Ngomongin Kentut dan Kenangan Puasa di Zaman Dahulu

106 comments
Ketika salat, gue pernah beberapa kali mules. Iya, secara mendadak perut terasa sakit, dan kalo ditahan malah semakin nggak karuan.
Mau nggak mau, gue pun mundur dari barisan salat. Hmm, tentu saja untuk kentut.

Gue lebih milih batalin salat dan segera kentut daripada tetep salat sambil nahan kentut. Karena itu memang nggak baik, Gaes. Salat kita jadi nggak khusyuk.

Sok alim amat gue. Taik dah.

Emang, sih, malu sama orang di sekitar kalo tau-tau mundur dari barisan salat. Namun, itu lebih baik daripada nahan-nahan kentut, eh malah kentut pas lagi rukuk atau sujud.
Nggak lucu aja gitu, misal gue lagi rukuk atau sujud, terus tau-tau bunyi “Preeettt.” Atau “Duuutttt.”
Dan bisa saja orang yang di belakang gue langsung kesal karena dikentutin.


Kalo orang itu mendadak marah gimana?
“WOI, BEGO! LAGI RUKUK TAU-TAU KENTUT. MANA BAU LAGI! BIKIN BATAL SALAT GUE AJA! SIALAN LU!”

Kemudian orang-orang yang ada di sekitar gue jadi risih. Ibadah salat berjamaah pun jadi nggak khusyuk. Apalagi kalo imamnya udah nggak fokus. Kacau sudah.

Kira-kira, ada kejadian begitu nggak, ya? Kalo beneran ada, astagfirullah.

Duh, ini ngapa malah bahas kentut?

Gapapalah, kentut itu manusiawi. Lanjut!
Setelah kentut, tentunya gue memilih pulang ke rumah. Iya, gue malu untuk salat di masjid lagi. Gue akan libur sehari dulu untuk datang ke masjid. Yoi, supaya orang-orang lupa kalo gue pernah kentut. Hehehe.
***

Ngomong-ngomong soal kentut, tadi pas salat Tarawih, gue mendadak mules. Bagusnya, gue mules saat Tarawih putaran ketiga—6 rakaat.
Tinggal 2 rakaat lagi, gue pun bisa pulang dengan damai. Batin gue.

FYI, di rumah gue Tarawihnya 20 rakaat, dan ditambah Witir 3 rakaat. Jadi, gue bisa pulang dengan santainya. Yang mungkin orang-orang berpikir atau berkata dalam hatinya. Oh, mungkin dia lagi capek. Makanya baru 8 rakaat udah pulang.

Mereka nggak tau aja kalau sebenernya gue pengin boker. Huwahahaha.

Sampai di rumah, gue langsung ke WC. Oiya, gue biasa boker sambil bawa HP. Saat sedang asyik scroll-scroll timeline Twitter, gue melihat sebuah twit tentang indahnya Ramadan zaman dulu. Gue refleks senyum-senyum sendiri sambil mengenang sesuatu.

***

“Pak, udah rakaat berapa, ya?” tanya gue kepada seorang bapak-bapak berkumis di sebelah gue.
“Baru juga 6, Dek. Masih 4 lagi.”

Itu adalah salah satu pertanyaan gue di sela-sela salat Tarawih pada 6 tahun yang lalu.

Enam tahun yang lalu, gue memang suka banget menghitung jumlah rakaat salat Tarawih. Di pikiran gue saat itu, gue ingin ibadah salat Tarawih yang imamnya cepet. Tentu saja kalau cepat selesai gue bisa bermain sama temen-temen gue.

Biasanya, sepulang Tarawih gue tidak langsung pulang. Gue malah main lari-larian, perang sarung, dan main petasan.

Gue masih ingat betul, kalau gue nggak bisa bikin selepetan dari sarung. Di mana temen-temen gue pada nyelepetin gue pake ujung sarungnya yang lancip sampai gue kesakitan. Sedangkan gue, gue nggak jago bikin selepetan. Gue hanya bisa membalas pake ujung yang satunya lagi—yang dibuntel gitu.

Gara-gara itu, gue nggak boleh ikutan perang sarung. Katanya gue bermain curang.

Sedih.

Gue juga masih ingat betul, saat perang petasan sama temen sendiri dan akhirnya malah musuhan.
Waktu itu, sepulang salat Tarawih, gue dan teman-teman langsung pergi ke suatu tempat yang lapang. Walaupun tempat itu bukan lapangan, tapi gue sebut saja lapangan. Yoi, kami akan bermain petasan di lapangan. Awalnya, kami hanya iseng-iseng main lempar-lemparan petasan korek. Sampai-sampai keisengan gue yang menaruh petasan korek di kantung celana si Bagus—salah satu temen gue.

Tiga.
Dua.
Satu.
DUAAAAARRRRRR.

“ANJEEEEENGGG!” teriak Bagus.
Gue tertawa ngakak melihat hal itu.
“Oh, lu yang naro, Yog? Sakit bego, nih,” ujar Bagus.

Setelah gue perhatikan, ternyata celana Bagus bolong. Ia juga begitu kesakitan sambil memegang pahanya. Karena tidak terima, Bagus gantian melempari gue petasan jangwe.

Taik.

Parah banget ini, masa petasan korek dibalas sama petasan jangwe?

Nggak adil, weyyy!

Akhirnya, gue dikeroyok sama temen-temen gue pake petasan korek dan jangwe. Mereka melempari gue petasan-petasan kampret itu. Alhamdulillah, gue bisa menghindari petasan itu dengan baik. Tidak ada petasan yang mengenai gue.

Kesal karena dikeroyok, gue menyalakan petasan tembak yang kecil.

Btw, kalian tau petasan tembak, kan?

Kalau nggak tau, petasan tembak itu yang habis dinyalakan langsung diarahkan atau ditembakkan ke langit.
Kalo nggak tau juga, ini fotonya.


sebelum dinyalakan


setelah meledak di langit.
sumber : Klik Aja
Bukan petasan tembak yang besar seperti ini, kok. Yang kecil pokoknya dah, nggak begitu bahaya. Kalo nggak salah, itu yang 10 kali tembakan.

Setelah petasan nyala, gue mengarahkan petasan tembak itu ke temen-temen gue. Awalnya, maksud gue hanya ingin menakut-nakuti mereka. Namun dari 10 tembakan itu, ada salah satu yang nggak sengaja mengenai dada si Bayu—temen gue yang lain. Yang gue kaget, bajunya sampe bolong, dadanya pun jadi terluka bakar. Tak lama setelah itu, Bayu pun menangis. Melihat Bayu menangis, teman-teman yang lain langsung berseru, “Jangan temenin Yoga lagi, yuk. Dia mainnya parah. Temen sendiri dicelakain.”

Mereka pun mengantar Bayu pulang ke rumahnya, dan segera meninggalkan lapangan itu. Mereka juga meninggalkan gue.

Gue hanya terdiam dan merasa bersalah.

Ya, gue musuhan sama temen-temen gue karena kebodohan itu. Gue juga diomelin habis-habisan sama orangtuanya Bayu. Entah kenapa, gue bisa khilaf. Saat itu, gue benar-benar kesetanan. Gara-gara itu juga gue dianggap sebagai teman yang jahat. Padahal niat gue hanya bercandaan. Emang, sih, gue sadar kalau tindakan itu sungguh keterlaluan.

Tapi, apakah mereka itu juga tidak berpikir? Kalau petasan jangwe yang mereka lemparkan ke gue itu bisa saja mengenai tubuh, atau bahkan muka gue?

Namanya main dan bercandaan, ya wajar dong kalo dibales. Giliran ada korban, malah musuh-musuhan.

Huft.

Bersyukur sekali nggak ada cewek yang ikut pada hari itu. Gue hanya nggak bisa bayangin, kalau petasan tembak itu mengenai teman gue yang cewek. Kaos yang ia pakai bolong, teteknya kelihatan. Kan parah.

Belum lagi kalau luka bakarnya nggak hilang-hilang. Nanti ketika dia udah jadi seorang ibu, bisa-bisa anaknya nggak mau nenen.

Astagfirullah, gue ngetik apa barusan. :(

Dari tadi kayaknya gue cuma ngomongin perang sarung dan petasan. Sebenarnya, gue paling kangen banget sama Ramadan di zaman dulu itu karena puasanya. Puasa di zaman gue SD-SMP terasa lebih indah. Gue masih ingat, pertama kali gue berhasil puasa setengah hari di saat kelas 2 SD. Hmm, saat kelas 1, gue lebih banyak nggak puasanya. Lalu, saat kelas 3 SD, gue sudah mulai latihan puasa full sampai Magrib. Nyokap memberikan motivasi berupa uang jajan yang lebih dari cukup. Pada saat gue kelas 3 SD, uang jajan gue hanyalah 1.000-2.000 perak. Kalau gue kuat sampai Magrib, gue akan diberikan uang Rp 5.000, dan THR sebesar Rp 100.000. Jadi, begitu lebaran, gue bakal dapet THR dari orangtua beserta uang jajan yang gue tabung.

Mantap!

Selain dapet pahala, gue juga dapet duit.

Lalu, gue juga rindu akan perjuangan menahan lapar dan haus. Ketika SD-SMP, puasa itu benar-benar membuat gue tidak berdaya.

Awalnya, dari pagi hingga siang, gue tidak mengeluh saat menjalankan puasa. Lapar dan haus benar-benar tidak terasa karena kegiatan sekolah. Memasuki waktu Ashar, gue hanya bisa tidur-tiduran karena badan gue terasa lemas, gue juga merasa cacing-cacing ini sedang moshing menendangi perut gue. Gue seperti tidak sarapan dan makan siang. Eh, puasa bukannya emang gitu, Yog? Oiya, sorry-sorry.

Dulu, gue sering mengeluh.
“Bu, Yoga nggak kuat. Lemes banget. Haus. Lapar.”
“Bu, Yoga minum aja, ya? Kalo Yoga mati kehausan gimana, nih?”
Akhirnya, Nyokap bersabda, “Kalo kamu mengeluh gitu mulu, pahala puasanya bakal hilang. Terus uang jajan sama THR nggak jadi ibu kasih, ya.”
“IYA, NGGAK NGELUH LAGI. YOGA KUAT, KOK!” kata gue, penuh semangat.
Berkat motivasi Nyokap, gue pun berhasil menahan rasa haus dan lapar itu.

Namun, begitu azan Magrib, gue malah langsung menyeruput segelas sirup jeruk yang ditambahkan es batu. Gue juga langsung makan lontong, gorengan, bihun, dan kolak secara brutal. Gue seperti gembel-gembel kelaparan yang tidak makan seminggu. Hina sekali gue pada waktu itu. Ujung-ujungnya gue terlalu kekenyangan dan males salat Magrib.

Astagfirullah.

Sumpah, gue kangen banget rasanya ngeluh begitu. Sekarang, kalau lapar dan haus, gue tinggal main game, nonton film secara maraton, atau mungkin malah mengetik tulisan yang panjang kayak gini. Tak terasa, tau-tau sudah azan Magrib.

Waktu begitu cepat berlalu, ya. Beginikah rasanya bertambah dewasa?

Banyak sebenarnya hal-hal yang gue rindukan di zaman dulu. Mengingat tulisan gue sudah sepanjang ini, dan mungkin kalian udah males banget untuk membacanya lebih lanjut. Biarkan gue sudahi tulisan ini sampai di sini.


Terima kasih sudah membaca sampai habis. Gimana pengalaman Ramadan kamu 3-6 tahun yang lalu? Boleh curhatkan pengalamanmu di kolom komentar. Silahkan.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

106 comments

  1. Gue sering itu main petasan tembak yang hraganya 5rebu, sekitar 8 tembakan. Mainnya rame-rame. Padahal kalo dipikir lagi itu bahaya. Tapi dulu aman-aman aja, cuma ada gelak tawa. xD

    Kalo tentang kebelet, gue dulu nahan mati-matian. Gegara ustaznya ngasi ceramah gak lengkap. Dia bilang, berjalan di depan orang yang sedang salat itu haram. Dosa besar. Ustaz lain juga ngomong yang sama. Guru di sekolah juga. Begonya gue gak nanya perihal kebeletnya. Makanya kalo kebelet gue tahan-tahan. Ampe expert gini. Mungkin gegara itu kali, makanya sekarang gue jago nahan perasaan, Jaga kebelet aja mampu.

    coba kalo sejak dulu tahu berjalan di depan orang salat itu dibolehkan kalo keadaannya darurat. gak bakal keringat dingin gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, nah iya, Haw! Seru banget.

      Apa hubungannya sama perasaan? Sempet aja curcol. :p

      Woahaha!

      Delete
  2. masa kecil gue sama petasan kurang bersahabat, gue yang mau keliatan keren, mencoba nakal dgn ikutan perang petasan. Yang ada gue malah tereak2 gak karuan kaya banci kejepit kopaja dilemparin petasan -__-

    bulan puasa yang paling gue rindukan itu, waktu gue pergi jalan-jalan wisata ke air terjun, itu asik banget bisa makan mie remuk sama temen di tengah kali yang gak ada orgnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, banci kejepit kopaja itu gimana?

      WAAAAHHH! ANAK NAKAL, KAMU TIDAK PUASA!

      Delete
  3. Untung gak ada cewek yang ikutan main petasan sama kalian, Yog. Kalau ada, bisa rusak masa depannya. Eh. maaf. Lebay.

    Yang dikangenin dari bulan puasa enam tahun lalu, main sama teman rumah sampe gak ingat capek. Kalau sekarang mah jalan ke pasar bentar udah ngeluh haus lah, lapar lah, mau tidur aja lah. Kalau dulu hobi ngekorin Mama yang lagi masak di dapur pas jam 4-5 sore, sekarang nyampe rumah jam setengah enam aja udah syukur. Kangen waktu berantem sama Kakak cuma gara-gara debat siapa yang cuci piring habis buka puasa. Sekarang udah gak serumah lagi. Dulu tiap habis tarawih selalu sembunyi-sembunyi nyobain baju lebaran karena gak sabaran. Sekarang gak begitu excited lagi, mau himung beli baju baru juga malu sama umur. Trus kalau dulu masih rajin tadarusan karena takut kena pecut sarung sama Bapak, sekarang sekedar nyentuh Al-Qur'an aja gak pernah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rusak masa depan karena apa? :/

      Wah, beneran ada yang curhat di komen. :)
      Zaman dulu kayaknya seru banget, ya?
      Sekarang boro-boro pake baju lebaran, gue mah pake yang ada aja.


      Astagfirullah, gue juga udah jarang baca Al-quran. :(

      Delete
  4. Woi itu kenapa pake bahas tete2 segala. Dosa, lagi puasa nih elahh -___-

    Waktu kecil, gue enggak pernah main petasan yog. Mungkin karena faktor gue cewek, kali yaa. Waktu kecil, gue main kembang api aja udah ketakutan banget. Takut kena mata lah,takut kena kaki lah, takut kena hati juga. Kalo kena hati kan, ntar hatinya jd sakit. Udah cukup rasanya hati gue disakitin. Lelah Yog,
    kampretos, malah curhat :(

    Betewe, lu main petasan ngeri juga ya. Sampe ngelukai anak orang.
    Macho abis lu Yog :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ini terinspirasi dari postingan'a mba Wulan sama Icha nih
      bawa" tete sama kentuk pas tarawih :D

      Delete
    2. Waah kayaknya iya nih mas..

      yg bagian mesum2 nomorsatu deh :D

      Delete
    3. Bukan Kayak'a lagi tapi iya mba
      kita tanya aja ntar saya yg bikin

      Kan kalo ga Mesum bukan Yoga mba ahaha :D

      Delete
    4. iya mas.. :D

      Hahaa.. Yoga banget. Udah bakat nya kali yaak

      Delete
    5. bukan bakat mba, itu udah bawan dari lahir hahaha :D

      Delete
    6. Hahaa emejing sekali Yoga

      plokk..plok..plokk...

      Delete
    7. Wulan : Waduh, norak sekali takut sama petasan. Kamu lemah sekali Wulan!
      Hmm, gue macho? Semua orang belum pada tahu, ya? :))

      Chisana : Lu mah bikin rusuh terus! Fitnah gue mesum pula. Astagfirullah. :(

      Delete
    8. Hahaha sry Yog, itu bukan fitnah cuma candaan kok
      knpa cuma gue yg bikin rusuh? Wulan ga dibawa" ? pilih kasih nih cuma sama cewe

      Delete
    9. Yaa maklum saya kan cewek :D
      Belom tau apa Yog? Kalo kamu sebenernya............

      Delete
    10. Chisana: KARENA CEWEK SELALU BENAR! ASIK :D

      Delete
    11. POKOKNYA LU BERDUA ITU! HAHAHAHA.
      Makasih ya udah ngeramein blog gue. :))

      Delete
    12. Ahahah masama Yog, ga ada lo ga rame :D

      Delete
    13. Hahhaa sama-sama Yog.
      Yang pentingkan THR nya

      Delete
  5. Parah lo Yog, main petasan sampe segitunya. Asli Parah

    Gue juga sama Yog pas kelas 3 SD kalo sehari tamat puasa bisa dapet duit 5000 kalo full 1 bulan biasanya dikasih sendal homyped, tau kan waktu itu kalo beli sendal homyped bisa dapet mainan. makanya gue paksaan puasa full 1 bulan hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoga memang parah, sampe ngelukai anak orang lagi. ckckkcck

      Delete
    2. Iya mba, Yoga orangnya gitu dijahilin dikit bales'a kaya yang punya dendam.
      Pantes aja sampe sekarang masih senditi terus hahaha :D

      Delete
    3. Iya mas, Maklum bawaannya baper. padahal temen2 nya cuma main petasan kecil2 aja. Eeh si Yoga malah bawa petasan tembak. Serasa perang beneran, hahaa
      Itu tuh mas, contoh baper. :D

      Delete
    4. Dikira perang beneran kali mba :D
      atau cita-citanya Yoga mau jadi tentara mba

      Delete
    5. Tapi mas, tentara kan gak ada yg baper =D

      Delete
    6. Iya juga yah @@,

      mungkin Yoga mau jadi Tentata Baper pertama di dunia mba
      biar bisa masuk Rekor dunia gitu XD

      Delete
    7. kayanya kalo Yoga perang beneran bisa menang. Dia memiliki strategi yang luar biasa

      Delete
    8. Strategi'a kaya gimana tuh??

      Delete
    9. menembak Bayu tepat di dadanya. lo gatau aja sebenarnya Yoga ada rasa sama Bayu tapi sulit diungkapkan oleh kata2.

      Delete
    10. waaah iya juga ya.. kmu cocok jd detektif Zah :D

      pas banget yak di dada
      ckckck... kyk nya perasaan yoga ke bayu bener-bener tulus deh

      Delete
    11. ya ampun, dua orang ini pasti bakalan ngericuhin di blog manapun .. semoga saja tidak di blog saya #ngarep #abaikan :D

      mm, panggilannya duo srigala aja yaa buat mba wulan sama mas chisana :D :D

      Delete
    12. aku cocok jadi tim penggembira doang kok hahaha *apasih

      mereka cocoknya duo Chesar .-.

      Delete
    13. @Wulan : Iya mba, pasti tulus itu, setulus kasih ibu pada anaknya :D

      @Dewi : Mau dirusuhin juga? gratis kok bebas biaya, jarang loh zaman sekarang ada yg gratis. Nelpon CS operator aja bayar sekarang :D

      @Nurul : Jadi cocoknya jadi Koibito saya aja haha *apaan sih

      Delete
    14. Dewii: hahaa iya, saya duo nya, mas ilham srigala nya HUAHAAAA :D

      Nurul: Tim SAR juga cocok Zah =D hahaaa

      Delete
    15. Chisana: Iya mas, dari wajah Yoga aja udah kelihatan aura keibuannya.

      Delete
    16. Dari wajah yoga bukan aura keibuan mba, tapi muka ngarep haha :D

      Delete
    17. Lebih tepatnya, aura keibuan yang ngarep.
      Hahhahaaa...

      Delete
    18. Huahaha bener tuh,.
      jadi penasaran mba gimana raut wajah Yoga yang memiliki aura keibuaan+ngarep :D

      Delete
    19. Liat aja ntar lagi mas.. pasti nongol deh orangnya =D

      Delete
    20. Masih lama mba, nongolnya paling abis maghrib.

      Delete
    21. siap lebaran mungkin baru nongol. :D

      Delete
    22. Bisa jadi tuh mba, nonggol pas mau lebaran, katanya sih mau bagi" THR buat pengunjung blog'a yg paling heboh :D

      Delete
    23. Asiikkk nah yg kyk gini nih yg saya suka mas :D

      Pasti dong mas, Yoga kan baik, cakep, rajin,
      kita psti dikasih THR dong yaa :D

      Delete
    24. saya jga suka mba sama yg nama'a THR ini :D

      Yoga udah baik, cakep, rajin, menabung lagi
      masa tega ga ngasih THR sama komentator setianya. bener ga mba? :D

      Delete
    25. Chisana : Hmm, sendal yang dapet mainan itu, ya? Ternyata Anda tua ya, Mas? :p

      Wulan : Insya Allah, minggu depan saya akan bagi-bagi THR. Doakan lancar, yaaa. :)

      Delete
    26. Amin.. saya harus jadi org pertama Yog. Harus !!

      Delete
    27. Ngaku aja Yog, lo jua pernah beli sendal yang kaya gitu
      gue ga dapet THR Yog :(

      Delete
    28. Wulan: Giliran gratisan, cepet lu!
      Chisana: Nanti saya bikin GA gitu, Mas. Ikutan yaaaa! :D

      Delete
    29. Hahahahaaahahaaa
      ah yoga gitu ah

      Delete
    30. Kalo ikutan GA tapi udah pasti menang gue ikut Yog :D

      Delete
  6. haha :D ternyata yoga waktu dulu separah itu sampai-sampai mencelakakan temennya sendiri :D :D. Ya ampun yog itu apaan tete sama itu di tulis, lagi puasa yog, astagfirulloh :D :D

    yaa kalau gue sih mending puasa waktu zaman SD-SMP soalnya kemana-mana pasti bareng-bareng deh dan gaa mau ketinggalan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah. Khilaf. :(

      Ciyeee, kangen masa SD-SMP. :p

      Delete
  7. Gue cewek tapi waktu masih kecil setelah pulang kuliah subuh sering beli petasan dan di nyalain di tengah jalan biar pas naik motor pada kaget terus gue ngumpet bareng temen-temen :D
    Tapi sekarang petasan atau mercon itu sudah tidak boleh di perjual belikan katanya membahayakan orang lain, iya bahaya kalau nggak bisa cara nyalainnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Wida bandel banget. Hahaha.

      Hmm, iya. Padahal seru, ya?

      Delete
    2. aku juga ikutan sama wida yog hahahhaha

      Delete
    3. Bukan bandel tapi masa kecil gue bahagia wkwkwk

      Delete
  8. gue gak ingat Ramadhan gue 3 sampai 6 tahun yg lalu --"

    Untung semua orang gak bisa baca pikiran ya Yog, kalau bisa mereka ketawa2 karena lo pulang Tarawih karena mau boker.

    Dan jangan bawa hp ke kamar mandi sebelum menyesal. Bisa aja hpnya nanti masuk ke....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalo ada yang bisa baca pikiran juga gapapa. Paling diledekin doang.

      Yelah, gue udah pengalaman bawa hape ke WC, kagak bakal jatuh ke lubang. :p

      Delete
    2. hanya menambahkan komentarnya Nurul,
      "Bisa aja hpnya nanti masuk ke.... pantat lu, Yog. Kalo misalnya lu khilaf lagi"

      Delete
    3. HAHAHHAHHAAAA NUMPANG NGAKAK YAA..

      Delete
    4. HAHAHAHAHAHAHA. ADA APAAN, SIH? ._.

      Delete
  9. zaman sd mah gak kenal yang namanya rasa takut , seperti bermain petasan atau perang sarung udah menjadi hal biasa .... tapi diitung - itung emang rindu sama masa2 hal begituan ... apa lagi perang sarung ... antar kampung gua ladenin terus meskipun gua berada deretan di belakang sih .. tapi sumpah hal itu pengen banget keulang . tapi apadaya lahhh hidup terus berjalan dan umur semakin dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, banyak yang kangen sama zaman dulu, ya?

      Iya, hidup terus berlanjut, semakin dewasa. Yang penting bisa mengenang masa indah itu. :)

      Delete
    2. iyaaa kangen banget saya sama zaman dulu , pas masih unyu2nya muka hihihks

      yaaa pastinya , masa indah selalu dikenang hingga skrang :)

      Delete
  10. Parah nih, masukin petasan ke saku celana sama nodongin petasan tembak ketemannya sendiri

    ReplyDelete
  11. Puasa waktu aku kecil, dulu waktu kelas 3 SD, pas sekolah, aku pernah bawa minum dan taruh botolnya di depan meja aku. Dan di situ aku diketawain. Terus, pernah diem-diem batalin puasa demi keju. Ya, ceritanya mama lagi bikin kastangel, terus ditinggal. Kejunya masih mulus tuh. Aku potong 1/4nya diem-diem. Terus makan diem-diem di kamar. Tiba-tiba... Mama teriak, siapa yang motong keju nih?! Wkwk. Nano-nano dah. Akupun rindu puasaku dulu.
    Btw, itu beneran sikap jahilmu begitu? Bener-bener dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woahaha, ciyee ketahuan nggak puasa sama mamanya!

      Hmm, dulu gue emang kacau, Ris. :D

      Delete
  12. haha :D parah bener kamu mah yog :D
    ya ampun nulis apaan itu yog, lagi puasa nih, astagfirulloh :D :D

    yups, masa kecil dulu memang indah di bandingkan dengan sekarang yang sudah dewasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah. :(

      Bikin lagi keindahan yang baru. :D

      Delete
  13. Petasan? sampai sekarang gua paling gak berani megang petasan. Kondisi mati maupun hidup.
    Petasan itu menakutkan. Huaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  14. Kalau udah dewasa ginimah kangenya sama mantan.

    Inget jaman dulu gue juga gitu, masa kecil di bulan puasa itu seru abis.

    Main petasan itu keren, apalagi gue dulu petasanya bikin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang susah move-on nih hahaha :D

      Delete
    2. Hahahaha. Mantan mulu dikangenin? Si Tiwi ape? Ehhhh.

      Delete
    3. Oh, ini mantannya Kak Tiwi? :3

      Delete
  15. Kalau ada cewek temen lu yang main petasan terus kena dadanya. Bajunya bolong dan teteknya kelihatan masih mending, Yog. Daripada teteknya yang bolong. :p

    Atau pas ceweknya dewasa dan punya anak, terus anak minta nenen. Anaknya protes gini
    "Bu, kok tetek ibu rasa merecon"
    "Iya nak, dulu tetek ibu kena petasan sama Yoga, ayahmu, nak."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yekali tetek bolong!

      Astagfirullah.

      Komen macam apa ini?

      Delete
    2. Astagfirullah.

      sepertinya gue sudah rusak, gegara lu, Yog.
      komen khilaf itu. :(

      Delete
    3. Astagfirullah.

      Kenapa aku jadi ikutan komen di sini? :(

      Delete
  16. ampunnn dah si yoga!!! kamu mikirnya cuma main, main, dan main. mau jdi apa bangsa ini??? hahaha

    tapi, kenangan masa kecil emang indah yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan dulu, Mbak. Pikiran saya main mulu. :(
      Tapi setiap orang emang butuh main, kok. Stres tau kerja sama belajar mulu. :p

      Indah. Banget. :)

      Delete
  17. Mmm, sebenernya aku udah lupa gimana puasaku 3-6 tahun yang lalu, yang jelas dulu banyak banget undangan bukber, nah sekarang boro-boro dikit banget.
    terus bedanya dulu sama sekarang, yah dulu aku anak rumahan dan tinggal nunggu buka terus makan, nah sekarang udah ngerasain gimana jadi anak kost, nyari buka dan sahur harus keliling dulu buat cari makan. tapi seru... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, bukannya malah makin banyak, ya? Dari temen TK-SMA pada ngajak bukber? :p

      Ciyee anak kosan. :))
      Hmm, seru? Gue masih anak rumahan. Hoho.

      Delete
  18. Dari mula baca udah tersenyum-senyum nih mas... hehehehehehehe :)

    ReplyDelete
  19. Waparah, dulu Yoga dendaman orangnya. :(
    Nodong orang pake petasan tembak. Senjata yang bagus.. Bisa untuk melawan kang begal nggak, ya?

    Pengalaman ramadhan entah beberapa tahun yang lalu.. Biasanya habis pulang tarawih selalu kumpul di salah satu rumah temen, kemudian duduk manis sambil main kartu remi. Berjudi. Wkwkwk. Habis tobat langsung maksiat lagi. Astagfirullah. :( Hahaha.
    Macem-macem permainan kartu bisa dimainin. Seru. Yang kalah dicoret mukanya pake bedak. Sampe putih kayak pocong rumahan, pocong yang nggak pernah keluar rumah.

    Inget bulan Ramadhan dulu masih di rumah bareng keluarga. Sekarang lebih banyak di tempat rantauan. Sedih juga. Tapi ya udahlah, yaa~ Nikmati sajaaa~ \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. :(
      Bisa, arahkan saja ke muka sang begal. Biar makin serem. Atau suruh kang begalnya membegal pake petasan tembak. XD

      Gue juga pernah main kartu terus dicemong-cemong gitu. :)

      Nikmatilah wahai anak rantau. :D

      Delete
  20. kenangan paling tidak bisa di lupakan sama aku tahun kemarin hikhikhik aku tidak puasa full :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa...apa kentut terus tiap jam gitu mbak...heeee

      Delete
  21. bahahaha, kenangan yang anggun yok. bisa dibayangkan gimana rasanya dikeroyok pakai petasan jangwe. horror banget pasti itu. jangwe! -___-

    cie, domain baru. kok gue baru sadar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, gue pernah waktu itu, Jev. Serem abis. :))

      Hehehe, baru kemaren. :D

      Delete
  22. bang, gue ajak selalu deg2an kalo maen yang petasan tembak bahkan sampe sekarang. lu malah ngarahin ke temen agak tega banget si lu bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, itu tidak seperti yang lu pikir wahai Dicky.

      Delete
  23. kalau masalah kentut waktu sholat kadang sangat mengganggu sekali....yang belakang pasti tidak konsen jadinya...dan kadang saling menyalahkan juga kalau usah selesai sholat...padahal yang buang diam-diam aja sambil nyengir dalam hati...heeeee

    ReplyDelete
  24. Salah satu tanda kiamat vroh, waku cepet berlalu :v
    Ane Tunggu loh follow ama Kunjungan baliknya ..

    ReplyDelete
  25. sama kayak gue dulu tuh, main bales-balesan petasan. =D

    ReplyDelete
  26. duh abi sbaca artikel ini, gue jadi ikut-ikutan nostalgia, thank's gan buat artikelnya, keren... :D

    ReplyDelete
  27. hahahahah lgs ngakak baca kentut pas tarawih di atas... :D

    diinget2, puasa jaman sekolah dulu emg seru.. aku jg diiming2in uang dulu spy mw puasa.... walopun sesekali curang , sembunyi2 minum ;p dan yg paling seru ya main kembang api di malam takbiran.. ahhhh, jd kangen jaman dulu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mbak Fanny pernah sembunyi-sembunyi minum juga! :p

      Memang terlalu cepat berlalu ya, Mbak. :(

      Delete
  28. Wah, gua kangen banget sama zaman puasa beberapa tahun lalu. Setiap hari gua shalat subuh di masjid, ngoborl-ngobrol dan main petasan setelah shalat subuh, dan teraweh setiap malam. Mantap!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.