Hari Blogger Nasional dan Pertanyaan Tentang Blogger

72 comments
Sebelum memulai tulisan kali ini, ada baiknya gue mengucapkan basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

Sebagai blogger, gue kayaknya harus bikin tulisan di Hari Blogger Nasional deh. Biar nggak dicap sebagai blogger murtad. Tentunya, gue juga ingin mengucapkan selamat Hari Blogger Nasional kepada temen-temen blogger semua. Selamat Hari Blogger Nasional kawan-kawan. Ayo update blog setiap minggunya. Jangan kecewakan pembaca setiamu.

Asoy banget.


Di postingan sebelumnya, gue membuka tulisan dengan mesum, sekarang pake basmalah dan selamat Hari Blogger. Yoga memang pencitraan. Bangs*t!

Mari mulai masuk ke tema.

Mumpung lagi Hari Blogger Nasional, kayaknya seru aja gitu bahas hal-hal yang berkaitan dengan blog. Oke, langsung aja.

Awalnya, gue mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan di postingan Farih yang ini: Pertanyaan Untuk Blogger.

Nah, jawaban gue itu ternyata panjang banget di kolom komentar. Panjangnya mirip-miriplah sama Tembok Raksasa di Cina (padahal gue belum pernah ke sana).

Jadi, mendingan gue bikin tulisan blog aja. Oke kalo gitu, mari simak pertanyaan dan jawaban berikut ini.

Kali ini gue jawabnya bakal serius. Kalian nggak akan nyengir ataupun ketawa pas baca tulisan gue. Hehe. Mohon maaf sebelumnya.

Satu. Di dunia blogging, kelihatannya kalian itu udah akrab banget di antara satu blogger dengan blogger yang lain. Emangnya udah saling kenal secara real?
Jawab: Di zaman yang udah semakin canggih ini mendapatkan teman itu gampang banget. Nggak perlu kenalan langsung dan tatap muka lagi. Sekarang tinggal klik add atau follow udah bisa temenan.

Termasuk dalam dunia blogging. Nyasar ke blog orang, terus malah akrab. Kalo gue sendiri, sih, awalnya kenal secara dunia maya. Cuma iseng mampir ke blog orang, terus lama-lama malah saling mengunjungi blog (dibaca: blogwalking). Ada juga yang sok akrab maupun sok kenal. Gapapalah itung-itung silaturahmi.  Akhirnya, entah ada bisikan gaib dari mana, gue pun gabung ke sebuah komunitas.

Kebetulan banget di komunitas itu ada kopdar tiap regionalnya. Gue sendiri tinggal di Jakarta. Jadi, ada beberapa blogger Jakarta yang udah pernah ketemu gue secara langsung. Makanya bisa akrab di dunia blogging. Sejauh ini, sih, baru Jabodetabek aja. Semoga ke depannya bisa kopdar juga sama regional lain. Aamiin.

Ditanya apaan, jawabnya malah panjang. Dasar si Yoga geblek!

Dua.  Apa, sih, tujuan kalian bikin blog?
Jawab: Awalnya tuh gini. Hmm... ceritain kagak, ya? Gue takut terdengar seperti cerita cengeng. Hahaha.
Dulu banget, gue ngeblog itu cuma iseng aja. Tepatnya buat pengalihan agar bisa move on karena pacar gue selingkuh. Gue bingung, dengan cara apa melampiaskan kekecewaaan sebuah patah hati. Kalo mabuk-mabukan, itu bukan gue banget. Boro-boro mabuk, minum Tebs 2 botol aja gue langsung pusing. Gue maunya menumpahkan rasa kesal gue ke hal yang positif. Bukan malah bales dendam nyakitin cewek gitu. Eaakkk.

Sampai waktu itu khilaf baca blog Raditya Dika, terus beli salah satu bukunya dia. Pas gue baca-baca, kayaknya seru banget curhat dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang sedih dan miris, terus bisa diketawain bareng-bareng. Jadi kalo ditanya tujuan awal gue bikin blog, gue cuma iseng-iseng doang. Eh, sampai saat ini keterusan dan keasyikan nulis deh. Jadi, tujuan gue mulai berubah untuk belajar menulis dan berbagi cerita.

Lama-lama juga mulai punya tujuan mencari duit lewat blog. Di antaranya:  Adsense. Tapi sayang, udah dua kali diblokir gegara ada jingling. Bisa kalian baca di tulisan yang INI. Terus sempet dapet job review. Lumayan banget, satu tulisan di blog bisa dibayar 100-300 ribu. Untuk blogger yang lebih terkenal satu artikel bisa jutaan. Hehe. Sayangnya, sekarang udah jarang dapet job review (tawarin aku dong, Kakak).

Gue pikir-pikir, rezeki bisa dari mana aja. Nggak harus dari blog. Mungkin aja emang belum rezeki. Tapi kalo kalian ada yang mau ngasih donasi untuk mendukung blog ini boleh banget, kok (taaee ini ngarep).  Ya udahlah, kembali ke tujuan awal: belajar nulis dan berbagi. :))

Tiga. Apa sih yang bikin kalian semangat nulis?
Jawab: Lihat coba deskripsi blog gue. :))

Empat. Kalian ngapain biar dapet ide posting tulisan?
Jawab: Awalnya mah gue curhat aja kejadian selama seminggu ini. Masa dalam seminggu nggak ada kegiatan apa-apa, sih? (meskipun seminggu kerjaannya cuma tidur-tiduran doang).
Paling sering dapet ide biasanya blogwalking. Bisa juga dengerin musik, baca buku, nonton film, atau hangout sama temen-temen. Topik obrolan temen ini bisa dijadiin tulisan. Jongkok di toilet sambil fokus (baca: boker), bersepeda, atau jogging juga bisa. Kata orang olahraga itu bikin bahagia. Dan biasanya sering dapet inspirasi dan ide tulisan. Ah, pokoknya banyak banget.

Lima. Kalo postingan kalian yang baca sedikit, kesel nggak?
Jawab: Sejujurnya, kesel. Ah, tapi itu dulu. Dari 2014 gue udah mulai konsisten nulis, tapi tetep nggak ada yang baca. Sedih rasanya dan hampir frustrasi. Cuma akhirnya balik lagi ke tujuan utama gue nulis: berbagi cerita. Ada yang baca syukur, nggak ya udah. Gapapa. No comment, no cry. Keep blogging! Hehe. Intinya kalo ngeblog dengan tulus aja. Konsistensi dan persistensi juga jangan lupa. Insya Allah kalo tulisannya menarik pasti ada pembacanya sendiri. Caileh, gaya amat bahasa gue.

Enam. Gimana perasaan kalian kalo komen di satu blog dan nggak direspons?
Jawab: Setiap hal yang nggak mendapatkan respons itu pahit, ya. Apalagi nggak direspons sama orang yang disuka.

Loh, kok malah gini?

Rasanya kesel. Itu pasti. Apa salahnya coba merespons seorang pembaca? Bukankah tanpa pembaca blog itu jadi nggak berarti? Interaksi sesama blogger justru yang penting. Gue komen juga nggak sembarang kayak: "Nice post!"; "Tulisannya bermanfaat, makasih, ya”; “Baru mampir langsung suka sama tulisannya." Gue enggak begitu. Gue pasti usahain baca sampe habis dan memberikan komentar yang pas. Tapi... ya udahlah. Hak yang punya blog mau bales atau nyuekin komentar gue. At least, gue nggak mau berbuat demikian. Tetep berusaha menghargai pembaca yang udah komen. Nggak mau ngecewain mereka, meskipun sering dikecewakan. Halaaaahhhh.

Tujuh. Blog gimana sih yang kalian suka kunjungi?
Jawab: Blog gue sendiri dong. Eh, enggak-enggak. Anjir. Pede amat gue.
Gue lebih suka blog yang personal. Bahasanya santai gitu. Pokoknya personal itu yang utama. Tapi sekarang mah apa aja gue coba baca. Blog yang tulisan fiksi mulai suka. Puisi juga boleh. Intinya yang tulisannya menarik dan empunya blog peduli sama kualitas tulisannya. Apalagi kalo ada komedinya. Lumayan, bisa sambil belajar. Hehehe. :D

Delapan. Yang cowok senengnya sama blog cewek dan cewek senengnya sama blog cowok. Gitu?
Nggak juga, ah. Siapa aja kalo gue. Blogwalking nggak pernah milih-milih ke yang cewek-cewek doang. Tapi anehnya, kebanyakan cewek-cewek malah yang sering ngunjungin blog gue. Bangkaaayyy gue pede banget ini.
Kebanyakan emang ada yang begitu, sih. Soalnya pas maen ke blog cewek (lawan jenis) lumayanlah bisa godain dikit. Siapa tahu jodoh. Oke, ini kayaknya udah nggak bener.

Sembilan. Gimana sih pendapat kalian sama blog yang kanan kiri atas bawah isinya iklan semua
Jawab: Selama itu tidak mengganggu gue saat membaca tulisannya, ya santai aja. Kadang klik iklannya sekali dua kali. Bantu-bantu rezeki orang. Mereka, kan, dapet pemasukan dari situ. Kecuali yang bener-bener nutupin konten, nah gue langsung close tab deh tuh. Ganggu banget. Bodo amat deh.

Sepuluh. Kalo ada onlineshop yang komen di tulisan kalian, gimana?
Jawab: Kalo cuma satu-dua doang masih wajar. Kampretnya, banyak yang nyebar link dan asal komen doang. Nah, yang kayak gitu paling gue hapus. Biasanya tukang obat nih (maaf yak, gue terlalu jujur) Kesel aja si tukang obat komen berkali-kali, bisa 3-7 komentar. Mana orangnya itu-itu aja, kan? Mereka pasti satu admin. Rasakanlah. Komentar kalian masuk ke spam. Oke, Yoga jahatttttt. XD


Dan yang terakhir. Kalian baca blog orang karena emang suka tulisannya apa cuma gara-gara orang itu udah baca dan komen di blog kalian? Jadi kalian nggak enak kalo nggak berkunjung balik.
Jawab: Tergantung, sih. Biasanya gue ngunjungin blog yang udah gue follow. Kan, setiap ada tulisan baru masuk ke beranda. Terus cek ke daftar blogwalking, satu-satu gue kunjungin blog-nya. Cek ada tulisan barunya nggak. Kalo nggak ada, baca tulisan yang lama juga gapapa. Tapi lebih sering gue berkunjung ke blog yang emang tulisannya bagus. Apalagi kalo dia orangnya asyik, ah... pasti betah main ke blog-nya.

Namun, belakangan ini gue yang sering dikunjungin duluan. Terus baru deh gantian kunjungin balik. Nggak ada hubungannya sama nggak enakan. Gue lebih ke saling menghargai sesama blogger. Tanpa pembaca, blog gue mah bukan apa-apa. Lagian menjalin tali silaturahmi :D

Nggak terasa udah kelar. Uh, padahal cuma tanya-jawab aja. Tapi malah panjang banget kayaknya. Huwahaha.

Lupakan soal pertanyaan dan jawaban barusan. Balik lagi ke Hari Blogger Nasional. Nggak nyangka banget, gue yang dulunya dari SD, SMP, dan SMK paling bingung soal bikin cerita atau karangan setiap habis liburan sekolah. Sekarang malah hobi menulis. Bahkan berbagi cerita itu udah menjadi passion. Hidup penuh misteri juga, ya.

Terima kasih Tuhan, saya blogger. :D

***

Btw, di tulisan Kacau waktu itu gue punya jadwal tidur yang nggak keruan. Alhamdulillah, sekarang udah bisa bangun pagi dan ada beberapa kegiatan. Well, akhirnya gue sempet kerja part time di K*mpas.  Alhamdulillah banget. Ya, meskipun hanya seminggu. Dan untuk kerjaan selanjutnya mesti nunggu panggilan dan project baru. Tapi kerjaan itulah yang menyelamatkan gue dari pengangguran selama setahun. Horeee nggak jadi anniversary setahunan jadi pengangguran dong nih? Ini gue harus seneng apa sedih, yak? Woahaha.

Gue juga lagi belajar ngedit Photoshop nih. Makasih RizqiAlam udah bikin tutorial yang kece dan bersedia ngajarin gue tentang desain. Oleh karena itu, daripada gue nggak ada kegiatan malem-malem (seandainya insomnia kambuh), gue iseng bikin sebuah karya yang biasa saja.

Ini contoh karya gue:

Raisa sayang
Bebeb Isyana

Yang pertama namanya Double Exposure. Yang kedua namanya Efek Polaroid. Berhubung ini hari blogger nasional, gue pengin bikin kuis kecil-kecilan nih. Hmm, hadiahnya bukan pulsa atau uang kali ini. Tapi sebuah editan foto seperti gambar barusan. Ada yang mau ikutan nggak?

Caranya gampang banget. Kalian tinggal jawab 2 pertanyaan berikut ini. Jawaban paling menarik bakal jadi pemenang.

Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

Berhubung gue belum jago edit-mengedit dan ada beberapa kesibukan, maka hadiahnya hanya untuk 2 orang pemenang.


So, gue tunggu jawaban dan komentar kalian sampai hari Jumat pagi. Terima kasih sudah mampir ke blog ini.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

72 comments

  1. Asoy nih alasan-alasan dan beberapa pertanyaannya haha.
    Selamat Hari Blogger Nasional

    Btw yog, pertanyaan yang ini nih
    "Kalo ada onlineshop yang komen di tulisan kalian, gimana?"
    Gimana kalo lo hubungin yang punya online shop biar ngiklan di blog lu? Bwahahaha

    1. Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    Awalnya sih berbagi cerita, pengalaman dan sarana sharing. Tapi makin kemari gue mengkhususkan diri buat ngomongin masalah anak muda aja sih, mirip pola pikir lah. Kalo masih sedikit mah gapapa, mending sedikit dan emang seneng sama konten yang gue bikin. Itu aja cukup kok :)

    2. Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    Enak aja sih, renyah-renyah gurih gimana gitu haha. Ya, soalnya gue emang seneng baca, apapun itu. Apalagi tulisan lo kadang-kadang (cie masih terkadang) rasanya apalah-apalah gitu, Yog. *ngemeng apan sih ini

    Ya, gue sih sukanya lo nulis pake gaya lo sendiri, jujur, apa adanya. Ya beda aja gitu. Pokoknya blog lo ya lo banget lah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Selamat Hari Blogger Nasional!
      Ta... tapi online shop obat, Rif. Bingung juga kalo iklannya begitu :(

      Anjaaass, ngomongin anak muda. Keren euuyy. Apalah-apalah udah kayak Mbak Iis aja. :p Oke, blog gue berarti gue banget. Sip.

      Delete
  2. Maaf yah... sebelumnya... untuk pertanyaan-pertanyaan detailnya saya rangkum saja...
    Tujuan seseorang mengunjungi blog orang lain bisa jadi karena memang sedang mencari artikel atau sumber informasi, namun ada juga yang hanya iseng untuk membacanya, ada lagi para sahabat blogger yang setia ketia dia telah mengunjungi suatu artikel maka dia akan selalu memberikan komentar...
    Bahkan kalau untuk para blogger yang paling di cari dari hasil blogwalking adalah mencari keuntungan untuk dikunjungi balik, baik dari si pemilik blog maupun dari pengunjung lainnya yang telah melihat si pengomentar tersebut...
    Terima kasih sudah memberikan artikel yang sangat bermanfaat...
    Salam blogger...
    and
    Happy blogging... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap tuh yang blogger udah jadi pengunjung setia. Hehe.
      Happy blogging too! Halah.

      Delete
  3. Sebelumnya selamat hari blogger nasional. Nggak kerasa, sudah 5 tahun ngeblog.

    Thank's nih artikelnya bermanfaat, bisa jadi referensi dan acuan untuk bertindak. Walaupun nggak semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhhh, ada senior main ke blog gue. :D

      Delete
  4. Yoot. Selamat Hari Blogger Nasional.
    Hmm. Sa ae u, Yog, ngadain kuisnya.
    Bilang aja mau minta foto gue. Gue kasih, kok.


    Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?
    Pertama, tujuan ngeblog awalnya mau cari uang di blog. Tapi, makin ke sini berubah. Sekarang karena mau belajar nulis. Dan misal pembaca blog gue sedikit (lah emang masih sedikit), berarti ada yang kurang dari tulisan gue. Ada yang salah dari tulisan gue. Padahal gue sudah share tulisan ke sana ke sini. Dan itu artinya gue harus belajar lagi. Harus disiplin buat ngeblog, gue juga harus menyuguhkan sesuatu dalam bentuk tulisan yang menarik.

    Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?
    Kedua, gue nyasar main ke blog lu. Ketemu blog lu dari blognya Tiwi. Alasan main ke blog lu, karena tulisannya nggak berat. Lu nulis kaya lu bercerita di depan gue. Hmm. kadang gue bacanya nggak sampai habis, sih. Sesempatnya waktu aja. Dan untuk komentar selagi ada yang bisa dikomentarin, gue ninggalin komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta foto lu buat apa? -___-
      Buat nakut-nakutin kecoa sama tikus gitu? Bolehlah~

      Kalo gitu, semangat untuk menyuguhkan sesuatu tulisan yang menarik. :))
      Yah, ternyata ada pengakuan jujur yang nggak baca sampe habis. :( Tapi gapapa, deh. Hak para pembaca, kok. :D

      Delete
  5. Pengen banget gue jawab tapi tungguin aja yah yog di blog gue nanti kujawab habis-habisan nih pertanyaan lu biar makin rame juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boahahaha. Dia kepikiran juga buat jawab di blog sendiri. Silahkan, Bim. :D

      Delete
  6. Bagus Yog, memulai nulis dengan basmalah. Sesuatu yang dimulai dengan niat baik pasti berujung baik :-)

    Nggak dapet respon atas comment kita sendiri emang ga enak hehe, tapi setidaknya kita udah nyampein apa yang kita pikirin, dan tulus aja dalam berkomentar. Oke, gua langsung jawab dua pertanyaan terakhir lo aja ya:

    1. Apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    Answer: Kalo kata sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". Nah kira-kira itulah tujuan gua ngeblog, untuk menciptakan lembar sejarah tersendiri atas diri pribadi, sama kayak yang dilakukan semua blogger. Sadar atau tidak sadar, semua blogger udah nyiptain sejarah atas nama mereka sendiri, dan bisa dikenang sepanjang waktu hehe. Seiring waktu, tujuan ngeblog bertambah, jadi pengen membagi sesuatu sama orang lain, sesuatu yang setidaknya bisa jadi bahan perenungan mereka. Tujuan-tujuan lain dengan sendirinya ngikutin kalo kita konsisten ngeblog.

    Kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit, ya disyukurin aja, setidaknya masih ada yang mau baca. Intinya tetep menulis dengan hati. Kita ngga mungkin menyampaikan pesan di blog kita ke semua orang, karena kebaikan yang kecil pun bisa sangat bermakna. Tulisan gua mungkin ga bisa menjangkau pembaca luas, tapi setidaknya tulisan gua udah menyasar ke beberapa orang, dan gua berharap mereka ngambil manfaat dari situ.

    2. Apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    Answer: alasannya adalah karena tulisan lo menghibur, beneran. Pernah gua lagi stres trus baca postingan lo yang "mimpi apa gua semalem" jadi ketawa-ketawa sendiri haha (karena gua ngebayangin blog lo diserang orang Israel beneran :p). Tulisan lo punya khas: unik dan menggelitik. That's why enak dibaca sampe abis.
    Hal itu juga yang ngebuat gua rela comment dulu disini sebelum berangkat ke kantor hehe.

    Oke itu aja sih jawaban gua. Selamat Hari Blogger Nasional (udah lewat sih) and happy blogging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widihhhh. Bener banget tuh, Bay. Kutipan Pram juga bikin gue rajin banget untuk menulis. Gue tidak ingin mati dan dilupakan begitu saja. Dengan menulis, gue bakal dikenang. Hehe. Semoga. :D
      Thankyou, yak! Udah nyempetin main ke blog ini sebelum kerja, lo gaul men~

      Delete
  7. Baru kali ini baca tulisan lu engga ada mesumnya *Penonton kecewa* *lemparin botol mizone*

    Jawaban jawaban dari pertanyaan lu, hampir sama nih ama pemikiran gue hehe

    Ikutan kuisnya ah, pengen ganti ava twitter yang udah diedit-edit soalnya

    1. Awalnya saya cuma iseng-iseng, eh lama-lama saya ketagihan (Lah ini kayak dialog pedagang borak). awalnya sih karena temen gue punya blog dan cerita-ceritanya seru banget, maka dengan sifat iri dengki gue, akhirny gue bikin blog juga. sampe sekarang deh keterusan. terima kasih sifat iri dengki. Kalo pembaca gue dikit, paling gue intropeksi. Biasanya ada dua alesan kenapa blog gue sepi pengunjung, pertama karena tulisannya kurang bagus, kedua karena promonya kurang kenceng. Jadi gue selalu berusaha membuat tulisan yang bagus dengan diimbangin promosi yang oke.

    2. Alesan gue main kesini karena tulisan lu tuh jujur dan ngalir. Susah loh bikin tulisan yang kayak gini tuh, gue aja bikin tulisan gak bisa sejujur tulisan lu di sini ahahak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah mendukung tulisan mesum gue? Astagfirullah. :/

      Insrt Investigasi, yak? Boahahaa. Gue pas baca ngikutin suara orang yang disensor gitu. XD
      Sip. Jangan lupa promosi. :))

      Wehehehe. Karena jujur itu enak. Nggak perlu bohong. Semua orang juga tau, Yog!

      Delete
  8. Tumben Yoga sok alim wkwkwk :v
    ada yang kurang nih Yog, kurang mesum'a ditulisan ini hahaha :D

    Oke gue mau jawab pertanyaan juga akh
    1. Apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?
    Tujuan Ngblog, awal'a cuma iseng ngblog tapi karena udah kebiasaan, lama kelamaan jadi kebiasaan, trus kalo gak update/BW serasa ada yang kurang aja.
    Kalau pembaca masih sedikit rajin-rajin BW kalo mau banyak pembaca

    2. Apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?
    Alasannya BW lah,
    Karena tulisan lo kampret Yog, jadi penasaran kalo gak dibaca sampe habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kenapa pada pengin gue nulis mesum dah? Astagfirullah lagi.
      Mantap. Banyakin BW, ya. :D

      Alasan lu kampret juga, ya.

      Delete
    2. kan mesum itu ciri khas tulisan elu Yog :D
      iya banyakain BW bukan maksiat Yog :p

      Hahaha yang penting ada alasan'a Yog :D

      Delete
  9. Apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    - Gue orangnya kepoan, makanya gue ngeblog. liat orang punya Blog rasanya latah aja gitu kepengen punya juga. kalo pembacanya sedikit gue blogwalking, tapi kalo ga ada yang baca juga mending gue pindah ke Saturnus (ga deng).. eniwei, gue ga bakal ngelupain Quotes yang satu ini "menulislah, walau satu-satunya orang yang membaca tulisanmu adalah kamu sendiri"

    Apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    -Ga munafik, kalo gue juga kepengen lu berkunjung balik ke Blog gue, lalu kita saling berkomentar, bercanda ria dan bermesraan bersama *loh ..
    Gue baca blog lu seperti lu baca blog gue. maksud gue, karna bloglu udah gue follow jadi suka nongol aja gitu di dashbor. kalo ga nongol gue ga yakin bakal buka bloglu wkwk ..

    bentar deh, yg gue tahu sekarang hari sumpah pemuda ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Menulislah, walau satu-satunya orang yang membaca tulisanmu adalah kamu sendiri."
      Kutipannya ciamik. :))

      Maaf, saya masih normal Leon. :(
      Iya, sekarang Hari Sumpah Pemuda. Itu tulisan kemarin, kan, :D

      Delete
  10. Asekk! Beneran dibikin postingan. \=D/
    Alasan nomer 2 fav deh. hahaha. Remaja positif.

    Ikut ah. Kali aja menang. Tapi masa gak menang sih. Gue harus menang dong. Pokoknya harus. *maksa*

    Tujuan gue ngeblog awalnya cuma iseng. Pengalihan dari lagi nggak bisa bikin video karena tripod rusak dan temen-temen partner bikin video lagi sibuk masing-masing. Gue pikir ngeblog atau nulis adalah hobi yang gampang. Modal laptop sama koneksi aja kelar. Nggak butuh partner, nggak butuh capek-capek editing di aplikasi khusus, nggak butuh waktu lama, nggak harus kemana-mana di kamar aja cukup. Cuma butuh waktu berapa menit doang buat nulis. Ngeblog sendirian juga malah asik banget. Toh gue juga suka nulis. Jadi gue milih ngeblog. Lagian ngeblog bisa nambah temen, belajar nulis, explore ide. Kali aja bisa jadi penulis (ngarep). Dari baca blog orang juga gue nemu banyak ide buat bikin video someday. hehe. Gara-gara iseng itu sekarang kalo gak ngeblog rasanya gimanaaa gitu. Kalo blog gue yang baca dikit, berarti gue harus instrospeksi, apa yang harus gue benerin? Membenahi tulisan gue biar makin banyak yang suka dan makin gencar promosiin blognya. Kadang kan yang baca dikit karena orang-orang gak tau blog kita.

    Blog lo udah jadi salah satu blog personal yang masuk list kunjungan gue Yog. Hahaha. Lo gak sombong, gak sok cool kalo ada yang komen, dan tampilannya gak ribet. Jarang-jarang juga ada cowok postingannya alay-alay-jujur-bahagia kayak lo. Hahaha ampunnn. Dan tulisan lo itu gak panjang-panjang amat kayak sungai Nil jadi nggak bosen bacanya. Kadang gue males liat blog yang scroll ke bawah dulu udah panjang banget bikin pesimis buat dibaca.

    Oke. Jadinya malah curhat.
    Btw Selamat Hari Blogger jugaaa. *sok banget padahal baru belajar ngeblog* Selamat Hari Sumpah Pemuda juga ding hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya cara follow blog orang itu gimana sih? Sumpah pengen follow-follow bingung gak tau caranya.

      Delete
    2. Cara follow blog orang itu tinggal klik "Join This Site" yang google itu, loh. Contohnya ada di side bar gue.

      Loh, kok Farih maksa? Gue panggilin Kak Seto, ya! :(
      Yap. Terkadang banyak orang yang melupakan promosi. :D

      Yoga gak sombong, gak sok cool. Oke, dicatat. Muahahaha. Tapi tulisan panjang pasti dibaca sampe habis juga, kok. Asal tulisannya menarik dan nggak bikin bosen. :))

      Delete
  11. Atas gue jawabannya panjang-panjang ih. Btw selamat harblognas ya bang :D

    Aku ikutan ya jawab pertanyaannya.

    1. Tujuan ngeblog, iseng sih dan disisipi tujuan ingin berbagi sesuatu yang gak penting. Bisa aja kan gak penting bagiku tapi penting bagi orang lain. Pernah lihat blog orang lain yang nulis pengalamannya dan menurutku itu keren jadinya aku ikutan coba bikin blog. Selain itu aku bikinnya pas magang, jadi daripada gak ngapa-ngapain disana ya bgeblog aja.

    Kalo pembacanya sedikit ya mau gimana lagi, kan gak bisa maksa mau baca atau nggak. Jadi sering-sering BW aja biar banyak yang baca blognya.

    2. Aku mampir kesini cuma mau iseng aja sih, soalnya ada beberapa blog yang aku bw ada bang Yoga juga komen disana, siapa tau tulisannya seru gitu akhirnya mampir. Kalo mampir doang gak seru tuh jadinya baca sampai habis lalu komen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi. Selamat harblognas juga. :D

      Sembari magang bisa ngeblog. Manfaatin waktu luang, ya. Keren!
      Terima kasih ya, Ki. :))

      Delete
  12. Selesai baca, scroll komentar pembaca. Anjiiir penuh semua kotak komennya :D
    Banyak bener yang ikut Yog. Kereeen.
    Pertanyaan yg nomer 6. Hmm gue pernah ngalamin begituan Yog. Komen gue direspon hanya dengan dua kata doang. Sedih. Sebel juga. Padahal gue udah baca habis postingannya.

    Lu enak Yog. Sering kopdar, ketemu sesama blogger. Huhuuu gue pengen juga deh.
    Itu kenapa ada foto gue udah di Double Exposure. Pake caption sayang-sayang lagi. Apa-apaan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nih, Lan. Lu nggak mau ikutan? :/
      Gapapa. Mungkin aja empunya blog bingung mau respons apa. Hehe.

      Main-mainlah makanya ke Jakarta. :p
      Plis, Lan. Obsesi lu untuk jadi Raisa nggak usah begitu. :(

      Delete
    2. Gue mau ikutan. Tapi jawaban mereka udah keren-keren panjang-panjang pas gue scroll. Minder gue. :(

      Delete
  13. “Baru mampir langsung suka sama tulisannya." Gue kok rada familiar sama jenis komentar yang ini wkwkwk :D

    Selamat Hari Blogger Nasional!

    Ikut ngeramein nih, Yog. Boleh yak

    1. Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    Tujuan utama awal ngeblog ya, hmmm. Iseng. Hahahaha. Dulu jamannya baru punya laptop sama baru kenal internet semua sosmed gue bikin. Friendster, FB banyak deh pokoknya termasuk blog. Isi kontennya juga copas semua, tapi sekarang karena sudah menemukan basic dan keahlian kenapa ngga nyoba share tentang keahlian gue. Itung itung berbagi ilmu. Karena sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Cie bijak. #Alambijaktumben

    Ya selow aja, gue mah ada atau ngga ada ga jadi masalah. Seperti kata lo tapi gue ganti "No Visitor No Cry" Kip bloging :v

    2. Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    Blog lo asik, awal nemu pas gue baru aja masuk ke Jamban Blogger dan orang yang pertama kali gue chat ya elo. Tulisannya ngalir aja gitu tapi dulu pas awal awal lo masukin unsur - unsur komedi ada beberapa yang garing haha. Ternyata gue punya temen :'v Makin kesini tulisan lo makin keren dan tertata rapih. Dan ya, gak bisa dipungkiri blog lo rekomen banget buat dimasukin list blog walking :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaka. Gue masih kesel sumpah sama orang yang komen begitu. Masih aja terngiang-ngiang di kepala. :))
      Waduh, Master Alam malah ikutan. Boleh-boleh, Lam. :D

      Waduhhhh pernah copas. :( Asyek. Bermanfaat tuh ilmu yang lu bagi. Gue jadi bisa sedikit-sedikit desain dan edit PS. Thanks, Men!

      Sekarang juga masih sering garing, Lam. :D
      Blog lu juga keren, kok. Ngasih tutorialnya nggak kaku. Sadis!

      Delete
    2. Wkakakak blog lo sialan banget, Yog. Baru kali ini liat kolom komentar kayak konser BMTH, rame gilaakk :v

      Delete
    3. INI BENTAR LAGI PADA MOSHING, LAM! SEREM GUEEE LIHAT KOMENTAR-KOMENTARNYA. Alhamdulillah pada ngeramein. XD

      Delete
  14. e itu jawaban di blog farih lo copy ulang di blog sendiri ya #soalnya kayak uda pernah baca. Iya. Yang panjang ituh...

    Mmmm..kompas yoooo...jadi apanya nih hahahaiii sudah lepas status pengangguran permanen dong yak

    Oke gue meramaikan saja yah, soalnya gampang banget , cuma 2 biji *dikata ulangan kalik

    Pertanyaan pertama

    Tujuan ngeblog : tahun 2013 gw sempat ngeblog, tapi berhubung profesi wartawan begitu menguras waktu, akhirnya si blog tersebut cuma gw isi dengan 3 postingan.

    Setelah 1 tahun kemudian, tepatnya tahun 2014, gw merasa terpanggil kembali untuk menghias blog gw dg satu postingan. Ga tanggung2, prosesi kawinan gw. Karena apa? Sebelom kawin kan gw suka tuh yang namanya searching2 baju lah, kotak-kotak seserahan lah, mahar, dan sebagainya bab perewongan, yang mana itu semua kebanyakan gw dapatkan dari riview orang di blog masing-masing. Tentunya dengan kata-kata santai, enak dibaca,dan terkadang full dengan curhatan. Tanpa terasa gw pun jadi ikutan rajin suka baca-baca blog orang, terutama yang punya pengalaman atau lagi sehati dengan apa yang gw alami. Habis itu gw terstimulasi buat mendokumentasikan apa yang sudah gw capai yaitu kawinan dengan postingan yang makin beranak pinak. Akhirnya keterusan sampe sekarang. Sebenernya gw masih bimbang genre blog gw apaan, pengennya yang bisa lawak juga sih... masih terus mencari formula yang pas nih biar kayak blog elo Yog..

    Klo yang baca dikit atau kagak ada yang baca....seperti kata lo, jujur itu pahit. Pahiittt men !!! Apa daya, boleh dikata gw memang ga punya gengsi sama sekali jadi gw menerapkan sistim jemput bola (uda berasa kayak matkul menejemen ya), yaitu ngunjungin blog temen duluan...Nah, kalau yang dah dikunjungin merasa SADAR DIRI, mestinya dia bakal bewe balik. Kalo kagak...hmmmm...gw pundung hahahahahaHahahahhaha...oke gw di sini memang pamrih !! Rupanya gw harus memahami mungkin yang ga bewe itu memang sibuk.. Klo yang sok seleb sih, gw kapok ah komen lagi hahahaha

    Pertanyaan kedua..

    Membaca blog lo *serius ini bukan mengada-ada*, gw seperti ketagihan. Tulisan lo tuh ga di awal, ga di tengah, ga di akhir selalu saja memunculkan kejutan. Yaitu mes*m detected...atau lawakan yang mengalir apa adanya, ga dibuat-buat. Nah itu ciri khas yang selalu orang cari. Dan juga nasib apes lo yang kadang malah membuat orang ketawa..duh gw jahat.. maksudnya lo bisa meramu setiap pengalaman yang bahagia maupun yang sial menjadi konsumsi publik yang kalo kata gw patut dikaryakan. Duh ...mending lo rayu aja penerbit kompasnya deh biar dibikinin buku.
    Hahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gue copy terus edit-edit lagi. :D

      Di sana gue cuma freelance atau part time aja, Mbak. Kerjanya cuma seminggu terus nganggur lagi. Nunggu project baru kalo mau kerja lagi. Ah, di sana cuma bantu-bantu sedikit aja, kok. Mencari responden. :)

      Emang ada yang sok seleb ya, Mbak? Waduhhh. Kalo seleb beneran bolehlah. :))
      Tenang aja Mbak Nita. Setiap blog pasti punya ciri khas masing-masing. Semoga cepet ketemu ya formulanya. Formula udah kayak nama sikat gigi. Hihi.
      Ah, komedi gue masih cemen, Mbak. Masih belajar-belajar terus ini. Alhamdulillah kalo ada yang ketagihan segala. Hehe. Karena kesedihan itu juga bisa ditertawakan. Eaak. :D

      Delete
  15. Untung kamunya udah nyadar sendiri kalau kemaren kamu nulis ada mesum-mesumnya sekarang jadi Islami, padahal aku udah semangat mau bersumpah serapah loh. Sumpah serapah kayak...... "DASAR YOGA BANGSALLL!!!!"

    Mau ikutan ah. Kalaupun gak menang, lumayanlah buat menuh-menuhin kolom komentar. Sekalian mau bikin capek orang juga buat nge-scroll ke bawah.

    Apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    Supaya punya tempat sampah alias tempat curhat Yog, Tujuan yang jauh banget dari kata mulia ya. Klise juga. Aku ngerasa gak semua orang mau dengerin curhatanku, nerima opini absurdku, ngelontarin blue jokes bareng aku. Dan rasanya sayang aja, semua itu dilewatkan gitu aja tanpa diabadikan. Jadi aku ngabadikan itu dengan ketikan di blogku dengan kemampuan nulisku yang cetek. Sebenarnya juga gara-gara ada adek kelas yang komen di salah satu catatan facebook-ku, dia ada nanya, "Kenapa gak bikin blog aja, Kak?" Mungkin dia lelah tiap ada di beranda ada catatanku mulu, makanya dia secara gak langsung menganjurkan buat bikin. Yaudah, akhirnya terdorong buat bikin blog deh.

    Sedih sih, tapi lama-kelamaan ngerasa jauh lebih sedih kalau cuma dikomenin basa-basi gitu. Kayak yang kamu sebutin di atas, Yog, macam "Nice post!" dsb. Menyikapinya sih dengan tetap nulis terus, sering blogwalking, cari-cari tema tulisan yang lebih universal jadi biar ada yang komen. Mungkin tema yang aku usung itu aneh makanya gak ada yang komen. Gitu deh.

    Apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    Waktu itu, kalau gak salah setahun yang lalu, aku hobi bacain Nyunyu.com. Trus sebulan atau dua bulan kemudian kalau gak salah, aku ada ngeliat Nyunyu Top Commenter of The Week, ada nama kamu sama link blog kamu juga. Kalau ngeliat dari fotomu sih, aku nyangka kamu anaknya alim-alim waras gitu. Ternyata....... gitu lah. Haha.

    Trus setelah berhari-hari bukain postingan kamu satu persatu, tibalah hari dimana aku beranikan diri buat komen. Dan gak nyangka aja ternyata kamu komen balik ke blogku. Akhirnya jadi sering main kesini. Jujur, aku baru tau istilah blogwalking itu gara-gara blog kamu, Yog. Sebelumnya aku gak pernah ada istilah itu, taunya cuma nulis post-terbitin-udah-nulis-post-lagi-terbitin-gitu-aja-terus-sampe-kiamat-kubra. HUHUHUHU. Ketahuan banget amatirannya.

    Soalnya aku suka blog yang ngomongin kejadian sehari-hari dengan jujur dan apa adanya, jarang typo, memperhatikan EYD banget, kadang ada pesan moral kampretnya. Kamu juga ramah sama yang komen di blog kamu, dan sense of humor-mu itu aku banget. HOEK.

    Dan kayaknya sih gara-gara aku sering komen di blog kamu, aku jadi kenal sama blogger lain. Mereka komen di blogku dan blogku jadi rame gak senyap kayak dulu lagi. Dulu sempat kaget sih pas dikunjungin Renggo alias Vino, Beby, Wahyu, Mbak Nita, Azka, Haw... HUAAA nulis dua orang itu aku jadi sedih, mereka udah gak ada gentayangan di blog lagi :( J

    Lanjut, jadi intinya, dengan main ke blog ini, bersedia baca, meluangkan waktu untuk komen, itu gak ada apa-apanya dibandingin sama efek yang kamu kasih ke blogku selama ini. Makasih, Yog. Duh, ini kenapa deh jadi lebay gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah. Ini komen bisa jadi postingan. :))
      Oalah, awalnya FB, toh. Dulu gue juga pernah bikin catetan di Pesbuk. Ada yang copas pula. Muahaha. Kacaw!

      Ternyata gimana nih? XD
      Oiya, itu zaman gue masih aktif banget baca Nyunyu. Hehehe. Ternyata ada beberapa pembaca yang tahu blog gue dari sana. :)

      Kata orang, sih, penulis yang baik harus memerhatikan kualitas tulisannya. Nah, gue selalu berusaha untuk itu. Hehehe. Selalu menghargai para pembaca. Tanpa mereka, apalah arti blog gue. :))
      Efek blogwalking ternyata luar biasa juga, ya. Ah, iya. Kangen juga tuh sama si Haw. Kehilangan temen blogger sedih juga euy. :(

      Eniwei, makasih Ichakep udah komen panjang lebar. :D

      Delete
    2. Ini komentar apa surat wasiat Cha? panjang bener -_-

      Delete
    3. Kayak gak tau aja, aku kan suka yang panjang-panjang. Yang jelas bukan surat nikah, Chisanak. :D

      Delete
    4. Yoga: Eh iya juga, Yog. Ini komen langsung aku copast ke draft ah :D

      Yang copas berarti yang suka sama tulisanmu, Yog. Ciyeeee. Eh jangankan tulisan, muka aja ada yang copas :p

      Ternyata alim banget. Tau malam sunah Rasul.

      Berarti sekarang udah aktif baca Nyunyu lagi, Yog?

      Keren keren. Menghargai pembaca kalau mau postingan kita ada harganya. Eh apa sih.

      Haw gak ngeblog selama lamanya lagi ya, Yog? :(

      HAHAHA. Pertama dalam sejarah perblogan, dikatain baik-baik sama Yoga. Iya deh, sama-sama Yoganteng :D

      Delete
    5. Eh, berarti sekarang udah gak aktif baca lagi maksudnya. Hhh dasar Icha, kalau gak typo, ada kata yang ketinggalan :|

      Delete
    6. Nyimaknya sambil headbang gak?

      Delete
    7. Anjirrrr. Gue jadi inget waktu itu ada yang make foto gue. Sialan tuh! XD
      Hm, entah deh, Cha. Kalo udah beli laptop baru mungkin ngeblog lagi. Doakan saja. :D

      Cha, lu kenapa manggil gue ganteng? Ya Allah. Lu kayaknya menang deh! :p

      Delete
  16. Nih gw jawab ye...
    1. Di dunia blogging, kelihatannya kalian itu udah akrab banget di antara satu blogger dengan blogger yang lain. Emangnya udah saling kenal secara real?
    Akrab, masa sih? Ada beberapa yang kenal dan pernah ketemu. Bahkan ada yang enggak pernah ketemu dan cuma komen2an aja diblog.

    2.Apa, sih, tujuan kalian bikin blog?
    Tujuan awal sih Cuma iseng2 aja. Gw pernah bikin tulisan waktu gw kesasar di Bandung, dan istri gw bilang kenapa enggak di upload aja di blog. Sejak itu gw jadi rajin dan ketagihan.

    3. Apa sih yang bikin kalian semangat nulis?
    Semangat ya? Biasanya kalo nemu ide baru. Awalnya gw catet di hape, ntrar klo udah punya waktu ya gw jabarin di blog.

    4. Kalian ngapain biar dapet ide posting tulisan?
    Nongrong, karena tanpa disadari banyak yang yang bisa kita ambil kalo kita keluar rumah.

    5. Kalo postingan kalian yang baca sedikit, kesel nggak?
    Enggak kesel juga sih, kan balik ke tujuan awal ngeblog. Cuma iseng2 iseng, tapi yang baca banyak yah anggep aja bonus

    6. Gimana perasaan kalian kalo komen di satu blog dan nggak direspons?
    Ada sih rasa sedih yah tapi masa kita mau maksa orang untuk komen di blog kita, jadi ikhlas2 aja

    7. Blog gimana sih yang kalian suka kunjungi?
    Biasanya blog yang tulisannya enggak serius, ya condong ke yang genrenya komedi deh. Tapi sekarang lagi suka baca cerpen sih. Membuka diri, lama2 komedi bisa membosankan

    8. Yang cowok senengnya sama blog cewek dan cewek senengnya sama blog cowok. Gitu?
    Ah ga ngaruh cewek atau cowok, yang penting tulisannya. Selama gw nyaman sama tulisannya ya, gw bakal sering kunjungin

    9.Gimana sih pendapat kalian sama blog yang kanan kiri atas bawah isinya iklan semua
    SEBEL!!! Ganggu banget, yah tapi gw bisa terima sih, rejeki orang beda2 kan

    10. Kalian baca blog orang karena emang suka tulisannya apa cuma gara-gara orang itu udah baca dan komen di blog kalian? Jadi kalian nggak enak kalo nggak berkunjung balik.
    Gw sih berkunjung balik karena ada waktu, waktu dan jaringan internet. Ga perduli tuh orang mau berkunjung balik apa enggk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komedi yang terlalu banyak bikin bosen, ya? Waduh.
      Mantep nih. Yang penting tulus BW-nya, yak. Hehe. Gue juga usahain begitu. Sayang aja dalam hal kuota masih sulit. :(
      Mas Yandhi malah jawab pertanyaan si Farih. Huwahaha. Makasih udah komen panjang-panjang, Mas. :D

      Delete
  17. Sebelumnya aku ucapin selamat hari dah dapet "kegiatan baru" dan hari blogger..
    Terus aku mau ikutan ngeramein anumu eh kuismu maksudnya..

    1. Aku suka nulis walaupun kadang gak jelas mau nulis apa kalo lagi galau ya nulis puisi, kalo lagi alim ya nulis untuk saling mengingatkan apa aja deh..
    Emm kalo masalah gak ada yang mau baca sebenarnya ya gpp sih mungkin tulisan aku juga belum pantas atau layak dibaca atau apalah itu kan emang tujuannya emang nulis. Ya meskipun itu pahit, banget malah.. Tapi kalo ada yang mau baca dan bersedia komentar di blog aku bersyukur banget dan pasti kalo lagi gak sibuk *sok sibuk* aku kunjungi balik deh.. hehehe

    2. Aku mau kesini karena asik aja sih di buat bahan bacaan. Apalagi kalo lagi bosen nungguin dosen. Ya meskipun ada mesum mesumnya gitu sih, tapi tenang aja aku bakalan pura pura gak denger deh.. Hahaha
    BTW makasih sudah menemani kebosanan ku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata rame juga yang ikut, ya. :D
      Galau aja bisa jadi puisi. Galau yang menghasilkan karya. Kereeen!

      Pura-pura nggak denger gimana, Rum? Ini, kan, tulisan? :p
      Btw, makasih juga udah bersedia baca tulisanku. :)

      Delete
    2. Duh, maaf ya kayaknya komentar aku yang atas belibet. Padahal perasaan kemarin ngetiknya udah bener. Emang gitu kalo sakit kurang konsentrasi. Jadi malu nih..

      Iya, rame banget... daripada galau disimpan sendiri lebih baik dibagi bagi.. Hahaha

      Nah itu, dengan terpaksa dan senang hati aku baca sampe habis hehehe

      Kembali kasih Yogaa :)

      Delete
  18. Salam blogger!
    ya walau saya masih murtad banget sama blog yang jarang banget dikasih postingan. Hehehe.


    Ini postingannya kok ajib ya. Entah kenapa, ada beberapa point yang 'nah' 'ini nih jawaban yang gue cari dr dulu' gitu. Bermanfaat! Banget! *bagi saya sih* muehehe

    Ini pertama kali berkunjung ke blog ini, dan entahlah pengen komen aja gitu. Silaturrahmi jarak jauh *super sekali* padahal ga kenal. Fix. End *apasih*

    Sekalian ikutan jawabin pertanyaan deh ya walau gatau masih berlaku atau enggak. Wakakak


    Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    →tujuan saya ngeblog itu awalnya gara-gara sering bikin tugas sekolah di zaman SMP yang ngeharusin bgt diposting di blog. Trus, sempet ngerasa 'sayang banget' kalo cuma bikin blog tapi diisi cuma buat tugas doang. Akhirnya mutusin bikin blog sampe 4 kali dengan tujuan yg beda-beda. Pertama, blog tugas. Bertahan sampe smp aja. Langsung hapus blog krn dirasa udh jarang gurunya ngasih tugas yg harus di post via blog.

    Kedua, blog gagal (iya, krn jaman dulu tuh masih onlennya via warnet, buat ngoperk design blog masih blm tercerahkan. Wkwk. Akhirnya terbengkalai dan blm sempet dihapus blognya sampe sekarang. Isinya... ga ada) *ditoyor*

    Ke-3 bikin di wordpress. Niatnya mau diisi cerita2 fiksi gitu. Ya sempet aktif bbrapa bulan. Habis itu end. Alasan lain sih mau coba2 aja via wordpress, karena sempet trauma bikin di blogspot (masih faktor design) *jaman SMP kok gini amat ya salam*

    Blog ke-4. Niat awal ngelanjut bkin blogspot, karena ini latah liat blog temen yang oke bgt layoutnya, akhirnya di SMK mutusin buat konsisten sama 1 ini aja. Dan ngedesign sesuka hati. Sederhana juga biarin. Yang penting isi blognya ada deh ya. Walau masih sebulan 1 postingan atau malah 6 bulan baru posting lagi. Yasalam :"

    Tapi sadar sendiri, ternyata tujuannya ngeblog itu ya cuma buat cerita dan berbagi hal yang sebenernya ga penting sih.

    Nah soal pembaca, sempet pernah galau gara2 pembaca ga ada. awalnya ngebiarin. Ya masih mikir juga sih, isi blog gitu-gitu aja blm ada peningkatan dan ya wajar aja kalo sepi pembaca. siapalah saya :''D
    Nyikapinnya, udh setahun terakhir (walau postingan (masih) nggak jelas) disempetin bikin postingan yg agak bener dan sebisa mungkin ada manfaatnya lah. Walau nggak tau tersampaikan apa enggak maksudnya. Wk. Habis itu, sering blogwalking. Terus kasih komentar di blog si empunya blog. Lalu banyak2in promosi di tiap sosmed yg saya punya. Pokoknya, promo deh ya! Lumayan juga kalo ada yg sudi ngeklik urlnya. Walau cuma nambah 2 pembaca Wk


    Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?

    → kasi tau lagi deh, inj pertama kali main kesini dan baca postingan ini. Dan sudi baca sampe habis karena kalo baca setengah2 doang itu ga asik. Kalo sy sih emg paling gabisa baca setengah2. Apalagi kalo tulisannya bagus dan ada manfaatnya. Bawaannya ya emang menikmati tulisan sampe habis. Buat belajar juga tipe tulisan orang gitu. Hehe
    Jadi, nggak sayang juga udh ngorbanin waktu bbrp menit buat baca hal yang ada manfaatntya, ga masalah :)

    Ini komentarnya agak panjang ya. *suka gatau diri emang* *dikeplak* *maafkan*


    Pokoknya, walau baru baca 1 postingan ini, tapi bakal nyempetin baca postingan yang lain dr blog ini! Yeaaay! Salam kenal!!!:)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak nyangka sama pembaca yang rela komentar panjang-panjang gini. Hehe. Makasih, yaa. Salam kenal juga. Jangan bosen main ke blog ini. :))

      Alhamdulillah tanya-jawab yang agak ngaco ini ternyata bermanfaat. Syukurlah. :D
      Yo, gapapa kalo mau komen panjang-panjang. Tapi gue bingung malah balesnya. Takut makin panjang juga. Hehe. :)

      Blog lu banyak amat, Nur. Dari awalnya cuma ngerjain tugas. Hahaha. Zaman gue mah kagak ada suruh-suruh bikin tugas terus posting ke blog. SMK gue Pemasaran. XD
      Tapi keren juga lu. Bikin blog sampe 4 lebih. Ini aja cuma blog pertama gue. :D

      Delete
  19. asli, gue liat komentar elu di blognya si farih, emang panjang banget. kualat elu, yog. *eh

    kyaknya pertanyaan buat blogger nggak jauh'' dari itu sih yak. elu blom pernah kopdaran sama slaen yg jabodetabek ya, yog? yaelaaah, yog... cian amat. hahaha. gue pernah sih, abis itu pembaca khilap blog gue, dgan lancarnya menyebarkan aib gue ke orang'' yg hadir, bangchat emang.

    gue kadang nggak pede juga sih, yog. kalo blog gue pnya pembaca setia. nggak tau deh, gue udah hampir tiga tahun nge blog, tapi msih minder aja sama tulisan yg gue bikin. terlebih sama blog gue. hahaha
    gue ikutan deh kuis elu...

    1. tujuannya biar bisa bikin buku best seller, plus jadi terkenal. tapi ksininya, jdi sebagai obat refleksi diri sih. ya kalo lgi males cerita ke orang mendingan duduk sendrian di mana gitu, kmudian pulang dan nulis deh. agak ngebanttu apa yg disimpan di hati sih. smua unek'' kyak keluar aja gitu.klo pembacanya dikit? ya usaha lah biar pnya pembaca. usaha biar yg komen bnyak. promo, kemudian maen'' ke blog orang. paling gampang, ya bner kata elu itu, gue BW diblog yg udah gue follow. kdang kesel jga sih, gue maen ke blognya si a gitu kan, niatnya mau follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, kepencet. sambung yak.

      ... eh taunya ga ada tomblo join this site di blognya. jdi dia duluan maen ke blog gue. ga tau deh, gue pengennya gue duluan yg maen k blog dia gitu.

      2. yaelah, lu maen k blog gue, gue maen juga lah ke blog lu. pegimana si. ga ngehargain amat klo elu doang. lgian, klo maen k blog lu ya sesempet gue juga sih, yog. pas lg gabut. pas lg nulis dan mau bw. jd ga buang'' waktu. bhahaha

      Delete
    2. Risikonya udah pernah kopdar itu pasti aib keluar semua. Buahaha.
      Widih, mantep nih tujuannya. Gue juga pengin jadi penulis. Jangan best seller dulu deh. Yang penting bisa terbit di penerbit mayor. Aamiin. Dan setelah itu baru best seller. Eaaakk. :D

      Alesan lu maen ke blog gue gitu amat, Zi. :( Wkakakaka tokhaaayyy.

      Delete
  20. Gue takjub sama jawaban-jawaban yang diberi. Harus gue serap ilmunya nih, hehehe

    Sempet ngebahas kopdar, sebenernya gue pengen ikut kopdar antar blogger. Cuma gitu deh masalahnya, masalah anak rumahan. Padahal, pengen banget.

    Hmmm... ada kuis juga ternyata. Ikutan, ah. Buat ngeramein (lagi pengen ngetik banyak2, soalnya nggak ada PR)

    (Berasa lagi di hadapan soal essay)

    Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?
    Jawab: Tujuan gue nge-blog adalah untuk mengasah skill menulis. Selain itu, gue juga bertujuan untuk nyari duit (pada awalnya). Dalam bayangan gue, keren untuk seorang anak SMA bisa menghasilkan uang dari nge-blog. Setelah baca sana-sini dan dengerin khotbah solat Jumat, gue ngerasa kalo duit dijadikan sebagai tujuan, pastinya jadi beban yang sangat berat. Akhirnya, gue berubah tujuan nge-blog menjadi berbagi cerita dan pemikiran gue yang suka dengan hal-hal berbau kelucuan. Entah tulisan gue lucu atau garing, tapi gue tetep puas dan ketawa ketika gue baca ulang.
    Kalo pembaca sedikit, gue nggak terlalu mempermasalahkan. Bagi gue, itu pembaca yang banyak belum waktunya hadir untuk blog gue. Yang penting, usaha gue jangan pernah putus. Seperti promo ke temen-temen, baik dunia nyata maupun dunia maya, nulis konsisten, blogwalking dan terus mengasah tulisan.



    Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?
    Jawab: alasan gue mau main ke blog ini adalah karena blog ini punya ciri yang sama dengan blog gue, yaitu blog personal. Selain itu, blog ini juga konsisten, dalam artian konsisten dari segi tulisan dan kualitas. Plus, blog ini ditambah dengan bumbu komedi, sekaligus bisa buat gue jadiin belajar.

    Btw, selamat Hari Blogger Nasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutlah ayokkk kalo ada kopdar!
      Yeah. At least, lu bisa ketawa sendiri sama tulisan yang udah lu tulis. :))

      Tetap semangat, Rob! Jangan menyerah. Gue dulu juga pernah di posisi lu. :D
      Wehehe. Alhamdulillah ada yang bilang blog gue konsisten. Makasih, yak.

      Delete
  21. Selamat hari blogger nasional, Yog!!!
    Wuiiihhh gimana kerja part timenya?
    Asoydah punya kemampuan baru! Pengangguran berkelas itu namanya (?)

    Gue ikutan jawab ah

    1. Tujuan ngeblog.... Hmm yang pasti pengen berbagi. Karena blog gue emang blog personal, isinya tentang diri gue, jadi ya gue berbagi pengalaman ke yang baca. Semoga sih ada manfaatnya, atau ada yang seneng lah bacanya. Jadi tempat buat latihan nulis juga. Dari kecil gue udah suka nulis-nulis nggak jelas, suka nyorat-nyoret kertas nggak jelas, dan sebenernya gue malu buat nunjukin tulisan-tulisan nggak jelas itu. Melalui blog, gue coba bangun kepercayaan diri buat mempublikasikan tulisan gue (yang berupa cerita-cerita/pengalaman gue sendiri) ke orang-orang. Lo tau rasanya pas pertama kali gue post tulisan pertama di blog gue? DEG-DEGAAAN!!! Haha padahal cuma gitu doang -_- Gue baca sampe puluhan kali. Dan gue juga seneeenggg banget pas blog gue dibaca temen gue. :D

    Kalo pembaca masih sedikit, hmmm ya nggakpapa. Sedih dikit aja. Yang pasti bakalan tetep ada yang sering baca blog gue, yaitu gue sendiri dan beberapa temen deket gue yang gue paksa buat baca wakakak. Gue bakal berusaha buat lebih konsisten nulisnya, lebih rajin silaturahim juga ke blogger lain, belajar lagi biar tulisannya makin bagus. Gue harus yakin suatu saat blog gue bisa serame lo, Yog!

    2. Dari awal gue main ke blog lo ini, gue langsung suka dan bakalan main terus. Kenapa? Pertama, karena gue emang suka baca blog personal gitu. Gue suka aja gitu bacain cerita orang lain, keseharian orang lain. Seru! Kedua, tulisan lo rapih, enak dibacanya. Ketiga, tulisan lo menghibur. Nggak jarang gue dibikin ngakak sama tulisan lo. Keempat, lo orangnya mau belajar. Lo mau belajar EYD, belajar nulis yang lebih baik lagi, jadi makin lama tulisan lo juga makin asik dibacanya. Kelima, lo salah satu orang yang kasih tamparan ke gue, bikin gue sadar kalo harus lebih rajin isi blog. Hahaha. Keenam, gue suka ngunjungin beberapa blog yang awalnya gue tau karena baca komen di blog lo, nah jadi gue nambah temen blogger juga karena blog lo ini. Bukan cuma tulisan lo aja yang asik dibaca, tapi komentar-komentarnya, balesan lo juga. Hahahaha thanks, Yog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja part time-nya udahan, Bil. Cuma seminggu, kan. Hehehe.

      Ini lucu dah. Masa nge-post tulisan pertama kali aja deg-degan (kayak gue dulu enggak aja) Wahahaa.
      Yakin pasti bisa, Bil. Blog gue masih terbilang sepi, ah. :D Lu bisa lebih rame. SEMANGKA! :))

      Gue nggak nyangka kalo blog gue bisa bermanfaat untuk beberapa pembaca di blog ini. Speechless gue. Tisu mana tisu? :')

      Eniwei, makasih atas komentarnya, Bil. Gue makin semangat untuk terus nulis. Hehe. Semangat juga buat temen-temen blogger semuanya~ :))

      Delete
  22. Duh murtad nih gara gara enggak bikin postingan Hari Blogger Nasional... Tapi biarlah. Lagi belajar konsisten ngepost aja butuh perjuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Enggak murtad, kok. Itu kata-kata untuk menyemangati diri gue sendiri aja biar nulis. :))
      Okaay, semangat untuk konsisten. :D

      Delete
  23. Gue ngeblog karena gue meyakini bahwa menulis adalah passion gue. Ya, udah pernah gue ceritain di blog sih gimana proses penemuan cita-cita pertama yang gak sengaja sampai diseriusin hingga sekarang. Kalo yang baca dikit, atau yang komen dikit, ya yaudah. It means tulisan gue, mungkin, kurang menarik. Ya itu PR buat gue perbaiki dan menarik khalayak buat mampir, baca, komentar, bhahaha.

    Kenapa gue ke sini? Gue tersesat. Lalu gue doyan ngritik tulisan di blog ini yang dulunya masih kacau. Tjieeee udah paham sekarang sama tulis-menulis ihiw. Terus karena udah biasa main, kalo lagi senggang dan sempat bw ya mampir. Karena adek telah terbiasa, Bang. Gimana? Udah mau kasih kepastian? Eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asoy. Tekuni terus passion lu!

      Caileh tersesat. Dan tak tahu arah jalan pulang. Rumor kali butiran debu.
      Thanks, Wi. Berkat dikritik, tulisan gue membaik. :D

      Delete
  24. Nih yog jawaban saya tentang dua pertanyaanmu tadi:

    1) Pertama, apa tujuan kalian ngeblog? Lalu, kalau udah ngeblog dan pembacanya masih sedikit. Gimana kalian menyikapinya?

    Awalnya sih aku bikin blog itu gara2 tugas negara (baca: tugas kuliah) dulu di jaman kuliah ada dosen yg mau dicap melek teknologi, jadi tiap tugas harus dikirim lewat blog, entah itu lewat postingan atau komentar haha
    Terus masalah aku rutin ngeblog tapi pembaca masih sedikit menurutku sih ya kalo masih tahap wajar, toh apa kata peribahasa lama pernah bilang "sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit" toh aku menulis di blog juga masih tahap belajar menulis, jadi kalo masih kurang banyak pembaca ya belajar menulis lagi, lagi, dan lagi. Perbanyak baca buku, perbanyak blog walking juga hahaha

    2) Kedua, apa alasan kalian mau main ke blog gue, bersedia baca tulisan gue sampe habis, dan meluangkan waktu berharga kalian untuk komentar di tulisan-tulisan gue?
    Kalo soal main ke blogmu sih itu untuk menjaga silaturahmi yg utama, yg kedua buat menghilangkan waktu bosan, aku tahu gimana bosannya keliling nyari kerjaan kesana kemari haha *kok jadi curhat* dan yang terpenting sih tulisanmu ditulis dengan bahasa enteng yog, jadi gampang diproses di otak berpentium satu ini hahaha

    ya mungkin cuma itu saja yog.
    Selamat Hari Blogger Nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas kuliah gue kenapa nggak ada yang harus lewat blog, ya? (yaiyalah, jurusan lu Manajemen!)
      Fandy merendah nih. Otak pentium satu kayak gimana dah? Gue berusaha menuliskan diksi yang mudah dipahami pembaca. :D

      Selamat HarBlogNas!

      Delete
  25. Eh, beneran lho, Yog. Gue nggak ketawa pas bacanya...

    ReplyDelete
  26. Ikutan ah..
    Tujuan : Biar bahagia. Kalau yang baca dikit ya.... ya... gak mungkin lah... Statistik blog saya aja udah segitu! *Sombong
    Alasan main ke sini : Hidup itu butuh keseimbangan. Saya suka nulis yang bikin baper, jadi harus baca tulisan2 yang ancur bahkan kampret yang salah satunya adalah blog kamu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyek. Biar bahagia.

      SUOMBOOONGGGGGG. :p

      Huhuhu. Tulisanku hancur. :(

      Delete
  27. haha, gue komentar pendek aja lah. biar gak mainstream! wkwk
    gue gak akan panjang lebar, karena rata-rata jawabanya bisa dibaca sendiri diblog gue.
    selamat #haribloggernasional temon-temon! :D

    ReplyDelete
  28. Telat nih. Selamat Hari Blogger Nasional, btw.
    Kesimpulan dari kuis kecil-kecilan ini (setelah lihat daftar pemenang) adalah kalau kalian cowok, sepanjang apa pun komentarnya, kemungkinan menangnya tetap kecil. *kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahaha. Habisnya kalo komen cewek enak dibacanya. Atau gue-nya aja yang bacanya pake perasaan? Halah.

      Delete
  29. Anjrit udah telat banget. Selamat Hari Blogger Nasional! :D

    Udah telat jawab pertanyaan :|

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.