GagasMedia, Dua Belas, dan Terus Bergegas

66 comments
Bismillah.



Sebelumnya, gue ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-12 untuk GagasMedia! Semoga makin kece dan terus oke. Aamiin. Nah, dalam rangka ulang tahun yang ke-12, GagasMedia mengadakan event, yaitu  memberikan "KADO UNTUK BLOGGER".

Oleh karena itu, gue sebagai blogger pun ikut berpartisipasi dalam event ini. Caranya gampang banget, tinggal jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.



Oke, langsung saja. 

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!


1.       5cm – Donny Dhirgantoro
2.       Filosofi Kopi – Dewi ‘dee’ Lestari
3.       Perahu Kertas – Dewi ‘dee’ Lestari
4.       Tenggelamnya Kapal van der Wijck – Hamka
5.       Jomblo – Adhitya Mulya
6.       Sabtu Bersama Bapak – Adhitya Mulya
7.       Cinta Brontosaurus – Raditya Dika
8.       Marmut Merah Jambu – Raditya Dika
9.       Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika
10.   Koala Kumal – Raditya Dika
11.   Skripshit – Alitt Susanto
12.   Relationshit – Alitt Susanto

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?

Skripshit.

Karena di dalam buku itu ada bab yang berjudul Life is a Journey dan Sebuah Awal Episode Kedua. Di bab itu, gue refleks meneteskan air mata. Entah kenapa, tulisan itu penuh dengan perasaan. Gue nggak bisa bayangin gimana rasanya hidup dari kecil yang kurang atau jarang mendapat perhatian dari seorang ibu. Demi mendapatkan perhatian, tokoh Alitt pada zaman SMA bersekolah di STM. Ia menjadi anak yang nakal, pribadi nyeleneh, pemberontak. Pokoknya semua itu ia lakukan semata-mata demi mendapatkan sedikit perhatian dari orangtuanya.

Akibat kenakalannya sendiri, ia akhirnya ditegur oleh Tuhan. Tokoh Alitt kecelakaan, wajahnya cidera, apalagi di bagian matanya. Di masa itu, Alitt benar-benar menyesal akan perbuatannya. Gara-gara ulahnya, keluarganya harus mengeluarkan banyak biaya untuk operasi. Ibunya sampai berhutang ke tetangga dan menjual beberapa harta yang dimiliki. Namun, semua kejadian itu membuat Alitt sadar. Alitt akhirnya paham, mungkin itu cara Tuhan mendidiknya. Ia pun bangkit dan berusaha menjadi manusia yang lebih berguna.

Setelah membaca buku Skripshit, gue pun mendapatkan sebuah pelajaran berharga yang bisa dipetik.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

“Percayalah kawan, hidup itu terlalu singkat untuk diisi dengan penyesalan. Belajarlah dari masa lalu, karena di sanalah Tuhan memberikan banyak contekan untuk menghadapi ujian di masa depan.” – Skripshit, di bab Sebuah Awal Episode Kedua, Alitt Susanto.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya.

Tokoh Kugy di buku Perahu Kertas.

Kugy adalah tokoh yang simpel, gue suka banget sama cewek yang simpel. Lalu, dia juga aneh, nggak tau kenapa gue suka aja sama orang yang aneh-aneh, soalnya beda gitu. Suka nulis, imajinasinya juga tinggi banget. Tentunya, dia juga orang yang baik. Ya, kayaknya cocok aja gitu sama kepribadian gue yang aneh juga. Hehehe.

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Sabtu Bersama Bapak.

Di akhir cerita, tokoh Cakra akhirnya menikah dengan wanita yang ibunya jodohkan. Yang nggak tahunya  adalah teman kantor yang memang sudah Cakra suka. Asli, itu twist banget buat gue. Tokoh Satya mulai berubah kepribadiannya, ia menjadi suami yang lebih baik untuk istrinya, dan bapak yang berusaha selalu ada untuk anak-anaknya. Ibu Itje operasinya berjalan dengan lancar, dan tetap hidup. Cerita ini happy ending.  Apalagi ada tambahan di epilog, mereka bertiga menonton rekaman video saat-saat terakhir bersama bapak. Pokoknya, ending novel yang bener-bener berkesan buat gue.

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?

Jomblo karya Adhitya Mulya.

Karena waktu itu kebetulan gue jomblo, kalo nggak salah pas gue masih kelas 1 SMA. Lagi iseng-iseng ke Gramedia, terus lihat buku yang judulnya singkat banget, “Jomblo”. Karena penasaran, ya gue lihat dulu buku itu. Akhirnya, gue baca ringkasan cerita atau blurb di halaman belakang, eh itu bercerita tentang 4 sahabat yang tentunya jomblo dengan masalah mereka dalam mencari cinta. Kayaknya pas banget sama kondisi gue dan temen-temen gue yang kebetulan sahabatan berempat. Maka, gue putuskan untuk membeli buku itu. Setelah gue baca, bukunya keren banget, ending-nya juga mantep.


7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?

Manusia Setengah Salmon.

Buku-bukunya Raditya Dika itu selalu bikin gue penasaran. Iya, judul bukunya yang selalu bertema binatang. Nah, waktu itu, gue semakin penasaran sama judul yang Manusia Setengah Salmon. Ada-ada aja ngasih judul seperti itu. Ternyata buku ini tentang perpindahan, dari mulai pindah rumah, sampai pindah hati. Menarik banget isi buku dan judulnya. Kayaknya itu aja, deh.

8. Sekarang lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?

Kalo cover, gue suka buku Relationshit.

Nggak tau kenapa, ya suka aja. Posenya Alitt yang lagi tiduran sambil mangap, dan di situ ada gambar hati yang patah dan berdarah. Hmm,  terus dikelilingi beberapa animasi yang nangis, berduka, dan lain lain.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

Remaja, cinta, dan komedi.

Hmm, ya karena ringan untuk dibaca. Gue kurang suka sama bacaan yang terlalu serius. Tema cinta itu begitu universal, pasti banyak diminati oleh para pembaca. Gue suka banget sama tulisan-tulisan yang asyik dan lucu. Saat lagi fokus membaca alur cerita, adegan demi adegan, eh kemudian bisa tertawa.

10. Siapa penulis yang paling ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?

Raditya Dika.

Pengin banget rasanya ketemu sama orang yang sudah memotivasi gue untuk menulis. Dia juga mengajarkan menulis komedi pake hati.
Kalau sudah bertemu, pastinya ajak foto bareng, minta tanda tangan, dan mungkin tanya-tanya soal menulis dan komedi.

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?

Lebih suka baca buku cetak (kertas) pastinya.

Kalo baca buku cetak lebih asyik rasanya. Terus, keren aja gitu kalo dilihat sama orang lain kalau lagi baca buku cetak. Kalau baca e-book, misal di HP, nanti disangkanya mainan HP terus. Lagian, membaca atau menatap layar lama-lama nggak baik untuk kesehatan mata. Radiasi gitu deh.

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!

GagasMedia ialah penerbit yang melahirkan karya kreatif, keren, unik, dan luar biasa.


Akhirnya selesai. Woaaaaah, lumayan juga ya jawab 12 pertanyaan. Hehehe.

Ada yang mau ikutan juga? Yuk!

Segitu aja dari gue, terima kasih.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

66 comments

  1. Wuiih~ Jadi pengin ikutan event-nya jugaa. Tapi males. Wakaka. Tulisin dong. ._.v

    Itu 12 buku di atas punya kau semua atau ada yang minjem? Keren banget kalo punya semua.

    Selama ini belum pernah nangis karena nonton film atau baca buku. Sedih, ya, sedih aja gitu. Cuma pengin nangis, tapi gak nangis. Wkwkwk.

    Semoga dapet pasangan yang kayak Kugy, ya. :)

    Semoga bisa dipertemukan dengan Raditya Dika. :)

    Semoga beruntung sama event-nya Gagas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nnton Anohana Riz, pasti bakal nangis hahaha :D

      Delete
    2. Kamu mau aku tulisin? Tulis di hati kamu? Ehhhh.
      Ada yang e-book. Punya semua dan cuma sebagian kecil yang minjem. Hehehe.

      Aamiin. Kugy akan menemukanku dengan radar Neptunus.

      Aamiinn.

      Aamiin.

      Delete
    3. Mau.. tapi, aku udah nggak punya hati. Hatinya udah diambil seseorang. Duh. ._.

      Aamiin. Kugy pasti akan menemukanmu. Soalnya, radarnya sudah semakin canggih.

      Delete
  2. Ih, ku gereget ingin ikut. Tapi takut nggak sempet. :( Semoga kesampaian menang ya! Good luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan aja, masih sampai tanggal 5. :)

      Makasih. Aamiin.

      Delete
    2. saya juga hanya ikutan menonton aja...masih banyak yang musti dikerjakan gan...semangat ya dan sukses selalu.

      Delete
  3. Berasa lagi bikin postingan buat liebster award \w/
    Good luck yaaa!

    ReplyDelete
  4. Hahaha bener juga nih Selvia Sari. Asik deh Yoga sekarang udah gahul. \:p/

    ReplyDelete
  5. wah emang ceritanya bang alitt bisa jadi motovasi, buku bukunya sih belum pernah baca, tp udah baca di blognya, seruu..
    kalo.. bukunya bang dika, emanga bikin ngakak euii..
    duh ikutan juga ga yaaa

    ReplyDelete
  6. Cewe aneh itu?
    Kaya ada manis-manis'a gitu

    bener ga Yog? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaallah ini anak pd banget yah haha
      Coba jilat sendiri tangan'a manis ga tuh Nuchan :D

      Delete
  7. Kok nggak ada buku mata pelajaran atau buku mata kuliah, Yog. Parah lu!

    Inget guru lu, Yog, yang sudah mengajarkan baca dan hitung. Minimal buku pelajaran Bahasa Indonesia atau Matematika. Tanpa itu mungkin, lu nggak bisa baca dan jajan permen di warung. :p
    *peace

    Sukses, ya. Semoga menang.

    ReplyDelete
  8. pengen ikutan tapi engga mau jadi gimana dong :D

    ReplyDelete
  9. Cie gencar nyari THR :p

    Good luck yog

    ReplyDelete
  10. Yoga bisa nangis? subhanallah *peace

    Semangat Yogaaa.. cukcesss yaww

    ReplyDelete
  11. semoga menang deh yog :)

    ReplyDelete
  12. Wih, domain baru!
    Wih, ada adsense lagi!
    Wih, masih jomblo!

    Agak rakus baca juga, ya. Gue tadinya pengen ikutan, cuma di poin pertama aja kesulitan milih 12 judul bukunya.

    Good luck, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah bawa-bawa jomblo. Astagfirullah.

      Kalo mau jadi penulis harus banyak baca, Mas. :)

      Delete
  13. Remaja, cinta, dan komedi.
    Ini Long Distance RelationSick banget yog. Bacalah! Hahhaa


    Gue suka 12 kalimat yang lo bikin di sini. Semoga beruntung yak

    ReplyDelete
  14. Wihh, semangat yoga :) semoga menang yaa :)

    ReplyDelete
  15. Ih yoga ikutan juga, gue juga ikutan iseng-iseng haha. Eh iya kita samaan, Yog pengen ketemu raditya dika, jangan jangan kita..........ngefans sama dia bhahahaha. Lo pengen pacaran sama kugy? Gue kan mirip banget, Yog, kok lu gak sadar sih?

    ReplyDelete
  16. Sama. Aku kalau jadi cowok, pengen cari cewek yang kayak Kugy. Gaya pakaiannya nyeleneh tapi tetap cantik. Badannya mungil tapi pikirannya dewasa. Gila dongeng tapi gak tutup mata sama kenyataan. Dulu aku sampe maksa teman sekelas buat manggil aku dengan nama Kicha, bukan Icha. Biar sama-sama huruf depannya K kayak Kugy dan Keenan. Huahahahaha.

    Pertanyaannya dijawab dengan lugas dan apik. Mudahan pas interview kerja bakal selugas itu ya, Yog. Oh iya, kirain Filosofi Kopi bakal dijelasin panjang. Ternyata cuma nyempil aja. Sebagai anaknya Ibu Suri, aku nitikin air mata satu tetes. :'(

    Moga menang ya, Yog! :) Pengen ikutan juga deh tapi takut gak lugas, malah mesum jawabnya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segitunya, Cha? Nggak nyangka. :))

      Woalah, malah ngingetin tentang interview. Hahaha.

      Aamiin. Makasih, yaaak.

      Ikutan, gih. Justru mesum itu beda. :p

      Delete
  17. Bagaimana mungkin Skripshi bisa bikin nangis ,,
    Ane ko engga ya :v

    ReplyDelete
  18. Mau bikin postingan cerita pribadi atau bukan ciri khas dari yoga tulisannya selalu panjang, mentang-mentang pengen jadi penulis huihihihi
    Btw, kalau mau ketemu sama raditya dika jangan lupa calling gue yah yog, gue juga mau selfie bareng sama bang dika yang kocak icikiwir abizzzz :G

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi. Selalu panjang, ya? Ciri khas gue mungkin. :D

      Lah, gue nggak tau kontak lu. :p

      Delete
    2. Lahh kamunya sih nggak kreatif, kenapa nggak minta kontak gue dulu :D

      Delete
  19. kalo yang kugy...arrrrgh, ngeliat filmnya aku langsung ga suka, aku suka bukunya, kugi yang diperankan oleh artis di film ga sesuai ama bayangankuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ekspektasi gue juga ketinggian pas baca buku. Di film kurang.

      Delete
  20. wuuuuihh pertanyaannya banyak ^o^...aku hrs cek mini libraryku utk jwb bbrp pertanyaan di atas :D.. Saking banyaknya, kdg aku lupa buku apa aja yg bikin aku terkesan.... :D.. Moga menang Yog ^o^... eh kalo baca buku2 yg kamu tulis, beda bgt ama jenis buku yg aku suka ;p... aku cndrung suka buku2 karagan sidney sheldon, s mara gd, enid blyton, trinity, tere liye, sophie kinsella, jk rowling....

    trs krn pernah sekolah di malayasia, aku jg fans berat bbrp novel karangan author di sana, kyk fauziah ashari dan aisya sofea ^o^.... buku mrk asyik...mungkin awal2 dibaca pusing krn masalah bahasa,,tp lama kelamaan nyambung jg :D... Soalnya salah satu cara supaya aku bisa cepet menguasai logat dan aksen melayu ya dgn cara baca novelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih doanya, Mbak. :D

      J K Rowling suka juga, kok. Cuma gue lebih ke penulis Indonesia. :D
      Kalo Tere Liye, nggg... belum pernah baca. Kayaknya bagus-bagus. Coba, aaah.

      Wehehe, adaptasi bahasanya agak sulit sepertinya.
      Oh, rahasianya gitu? Ciyee baca novel bisa cepet menguasai logat. :p

      Delete
    2. iya Yog, jd spy cepet bisa niru aksen mrk, selain dengerin lgs mrk ngomong, pas baca novelnya, dibaca sampe kedengeran spy bisa pas ;p.. kalo perlu, aku malah baca novelnya di depan temenku yg asli sana ;p ..jd dia bisa benerin aksennya udh pas ato blm :D

      Delete
  21. ternyata Yoga pernah nagis juga waktu membaca :D
    mau dong ikutan, tapi ..........

    ReplyDelete
  22. Remaja, cinta, dan komedi temanya anak remaja sekarang

    ReplyDelete
  23. BEH! CALON MENANG NIH!
    12 kata buat Gagasnya yahud abis!

    Btw, gua juga suka karya2nya Alitt. Kutipan2nya juga keren tanpa harus menye2.

    Semoga menang luh!

    ReplyDelete
  24. wah ada lomba blog lagi ternyata. semoga elu menagn Yog.
    gua juga suka karakternya kugy. hahaha. pengen macarin. tapi entah kenapa pas jadi film malah berasa aneh. huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih, Man. :D

      Iya, Maudy kurang pas, ya?

      Delete
  25. wahhh sukses ya yog hehehe , gua yakin lu yang menang . bant doa dari sini aja ya :)
    btw domain blognya berubah nih ... makin oke aja deh ... jadi domain TLD

    ReplyDelete
  26. inspirasi lu keren2 yog, moga menang :D

    ReplyDelete
  27. saya ikutan menyimak aja ya gan...dan suka dengan idenya...sederhana tapi cerdas. makasih gan.

    ReplyDelete
  28. Tumben jawabannya singkat-singkat Yog,
    Enggak kejedot pas antri bayaran di kampus kan??
    *eh

    Emang ituh si Raditya Dika makan apaan yah sampe jadi lucu gitu.
    Anyway sukses terus deh!

    ReplyDelete
  29. semoga menang yog, kan pakar LDR -lohh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, Yan. Aamiin. Kagak ada hubungannya ama LDR. -__-

      Delete
  30. nasibb. aku taunya hari ini ada event ginian.
    betul jg yah, buku b.indo sama mtk kemana tuh? LOL

    kalo gw tokohnya cewek lebih mirip putri noh.. ceweknya si oda nobunaga yg dceritain sohachi yamaoka.

    aniwe, goodluck smoga menang.
    salken gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, buku pelajaran dilupakan. :(

      Putri mana? Putri Salju kue lebaran?

      Salam kenal juga! Sering-sering main, yaaa. :D

      Delete
    2. buhaha...
      tenang ... gw main2 terus kok.
      main kelereng :P

      Delete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.