Acara Malam 17 Agustus-an dan Mengheningkan Cipta

58 comments
Tanggal 15, 16, dan 17 Agustus kemarin bisa dibilang sebuah long weekend. Cocok banget buat jalan-jalan.

Sehari sebelum 17-an, gue biasanya seru-seruan atau touring sama temen kantor. Lebih sering, sih, ke Puncak. Namun, tanggal 16 Agustus 2015 kemarin, gue sudah tidak bekerja. Jadi, gue nggak sempet liburan ke mana-mana.

Yelah, pamer amat jadi pengangguran, Yog!

Mungkin di antara kalian sudah baca cerita Sehari Sebelum Merdeka. Nah, gue akan melanjutkan kejadian setelah teleponan sama penipu yang cupu.

*Beberapa jam kemudian*

Sehabis salat Isya, para masyarakat RT 003—tetangga gue—mengadakan sebuah acara di malam 17 Agustus-an.
Gue yang baru banget mandi. Iya, di hari Minggu itu gue mandinya sekitar jam 8 malem. Gue emang males mandi di hari Minggu. Nggak ke mana-mana ini, toh. Lagian kalo gue wangi juga nggak ada yang nyium.

Emaap.

Tiba-tiba Nyokap memanggil gue dan memberikan sebuah kertas yang terlipat rapi. Gue pun langsung baca baik-baik kertas itu. Ya, siapa tau aja itu dari cewek yang mungkin ngirimin surat buat gue. Surat penagihan utang.

Ah, ternyata bukan. Itu sebuah undangan untuk hadir di acara malam 17 Agustus-an.

Tumben banget ini gue diundang. Atau emang setiap tahun gue sebenernya selalu dapet undangan? Terus gue malah mengabaikan undangan itu karena sibuk sama acara gue sendiri? Ya Allah, gue bukanlah warga yang baik.

Gue memilih-milih pakaian apa yang bakal gue kenakan di acara tersebut. Yoi, mencoba untuk tampil rapi. Siapa tau aja ada beberapa remaja cewek yang naksir ketika melihat gue.

Setelah memakai kemeja kotak-kotak krem dan celana panjang hitam, gue langsung menghadiri acara tersebut yang memang diselenggarakan di sepanjang jalan RT 003. Iya, di jalanan sebuah gang gitu dan hanya ditutupi karpet. Kebetulan banget karpet itu sampai ke  depan rumah gue. Jadi, gue langsung duduk manis di jalanan depan rumah.

Gue memperhatikan para warga yang hadir. Bapak-bapak yang lebih mendominasi acaranya. Kemudian ibu-ibu, dan sisanya anak-anak. Bentar-bentar, ini remajanya pada ke mana deh? Mampus, gue doang ternyata remajanya. Iya, remaja umur 17-22 kagak ada yang hadir. Yoga sendirian. Gue kira, selama ini gue yang paling males ikut acara-acara kayak gini. Ternyata kali ini semuanya terbukti. Bahwa, para remaja RT 003 nggak ada yang hadir selain gue. Sepertinya, para remaja di RT gue tidak mencintai kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggalnya.

Sekalinya ada remaja cewek, paling baru umur 15 tahun. Dia masih SMP atau baru banget masuk SMA. Yelah, masih dedek-dedek.

***

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua warga berdiri dan bernyanyi dengan riang.

Gue mendadak kangen sama suasana sekolah. Apalagi di saat upacara bendera. Hmm... terakhir kali upacara itu sekitar tiga tahunan yang lalu. Maklumin deh, ya. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Nah, gue bingung deh. Sebenernya  mengheningkan cipta itu ngapain, sih? Kita cuma diem aja, terus menciptakan suasana hening. Gitu, ya?

Sumpah, gue nggak tau apa yang dilakukan orang-orang pas lagi mengheningkan cipta. Soalnya pas SD-SMP, gue sering kedapetan tugas yang memainkan lagu Mengheningkan Cipta menggunakan pianika atau suling. FYI, alat musik yang gue bisa hanya suling. Benar-benar cowok yang cupu banget.

Kalo anak-anak yang lain, guru, atau siapa aja deh yang dengerin lagu Mengheningkan Cipta, mereka itu pada ngapain coba? Pikir gue.

Sampai sekarang, entah kenapa gue suka memikirkan hal ini.

Gue, sih, biasanya baca surat Al-Fatihah untuk para pahlawan yang telah gugur. Terus kalo udah selesai, ya paling diem aja. Lebih sering nunduk sambil ngelihatin sepatu, ngelamun jorok, atau kentut kalo kelepasan.

Apa kalian juga mikir kayak gitu?

Oke, lupakan soal mengheningkan cipta.

Selanjutnya, pidato dari Pak RT. Hanya sedikit sekali yang mendengarkan ocehan beliau. Parah banget nih warganya. Tokoh masyarakat lagi pidato, mereka malah main HP. Kacau emang. Gue termasuk salah satunya.

Setelah itu pembacaan doa yang dipimpin oleh seorang ustad. Para masyarakat pun mendengarkannya dengan khidmat dan bilang “aamiin” beberapa kali.

Baru deh acara terakhir, pemotongan tumpeng dan makan-makan.
Kampretnya, yang boleh makan tumpeng cuma Ketua RT dan beberapa pengurus RT. Kalo masyarakat nggak penting kayak gue mah kagak bakal kebagian.

Acara selesai dan dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol nggak jelas. Gue ngobrol sama bapak-bapak kurang nyambung. Gue ajak ngomongin tentang musik EDM, mereka malah membahas Didi Kempot dan Mansyur S.

Astagfirullah.

Udah, acaranya gitu doang. Basi, kan?

Masa nggak ada hiburannya sama sekali. Gue langsung pengin Stand Up aja rasanya. Mengingat gue yang suka demam panggung dan belum jago soal komedi, gue pun mengurungkan niat itu.

Beda banget sama suasana pas gue masih sekolah; ada pembacaan puisi, terus temen-temen yang sepantaran sama gue biasanya tampil dengan band-nya, terkadang ABG cewek-cewek juga  mengisi dengan tarian tradisional ataupun modern.

Uh, coba aja tahun depan ada sexy dancer dan striptis. Pasti acaranya jadi lebih seru. Hehehehe. Hehehe. Hehe. He.

Segitu aja yang bisa gue tuliskan.


Sekali lagi gue mau nanya, kalian kalo mengheningkan cipta itu ngapain? Gue masih penasaran. Huwahahaha. Ada yang mikir kayak gue juga nggak, sih? Share yuk di kolom komentar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

58 comments

  1. Semoga renungan kemerdekaan Indonesia ini bisa meningkatkan kecintaan terhadap tanah air kita ya mas?

    Dan saya juga enggak merasa malu menjadi guru PKn yang terus memotivasi murid saya buat memajukan Indonesia dan mencintai tanah airnya. ^.^

    ReplyDelete
  2. kalau saya sih, pas waktu mengheningkan cipta, kepalanya nunduk terus nyannyiin lagu itu secara bersamaan. hehe :D

    ReplyDelete
  3. Ahahaa ku suka kelepasan kentut pas upacara Yog? Hm Leh uga u.

    Wah keren lu yog, remaja yang aktif. :D

    Sama deh. Gue pas SD kebagian mainin pianika pas upacara.
    Ikutan aja lu

    Kalo gue saat mengheningkan cipta biasanya nunduk diem Yog. Sambil melamun mikirin pacar yg di negara sana. Abang Zayn Malik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aktif apaan? Itu karena nggak ada kerjaan aja, Lan. Jadi mencoba sibuk. XD
      Kan gue suling. -__-

      TERSERAAAHHHH!

      Delete
  4. kalau gue dulu sering ngebayangin, ada alien datang menginvasi bumi, trerus gue ngelawan alien yang mengganggu orang mengheningkan cipta, dan gue menang, dan jasa gue di hargai oleh pemerintah, dan hidup gue dan keturunan gue di tunjang oleh pemerintah selamanya, gue menjadi legenda pembasmi alien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok-cowok biasa ngelamun jorok, lu malah ngelamun alien. Berani beda, ya. :)

      Delete
  5. Bhahahaa rajin sekali km yog...ketambah ngenes pas ngobrol ma bpk2 ga nyambung

    Eh mayan tauk dedek dedek 15 tahun nanti juga tumbuh hahahaaa

    Gaya ketawa lu kek woodi wood paker dah

    Itu ga ada snack basa basinya gitu...
    Yaampun solihin ba get doain al fatihah, aseeeg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda 5 tahun sama gue, Mbak. Nanti gue disangka pedofil lagi. :(
      Iya, nggak ada snack-snack gitu, langsung makan ketupat. Hahaha. :D

      Delete
  6. Jenuh banget dong acaranya yog, pindah rumahnya kesini, ntar malem minggu ada dangdutan terus malem senin ada dangdutan juga terus akhir agustus tgl 31 dangdutan juga.. Hmm, makin mantep aja suasana disini deh yoga kalau tiap hari dikasih acara rame kek gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITU DANGDUT MULU? BUSEEEHHHHH.

      Nanti duit gue habis buat nyawer. :(

      Delete
  7. Tp ini acaranya lumayan keren loh, nasionalis banget, pake nyanyi Indonesia Raya sama Mengheningkan Cipta lagi.. Curiga nih, jangan2 ada upacara penaikan bendera jg lagi tuh??Wkwk. Yakaaleee upacara malem2-__-

    Kalo di rumahku sih bkan dirayain pas malem 17an, kadang malem tanggal 18, atau seminggu setelah tanggal 17. Di rumahku mah malem minggu ini acaranya, Biasanya cuma kayak selametan gtu, trs sklian bagi2 hadiah buat yg menang lomba kmren, bagi sembako, gitu2 sih.. Kalo jaman aku SD mah ada nari sama nyanyi juga. Skrg kyaknya enggak deh.. Trs tiap rumah dikasih nampan dlu, nnti trserah kita mau ngasih kue, buat, ato nasi.. Ntar makannya senampan bareng2 deh :3
    Kalo udah remaja emg suka males sih, tmen2ku yg seumuran jg udh jarang yg ikut acara gini, kecuali pas masih SD dulu.

    Jiaahh... Bisanya cuman maen suling doang??! Bhahahaaa.. Payah bet dah! Aku dongg......cuma bisa maen suling....doang..juga :')
    Biasanya aku klo mengheningkan cipta jg sama sih, baca Al-Fatihah, itu jg dikasih tau guru deh kayaknya klo mengheningkan cipta hrs baca Al-Fatihah? Sblm dikasih tau mah kdang ikutan nyanyi.. tapi pelan.. Terus kdang nunduk, diem, ngitungin ada berapa butir pasir yg ada di bawah, ngeliatin sepatu org, ngeliatin spatu sndri yg blm dicuci dari pas msk SMA, ngeliatin kuku, ngitungin "jari tangan gue ada brp ya? Nambah gak?" gak jelas deh.__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggaklah. Cuma nyanyi terus mengheningkan cipta aja. Kalo penaikan bendera malem-malem nanti benderanya bisa masuk angin. Emaap.
      Oalah, ternyata emang remaja sekarang pada males kegiatan sosial, ya? Kirain tempat gue doang. Hehe.

      Eh, kita sama. Jangan-jangan kita jo... jomlo? :D
      Jari tangan lu emang sekarang berapa? Ada 12? Tiap upacara bisa nambah? :/

      Delete
  8. serius basi banget itu acara 17an di daerah lu haha pemudanya pada kemanaaaah??

    Kalau gue pas mengheningkan cipta nunduk sambil dengerin lagunya. lagunya juga sedih kan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya. :(
      Pemudanya pada nyari cabe-cabean. Pemudinya jadi cabe. Engg... enggak tau deng.

      Dengar seluruh angkasa raya memuja~

      Delete
  9. lumayan lah kak Yog, daripada komplek saya ngga ngapa-ngapain. semuanya biasa aja, kyk nggak tinggal di Indonesia ._.
    btw, kalo mengheningkan cipta dulu saya kerjaannya nginjek-nginjek sepatu temen disebelah atau mainin jilbab temen yang baris depan saya hahaha ta[i lebih seringnya sih ikutan nyanyi sambil nunduk, kadang doa juga. macem-macem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waparaaahhh. Terus tinggal di mana? :(

      Iseng banget lu nginjek-nginjek sepatu temen. Wahahaha, gue juga pernah, sih. Seru. :D

      Delete
  10. Lah, itu mah bukan acara deh kayaknya. Pembukaan doang. Masak yang lain gak bolleh makan tumpeng. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak boleh. Tumpengnya buat tokoh masyarakat aja. :(

      Delete
  11. Wah berkat menganggur sekarang jadi warga kampung yang baik. eh ini gue mesti sedih apa bangga.?
    Iya kalo acara kampung kaya gitu emang yang mendominasi bapak-bapaknya, kalo di kampung gue dulu sempet ada sih perkumpulan remaja gitu jadi kalo adain acara biasanya panitianya anak2 remaja. tapi semua berubah ketika satu-persatu remaja menjadi dewasa dan menikah. tidak ada regenerasi perkumpulan keremajaan. dan akhirnya bubar.

    kalo mengheningkan cipta biasanya gue sih mikirin Pevita Pearce itu makan bubur ayamnya diaduk atau enggak ya kok bisa cantik banget. (gak ada hubungannya juga sih ngaduk bubur ayam sama derajat kecantikan manusia) pokoknya gitu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sedih, boleh bangga, atau paduan keduanya?
      Yah, sayang banget bubar. Padahal kalo panitianya remaja pasti seru abis!

      Terus dia kalo makan Bengbeng langsung makan apa didinginin dulu, ya? :/

      Delete
  12. kalo waktu upacara dulu pas mengheningkan cipta gue nyanyi lagu mengeningkan cipta dalam hati sisanya mikir nanti istirahat mau makan apa \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... kok sempet-sempetnya mikirin makanan? Itu lagi mengenang pahlawan, loh. :(

      Delete
  13. Thanks, gan, infonya.

    Rumah lu deket istana negara, ya.
    Kenapa ada karpet merah nyampe di depan rumah?

    Wah. Kacau pemudanya pada ke mana?

    ReplyDelete
  14. Kalau saya waktu sekolah dulu pas upacara di bagian mengheningkan cipta, kan barisannya rapat tuh, gak ada hujan gak ada gerimis tiba-tiba ada cewek sandaran kepalanya di pundak ane. Wihhane seneng kan soalnya cewek nih loh, Ternyata pas ane pastiin nih cewek pingsan dekat ane saking panasnya saat upacara nya.Untung aja ane rangkul biar gak jatuh ke tanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik tuh, sering-sering aja ada cewek pingsan. Lumayan bahunya bisa buat senderan cewek. Kan, sempet aja ngerangkul. Mencari kesempatan kamu, Mz~ :p

      Delete
  15. Mengheningkan cipta tuh berdoa Yog, Bukan mikir jorok haha parah lo.!

    ReplyDelete
  16. Yoga remaja teladan, hahaha.
    Itu kenapa warga gak ikutan makan tumpeng sih? Diskriminasi banget itu. Dimana-mana mah undangan itu hitungannya tamu. Tamu harusnya disuguhin apa... gitu, kek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disuguhin, kok. Warga dapetnya ketupat. Cuma gue kan pengin nyobain tumpeng juga. :(

      Delete
  17. Waduh mas, mandinya kok jam 08 malem. Ntar sakit loh.
    Oh iya, acaranya sebenarnya bermanfaat banget. Sayang ya, banyak remaja nggak peduli sma acara begituan. Sy jg dari dulu bingung dengan mengheningkan cipta, katanya mengenang arwah pahlawan. Sy pikir, dibacain alfatihan lebih bermanfaat buat mereka daripada nunduk2 nggak jelas, ingatpun tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada nggak mandi nanti bau, Mz. :(

      Wehehe. Gue aja belum pernah ketemu pahlawan, gue juga kagak tau pahlawan pas lagi perang mukanya gimana. Selama ini cuma lihat di foto, aslinya nggak pernah. Kagak punya kenangan sama pahlawan. Ya udah, bacain aja Al Fatihah. :)

      Delete
  18. "biasanya baca surat Al Fatihah"

    Yoga anak soleh :D
    Hahaha

    Gue sih biasanya dulu disekolah pas mengheningkan cipta, liatin sepatu aja.
    sambil mikir kenapa sepatu gue lebih keren dari muka gue. *kemudiandilema*

    Kalo di RT gue, ada lomba tumpeng yog. Jadi, tumpengnya banyak.
    gue yang gak ikutan aja dapet. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai nama, Rin. Harus saleh.
      Sedih amat, Rin. :(
      Woi, bagiiiiiii. Gue pengin makan tumpeng.

      Delete
  19. Biasanya tiap malam 17an mesti ada acara kayak gitu, kalo ditempatku ada acara makan-makannya. Tiap rumah mesti bikin sesuatu entar ditukar sama punya tetangganya.

    Selama mengheningkan cipta ngapain ya? Kalo aku berdoa, tapi paling banyak sih bercanda sama temen sebelah *jangan ditiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kok tukeran?
      Wajar, sih. Bercanda pas upacara seru. Kadang kan upacara ngebosenin. :p

      Delete
  20. Eh, RT kita sama, Yog. Gue juga RT 003. .-.

    Kalo pas SMK sih gue selalu ikut nyanyi krn tiap upacara kelas gue pasti jadi tim paduan suara.... haha kalo misalnya bukan sebagai tim padus gue biasanya nunduk aja sambil menguatkan diri(?) karena gue suka kaga kuat upacara.

    kok acaranya gitu doang sih? haha. kalo dulu di RT gue (dulu. sekarang setau gue udah kaga ada acara gini-ginian), itu ada hiburannya dari anak-anak. Gue bahkan dulu pernah nari-nari nggak jelas. Terus pada nyanyi-nyanyi gitu ada organ tunggal :/ pembagian hadiah, banyak deh. Kalo diinget-inget kangen juga sama masa lalu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Ya, namanya juga RT pasti banyak yang sama. :p
      Pingsan gitu? Wah, ternyata kamu lemah. Wakaka

      Makin ke sini jadi nggak seru, ya. :(

      Delete
  21. Kasian udah gaya mau kecengin cewe yang dateng cuma bapak" sama ibu" :v
    Gak dikasih makan lagi hahaha

    ReplyDelete
  22. Mending sih aa acara gituan. Disini kurang rame gitu :(

    Gak niat tuh sama dedek dedek gemes SMP xD tapi emang kakak gak cocok ya bergaul sama bapak-bapak ibu-ibu? aku kira udah sepadan ._.

    Kalo mengheningkan cipta, aku baca al-fatihah juga kalo sempet. Atau kalo diiringin nyanyi, aku ikutnyanyi dalem hati. Atau suka mensugesti diri buat jangan lemes pas lagi pertengahan upacara. Iya, aku suka gakuat berdiri lama lama :( aku lemah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, ternyata masih ada yang kurang rame. :(
      Sompret. -__-

      Lemah sekali ya kamu, Nis.

      Delete
  23. Sekali-sekali kamu yang jadi baca pidatonya, biar bisa menjadi contoh remaja yang baik dan benar sesuai EYD haha dan berjaya diantara cewek SMP U-15 :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaka, remaja yang sesuai EYD itu gimana?

      Delete
  24. Dulu waktu sekolah sering berdoa gitu pas mengheningkan cipta. Tiap pembina upacara bilang 'selesai', pasti bilang amin kayak abis shalat.
    Setelah tambah gede dan makin pinter, ternyata mengheningkan cipta ya cuma menciptakan keheningan aja (kecuali yang nyanyi & main alat musik, biar lebih dramatis kayaknya).

    Waktu masih kampung dulu, siapa aja yang mau upacara pasti dikasih makan. Pernah waktu itu gue (dan temen-temen lain) dibeliin sate kambing, hehehehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoh, begitu ya, Mas Renggo. Berarti sepemikiran sama gue nih. Diem aja menciptakan keheningan.

      Anjir, kampung lu di mana? Mau juga dongssss!

      Delete
  25. Ya, nggak beda jauh juga sama deketan rumahku. Paling, cuma penampilan goyangan dangdut yang diselingi dengan nyanyian dari orang-orang yang sukarela nyanyinya.

    ReplyDelete
  26. Mengheningkan cipta, Yoga baca Al Fatihah? Wuuuiih! Takbiiir! "Allahuakbar!"

    Saya mah dulu kalo lagi mengheningkan cipta, ikutan nyanyi, kalo gak sambil lirik-lirik yang ditaksir. Akakaka~~

    Wakaka. Gapapa, Yog, nggak ada anak mudanya. Kamu yang mewakilkan mereka semua. Eciyeee.

    ReplyDelete
  27. wah kalo aku sih dari jaman SD - sekarang dikantor pas Mengheningkan Cipta pasti nyanyi hahhaa
    jadi nggak pernah kebagian nunduk ngeliatin ujung sepatu lantas ketiduran :(

    ReplyDelete
  28. kalo ditanya lg kayak gitu, aku inget2 pas msh sekolah dulu, kyknya tiap hening cpta aku slalu nunduk ga jls mikirin hr ini mw makan apa di kantin, ato ulangan ntr bkl siap ga ya, ato diem2 curi pandang ke co gebetan hahahaha ;p eh tp serius yog, aku suka ama lagu hening ciptanya... bikin merinding kalo didenger bnr2 ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh, kan, macem-macem kelakuan anak sekolah. Huwahaha.
      Iya, gue juga suka banget sama lagunya. Apalagi pas main suling. :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.