Selamat Wahai Pemenang dan Jasa Desain

73 comments
Wih, nggak terasa udah hari Jumat. Berubah ganteng nih gue habis salat Jumat. Iya, gantengnya pas Jumat doang, selain itu kembali ancur.

Sesuai janji gue di tulisan YANG INI, berarti sudah tiba saatnya untuk mengumumkan pemenang kuis. Sebelumnya, gue berterima kasih banget sama para pembaca yang udah berpartisipasi. GILAAAAA. GUE NGGAK NYANGKA BAKALAN RAME YANG IKUTAN.

Eh, maaf capslock kepencet.

Kalo kata Alam, ini kolom komentar gue udah kayak konser Bring Me The Horizon. RAME BANGET! Mungkin aja mereka pada headbang, terus moshing, ada juga mungkin yang keinjek-injek dan mati.

Astagfirullah.


Sejujurnya, gue bingung milih pemenang akan kuis kecil-kecilan ini. Kalian semua jawabnya niat banget. komentarnya panjang-panjang kayak anuan gue.

Plis, jangan mikir jorok. Anuan itu maksudnya penggaris.

Daripada kelamaan, langsung saja.

Pemenang pertama adalah Icha Hairunnisa.

Gue memilih dia karena dia membuat gue nyaman. Eh, bentar-bentar, ini gue milih pemenang apa milih apa deh? Sorry-sorry kurang fokus. Kalau dilihat dari komentarnya, dia benar-benar berkomentar secara tulus dari hati. Icha ini ternyata pembaca setia gue sejak lama. Buktinya dia tahu blog gue dari Nyunyu, berarti udah setahunan lebih dia rajin baca tulisan gue. Gue juga memerhatikan setiap komentarnya pasti panjang-panjang. Kayaknya dia emang demen deh sama yang panjang-panjang. Penggaris maksudnya. Tuh, kan! Kalian mikirnya mesum terus.

Udah gitu, manggil gue Yoganteng. Ya Allah, Icha. Kamu jujur banget, sih. Kalo di Jakarta udah gue traktir lu! Traktir lidi-lidian. Ini termasuk nilai tambah. Muahaha. Makasih, yak!

Pemenang kedua, Nikmatun Aliyah Salsabila.

Gue speechless baca komentarnya. Gue nggak nyangka banget kalo dia mendapatkan banyak manfaat dari blog ini. Bahkan, dia menyebutkan manfaat itu satu-satu. Gue terharu. Nggak habis pikir kalo blog yang agak mesum ini dapat menghibur dan menghasilkan manfaat untuk pembacanya. Hehe. Thanks, Bil.


Melihat kalian yang bersemangat mengikuti kuis ini. Gue akan memberikan pemenang tambahan. Yoeh, selalu ada kejutan bagi mereka yang setia mengikuti blog ini. Jangan bosen main ke sini.

Ketiga, Farih Ikmaliyani.

Gue suka sama cara dia menjawab pertanyaan bagaimana menyikapi pembaca yang masih sedikit. Dia introspeksi terhadap tulisannya. Dia bakal membenahi konten. Harus diakui juga, pembaca memang tidak datang sendiri. Kecuali, kalian memang sudah terkenal dan menjadi artis, selebtwit, seleblog, atau seleb 88 (SALEP WEY!)

Jangan pernah lupakan promosi. Mantap.

Keempat, Mbak Nita.

FYI, Mbak Nita ini emang hobi ngikutin kuis ataupun lomba, tapi kayaknya jarang menang. Yang jelas dia sekarang menang. Hehe.

Sebagian komentarnya begini: Tulisan lo tuh gak di awal, gak di tengah, gak di akhir selalu saja memunculkan kejutan. Yaitu mes*m detected...atau lawakan yang mengalir apa adanya, ga dibuat-buat. Nah itu ciri khas yang selalu orang cari. Dan juga nasib apes lo yang kadang malah membuat orang ketawa..duh gw jahat.. maksudnya lo bisa meramu setiap pengalaman yang bahagia maupun yang sial menjadi konsumsi publik yang kalo kata gw patut dikaryakan.

Patut dikaryakan? Serius? Oh, penerbit, ajaklah aku bikin karya. Muehehe (ngarep). Makasih atas pujiannya, Mbak. Semoga gue bisa terus menghibur lewat blog ini, yak. Dan semoga lu bisa segera menemukan formula yang pas untuk tulisan lu.

Dari tadi cewek mulu, Yog! Modus lu, ya?

Astagfirullah. Masa iya niat gue seburuk itu? Ya, dikit, sih. Hahaha. Kagak-kagak. Bercanda, kok.

Nih, giliran cowoknya. Sengaja tadi ladies first.

Kelima, Rizqi Alam.

Meskipun dia yang sudah mengenalkan gue jenis desain ini. Dan karya gue tidak ada apa-apanya dibandingkan desain buatannya. Apalagi gue yang minderan soal desain. Namun, kuis tetaplah kuis. Komentar dia jujur. Nggak mengada-ngada. Serta dia merekomendasikan blog gue untuk daftar blogwalking.
Thank you! Blog lu juga recommended untuk belajar Photoshop dan desain.

Keenam, Bayu Rohmantika.

Tujuan dia bikin blog ini yang paling beda. Unik banget. Dia mengutip kata-kata Pramoedya betapa pentingnya menulis. Dia ngeblog untuk menciptakan lembar sejarah tersendiri atas cerita pribadinya. Kereen. Dia juga bersedia meluangkan waktunya untuk komentar sebelum berangkat ke kantor. Uh, blog gue benar-benar dihargai sama pembaca. Terima kasih.

Kepada kalian wahai pemenang, tolong kirim foto kalian yang setengah badan aja (kepala dan badan, nggak perlu pake kaki). Kalo bisa yang kualitasnya bagus. Ya, biar nggak pecah dan enak ngeditnya.

Formatnya gini:

Nama: Yoga (misalnya)
Jenis desain: Double Exposure (misalnya atau malah yang efek polaroid)
Lampirkan foto (setengah badan) yang ingin diedit
Kirim ke: ketikyoga@gmail.com

Gue tunggu foto kalian, ya!

Pengerjaan kira-kira paling lama 3 hari (semoga nggak sibuk banget). Kebetulan gue emang lagi mencoba merintis usaha kecil-kecilan ini (daripada nganggur banget). Iseng-iseng buka jasa desain gitu deh. Doain, ya!

***

Ngomong-ngomong soal jasa desain, gue beberapa hari yang lalu menawarkan jasa desain ini ke beberapa grup WhatsApp. Baik itu grup blogger, kampus, ataupun alumni SMK. Meskipun banyak banget yang tidak acuh. Akhirnya, ada seseorang yang chat personal ke gue.

“Yog, edit foto gue yang ini bisa?”

Kemudian ia mengirimkan gue foto. Gue mulai mengira-ngira. Ini foto bisa atau nggak, ya? Namun, gue berusaha menyanggupinya. Meskipun fotonya sampe kaki. Ya, seharusnya setengah badan dan muka aja. Tapi, ya udahlah. Namanya juga pelanggan pertama. Masa gue nolak rezeki?

“Bisa-bisa,” balas gue di WA.

Gue bertanya ke dia, mau jenis desain yang mana. Double exposure atau efek polaroid?

Dia memilih efek polaroid. Gue langsung antusias banget ngerjainnya. Soalnya, emang baru banget belajar (dibaca: terlalu nekat). Beda sama double exposure yang udah beberapa kali latihan. Hehe. Gue mendesain foto dia menggunakan hati (sebenernya pake tangan, mouse, dan aplikasi Photoshop, tapi ini maksudnya pake perasaan, nggak asal bikin). Ya, gue selalu berkarya menggunakan hati. Menulis apalagi. Pokoknya biar dapet feel-nya gitu.

Jam 12-an malem, gue masih sibuk menatap layar. Berusaha merampungkannya secepat mungkin. Gue sengaja menunda tidur gue, yang penting pelanggan merasa puas (semoga kalian tidak berpikiran mesum).
Kira-kira 45 menit berkutat dengan Photoshop, kelar juga desain foto dia. Gue pun langsung mengabarinya dan mengirimkan foto tersebut lewat email. Setelah itu, gue ketiduran sampe subuh. Bangun, salat bentaran, terus tidur lagi.

Pagi harinya, gue membuka chat itu dengan penuh semangat. Niat gue awalnya akan memberikan harga promo karena dia pelanggan pertama gue. Namun, dia hanya berkomentar, “Bagus, Bro. Makasih, ya.”

Sesingkat itu.

Gue bertanya-tanya dalam hati.
Ini maksudnya apa, deh?

Kok, dia nggak peka untuk nanya gimana pembayarannya?

DUITNYA MANA SETAAAANNN?

Gue nggak mau munafik. Gue bosen punya sifat yang ‘nggak enakan’. Gue memang lagi butuh uang. Tapi kayaknya gue terlalu emosi untuk membalas chat-nya sekarang. Gue tidur lagi karena... ya kurang tidur.

Setelah terbangun dari tidur, gue sempet lupa soal dia yang belum bayar jasa desain. Gue malah fokus baca novel. Kebetulan banget di sore hari, tiba-tiba ada chat masuk dari dia. Pucuk di cinta, rezeki pun tiba. Asyek.

Gue buka chat dia pelan-pelan. Kemudian jantung gue berdebar nggak keruan. Anjir, ini kayak gue habis nembak cewek aja dan lagi nunggu jawaban. FYI, dia cowok. Gue pun merasa hina dan jijik.
Mantep nih, akhirnya dia sadar juga untuk bayar. Batin gue.
Setelah gue buka isinya: “Lu ngeditnya pake apa, sih? Kok bisa keren gitu?”
Kucing kawin. Kebo bunting. Singa ompong. Udel bodong. Berak tapir.

TERUS KAPAN NGOMONGIN PEMBAYARANNYA ANJIRRRRRR?

Well, gue udah nggak tahan begini terus. Gue mulai basa-basi menyinggung biaya. Karena dasarnya dia yang bloon atau pura-pura nggak tahu, gue pun to the point.
Dia pun merespons, “Iya, Bro. Gue tahu lu lagi buka jasa desain. Tapi sama gue masih aja pake jasa-jasa segala nih, Bro? Parah lu! Hehehe.”

LU YANG PARAH TUYUL!

Astagfirullah aladzim.

Gue udah nggak tahu mau bales chat dia apalagi. Gue menghela napas panjang, kemudian mengetik, “:))”

Gue udah nggak peduli lagi dia mau bayar apa enggak. Mungkin ini belum rezeki gue. Lagian kalo gue terusin untuk menagih upah itu, belum tentu juga dia akan bayar. Bisa aja dia bakal berkata, “BUSEH DAH. SAMA TEMEN AJA PERHITUNGAN!”, atau “GILA LU, MEN! KITA TEMENAN UDAH LAMA. MASA NGEDIT BEGINI AJA MINTA BAYARAN?!”

Mungkin dia nggak tahu rasanya mencari uang dari sebuah karya. Orang yang mencoba hidup dari karyanya itu sulit. Nggak banyak, kan, orang-orang yang full time penulis, desainer, atau pembuat karya lainnya? Apalagi kalo masih pemula, pasti butuh kerjaan yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nah, gue sendiri ini pemula banget. Baru memulai untuk bisnis jasa desain ini. Susahnya mencari pelanggan seperti apa. Ada yang cuma nanya-nanya, ujungnya nggak jadi.

Padahal dia juga tahu, kalo gue ini statusnya pengangguran. Apakah dia nggak mengerti keadaan teman yang sedang susah mencari uang?
Masa hanya karena uang yang jumlahnya tidak seberapa aja bawa-bawa nama pertemanan. Bukankah seorang teman harus menghargai karya temannya? Nggak bisa membeli, ya bantu promosiin. Atau saat memesan, nggak perlu bilang “harga temen”. Kalo nggak salah si Arif alias Jung pernah menuliskannya di SINI. Dan, jangan pernah minta gratisan.
Kalo sama temen harus gratis, semurah itu, kah? Apakah harga dari sebuah karya yang baru gue pelajari ini harus gratis?

Gratis? MUHAHAHAHA. TOKHAAAY.
Gue nggak akan keberatan ngasih sesuatu hal secara gratis, ya kalau gue memang pengin memberikannya secara gratis. Tanpa ada keterpaksaan.

Padahal gue belajar desain ini nggak gratis; gue baca-baca artikel tentang desain—double exposure dan efek polaroid, tanya ke temen yang paham soal desain, serta nonton tutorialnya di Youtube. Gue udah menghabiskan banyak waktu dan kuota. Lalu, ini dihargain gratis?

Meskipun gue pemula, tapi ya jangan perlakukan gue semena-mena begitu dong. Gue juga bakal belajar lagi biar skill-nya meningkat. Justru karena ada yang menghargai karya gue, maka gue tambah semangat.

Ah, ya udahlah. kepanjangan deh ini curhatnya.

Terima kasih. Sekali lagi, selamat kepada para pemenang kuis kecil-kecilan ini. Yang belum menang, jangan bersedih. Mungkin rezeki kalian ada di tempat lain. Tapi, kalo kalian tetep mau fotonya diedit begitu, bisa dibicarakan sama gue (promosinya tetep). Halah.

Ya, siapa tahu aja ada yang khilaf mesen. Aamiin..
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

73 comments

  1. Waduh, gue terharu dengan postingan ini. Satu gue terharu karena gue nggak menang (gue nggak munafik, gue sangat ngarep menang!). Kedua, ternyata segitunya orang menilai karya. Nggak pernah belajar apresiasi seni kali tuh orang. Semoga orang yang gue maksud gak neror gue. Peace. Komedi, bro :))

    Sabar, bang, buat nyari peminat karya emang kayaknya harus dimulai dari ngasih cuma-cuma dulu deh. Setelah nantinya ada mouth marketing, pasti duit bakal masuk. Kalo rejeki nggak ke mana :)

    Semoga yang mesen baca postingan lu, bang. Tetep ikhlas berkarya, dan jangan lupa minta upah bwehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di GA selanjutnya bisa menang ya, Rob. Jangan bersedih. :))

      Yoeh. Rezeki takkan ke mana-mana.
      Dia baca atau nggak, gue udah nggak peduli. Yang penting keresahan gue tersalurkan. :D

      Delete
  2. Alhamdulillah gak menang (?)

    Iya nih masa cewenya ada 4, yang cowo ada 2. Kan gak adil tuh, dan sudah termasuk diskriminasi gender.

    Kalo masalah edit foto sih apa bang Yoga gak nulis biaya di promosinya? Kalo nggak ada ya salah bang Yoga sendiri sih. Tapi kalo ada ya temennya aja bacanya gak lengkap. Pernah baca dimana gitu, kalo lagi promosi barang itu jangan ke teman atau keluarga dulu takutnya ya kayak gitu kalo minta bayaran dikira perhitungan dan pelit padahal emang lagi butuh duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin rezekimu di tempat lain, Ki. :))
      Habisnya komentar dari cewek itu kayaknya lemah lembut banget pas dibaca. Gue baper. Eh? :(

      Gue awalnya emang nggak nyebut biaya, sih. Namun, ya dia seharusnya tau kalo itu nggak gratis. :')

      Delete
  3. Cailaaaahhh pengumumannya cepat juga yah...
    #kemudian mata gue berbinar binar...
    Hahaha akhirnya ada juga yang khilap menangin gw (lalu curhat dari sekian lomba gw kalah telak mulu bwahahahhaha)
    Terima kasih yog

    Iyak, gw juga paling suka kalo dah dapat komen dari elo, icha, wulan, bayu, ya pokonya yang bener bener ngehargain tulisan deh, seburuk buruknya tulisan tetep dibaaca sama kalian dg komentar yg pas, bahkan tahu pecahnya di mana ...bumbu bumbu komedi yang tersembunyi dikit, panjang pulaa seperti penggaris yg sudah lu sebutkan

    XD

    Curhatan lu mengenai desain yang ga dihargai itu jadi mengingatkan gw pada beberapa karya gambar gw yog...
    Bukannya mata duitan, tapi bener kata lu, kita sudah ngerjainnya setengah mokad, begadangan dan cari feelnya eee pas dah jadi malah cuma diucapin makasih...keren..
    Duhhh...waktu, tenaga, pikiran, juga biaya sudah tercurah banyak kan di situ...

    Btw salam ya buat Kucing kawin. Kebo bunting. Singa ompong. Udel bodong. Berak tapir ya ^________^




    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kelamaan nanti keburu basi, Mbak. :p
      Sama-sama. :D Makasih juga udah ngeramein kuis kecil-kecilan gue.

      Semoga orang-orang seperti itu cepat insyaf ya, Mbak. Aamiin. Semoga makin banyak orang yang menghargai karya karena sadar atas susahnya berkarya. :D

      Huwahaha. Kata Kucing kawin. Kebo bunting. Singa ompong. Udel bodong. Berak tapir, "Waalaikumsalam."

      Delete
    2. Aih, ada nama "bayu" kepampang di comment ini hehe. Makasih :D senengnya jadi double.

      Semua tulisan (yang ngga mengandung SARA) pantes diapresiasi & dikomentari, toh kita semua, para blogger, berkarya dengan kreatifitas dan ciri khas masing-masing. Happy blogging :-)

      Delete
    3. Aaaaaaaaa peluk mba Nitaaaaa *big hug*

      Delete
  4. Alhamdulillah yog, ternyata aku belum beruntung. Next shoot mungkin ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga beruntung di GA selanjutnya, atau di kuis mana pun. :)

      Delete
  5. Kalau ngomongin Icha, saya ikutan ah. Doi emang sensual banget ya. Sukanya yang panjang-panjang. Kalau ada Cilegon, udah saya ajak naik tiang listrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUAAAA BANG HAR!!!!! Sensual? Naik tiang listrik? :(

      Delete
  6. loh... gw kok gak menang, padahal gw gak ikut #CakLontongModeOn

    ReplyDelete
  7. Memang sih, masih sedikit sekali teman yang mau menghargai karya.. :)

    ReplyDelete
  8. Kalo lagi promosi seharusnya cantumkan harga :-)

    Wah, parah banget tuh orang gak peka peka. Lagi promosi malah dimintain gratisan. Temen macam apa tidak menghargai karya temennya. Kenapa jadi ikutan emosi ya.. Aku paham rasanya diginiin. Mendadak lebay. Sudahlah, yang lalu biarkan berlalu semoga Allah menggantinya yang lebih banyak! Aamiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya. :D

      Udah nggak usah ikutan emosi. Biar gue aja yang merasakannya. Halah.
      Aamiin ya Rabb. Makasih, Rum!

      Delete
  9. Akhirnya lo ngerasain derita jadi anak desain :v wkwk. Sedikit tips buat promosinya bilang aja Not For Free gitu pake bold, kalo kurang enak nyantumin harga :D

    Thanks bro udah dijadiin pemenang :') Rikues desain boleh dong, Yog. Bikinin double exposure yang isinya ada foto Raisa, Maudy, sama Raline Shah lagi gandengan :3 Hahaha becanda. Udah gue kirim yak fotonya \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gitu rasanya, Lam? Uh. :(

      Semoga ke depannya gue mulai berani menolak request teman yang minta gratisan dan berterus terang butuh uang. :D

      Beraaaaaaqqqq. Gue juga mau! Gue pajang di kamar gue yang gede. Buahahha. XD

      Delete
  10. Ini gue menang gara-gara emang menang atau karena gue sisipkan paksaan di komentarnya? hahaha. Btw thanks Yog! Kalo fotonya foto keluarga boleh? *eh :D

    Gue baca sampe abis. Dan yah...gue pernah bahkan sering ngerasain apa yang lo tulis itu. Berkarya tapi nggak dibayar. Gue sering banget bikinin temen video atau pun stopmotion nggak dibayar. Salah gue juga sih tiap mau dibayar gue selalu bilang "seikhlasnya", toh orang tua nyaranin kalo jangan nyebut harga. Tapi temen ya tetep manusia. Makin ngelunjak. Mentang=mentang seikhlasnya, mintanya videonya makin muluk-muluk. Tapi ada sisi positifnya juga loh. Kalo nggak dibayar ngajarin buat ikhlas dan kadang gara-gara gratis juga nama kita terkenal dan jasa kita dipake. Abis itu baru deh pasang tarif. Gitu :D Lahhh curhat lagi Rih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw semoga orangnya baca postingan lo ini ya Yog. ;')))

      Delete
    2. Enggak ada paksaan apa-apa. Ini rezeki lu. :))
      Boleh. Keluarga Cemara kalo bisa. :D

      Emang stop motion gitu kira-kira tarifnya berapaan, sih? Gue juga sering bikin. Nggak pernah dibayar. Atas kemauan gue aja. Hehe.

      Hahaha. Kalo dia sampe baca, semoga dia sadar untuk menghargai karya. :))

      Delete
    3. Rezeki anak soleh yak. hahaha.
      Keluarga pinus kalo gue Yog. :D

      Nah ini stopmotionnya buat hadiah aniv pacar, buat tugas kuliah, buat iklan gitu. Kan lelah bikinnya :((

      Amin. :)) terus berkarya aja Yog.

      Delete
  11. Lain kali suruh bayar di depan aja, yog, kalo udah baru dikerjain. Tapi alangkah bagusnya dengan jaminan 'hasil mengecewakan, uang kembali'. Pasti pelanggan puas deh, dan gue sih yakin gak bakal mengecewakan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Jadi motivasi juga kalo dibayar duluan. Ngerjainnya jadi semangat deh. :D

      Delete
  12. Baru bisa blogwalking malem begini, dan kaget melihat nama gua ada di daftar pemenang (langsung sumringah). Ternyata sebuah momen sarapan pagi diselingi comment di blog lo ini bisa membuahkan hasil positif hehe.

    Makasih banyak Yoga :D email fotonya menyusul ga pa-pa ya? Mau milih dulu (karena gua yakin hasil editan lo pasti bakal bagus).

    Duh, ngebaca kalimat "jangan lupakan promosi" jadi malu sendiri, soalnya gua emang kurang banget mempromosikan blog, paling lewat twitter & google plus aja. Blogwalking pun juga masih belom banyak, soalnya kebentur waktu. Gua harus cari posisi nyaman di depan laptop, dengerin musik, baru BW. Kalo BW pun belom banyak, soalnya setiap postingan orang biasanya akan gua baca berkali-kali untuk nemu garis besarnya, dan untuk nemu kalimat yang cocok buat komentar. Kadang butuh waktu lama pas mampir di satu blog. Mungkin itu yang bikin gua lama kalo BW, jadinya ga bisa banyak hehe :p

    Well, pekerjaan pertama memang penuh tantangan Yog. Kita bakal nemuin penolakan, kekecewaan, dan hal negatif lainnya. Butuh keikhlasan untuk ngejalaninnya. Dengan sendirinya nanti semua akan berubah jadi baik. Siapa tahu temen lo itu malah promosiin desain lo ke temen-temen yang lain (siapa tahu?). Itungannya kali ini lo ga dapet duit, tapi dapet promosi gratis hehe.

    Ya, ilmu memang mahal dan terkadang sulit dicari, tapi semua ilmu lo ga akan sia-sia kok. Tinggal nunggu waktu yang pas aja sampai nanti lo bisa bener-bener nikmatin keuntungan finansial. Ayo, semangat nge-design-nya Yoga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, Bay. Selamat! :)
      Gak apa-apa, kok. Hehe. Slow.

      Waduh, sibuk amat ini orang. :p
      Ya, gue juga kalo lagi ada waktu luang aja, kok, BW-nya. Bahkan, sering kelupaan buat BW pas bener-bener sibuk. :D

      Aamiin. Semoga aja. :D
      Yoeeeh! Ini lagi belajar dan meningkatkan skill yang masih cupu. Haha.

      Delete
  13. Selamat yes yang udah menang.

    Semoga temen lo sadar, trus bayar, deh.
    Kalau ada orang gak menghargai sebuah karya, kemungkinan orang tersebut emang gak pernah berkarya. Eh, emang temen lo gak bakal baca postingan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kurang respect gue ke dia. :))
      Dia baca atau nggak, bukan urusan gue lagi. Lagian gue nggak menyebut nama. :D

      Delete
  14. gue kurang cepet nih ngikutin kuisnya

    ReplyDelete
  15. Selamat buat pemenaaang. \o/

    Iya banget. Komentar di postingan kemarin rame. Blog lu emang keren. :)

    Syukurlah, waktu luangnya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Lancar yaaa usaha jasa desainnyaaa. Banyak-banyak latihan biar makin jago. Ahahk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Blog lu juga keren. Saking kerennya jarang apdet. :)

      Aamiin. Yoeh!

      Delete
  16. Widiiih Icha yg nomer satu. Keren top :D
    Gue pas baca jawaban Icha kemarin udah yakin bet. Hahaa.

    Gue mau jugaaa. Huhuuuu :(

    Hahaa itu temen lu pengen gratisan banget deh. Bukannya di ig kemarin lu udah bilang '' mumpung harga promo nih '' gitu.
    Kenapa malah nggak bayar itu temen lu Yog? Wkwkw

    Selamat yaa buat para pemenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Icha niat banget untuk menang kayaknya, Lan. :D
      Mau apa? Mau Darma? Eeehhh. :(

      Ah, lupakan saja dia. Mungkin dia nggak baca atau... ah sudahlah.

      Delete
    2. *cium basah kembali buat Cara*
      *big hug*

      Delete
    3. Iya Yog. Bener. Gue pas bacanya jg mikir gitu. Sampe-sampe gue bakal protes kalo lu nggak menangin Icha. Hahaa
      Keren jawabannya.

      Iya mau Darma. Mau ruqiyahin Darma.

      Delete
  17. Lama gak ngeblog. Kok lagi pada rame bikin kuis yak.. Asik. Ceritanya lagi ngelebarin sayap gitu ye ke desain. Boleh laah. Moga sukses deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukuran aja kecil-kecilan. :))
      Aamiin. Makasih, Us! :D

      Delete
  18. Selamat buat yang menang...
    Hehehe.. Sabar.. Jangan berhenti berkarya. Lanjutkan

    ReplyDelete
  19. WUAAAAAAAAAAHHHHHHHHH GUE MENANG JUGA NIH? SERIUS? WUAAAAAAAAA PERTAMA KALINYA MENANG GIVEAWAY GINI HAHAHA. KUTERHARU. :"")
    Thanks, Yog! Gue kudu cari poto terbaik gue dulu ini. Bahahahak.

    Hmmmm gue jg suka heran tuh kalo apa-apa "kan sama temen ini" atau sejenisnya lah. Gue setuju kalo temen ya justru kudu dukung, apresiasi, bantu biar karya temennya makin dikenal atau gimanalah. Bukannya minta gratisan -_-
    Sabar ya, Yog. Terus asah aja kemampuan baru lo itu. Entar lama-lama juga ada aja duit yg ngalir dari situ. In shaa Allaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius, Bil. Selamat! :))
      Okeeeh. Gue tunggu fotonya~

      Insya Allah rezeki udah diatur. Hehe.

      Delete
  20. akkhh!!! telat ikutannya,,,gara-gara lama gak buka blog nih,,,
    kapan-kapan bikin yg kayak begono lagi yaaa :)

    ReplyDelete
  21. Yog, ketawa bahagia dulu boleh ya? HUAAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH!

    Ternyata komentar banyak typo dan panjang kali lebar kemaren jadi pemenang. Gak nyangka bet. Jadi girang nih, Yog. Girang aja ya, gak pake kata tante di depannya.

    Pengumuman ini jadi pelipur laraku, Yog. Mhuehehe. Soalnya dua hari kemaren bete gak ada kuota, trus pusing soal kerjaan yang banyak sampe gak bisa curi-curi waktu buat ngeblog, gak bisa dapat hati si bos juga.... eh enggak, enggak, yang terakhir bohongan. Eh ternyata aku menang. Seneng deh. Pokoknya kamu udah kayak lelaki penghibur banget Yog, karena bikin aku jadi pemenang. Makasih banyak ya, Yogaul (karena ganteng udah disebutin di postingan yang lalu)! Fotonya aku kirim pas komen ini dipublish yaa XD

    Mulai meniti karier di dunia desain. Kamu multitalent juga, Yog. Bukan cuma jago nulis sama semi mesum aja.

    Hmm.... Fotonya sampe keliatan kaki. Ngomongnya nyantai gitu kayak gak ada beban. Manggil dengan sebutan Bro. Kalau boleh tebak, temanmu itu cowok ya? Mungkin karena nganggap udah akrab makanya dia mikir bisa dapatin itu dengan cuma-cuma. Menurutku sih cowok kalau udah temenan akrab, rasa peka sama soal begituan semakin tipis sih. Tapi entahlah, tergantung pribadi cowoknya juga sih ya. Mungkin bener kata Renggo, temanmu itu gak tau caranya ngehargai karya orang. Dia gatau susahnya orang bikin karya karena dia gak pernah ngehasilin karya, makanya jadi nganggap enteng gitu.

    Mungkin kejadian ini wujud dari bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Tetap semangat ya. Letoy, jangan letoy! Rejeki gak akan kemana kok, Yog. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. BOLEEEHHHH, KOK. HAHAHAHAHAHAHA.
      Lelaki penghibur ini agak ambigu, ya. :(

      Mumpung masih muda, cobain aja segala hal. Tentunya hal-hal yang positif. Kecuali... ah, lupakan!
      Iya, dia cowok. Atau malah semi cowok? :/
      Ho'oh, Cha. SemangART mah teteup (ditambahin u biar kesannya jadi kata 'up' atau derajatnya naik gitu)

      Eniwei, sekali lagi selamat udah menang! :))

      Delete
  22. pertamax..
    jujur aku gak baca semua postingan, hehe..

    ReplyDelete
  23. Sabar yog jangan ngamuk-ngamuk. Muahaha. Harusnya sebelum lo bikin deal-dealan harga dulu itu. Dan ini si RIma di atas gue jujur banget. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwahaha. Iya, buat pelajaran ini, Di. Semoga ke depannya nggak terulang lagi. :))
      Ah, gapapa. Mungkin dia lelah~

      Delete
  24. Ngahaha... akhirnya lu ngerasain rasanya jadi orang yg buka jasa desain. Gua juga sering banget digituin yog. Apalagi yang baru-baru ini, seorang temen minta dibuatin desain untuk bazar tugas kampusnya. Pas gua bilang ada tarifnya dia malah bilang 'yaelah begini doang masa bayar' EEQ.

    Buat pelajaran deh, sebelum mulai ngerjain desain orang mending omongin harga dulu, biar sama-sama enak.

    Btw, ternyata lu suka desain juga ya. Asek dah. Jangan lupa bikinin tutorial di sini biar gua bisa belajar juga. :)
    Sukses terus bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue karena masih baru, rasanya shock denger begitu. :(

      Sip, Bro!

      Iya, lagi belajar desain nih pelan-pelan. Itu juga baru bisa beberapa aja, kok. Selagi itu hal yang positif, kenapa nggak gue pelajari? :D
      Oke, nanti kalo udah jago gue bikin tutorialnya. :p
      Sukses juga buat lu, Ta!

      Delete
  25. hahah gue ngerasain sih, gimana rasanya ngasi "harga temen" wkwk
    kalo dihitung-hitung kalo semua desain-desain mulai dari banner, logo, sampe muka mereka di komersilin, jadi banyak juga yah... bagus yog,,, gue jadi berubah pikiran ntar temen gue, gue kasih harga juga..hahaha

    harga temen itu gratis! wkwk, sampe hari ini, juga gue sebenernya gak ngasi harga, atau gue yang kelewat bego, atau gak pengen sama yang namanya duit. entahlah.. gue cuma bisa make coreldraw doang, aplikasi desain yg lain bisa dibilang gue nol besar, kalo photoshop terakhir gagal ngeganti kepala beckham sama kepala gue udah gue gak pernah nyentuh lagi..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada salahnya, kan, membuka peluang usaha? :p
      Selama lu ngerjainnya nggak terpaksa, mah oke-oke aja. Kalo masalah gue, karena itu awalnya gue udah menyinggung soal tarif. Eh, dianya malah yang... hahaha.

      Gue corel malah belum bisa. PS aja masih newbie nih. :(

      Delete
  26. Juara 1, 2, 3 nya cewek :D. Itu alasan buat pemenang pertama, gitu banget bang :D. Hati-hati ntar baper :D

    ReplyDelete
  27. sepertinya pengumuman pemenangnya sekaligus promo. hebat juga.
    banyak juga ya mas yang menagnya.
    catatan buat saya kalo sering kemari bakal dapat kejutan ya. hehehe asih nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahaha. Ketahuan deh. :p Bonus untuk para pembaca yang sering main ke sini. :D
      Yooo. Sering-sering main, yak! :)

      Delete
  28. Wuih udah rame aja yang komen dimari. Jualan kuaci boleh? Mayan kan...
    *gelar lapak dulu*


    Haseek sekarang banyak bikin hadiah-hadiahan lah lu yog.
    Ntaps! Lanjutkan. Anggap aja yang sekarang jadi pembelajaran. Lah, kalo nggak sekarang lo diginiin ma dia mo kapan lo bakal sadar ada kek beginian di dunia jual beli?
    Ahaay....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh, Mas. Monggo~

      Huwehehe. Syukuran kecil-kecilan aja, Rif.
      Hoho. Iya. Kalo nggak begini, gue nanti nggak belajar. :)

      Delete
  29. Gue gak dapet yah Yog?
    Woles dah bisa bikin sendiri hahaha :D

    ReplyDelete
  30. Emang kalo punya skill harus dimanfaatin Yog, apalagi udah punya blog yang rame gini :D

    keren nih promonya... makin banyak yang tau pasti lo buka jasa desain :D
    Buat awal2 gini, harga juga dimiringin, sambil minta testimoni dari yang udah pada mesen... dulu @tofikdwi juga gitu.. sekarang mulai banyak blogger yang make jasanya buat header blog...

    semoga lancar yaaak... semoga harganya juga bisa diajakin sahabatan :P

    btw, yang namanya jualan sama temen emang banyak ruginya.. banyak yg nggak ngerti usaha kita kayak gimana.. gue juga pas baru ngeluarin buku, bukannya mengapresiasi malah pada minta gratisan. Kan tega~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum rame-rame banget ah, Bang. Blog lu lebih rame. :D
      Hehehe. Iya, Bang. Makasih sarannya. :)

      Aamiin ya Rabb. :)
      Itu tega banget. Mending traktir dia makan deh daripada harus ngasih karya gratisan. :')

      Delete
  31. Selamat yah buat para pemenang :)
    Kece deh semuanya.

    Saya baru pertama kali mampir di blog ini. Salam kenal Mz :D

    ReplyDelete
  32. Gua doain lo tambah sukses di dunia nulis sama designnya, Yog :)

    Mantab!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.