? Kakak macam apa kamu, Yog :|

    Asik, ada yang kecanduan ngedesain. Dini hari bukannya bobo cantik malah ngedesain. Asik, ada yang mau anniv sama statusnya. Mau anniv sama orang beneran kapan, Yog? *ambil langkah seribu*

    Ya, setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Udah pernah kamu tulis semua hikmah di balik nganggur, jadi aku gak perlu nulis lagi ya. *ini komen apa sih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak macam tutul. Eh, itu macan, yak? :(
      Ho'oh. Soalnya jam segitu, sunyi. Asyik buat fokus. :D
      Hehehe.

      Delete
  9. Cieee anniversary nganggur setahun. Cieee. Kapan married dong?
    Huihh, kebanyakan gabut jadi bisa ngedesain. Keren lu. Semoga bisa cepet dapet kerjaan tetap yang lo mau ya Yog. :3
    Eh eh, lu balikan ama Rima? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengangguran masa ditanyain married? Durhaka kamu! :(
      Aamiin. Nuhun, Neng. :D

      Enggak. Temenan baik aja. :)

      Delete
  10. Beberapa hari lagi, aku mau posting hasil desain juga ah, siapa tau ada uang bilang bagus. Mangat yog belajarnya, kebetulan semester ini aku dapet matakuliah desain grafis, jd bisa nambah ilmu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget ya dapet matkul itu. Gue masa nggak dapet. :( (jurusan lu Manajemen wey!)

      Posting juga dong, Rul. :D

      Delete
  11. lo freelance apa sih ? ceritain juga dong pengalamannya, siapa tau bisa bikin ngakak gitu heheh

    coba lum masuk komunitas aja gitu yog, komunitas yang ttg desain desain gitu, atau baca baca di kaskus, ada rubriknya sendiri. disitu banyak yang udah master2 jadi lo bisa belajar dan sharing sharing sama mereka, dapirada tidur aja sampe hari berganti hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari responden lewat telepon, Ki. Kayaknya nggak bisa deh. :)
      Hahaha. Oke, thanks sarannya. :D

      Delete
  12. Wahaha kalah saing gue kalo lo ngebuka jasa desahin beneran :))

    Asikk udah setahun, makan makaaann!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, Master merendah nih. :p
      Minum-minum juga biar nggak seret!!!

      Delete
  13. cieeh... kerja cieh... uhuy...
    ketiduran emang nikmat. karena, ketiduran itu bersifat natural. yeah..
    setidaknya, ketagihan ngedesain memang lebih bijak daripada ketagihan tembakau bernikotin yang merusak paru-paru.

    ReplyDelete
  14. Itu kasurnya sudah kebanyakan diajak nganu makanya jadi mesum gitu, DIkamarku paling cuma guling yang merayu buat segera meluk dan memberikan kehangatan.
    Ya ampun kok jadi ikutan mesum gini

    Eh sudah setahun pengangguran, ngadain GA boleh kali :p
    Tapi bener juga secapek-capeknya kerja, lebih capek nganggur. Kalo nganggur capek bosennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun. Jangan ketularan, Ki. :(
      Waduuuhhhh, GA lagi? Muahahaha. XD

      Bener itu.

      Delete
  15. Enaknyaa yg udah krjaa, udh ada ksibukann._. Nyari duit itu emg susah yak, baru ngerti skrg aku.. Trs anniv 1 thn pnganggurannya msh mau dirayain gtu? Kalo perlu bkin nasi uduk jg yak, bkin slametan. Haha. Btw, setahun itu bener2 gak kerasa lohh ya trnyata....

    Keren loh bsa ngisi wktu luang dgn kgiatan positif kyak ngedesain gtu, bkan nge-desahin. Wakaka. Aku blm ngrti apa2 soal desain. Ngeliat tools photoshop aja udh puyeng._.

    Smga cpet dapet krjaan ttap ya kak! Dan smga banyak org yg mesen desainnya! :D smangaatt semangaaaatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha begitulah, Lu. Ini ngapa segala bikin nasi uduk? Terus undang warga sekampung juga? :/
      Nggak terasa banget. :))
      Gue tadinya juga gitu. Cuma daripada nggak ada kerjaan, iseng-iseng nyoba. Pelan-pelan bisa. :D

      Aamiin. Makasih Lulu. Semoga lu juga cepet dapet kerja! SemangART!

      Delete
  16. Wiiiih asik hobi baru jadinya ka? Semoga lancar dengan usaha barunya. \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah ini udah termasuk hobi apa belum. Haha.
      Yeah, makasih Rizka. :D

      Delete
  17. ooh gue juga pengangguran terselubung nih sekarang.. bete banget..
    btw gue juga suka desain, tapi bukan desain eneran, gue seneng banget bikin meme apalagi bikin meme dari foto cacat temen2 kampus.. biasanya kalo memena udah jadi langsung gue share ke grup wa kelas, dan kita ketawa bareng.. walaupun kesannya keterlaluan tapi Alhamdulilah temen kelas gue ga gamppang pundungan, soalnya yg hobi bikin meme bukan cuma gue, jadi biasanya saling bales gitu, haha..
    semoga kebiasaan nge desain lo bisa jadi pekerjaan buat lo kedepan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo meme begitu mah emang buat lucu-lucuan aja. :D
      Pundungan itu apa deh? Kayak marah atau ngambek? :/

      Aamiin ya Rabb. :)

      Delete
    2. Pundungan itu artinya ngambek-an mas, haha

      Delete
  18. Asiik ada usaha baruuu. Mau dong diajarin desahin, eh, desain maksudnya.. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum jago untuk ngajarin, Mb. Ini juga belajar dari tutorialnya Mbah Alam dan nonton di Youtube. :D

      Delete
  19. Good luck Yog buka usaha desahinnya. Eh, desainnya, ding. :D

    ReplyDelete
  20. Belum pernah menidurkan seseorang apalagi Pacar?
    Berarti masa muda lo belum lengkap Yog :v

    Yang dirayain itu hari jadian Yog bukan jadi pengangguran hahaha

    Usaha sampingan ini Yog?
    Jasa bikin artikel ada gak jangan edit tulisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah melengkapi masa muda harus begitu, Mas? :))
      Bisa dibilang begitu. Mencari peluang. Jasa bikin artikel gimana nih? :/

      Delete
  21. woh, semoga banyak yang main dan tertarik sama halaman barunya mas

    dari semua, saya terkesan sama yg polaroid itu

    cckc, selain anniv pengangguran akan ada anniversary apalagi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Wehehe, makasih. :) Anniv blog ini pastinya, Ra. :D

      Delete
  22. aku dulu juga sempet buka jasa desain desain gitu, temnku juga banyak yang minta bantuanku, karena lama kelamaan males akhitnya yaudah gitu aja gak di terusin, kerena menurut gue itu membutuhkan sebuah kesabaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, sayang banget, Man.
      Ho'oh, butuh kesabaran banget. :))

      Delete
  23. Itu kalimat mesumnya tolong dikondisikan ya. Hahahaha~~~

    ReplyDelete
  24. moga dapet kerjaan or job freelance, Yog!
    btw, halaman baru nya keren yog :D

    ReplyDelete
  25. masyoga makin hari makin mesum aja nih. uhuk.. btw aku udah 17 jadi ngerti dikit dikit lah. wkwk.. walaupun ga nyambung nyambung amat.

    gapapa masyog yang penting halal. kalo desain juga bisa nambah skill..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahanjirrr, jangan serius-serius sama tulisan gue. XD
      Iya, Rim. :)

      Delete
  26. Aseeek dah. Gue paham sih betapa enaknya kayak gimana. :D
    Minum jamu Yog biar makin kuat. Terus pake pengaman biar aman. *komen apa nih gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kok nyambungnya malah ke situ-situ, Di? :(

      Delete
  27. nggak dimanapun tempat ternyata tetep sama ya, otak mesum selalu ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma buat lucu-lucuan salah, yak? :))

      Delete
  28. Aaah, udah banyak tulisan plus-plusnya nih :p kamu udah dewasa Yog :D wkwkwk

    Aku nih, belum bisa bikin desain apa-apa -_- cuma penikmatttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin ngurangin nih. Agak susah. :(
      Gue juga masih baru belajar, Feb. :D

      Delete
  29. sebenrnya bukan kasurnya yang mesum tapi yang punya kasur yg mesum jadi kasurnya terkontaminasi sama pikiran lo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti pikiran gue harus dibersihin, yak. Biar kasurnya nggak mesum lagi.

      Delete
  30. Apaan setahun nganggur dirayain
    Apaan buka jasa desahin

    Mau juga dong kalo ada freelance lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus apaan lagi?

      Tapi kerjanya 12 jam, Nggo. Hm, 2 jamnya istirahat, sih. Jadi kira-kira 10 jam.

      Delete
  31. Instagram lo apa yog, bisa dong di share design2nya diinsta ,,
    BTW ini Instagram gue @khairulleon (kode agar di follow ) ..
    Gue suka pamer bakat gitu deh di IG ..

    ReplyDelete
  32. Semangat Yoga....

    Buat semua-muanya

    Ternyata blog lo masih mesum aja behahaha

    ReplyDelete
  33. Ciyeee usahanya disebarluaskan di blog. Semoga laris manis kak! Btw kok sedih amet sih ngerayain anniv pengangguran. Yaa… nggak apa-apa sih, tapi harus jadi motivasi biar semangat jadi pekerjaan yang tetap! ^^
    Ngomong-ngomong tentang desain, sebenernya aku pengen belajar desain, tapi desainnya yang ini lho, mm, yang apa sih namanya?? Aduh, lupa. OOOHHH VEKTOR! Nah… tapi da udah pusing sama tugas sekolah. Belum saatnya mungkin ya buat belajar gituan.
    Leh ugha buka jasa desahin. Eh, noooooo jangan. Aduh. X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih ya Riska. :D Gue juga belum bisa bikin vector. :(

      Jangan weeyy. Itu mah bercandaan aja.

      Delete
  34. jgnkan jd pengangguran, kmrn aku disuruh bedrest ama dokter 4 hari, itu rasanya kayak nguli sebulan... pdhl aku cm di tempat tidur seharian, nonton tv, baca novel -__-.. Bener yog, ga kerja itu ga enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, gue hampir setiap hari itu bedrest. :(
      Iya, Mbak. Kerja, kan, juga sebuah ibadah. ^^

      Delete
  35. Jasa desahin :v fak ngakak gue wkakwkaawk :v

    Good luck yog buat usaha barunya, semoga laris manis :D.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.