Template, Desain, dan Header

61 comments
Tulisan ini nggak akan menipu kalian. Judul dan isinya insya Allah sama. Gue emang lagi pengin membahas template, desain, dan header. Mumpung habis ganti template, jadi pembahasan gue masih mengenai hal-hal yang berbau seperti ini.

Saat keasyikan menulis di blog, terkadang gue malah lupa sama tampilan blog itu sendiri. Beberapa hari yang lalu, banyak pembaca yang menyarankan gue untuk mengganti template blog yang ijo-ijo mirip cendol itu. Namun, sekarang sudah gue ganti, kok. Hehehe.

Jujur, gue juga risih sebenernya sama template blog yang lama. Gue nggak suka sama warna hijau. Entah kenapa, warna hijau itu malah gue pilih untuk menghiasi blog gue selama setahun lebih. Mungkin awalnya kalian berpikir kalo gue memilih warna hijau itu karena hobi makan rumput seperti kuda. Kuda nil (emang kuda nil makan rumput?). Atau kalian juga berpikir kalau gue mata duitan.

TIDAK. SEMUA ITU TIDAK BENAR!

Gue ingat zaman SD, di mana temen-temen gue suka bilang, “Yang suka warna ijo, jojojojojojo... jorok.”

Kalian inget kata-kata seperti itu? Masa kecil kalian pasti menyenangkan.

Nah, jadi tulisan gue yang agak jorok selama memakai template ijo itu karena efek permainan di masa SD. Gue terpengaruh sama warna hijau yang membuat gue jadi berpikiran jorok atau mesum. Membaca kritik dan saran dari pembaca, gue pun akhirnya sadar. Kalau tampilan itu juga penting dalam sebuah blog.

Mungkin ada beberapa pembaca yang suka sama tulisan gue. Namun, gue nggak mau para pembaca malah pergi karena template yang bikin bosen.

Berbicara template dan desain, gue cemen banget sama kedua hal itu. Dalam mendesain sebuah blog, gue membutuhkan waktu berjam-jam. FYI, tampilan yang sekarang itu gue edit selama 7 jam. Itu aja masih dibantuin sama temen gue. Temen gue ini jago banget soal kode-kode HTML. Awalnya si Reza yang bantuin gue. Dia benar-benar membimbing gue pelan-pelan. Dari hal yang gue sebelumnya tidak paham sekali, menjadi paham sedikit demi sedikit. Mana saja bagian yang harus dihapus kodenya jika ingin menghilangkan sebuah elemen.

Namun, saat di tengah-tengah proses pengeditan, dia menghilang secara tiba-tiba. Seperti orang yang lagi sayang-sayangnya, kemudian malah diputusin.  Mungkin ketiduran dan lelah sama pertanyaan-pertanyaan gue yang tidak ada habisnya. Hehe. Makasih ya udah sabar sama pertanyaan dan ikhlas bantuin gue, Za. Bermanfaat sekali ilmunya! Kata orang, ada beberapa pahala yang tidak akan putus ketika orang itu meninggal. Ilmu yang bermanfaat salah satunya.

Halah. Sok islami banget gue.

Balik lagi soal mengedit template, gue mulai mencari bantuan lagi. Siapa lagi ya, yang ngerti kode-kodean gitu? Akhirnya, gue mengontak Dika , dialah yang membantu gue sampai tahap terakhir. Ya, pokoknya mereka berdua jago dalam kode-kodean gitu, deh. Namun, menurut gue, mereka nggak jago dalam menangkap kode-kode cewek. Hahaha gue sotoy. Seandainya kedua temen gue itu nggak membantu, mungkin sampai sekarang gue masih otak-atik tampilan blog ini.

Oke, gue berlebihan. Tapi serius deh, gue melihat kode-kode HTML itu rasanya langsung pusing, mual-mual, dan ketika gue melihat test pack, hasilnya positif.

Eh, ini gue nulis apaan?!

Hal-hal yang gue tau tentang HTML itu hanyalah HTM dan ML. Iya, HTM: Harga Tiket Masuk, dan ML: Makan Lemper. Itu ML versi gue, nggak tau deh versi kalian yang lagi puasa gini. ML itu Mungkin Lapar.

Setelah mengganti tampilan blog ini, gue mulai belajar sedikit-sedikit mengenai desain. Gue suka sama tampilan blog yang side bar-nya ada di sebelah kanan. Secara otomatis kita akan membaca dari kiri ke kanan, kecuali blog ini memakai tulisan Arab. Nah, karena alam bawah sadar kita yang membaca dari kiri ke kanan. Sehingga side bar yang di sebelah kanan itu emang cocok banget deh.

Kalo yang sebelah kiri agak kurang baik, takutnya mengganggu gitu. Jangan sampai sebuah side bar malah mendominasi. Ingat, konten tetap nomor satu. Ini menurut gue aja, ya. Semua kembali ke selera masing-masing.

Terakhir adalah header.

Hmm, kalau dihitung-hitung, sepertinya gue sudah belasan kali ganti header. Iya, gue memang labil dalam soal tampilan dan header.

Inilah beberapa header gue yang alay itu:


header macam apa ini?
Gue istigfar lihat header zaman 2013 ini


Waktu blogwalking, gue melihat beberapa tampilan header yang terdapat vector wajah. Gue pun iseng membuatnya dengan Photoshop.  Namun, hasilnya malah beda banget.
Gue pun berteriak kesal, “ANJIR, INI MUKA GUE NGAPA JADI KAYAK IBLIS!”

Oiya, vector yang gue buat sendiri sengaja tidak ditampilkan. Demi menjaga kesehatan mata kalian. Lagian, fotonya juga langsung gue hapus. Gue masih belum siap untuk membuat vector lagi. Terakhir kali mencoba, tangan gue masih gemeteran saat memegang mouse. Sama percis gemeternya saat pertama kali memegang dada kamu.

Astagfirullah. Gue ngetik apa barusan?

Kemudian, gue iseng-iseng ngetik kata "Vector" di Google. Gue mengunjungi satu per satu blog yang menjual jasa pembuatan vector. Namun, harganya nggak ada yang sesuai sama kondisi keuangan gue. Sampai akhirnya, gue nyasar ke blog si Tata—temen blogger gue. Kebetulan dia juga membahas tentang Vector Self Potrait, gue pun melihat-lihat koleksi vector-nya. Satu foto, dua foto, tiga foto, gue pun terpukau, dan refleks bilang, “KACAU. INI KEREN BANGET!”


Ini contoh vector buatannya:


Kok bisa mirip gitu, ya? batin gue.

Melihat harganya yang bersahabat, tanpa babibu gue langsung memesan vector sama @tirs_
Proses pembuatannya cepet banget. Paling lama 3 hari. Tapi, waktu itu gue hanya sehari. Setelah vector wajah gue selesai.  Gue pun iseng-iseng bikin header sendiri lagi.

Ini dia.

Auk dah ini maksudnya apa

Lalu, di saat kumpul blogger, Tata bilang, "Vector lu kurang pas kalo ditaruh di tengah. Itu ada bagian yang kepotong, cocoknya taruh di sebelah kiri."

Setelah gue perhatikan. Bener juga kata dia. Tuh, kan. Gue emang cemen banget soal desain. Beda sama dia yang passion-nya tentang hal-hal yang berbau desain.

FYI, si Tata sekarang juga membuka jasa pembuatan header. Kalian bisa cek di SINI.

Btw, header gue yang sekarang itu buah tangan dia, loh. Tolong ya, kalian nggak usah protes sama contoh wajah yang ada di header-nya. Muka gue emang udah dari sananya begitu. Jangan menghina ciptaan Tuhan dong.

Balik lagi soal header, gue puas banget sama hasil karyanya. Boleh revisi gitu kalo merasa ada yang kurang pas. Dan jujur dari gue pribadi, setelah melihat hasil karyanya, gue bakalan memakai jasa dia lagi. Yuhuuu.

Jika kalian tertarik untuk pembuatan header ataupun vector self potrait, coba aja klik link yang tadi agar lebih detail.

Ya udah, segitu aja tulisan gue kali ini.

Ada yang mau berbagi cerita tentang pengalaman labil tentang gonta-ganti template atau header? Silahkan, curhat di kolom komentar.


Oke, cukup sampai di sini aja. Gue nggak mau nulis yang terlalu panjang lagi di blog. Sekian dan terima kasih.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

61 comments

  1. Template dari Mbak Arlina ya. Minimalis banget sih desainnya. Clean lah.
    Oh iya, buat sidebar itu emang bagusnya ditaroh disebelah kanan. Soalnya pembacaan HTML itu setau gue dari kiri kekanan. Kalo ditaroh di kiri ntar yang dibaca oleh search engine itu widget sidebar dulu, bukan kontennya. Jadi susah buat tampil di pejwan Google.

    Buat color scheme udah ngeblend sih. Bagus lah.

    Cuman satu lagi nih saran gue. Tampilan thumbnail dari post image dibenerin.Tuh kan resolusinya jadi pada pecah-pecah kayak kanebo kering. Kayak postingan yang ini http://www.yoggaas.com/2015/07/5-lagu-sheila-on-seven-terkece.html

    Menurut gue, image usahakan HQ Image, biar nggak kayak kanebo kering. Lebih keren kok ntar jadinya

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sekali tambahannya, Bang. Terima kasih. :D
      Gue bener-bener kurang paham kalo soal HTML.

      Iya, itu gue sebelum ganti template. Sip-sip kalau begitu. :)

      Delete
  2. Gue sih suka sama templatenya. Simple. Ini yang nama templatenya Ripple (atau apagitu namanya lupa) ya, Yog?

    Eh gue setuju sama yang komen di atas. Gambarnya. Kegedean gitu, jadi pecah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ini juga terjadi pada template gue yang lagi gue coba pake sekarang. APA YANG HARUS KITA LAKUKAN YOOOGG!!!! :(((( Gue udah pusing bgt serius wakakak. Dari sore sampe jam segini ngurusin blog.

      Delete
    2. Yoi, ripple and clean. :)

      Iya, itu sebelum ganti blog, kan.

      Coba minta bantuan temen yang paham HTML, Bil. Sabar aja, semua pasti ada jalan keluar. Halah.

      Delete
  3. Sekarang jadi clean, ya. Templatenya. Dipadu dengan warna merah galau. Nggak tahu dah.
    Warna merah di blog lu ini warna merah atau pink, ya?

    btw sekarang lu pakai gincu di bibir, ya. Warna merah di bibir header blog lu merah merona gitu. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merah galau itu kayak gimana, sih?

      Fokus lu kenapa ke bibir gue? Astagfirullah.

      Delete
  4. gua gak masalah dengan template sebenarnya sih. gua cuma pengen muka lo jangan ditempatin di header. simpel kok. :v

    ReplyDelete
  5. Saran gue, thumbnail postnya di hapus aja kalau nggak mau ribet nyari HQ image.

    Beri yang terbaik buat pembaca yog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, orangnya dateng.
      Tar dulu deh, Za, gue masih konslet sama yang kemaren-kemaren. :(

      Sip!

      Delete
  6. Asle yog, template dan header yang sekarang lebih calm dan lebih bagussss.

    Btw lu baru sekarang pusing gara-gara kode?, lah di jurusan gue, itu jadi makanan dan tugas sehari hari :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih. :)

      Itu gimana rasanya, Bro?

      Delete
  7. Tampilan blognya sekarang lebih elegan. simple. Lebih modern. Jadi keliahatan lebih pro aja, sih. Apalagi udah pake domain. Content-nya bagus pula. Ciyeee. Sukses teruslah. :)

    Coba pesen vektor lagi. Bosen fotonya itu muluu. Kasih yang wajah 20 tahunnya dong. Wakaka. :p

    Btw, header yang tahun 2013 bikin mules. , "'Yoga Akbar Sholihin Dan Dunia di sekitarnya". Udah kek adzan magrib aja. Hahaha. Dunia di sekitarnya itu dunia apa? Dunia lain? Ahahahahakk.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabbal alamin. Sukses juga untuk Mbak Rima. :)

      Nanti deh kalau ada rezeki berlebih, mau belajar bikin sendiri dulu. Wakaka. :(

      Plislah, setiap orang pernah alay. :(
      Sampai sekarang juga alay kayaknya. Hehehe. Hehe. He.

      Delete
    2. Aamiin ya Rabbal alamin. Terima kasih Mas Yoga. :)

      Iya. Curang kan nggak di-upload gambar vektor hasil karya sendirinya. Padahal pengin lihat banget. Penasaran. Pasti lawak abis. Pffffttt. :((

      Ahahak. Sedih.

      Delete
  8. Udahlah, udah kece badai lah bang yog. Fresh dan calm gitu template nya, memang design mbak arlina keren suer dah....

    Yang menarik perhatian gue yaitu di blog ini udah masang GA. Berapa lama nih bang ngajuin ke google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue udah 2x masang GA, Fif. :))

      Yang pertama kali pernah keblokir, akhirnya bikin akun baru deh. Hmm, yang pertama cuma 4 hari langsung diterima. Tapi tulisan harus tetep konsisten. Seminggu sekali ada posting. :D

      Yang kedua agak lama, karena ya itu, pernah diblokir. Kira-kira hampir 2 minggu. :)

      Delete
  9. Asle yog, template dan header yang sekarang lebih calm dan lebih bagussss.

    Btw lu baru sekarang pusing gara-gara kode?, lah di jurusan gue, itu jadi makanan dan tugas sehari hari :')

    ReplyDelete
  10. Wedeh, adem banget tampilan blog lu sekarang, serasa lagi baca ukiran tulisan "Budi love Supri" di batang pohon di tengah hutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sama Supri juga lah, mendingan sama Bambang.

      Delete
  11. Hahaa.. Jd nostalgia jaman SD kann :D Untung ngeledekinnya bkan gini ya "yang pake baju ijo jojojojoo........ jomblo.." :")

    Oiya ngmongin soal template, gue jg msh gak ngrti2 banget, apalagi brhubungan dgn HTML dan sodara2nya... Tobat dahh:')
    Gue buka ini jg via mobile kak, gak ada tulisan via web nya soalnya._. apa emg via web dan mobile nya jd sama, ya?
    *maklum norak wkwk*

    Jd keren sih pnampilan blognya kak, lebih modern, elegan, simple jg..
    knp msti warna merah? Merahnya dimudain dong biar unyu :3 wkwk
    Ini jd templatenya bkan download gtu? *maap msh gak ngerti._.v*

    Pgn jg deh mukanya di vektorin gtu, trs dijadiin header, lucu kyaknya.. Tp gue masih gak pede kak, nampangin muka di header blog:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bawa-bawa jomblo apa, Lu. Takut banyak yang tersinggung. Hahaha.

      Iya, sama. Template responsive namanya. :)

      Download, cuma di-redesign gitu, Dek. Ada bagian yang ditambahin dan dihapus. :D

      Pede aja. Itu muka gue yang jelek aja tetap pede. :(

      Delete
  12. Gue lebih suka template yg ini Yog, beneran deh. Rasanya adem,tenang, damai, kayak dalam pelukan Zayn Malik gitu deh.
    Gue setuju, dgn alasan kenapa side bar diletakkan disebelah kanan. Kalo disebelah kiri memang bener-bener mengganggu ya yog.

    Elaaah, kagak ada hubungannya template ijo lo dulu dgn pemikiran lo yg jorok alias mesum. Lah ini buktinya, meskipun template lo udh gak ada warna ijo-ijo nya, tetep ae mesum. Huh.. laki-laki. -__-
    Gue sendiri pernah ngotak-ngatik kode HTML dgn panduan google, tapi kampretos banget. Gak berhasil.
    Gue memang payah yak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, sa aje lu, Sek! Hahaha.
      Dalam pelukan malaikat malik aja kalo lu. :p

      Huft. Mesum apa, sih? Itu dibajak.

      Gue juga payah. :(

      Delete
  13. Masuk ke blog u w dah rasain banyak perubahannya yog
    desainnya lebih rapih dari sebelumnnya
    jadi gue bacanya lebih nyaman,
    hehehe

    tpi kalau u masih pake header 2013 kayaknya bakalan banyak orang yang ketakutan deh
    cz seremnya minta ampun
    wkkww

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih untuk penilainnya, Bang. :)

      Hahaha, iya. Gue juga jijik banget. Astagfirullah.

      Delete
  14. Uanjir keren YOG! cakep, lu dengerin kata semua orang :D

    ReplyDelete
  15. Kalo masalah sidebar yang di sebelah kanan itu aku setuju. Nggak tau kenapa kalo aku lihat sidebar di sebelah kiri jadi pusing. Yah tergantung sukanya ditaruh mana :D

    Tampilannya jadi enteng nih. Pernah main kesini dan dibandingkan dengan yang dulu templatenya lebih seger (?). Headernya juga bagus. Aku juga tertarik bikin header dengan jasa yang sama. Cara ngehubunginnya gimana ya? Aku udah komen di blognya sih.

    Udah mantep lah tampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gue juga males lihatnya kalo di sebelah kiri. Tapi, balik lagi ke selera masing-masing.

      Di link itu tertera jelas cara kontaknya, Bro. :)

      Oke, makasih yaaa. :D

      Delete
  16. Banyak yang setuju sama sidebar sebelah kanan. Tapi aku enggak. Enggak ngerti maksudnya. Sidebar apaan sih xD Mending lah kak ada ngerti ngertian dikit sama HTML. Aku malah gak ngerti apa-apa. Sempet pengen mahamin itu HTML tapi jatohnya malah pusing :( Akhirnya blog ku cuma gitu, nyerah sama desain xD

    Blog kakak yang sekarang lebih enak diliat. Simple tapi tetep keren. Ditambah tulisannya, makin keren :)) Warna merahnya juga kece. Agak pink-pink gitu xD
    Akhirnya perjuangan 7 jam terbalaskan ya :D

    Aku ketawa pas liat header jaman dulu :( maaf banget, gak sengaja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini anak polos banget... XD

      Delete
    2. Gimana jelasinnya, ya? Gue bingung. Hahahaaha masih polos amat.

      Gapapa, gue buka aib biar menghibur kalian para pembaca. :(

      Delete
    3. Tidaaakkk aku tidak polossss T-T

      Delete
  17. gue gak begitu suka otak atik gituan, huh,herder gue premitif. banget

    ReplyDelete
  18. Oh ini template dibantuin Reza juga.. keren, men.
    Btw, thanks udah dipromosiin ^^

    ReplyDelete
  19. Keren yog template baru lu. Header nya mayan, ngakak gue pas lu istigfar liat header lu tahun 2013. hahahaha =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu jahat! Ngetawain header aku yang alay. :(

      Delete
  20. tampilan udah oke yog , template bikin nyaman pembaca termasuk gua .. desain headernya menarik ...
    tinggal iklan deh pasang dipostingan biar ada penghasilan hehe kali aja rezeki dateng secara tiba2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, udah dipasang, kok. Coba matiin adblock-nya. :))

      Delete
    2. pasang nya sama di setiap postingan yog , jangan disidebar semua hehe . *cumasaran

      Delete
  21. Semangat sama desain baru nya bang.... Semoga engga harus di ganti mulu. Biar nyaman bang. Karena kalo sering ganti artinya enggak nyaman kan bang?
    Dab setau gue yang keseringan diganti tapi malah bikin nyaman cuman softex. Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi! Kayaknya gue bakal bertahan sama template ini. :) Iya, kalo nggak nyaman mending putusin. Eh, ini apaan?

      Udah pernah nyobain, Dick?

      Delete
  22. Aku nyaman-nyaman aja sih sama template yang sekarang. Kayak yang komentar diatas, lebih simple dan calm.
    Itu, quotes header yang 2013 nya tuh kok misteri ya... '...dan dunia di sekitarnya' *brb skip*
    Btw, blognya kayak ikut lebaran juga ya? Template baru, domain baru, desain baru... Heu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skip!

      Hehehe. Malah dari sebelum lebaran, kan. :)

      Delete
  23. *sungkem udah lama gak main kesini*

    Makin suka aja sama blog kamu yang serba baru ini, Yog. Mulai dari header, template, sampai domain. Efek lebaran apa gimana ini? Baru semua :D

    ReplyDelete
  24. DEMI LO GUE NGALAH GAK PAKE TEMPLATE INI.

    Namun ketemukan yang lebih pas di hati, aw!

    ReplyDelete
  25. abis baca beginian, gue langsung nyari template yog. beruntung lau punya temen'' yg setia bantuin ya. itu lu nggak sampe jadian sama reza kan? sedih, kalo dia bneran jadian sama elu, yog.

    alhamdulillah, selama gue nge-blog, header gue nggak alay-alay. nggak ada mukanya juga. jadi pembacanya nggak takut pas baca. bukan berarti gue jadi takut baca blog lo, krena ada muka elu ya. tapi, emang agak serem gtu juga sih, yog.

    reza, dika, tata udah d promoin. trus blog gue kpan d promoin jga HAH!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia udah punya pacar masalahnya, Zi. :(

      Gapapa, hidup alay!

      Hehehe, pulang dulu makanya. :p

      Delete
  26. sekarang udh jarang warna lumutnya ya.

    Header yg pertama lo masih mending daripada yg 2013. Agak sedikit.. hmm.. keramean walaupun orangnya suka rame sendiri~

    gue jg suka gonta-ganti template karena bosan sendiri wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan gara2 Yoga pengen ganti template lagi :(

      Delete
  27. Ya gonta ganti gapapa, asal sesuai sama karakter sih. Semoga langgeng sama yang ini ya Yog

    ReplyDelete
  28. Jadi ngga sekalian dibikinin nih sayah hahaha

    ReplyDelete
  29. "mereka nggak jago dalam menangkap kode-kode cewek" Yah, ketahuan :(

    semoga lu bisa belajar html dikit-dikit biar makin tau dan gampang buat otak-atik blog. Hahaha. BTW, terima kasih buat pulsanya, walaupun gue gak ngirim sms mamah minta pulsa :D

    ReplyDelete
  30. Ngurusin template itu bikin pusing, udah berkali-kali template gue ganti, dan tampilannya jadi ancur dan bikin semangat gue buat ngeblog jadi turun.

    Header lo taun 2013 keren gitu.. :P Hahah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.