Nggak Ada Ide

65 comments
Habis baca pos sebelum tulisan ini, gue langsung mengeluh dalam hati. Anjir, gue nulis apaan itu, sih? Astagfirullah.  Astagfirullah aladzim.
Anehnya, masih ada yang komentar pula. Hahaha. Makasih banget, ya!

Itu tulisan bukan karena gue nggak ada ide. Bukan. Kalo nggak ada kuota, baru bener. Namun, bukan itu masalahnya. Gue sengaja publikasi agar tercipta tulisan ini (bisa aja emang nyari alesan).
Ngomong-ngomong soal ide, kadang gue bingung sama orang yang suka ngeluh nggak punya ide untuk tulisan di blog.

Kalo nggak punya ide. Ya gali dong ide itu! Jangan cuma ditunggu aja.


Sama seperti rezeki. Nggak akan dateng begitu saja. Nggak mungkin banget ada uang yang tiba-tiba jatuh dari langit tanpa berusaha dan bekerja. Apalagi ada perusahaan yang tiba-tiba nelepon dan menyuruh gue bekerja, padahal ngirim surat lamaran aja belum (ceritanya ngingetin diri sendiri).

Ide pun begitu, kita berusaha mencarinya. Apa aja hal-hal yang paling mengganggu di pikiran. Kalo nggak ada, bisa baca buku, nonton film, atau—yang biasanya blogger lakukan—blogwalking.

Masa dari kegiatan-kegiatan itu nggak menemukan ide juga?

Kalaupun masih nggak ada, tulis aja curhatan-curhatan dalam keseharian (ini gue banget). Dalam seminggu ini ada kejadian apa aja.

Masih nggak ada ide juga?

Ya Allah.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia diberi akal dan pikiran untuk mencari ide tersebut. Selama kita masih hidup di dunia ini, kita pasti punya ide. Yap, sebelum mati, kita nggak akan pernah kehabisan ide. Meskipun ide itu nggak jelas, walaupun itu jelek , dan se-absurd apa pun itu. Tuliskan sajalah!

Btw, gue biasanya dapet ide pas lagi boker.
Entah kenapa, rasanya kalo lagi melakukan ritual itu, gue pasti fokus. Nah, di saat itulah ide suka muncul tiba-tiba. Di saat itu juga, kalo bisa langsung tulis ide-idenya. Maksudnya bukan langsung lari dari toilet terus ngibrit ke kamar dan buka laptop. Jangan begitu... cebok dulu.
Tapi biasanya begitu ingin menuliskannya, ide itu mendadak lupa atau hilang. Sering banget nih. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, tulis aja di hape sambil konsentrasi buang air besar. Biasanya, kan, orang-orang pada bawa hape tuh. Hape sekarang pun udah canggih-canggih; ada notes dan memopad. Ya langsung tulis aja sedapetnya. Baru deh setelah itu lanjut menuliskannya di laptop.

Misalnya, pas lagi berkonsentrasi penuh tiba-tiba keinget wajah mantan. Asli, ini random banget tau-tau kebayang wajah mantan. Namun, dari wajah mantan itu biasanya muncul memori tentangnya. Inget zaman-zaman pas masih PDKT, terus gimana pas nembak dan jadian, kemudian hubungan yang lagi indah-indahnya  bisa jadi renggang, dan  putusnya juga gimana.

Tuh, gara-gara pup aja bisa dapet ide.

Mungkin ide emang udah jarang yang original. Tapi kita bisa kembangin ide sebelumnya menjadi lebih baik. Mulailah berpikir lebih kreatif.
Lagian, ide bisa aja sama, tapi eksekusinya pasti berbeda-beda. Setiap orang punya sudut pandang masing-masing dalam menuliskan sesuatu.

Ambilah contoh sebuah ide tulisan dari kata ‘mantan’ yang diperoleh saat boker tadi. Dari kata tersebut pasti bisa menuliskannya secara bervariasi.

Kebanyakan, sih, pasti langsung nulis hal-hal yang sedih karena nggak bisa move on. Selalu dihantui oleh bayang-bayang mantan pacar. Galau.

Kayaknya basi banget gitu.

Padahal bisa aja kalian menuliskan cerita mantan pemain sepak bola yang dulunya hanya pemain biasa, tapi sekarang menjadi pelatih hebat. Bisa juga menuliskan mantan maling yang tobat, kemudian menjadi seorang ustad. Atau mantan gitaris dari sebuah band terkenal yang memilih solo karier, eh dia malah menjadi tambah terkenal.

Tuh, bisa jadi tulisan yang macem-macem, kan? Nggak melulu kata mantan itu jadi sesuatu yang galau-galauan.


Ya udah. Selamat menggali ide, ya.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

65 comments

  1. Kalau saya bukan nggak ada ide kali ya, tapi lebih ke aduhhhhh kerjaan di dunia nyata juga bejibunnn, hehe itu kadang-kadang. Ah lagi nggak ada idepun ternyata bisa mendapatkan tulisan hehe,ini seperti bang Yogaas, sukses terus semog segera ada yang nelpon dari perusahan *mertua* ahe hoeoe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa, Mbak. Bagus. Daripada saya nih, di rumah mulu kayak pengangguran. (padahal emang iye) Makanya, nih. Nggak ada kerjaan malah cari ide buat nge-blog terus. :(

      Delete
    2. Sini-sini hijrah ke Sumatra, banyak kale kerjaan dimari, itu juga pekerjaan lho buat ide untuk blog, manfaatnya sampai waktu yang tidak ditentukan hehehe

      Delete
    3. Di sana nggak punya sodara atau orang yang dikenal akrab.
      Iya, tapi harus realistis juga. Yang menghasilkan uang. :))
      Yoih, menulis untuk keabadian. Asyek

      Delete
  2. kalau saya nyari ide itu ya ngumpul aja bareng temen kali aja ada yang bisa di kepoin dari kumpul2 bareng mereka, ide mah bisa dateng dari mana aja yang susah tuh lawan rasa malasnya kadang kita udah mau nulis tiba-tiba ada kata "nanti aja deh, belum dapet feel-nya" kan ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jarang banget kumpul-kumpul sama temen. Mereka sibuk kerja, gue sibuk nganggur. Laah. :(
      Iya, sih. Kalo nulis dipaksain emang nggak enak. Tapi mending tulis aja dulu, terus simpen. Nanti bisa diedit lagi. CMIIW.

      Delete
  3. baca artikel ini, serasa menjadi cambukan dan semangat buat gue untuk menggali ide lagi. dan ngerasa ke sindir juga sih, hehe...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah emang lagi musim panas, Mbak. Makanya cerah. Hhh~

      Delete
  5. Yak, ide emang harus digali, bukannya diem terus ampe lumutan *brb ngambil cangkul*
    Wakakak, kbnyakan org dpt ide pas lg boker ya? Bner tuh, mgkin karna trlalu fokus, atau kdang pikiran kita gak sengaja berkelana kemana2, trciptalah ide brilian untuk nulis sesuatu #hazek btw, kalo boker smbil maen hp malah gak konsen tau-_- eh ini ngapa jd bahas ginian? Skip.

    Kalo aku dapet ide pas mau tdr *udh prnah blg yak*
    Klo lg males buka laptop ya aku tulis di hp dulu, ntr kalo udh gak males baru diposting deh.
    Itu ngapa curcol itu? Aku jg mau deh, klo tbtb ada prusahaan yg nelp sruh krja. Wkwk. Aku bru ngirim 1 surat lamaran, tp blm ada kabar :') #LAHCURCOLJUGAINI

    Yaps, ide itu emg kadang sama aja kyak yg lain, tp cara org menuliskannya beda2. Setujulahh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukurannya 2x1 meter ya, Lu?
      Ya udah skip. Geli juga bayanginnya.

      Auk nih, curcol terus kerjaannya. :(

      Delete
  6. Terima kasih, Kakak.
    *komen nyampah doang gue. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan. Gue kaya dejavu baca tulisan yang ini. Ini kaya khotbah lu waktu malam minggu itu. Voice note yang pernah lu kirim, Yog.

      Delete
    2. Iya, itu sempet gue tulis gitu di draft. Ini baru di-posting. Hehehe.

      Delete
    3. (waktu malam minggu itu)
      ((waktu malam minggu))

      Hei, kalian malam minggu ngapain berdua? Kencan ya?
      Acieeee

      Delete
    4. Tuh, kan... dugaanku semakin kuat, kalo ternyata Darma itu memang ho... mo.

      Homo.

      Homonya sama Yo... ga? Maigat.

      Delete
  7. Hahaaa kenapa lu bisa dapat ide pas lagi pup sih Yog? Ngelamun ya? atau saking menghayati pup?
    Gue kalo pup malah nyanyi-nyanyi gaje. Mau dapet ide apaan ya. Hahaa

    Bener, bener. Gue setuju. Ide itu sama kayak rezeki.Gak dateng gitu aja. Harus ada usahanya.
    Kalo gue dapat ide, biasanya pas menjelang tidur malam. Sedikit ngelamun, ngingat-ngingat kejadian yg dialami trus dapat ide deh.

    Eh tapi iya juga ya, kenapa kata 'mantan' itu selalu identik dengan mantan pacar. Bisa aja mantan majikan, mantan presiden atau apa gitu.
    Heran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ngerti juga, Lan. Gue diomelin kalo nyanyi di kamar mandi. Bukan karena nggak baik dan ganggu makhluk lain yang nunggu WC, tapi karena suara gue jelek banget. Tetangga sebelah pada marah-marah. :(
      Nah, kadang gue juga sering dapet pas begitu. Haha.

      Iya, heran.

      Delete
  8. Eh iya tuh bener!! Kenapa ide bermunculan waktu lagi be'eng ya... Wiih.. misterius... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beeng? Itu bahasa apa? Gue baru tahu. Haha.

      Delete
    2. Beeng itu makanan yang coklat itu, kan?

      Delete
  9. iya sih ide mah bisa dateng dari mana aja, dan tulisan paling mudah itu tulisan dari kegelisahan yang kita alami. Asiik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya pasti ada orang-orang yang ikut merasakan kegelisahan itu. Asyek, Jeh!

      Delete
  10. Kalau gue lg susah buat blogwalking. Bukan males sih. Tp lg fokus karir.haha sok sibuk, Ide udh waiting list malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa, Zis. Semangat! Daripada soal karier gue nih, masih gini-gini aja nyantai di rumah. :(

      Delete
  11. nih kalo mau nulis tapi gak ada ide...
    "Kalau kamu mau menulis ya tulis aja, jangan pernah mikir. Langsung menulis aja jangan pakai mikir. ~ William Forester"

    ReplyDelete
  12. Kalo nggak ada ide, emang bener harus digali. Tapi bukan berarti dipaksakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena yang dipaksakan itu nggak enak. Begitu, kan? :D

      Delete
  13. Kalo aku sih, lebih sering dapet ide pas mau tidur.
    Yap, emang orisinilitas itu sulit, kata Gamila Arief sih gini "jaman sekarang mikir orisinil, buka kita sendiri aja yang mikir" kalo gak salah gitu sih wkwk kalo mau tau baca aja indiepreneurnya Pandji hehew

    ReplyDelete
  14. Yoi, cara orang beda-beda nih dalam menggali ide. Kalau lu dengan pup, gue dengan bersepeda. Intinya, sama-sama sehat dalam nyari ide. Pup itu kan sehat.

    Selamat menggali ide! Jangan keseringan pup, apalagi di celana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa pup di celana, asalkan pake pampers. Biar nggak berceceran.

      Delete
  15. Yog, dapet ide kalau lagi boker ko samaan ya. sama juga sih kaya si deva tuh kalau lagi boker suka dapet ide banyak. Tapiiii kalau lagi boker gue malah nggak suka bawa hape, lagian kalau bawa hp ribet ah takut jatuh ke aer tapi masih bisa disave lah dalem otak wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah hebatnya boker. :D

      Gue juga jarang, kok. Kan cuma bilang kebanyakan orang suka bawa hape. Hm, masalahnya kadang suka lupa, Wid. Hehe.

      Delete
  16. Kamar mandi memang sumber dari segala sumber. ._.
    Malah pernah masuk ke kamar mandi cuma-untuk-demi-mendapatkan sebuah ide.

    Yakali. Emang iya.

    Tapi, yaa.. sekalian boker, mandi, sama cuci baju juga, sih.

    Yailah. Bawa-bawa mantan...
    Kan jadi inget sama mantannya mantan presiden Indonesia periode sebelumnya... :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena tempatnya adem kali, ya? Jadinya pikiran fresh gitu. Eh, nyambung nggak, sih? :/
      Emang kenal sama mantannya mantan presiden?

      Delete
    2. Atau mungkin karena tempatnya wangi dan lembut di tangan? Eh, apa, sih? :/
      Nggak kenal, tapi kami bersaudara.

      Delete
  17. kalo sekedar jadi tema bahasan sih banyak yog, cuman kalo gue bikin artikel yang gak pernah sedikitpun gue pikirkan atau alamin sendiri, gue bakalan kayak nyampah di internet~ haha
    ya kembali lagi ke makna ide itu sendiri sih, gue aja masih sedikit ngawur!
    Bener sih ide itu sekarang boleh dikatakan gak ada lagi yan benar-benar original, itu yang gue dapet habis baca bukunya Austin Kleon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih. Cuma, kan, nulis itu untuk kepuasan batin. Halah.
      Dia siapa? Cemen amat gue nggak tau. Gue taunya cuma Steve Ausin yang main smekdon.

      Delete
    2. yaa ga perlu tahu dia siapa deh~ gue aja gak kenal.. hahah

      Delete
  18. ide itu akan selalu ada ketika kita berani untuk menggalinya :D hehe

    ReplyDelete
  19. Gaya tulisan kamu berubah, ya. Kembalikan Yoga yang dulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ada yang ngerasa juga.
      Iya, menulisnya nggak santai. Kayak ada beban. Entah apa.

      Delete
  20. kamar mandi emang penu inspirasi hahaha :D

    Kalo masih belum dapet ide juga, ngerusuh di blog orang sampe dapet ide :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuahaha. Itu mah kerjaan lu banget ya, Ki. :p
      Ngerusuh di mana-mana. :D

      Delete
    2. Yah gak disemua blog orang juga Yog rusuh'a
      Ntar gue dikasih cap tukang rusuh sama orang-orang :D

      Delete
  21. Gua pernah bikin tulisan cara menemukan ide buat ngeblog ini: http://tirsme.com/2015/02/28/3-cara-mendapatkan-ide-buat-ngeblog/ tapi anehnya kadang gua agak bisa menerapkan itu sendiri. Gua masih suka keabisan ide juga. Hahaha.. Atau mungkin emang gua lagi gak mood nulis aja kali ya *ngeles*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, Ta. Kadang kebanyakan ide juga malah bingung mau nulis yang mana dulu. :/

      Delete
  22. yah ide memang mudah mendapatnya, tapi sulit di eksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja, Man. Jangan dibawa beban. Nanti kayak tulisan gue ini yang eksekusinya buruk. :(

      Delete
  23. kamu udh lulus kuliah blm Yog?

    Dibilang keabisan ide, bukannya nyombong tapi kyknya ga pernah..;p.. yg ada stok tulisan di draft makin lama malah makin bnyk yg blm kepublish hahaha... abisnya kerjaan di kantor akhir2 ini menggila -__-... blm lagi sjk hamil ini, aku jd srg capek dan ga semangat nyentuh laptop Yog.. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, Mbak. Kenapa? Hehe.
      Wahhh, keren dong itu malahan. :D
      Daripada gue kagak ada kerjaan. Bingung mau ngapain. :/

      Oh, kalo kayak gitu mah jangan dipaksain dulu. Jaga kesehatannya ya, Mbak. :)

      Delete
  24. Gue kalo gak ada ide... gak nulis. Hahahahaha. Gue anaknya pasrahan. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini tulisan gue malah terkesan maksa, Di. :(

      Delete
  25. Eh, Yog. Akhirnya aku nemu lagi satu sebutan buat blogger macam kamu. Boker blogger. Yaaaaaa, BOKER BLOGGER! Seorang blogger yang mendapat ide menulisnya dari kegiatan boker.

    Kalau aku sih, selain krisis ide juga sering krisis good mood buat nulis. Dan aneh sih, Yog. Kalau suasana hati lagi senang malah males nulis. Kalau lagi sedih malah semangat banget nulisnya. Idenya datang dari mana-mana. Jadi kayaknya aku harus sedih mulu deh biar bisa dapat ide. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa coba itu, Cha? Boker Blogger. :(
      Mood emang memengaruhi tulisan, Cha. Ini tulisan gue jelek banget karena dipaksain gitu. :(

      Nanti yang baca ikutan sedih, dong? :(
      Eh, ini ngapa banyak emot sedihnya?

      Delete
  26. Sama kita Yog, saya juga sering dapat ide2 kreatif waktu lagi boker. Kalau udah begitu, bokernya jadi lama deh.. karena mikirin dan menggali itu ide. Sebagian ide itu ada yang saya aplikasikan dan terwujud, dan sudah ada yang memberikan manfaat bagi diri saya sendiri juga orang lain.

    Tapi yang perlu kita ingat, kebiasaan berlama-lama di toilet itu bukan lah kebiasaan baik. Sebab itu datangnya dari setan, setan suka dengan tempat2 yang jorok seperti toilet. Sebaiknya kebiasaan ini kita rubah, baik saya maupun Yoga, juga kita semua. Carilah tempat2 yang baik untuk mencari ide. Oke ... ^^

    ReplyDelete
  27. Banyak sumber yang berseliweran di sekeliling kita yang bisa diolah jadi bahan tulisan. Semua udah tersedia, tinggal kita yang mesti jeli. Gua pribadi, kalo ide di kepala lagi ngajakin maen petak umpet, biasanya gua berpaling ke buku, musik atau film. Blogwalking & ngobrol ngalor ngidul juga bisa jadi sumber ide haha. Kalo udah gitu biasanya gua suka tulis dulu di hape, baru dikembangin di laptop.

    Emang susah cari ide original, toh ide mainstream bisa diterapin asal beda gaya penulisannya. Setuju Yog, "semua orang punya sudut pandang masing-masing dalam menuliskan sesuatu." Itulah uniknya para blogger, kan?

    ReplyDelete
  28. Sebenernya apa aja bisa jadi tulisan ya yog, tergantung kitanya peka apa ga

    ReplyDelete
  29. Aku juga sering banget ngga ada ide buat nulis. Akhirnya mulai mengecek dan jalan-jalan ke blog lain. siapa tahu nemu bahan oke buat di eksplorasi :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.