Kumpul Blogger Keempat di Ragunan

109 comments
Setiap tempat selalu punya kenangan tersendiri. Begitu pun cerita tentang tempat yang satu ini: Ragunan.

Ngomong-ngomong soal Ragunan, kalian pasti pernah baca cerita gue dengan seorang pacar—yang sekarang udah mantan. Iya, sekarang udah mantan. Gue perjelas itu. Huwahaha.

Sebenarnya, sudah ada beberapa mantan juga yang pernah gue ajak ke kebun binatang di daerah Jakarta Selatan ini. Sampai pada suatu ketika, temen gue bilang, “Jangan ngajak pacar ke Ragunan lagi, Yog. Nanti ujung-ujungnya putus.”

Iya, temen gue terlalu percaya mitos. Sayangnya, gue enggak percaya. Sampai mantan terakhir yang pernah gue ajak ke Ragunan, gue masih tetep nggak percaya. Lagian, ke Ragunan itu hemat banget buat pacaran. Tiket masuknya aja per orang hanya Rp.4.500,-. Ini mah emang dasar gue aja yang pacaran ngirit.

Oke, abaikan kalimat pembuka di atas. Gue akan bercerita tentang Kumpul Keblog ke-4 bersama teman-teman Jabodetabek. Untuk melihat cerita kopdar sebelumnya, kalian bisa klik label kopdar atau klik INI.

***

Kali ini, yang menjadi PJ ( Penanggung Jawab ) adalah Darma dan Salam. Berhubung Salam sibuk kerja, Salam tidak begitu memikirkan tentang kopdar. Beda sekali dengan Darma, dia begitu pusing memikirkan acara kumpul-kumpul ini. Padahal, dia sendiri lagi sibuk skripsi. Di grup, Darma terlihat begitu lemah dengan keluhan-keluhannya.

Dia mengirim teks, “Yang pada dateng kopdar nanti siapa aja, ya?”
Tidak ada respons sama sekali.
“Ah, gue dicuekin mulu nih di grup. Gue ngundurin diri jadi PJ ajalah.”
Gue mendadak kesal karena tingkahnya, gue langsung mengetik, “LEMAAAHHH!”
“Udahlah, gue left grup aja.”

Iya, tiba-tiba Darma mengetik seperti itu karena beberapa kali di-bully sama anak-anak di grup, yang sebenarnya adalah bercandaan. Gue yang paling sering ngeledekin, mendadak merasa bersalah. Ini anak kalo beneran left gimana? Batin gue.

“Dar, gue bercanda doang. Udah jangan nangis.”

Tak ada balasan. Gue pun takut Darma bunuh diri karena stres oleh ledekan teman-teman di grup. Yang mungkin sebenarnya dia stres karena skripsi yang tidak kunjung kelar.

“Maaf, Yog, tapi air mata ini telah menetes.”

Melihat ada respons darinya, gue langsung berseru, “Alhamdulillah, dia nggak jadi bunuh diri.
Membaca teks itu sekali lagi, gue berteriak, “ASTAGFIRULLAH, GUE MEMBUAT NANGIS SEORANG COWOK. TIDAAAKKKKK!”
***
Minggu, 14 Juni 2015.

Darma, Salam, dan Doni alias Dijeh mengabari di grup Whatsapp kalau mereka sudah sampai di Ragunan.

Gue yang masih di perjalanan pun langsung memacu kendaraan lebih cepat. Begitu sampai, gue langsung membeli tiket dan segera masuk. Setelah masuk, gue pun mengecek obrolan di grup.
Mengingat Kebun Binatang Ragunan yang begitu luas, kami sempat main cari-carian. Gue, Dicky, Reza, dan Tata telah kumpul berempat. Kini, giliran mencari Darma, Salam, dan Dijeh.

Tiba-tiba HP gue berdering, gue lihat ada panggilan masuk dari nomor telepon yang tidak terdaftar.
“Halo, Yog.” Terdengar suara cowok di telepon. “Ini gue Doni. Lu di mana?”
“Gue di kandang macan. Lu?” kata gue.
“Pintu utara 3.”
“Itu di mana, ya?” tanya gue.
“Di deket patung gajah yang ada burung-burung.”
“Oh, oke.” Kemudian telepon gue tutup.

Padahal gue tidak begitu ingat di mana patung gajah yang ada burung-burung. Namun, berkat kesotoyan gue, kita bertujuh pun sudah berkumpul. Iya, bertujuh, cowok semua pula. Kami sudah seperti boyband yang akan manggung di kebun binatang. Kami memang benar-benar anti mainstream.

***

Karena bingung ingin ke mana, kami bertujuh kemudian memutuskan untuk salat Zuhur. Selesai salat, kami menunggu kedatangan teman-teman yang lain di kolam yang tengahnya terdapat patung primata sedang breakdance.

Sambil menunggu yang lain, Salam kemudian mengeluarkan HP-nya dan bermaksud mengajak groufie.

Cheese.
  


Tak lama setelah itu Ucup datang.
Beberapa saat kemudian, Kak Feby pun hadir sebagai pemanis di antara batangan ini.

Kami memilih untuk makan terlebih dahulu karena beberapa orang mengeluh lapar. Apalagi pas Darma bilang, “Nanti tenang aja, makan gue yang bayarin.”
Gue yakin, mereka yang sudah kenyang pun akan mendadak lapar lagi kalo ada yang traktir.

Dasar pecinta gratisan!

Setelah makan selesai, Dijeh pamit undur diri karena ada aktivitas lain. Semoga saja Dijeh nggak kapok untuk ikut kopdar lagi. Kopdar pertama buat dia, mungkin terasa sangat buruk. Iya, pada ngaret semua anak-anaknya. Ditambah cewek yang ikut hanya satu orang.
Sebelum Dijeh pulang, kami menyempatkan foto-foto dulu. Setidaknya, ada kenangan untuk si Dijeh.

Kampret, gue malah blur


Kemudian Azis datang menyusul. Kalian boleh baca cerita kopdar ini menurut sudut pandang Azis: Meet Up Blogger Jabodetabek.

***

Setelah semuanya berkumpul, kami mulai acara kumpul ini dengan memperkenalkan diri masing-masing. Lalu, kami juga ngobrol-ngobrol seputar tentang blog, tips-tips agar blog ramai, dan beberapa hal lainnya.

“Eh, si Tiwi bener nggak ikut, nih? Gue cewek sendirian?” tanya Kak Feby kepada yang lain.
“Nggak jadi, tapi si Imas katanya pengin nyusul,” jawab gue.
“Oiya, Zis, denger-denger lu sempet jadian sama Tiwi?” tanya Tata kepada Azis.

Azis membisu.

“Iya, Zis, itu beneran apa hoax doang, sih?” sahut gue.
“TAEEE HOAX. WAKAKAKAK,” celetuk salah satu dari kami. Mereka langsung tertawa.
“Udahlah,” kata Azis. “Yang lalu biarkanlah berlalu.”

Kemudian dilanjutkan dengan game jempol yang biasa disebut ayam-ayaman. Kalau hanya sekadar bermain, itu rasanya kurang seru. Nah, ini ada tantangannya, yang kalah harus foto selfie sama om-om.



Foto kiriman Feby Yolanda (@febyyol) pada



Namun, di permainan ini tidak semuanya ikutan, Ucup dan Azis hanya menonton saja. Kampret emang mereka berdua.
 Lebih kampretnya lagi, di saat temen-temen gue jempolnya sudah tinggal satu, gue masih memiliki 2 jempol.

TAAEEEEEE SIAP-SIAP KALAH INI GUE MAH.

Ucup begitu senang melihat gue yang masih memiliki 2 jempol.

“Gue demen banget nih kalo si Yoga yang kalah. Hahahaha,” ujar Ucup sambil ketawa.

Permainan semakin menengangkan, di mana peserta tinggal 4 orang lagi. Jempol gue pun akhirnya tersisa satu. Di mana semuanya sama rata hanya memiliki 1 jempol. Jantung gue juga semakin berdebar, sumpah deg-degan juga kalo harus foto sama om-om.
Alhamdulillah, gue tidak jadi kalah. HAHAHAHA. Ucup pun langsung kesal atas kenyataan ini.
Reza yang kalah di permainan ini.

Ini ada videonya:
Video kiriman Reza Pratama (@repratamaaa) pada


Setelah itu, kami berlanjut main lagi. Kali ini, Azis bersedia ikutan, sedangkan Ucup masih tetap cemen.

Permainan berlangsung begitu cepat, sampai-sampai tidak terasa tinggal gue dan Darma.
“Dua,” kata gue sambil mengangkat jempol.
Darma tidak mengangkat jempolnya.
Sialan.

“Satu,” kata Darma sambil mengangkat jempolnya.
Gue tidak mengangkat jempol.
Bego.

Yak, gue kalah di permainan kedua ini. Ucup begitu bahagia melihat penderitaan gue.

Gue pun langsung mencari bapak-bapak untuk diajak selfie.
Pertama kali mengajak bapak-bapak untuk foto, gue ditolak mentah-mentah.
Ya, Tuhan, gue ditolak sama om-om. Parah.

Akhirnya, gue pun berhasil mengajak bapak-bapak foto. Melihat foto yang hanya setengah mukanya, mereka menyuruh foto ulang.


KAMPRET. INI MAH NGERJAIN GUE WOI!

Setelah itu, gue pun mencari om-om yang lain.
Sumpah kalimat di atas tadi dibacanya nggak enak banget ya, Allah.

Taraaaaa, selfie sama om-om pun berhasil.




Setelah gue berhasil dikerjain, mereka semua memilih untuk udahan.

PARAH.

Mereka semua kayaknya sekongkol, ini permainan memang sengaja untuk ngerjain gue.
Bangsaaa... ah sudahlah. Lagi puasa, gue nggak boleh marah-marah ngetik ini.
Selama ngobrol-ngobrol, mereka semua meledek gue yang ditolak sama om-om.
“Sama om-om aja lu ditolak, Yog. Gimana sama cewek?”
Astagfirullah.
“Kalo sama cewek, mereka pasti mau diajak selfie,” bantah gue.
“Coba buktiin!”

Sialan.

***

Gue melihat jam tangan, jarum pendeknya menunjukkan angka 3, dan jarum panjangnya menunjukkan angka 7. Sebentar lagi akan jam 4, tetapi Imas belum juga hadir.

Tepat 5 menit sebelum pukul 4 sore—loket Ragunan tutup—Imas pun datang. Setelah Imas datang, kami langsung bilang, “Yuk pulang.”

Dalem. Banget.

Udah jauh-jauh dari Bekasi, begitu sampai ia malah diperlakukan seperti itu. Hahaha.
Karena hari semakin sore, kami memutuskan untuk pulang.
Seperti biasa, sebelum pulang kami foto-foto.

Atas : Dicky, Tata, Darma, Salam, Yoga, Azis
Bawah : Reza, Ucup, Imas, Feby




Kami semua rata-rata parkir motor di Utara, sedangkan Ucup parkir di Timur, dan Salam parkir di Barat.
“Itu Salam ke Barat pengin mencari kitab suci kali, ya,” ujar gue, random.
“WAKAKAKAK ANJIR.” Mereka semua tertawa.

***

Saat di jalan menuju parkiran, Imas tiba-tiba bilang, “Eh, ke mana dulu gitu, yuk. Masa gue bentar banget.”
“Ke mana?” tanya Kak Feby.
“Emang ada mal di deket sini?” tanya gue.
Tata dan Azis kemudian mengusulkan ke Pejaten Village yang biasa dikenal Penvil.
Sampai di sana, kami langsung ke lantai yang paling atas. Awalnya, gue mah asyik-asyik aja karena tempat makannya terdapat colokan untuk nge-charge HP.

Begitu tau harga makanannya, gue langsung teriak dalam hati, TEMPAT MAKAN APAAN NIH?! NGGAK ASYIK!



Bayangkan saja, harga es teh manis yang segelasnya goceng. Coba kalo di warkop, goceng mah dapet 2. Maklum, gue pengangguran, harus irit.

Sebelum makan, kami memilih untuk foto-foto makanan terlebih dahulu. Iya, soalnya makanan mahal, biar kekinian harus foto dulu sebelum makan biar bisa upload ke Instagram.

 
Obrolan kami semakin malam semakin seru. Kami mulai membahas tentang blog lagi, Reza menyarankan kepada gue untuk ganti template, atau merapikan template yang sekarang. Oiya, Reza ini lumayan jago soal htML. Eh, maaf, maksudnya HTML. Kalian bisa kunjungin blog-nya: Reza Pratama. Kemudian si Tata juga menyarankan kepada gue tentang header. Tata ngerti banget soal desain, karena desain memang passion-nya. Btw, vector wajah yang ada di header gue itu dia yang bikin, loh. Mau bikin vector kayak gitu juga? Coba aja mampir ke blog dia di: Bad Journal. Nanti kalian bisa bicarakan lebih lanjut.

Mengingat hari semakin malam, kami pun sepakat untuk pulang. Seperti biasa, sebelum pulang, kita harus foto-foto.




Oiya, buat yang ngatain gue ditolak sama om-om, gue buktikan ini.

“Yog, kamera depan lu sama Reza bagusan mana?” tanya Imas.
“Nggak tau, deh,” jawab gue.
Kemudian Imas meminjam HP gue dan membuka aplikasi kamera.
“Yog, lihat deh, lampunya kuning banget.”
Gue menoleh dan melihat ke kamera.
“Kuning, kan?” tanyanya.
Gue hanya tersenyum dan mengangguk, kemudian Imas malah memencet tombol capture.
Oh, Imas bermaksud mengajak foto bareng. Bilang aja ngapa dari tadi! Kata gue dalam hati.
Klik.

Dan,


Kenapa Azis begitu sirik di tulisannya?

Karena,

“Zis, tolong fotoin dong,” kata Imas.

Iya, Azis cuma disuruh motoin.




Jadi, kalo foto sama cewek gue nggak ditolak, kan? Malahan gue yang diajak foto. Huwahaha.

Oke, terima kasih sudah membaca cerita nggak jelas ini. Nantikan cerita kumpul-kumpul selanjutnya.

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

109 comments

  1. Kenapa bagian foto yg gue nyempil di belakang lu di bikin ukuran large? :(
    Hmm... kayanya kalian cocok, Yog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka. Protes aja lu!

      Cocok? Sama siapa?

      Delete
  2. Wahahahaha. Foto sama om-om. Itu sih bapak-bapak namanya. Eh, tapi yang terakhir saya gak rela. Kasian mantan kamu, Yog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aku juga ngikut kasian ya, Bang :(

      Delete
    2. Bhak. Selo. Udah masa lalu kali.. Jangan bawa-bawa mantan lagi, kasihan si Yoga. Hahaha.

      Delete
    3. Aku malah kasian sama yang di ajak foto Yoga . .

      Delete
    4. Rima: Iya, Rim. Peace, Rim... xD
      Azka: Ganti deh, aku juga kasian sama om-om yang diajak foto sama Yoga, Ka. :(

      Delete
    5. Haris : Hahaha, ya habisnya bingung juga, om-om sama bapak-bapak mah sama aja. Intinya umurnya 40-an. :D
      Duh kasihan kenapa? -___-
      Icha: Parah. Emang om-omnya gue apain? :(
      Aziz : :(
      Rima : Malah gue yang dikasihani. :/
      Azka : Yang gue ajak foto bapak-bapak itu?

      Delete
  3. Haha, seru juga bagian foto-foto bareng om.
    Eh, mau dong dibikinin header sama Tata. Cc-in dong, Yog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan ikut kumpul dong, Mas Renggo. :D

      Sudah di-CC-in, ya. :p

      Delete
  4. Yog, ini postingan tandingan ya, atau postingan buat ngebully balik Azis yak? Oh, bukan. Sorry masih suka suudzon padahal lagi bulan puasa. :|

    Foto sama om-om. Itu gimana cara ngerayunya biar mau foto sama kamu? Ajarin dong...

    Ada kemajuan. Kali ini kamu gak nyasar, Yog. Dan kali kini ada cewek yang nyepikin, eeh maksudnya ngajakin foto bareng. Selamat! Ciyeeeee!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dasar manusia, masih saja suka suudzan.

      Anjir, minta ajarin. Lu mah gesrek amat kalo komen, Cha.

      Yekali Ragunan nyasar. Sialan!
      Ciyeee. :)

      Delete
  5. Diliat2 foto rada mirip yog, foto yang ke 2 sama bapak-bapak XD

    ReplyDelete
  6. Yogaa gakk ngajak kan :(

    tapi Reza, kok kecil ya.. kalah sama orang yg diajak fotonya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada kontak lu, Rul. Kapan-kapan gue mention kalo ada acara lagi, deh. :)

      Wakaka, Reza emang imut-imut, Rul. XD

      Delete
  7. Seru ya kopdarnya, udh gk sabar pengin ketemu kalian lg. Pengin njitak pala lo Yog.Huahaha

    ReplyDelete
  8. Tuh kan ngga ngajak2pas ke eat and eat hahaha

    ReplyDelete
  9. Bhahaha. Jenggotnya si om-om subhanallah.. Menggoda banget.

    Kali ini nggak pake nyasar. Keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah. o:)

      Yelah masa Ragunan nyasar. -___-

      Delete
  10. Tuhkan benerrr.. malesin banget postingan ini. Pencemaran nama baik gue banget ini mah.. fiuhhh


    Terus-terus pamer-pamer di Penvill pula. Auah~~

    ReplyDelete
  11. seru banget saya lihat foto fotonya Sob, kalau saya hanya tinggal di rumah saja urus anak saya yang baru lahir jadi tidak bisa keluar dulu sama teman teman...

    ReplyDelete
  12. oh itu yah pacarnya nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pura-pura nih Yoga, padahal dalam hati bilang Amin :D

      Delete
    2. Iya nih mas.. *benerin peci
      kenapa mau ikutan gak?

      Delete
    3. Yaallah ada apa dengan hambamu yang cewe 1 ini, masa cewe pake peci
      sadarkanlah dia Yaallah
      Ayo mba, mumpung lagi ramadhan harus banyakin tadarus bukan tidur :D

      Delete
    4. Hahhaaa..
      amin :)

      Kalo saya biasanya tadarus abis tarawih mas. Biar pulang bawa banyak takjil. Hahhaaa

      Delete
    5. Hahaha itu tadarus'a ada niat ga bener. tapi kalo ada lebih saya juga mau mba takjilnya :D

      Delete
  13. Ayam2an itu maennya gimana yaa . .??
    Sekilas ada kemiripan yog antara lo sama om-om yang lo ajak foto itu . . Mungkin kalo lo juga punya jenggot, masa tua lo akan seperti dia yog . . mungkin. .
    Atau mungkin om-om itu adalah . . .

    Alien yog !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, cemenlah nggak tau ayam-ayaman! Lu taunya ayam kaepci sama ayam kampus doang, ya?

      Hmm, sialan!
      Parah, alien. Parah.

      Delete
  14. Gilaak.. Yoga nyari om-om lain. BUAT YOGA GAK CUKUP SATU !
    Kereen dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang bolong bikin ngakak kamu, Lan xD

      Delete
    2. Iya cha. Yoga sih, maunya lebih :D

      Delete
    3. TAAEEEEE. PERGI KALIAN WAHAI KAMPRET-KAMPRET!

      Delete
    4. HAHHAAHAAAA
      PARAH LU YOG
      JADI SELAMA INI.. ????

      Delete
    5. Jadi selama ini tipe Yoga itu Om-om yah mba? O_o
      harus jaga jarak nih :D

      Delete
    6. hahaaa
      ciee yang om-om mulai menjauh :D

      Delete
    7. Siapa nih yang om-om? masih muda gini juga -_-

      Delete
    8. hahhaa tu tadi katanya mau menjauh karena Yoga suka om-om. :D

      Delete
    9. Yah itu kan antisipasi mba, bukan maksud'a saya om-om -_-

      Delete
    10. iya saya ngaku bukan om-om :p
      dasar Rahayu Wu-Laundry hahaha :D

      Delete
  15. "Gue di kandang macan"

    wanjirrr itu beneran bang yog di dalem kandang macan? apa gak jadi santapan makan siang macan nantinya? :v

    ReplyDelete
  16. Jadi merasa bersalah gue ama darma :( #pelukdarma #yogasayangdarma
    btw, main ayam2an kocak XD haha

    ReplyDelete
  17. seru banget mas kumpul bareng sama blogger ..

    ReplyDelete
  18. udah nggak heran kalau lo ikut kopdar. udah biasa kan :")
    cie nggak jadi pj lagi. cie musti selfie.

    ReplyDelete
  19. Wah ada guenya haha

    Btw bapak bapak yang lu foto pertama itu mirip pembantunya Ruben Onsu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Jeh. Bukber nanti ikut lagi, yaaa. :D

      Wakaka, gue malah baru engeh.

      Delete
  20. baca ceritanya ampe ketawa sambil sakit perut ini mah, apalagi kalau ngebaca pas bagian di tolak om om .. haha :D kasian banget si kamu yog :D
    tapi untungnya, bukan kamu yang minta foto tapi si cewenya :D :D

    ReplyDelete
  21. Padahal kayaknya seru kalo kamu yang kalah, Yog :D

    ReplyDelete
  22. Yang bner yang mana nih Ceritanya?
    yang di Blog Azizi apa yg ini?
    harus tanya langsung kenarasumbernya langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa ada yang penasaran :D
      Coba deh tanya ke narasumbernya langsung mas

      Delete
    2. Sudut pandang setiap penulis kan beda-beda. :D

      Delete
    3. @Wulan : Iya nih jadi penasaran gara" beda isinya padahal tofik sama

      @Yoga : Klo yang versi Realnya yg mana? yang bukan dibuat" hahah :D

      Delete
    4. Ga akh Yog, musrik percaya selain sama Allah SWT

      Delete
  23. Cie jadi, sekarang sama imas

    cie cie

    *bikin gosip baru*
    hahahaha

    ReplyDelete
  24. Gue udah lama gak pernah ikutan kumpul. Hiks...

    Eh, itu cowok semua? *ups.

    ReplyDelete
  25. Hmmm jadi gitu, sekarang kamu mulai deketin cewek baru, oh jadi gitu :(

    ReplyDelete
  26. Ciye kak Yoga berburu om-om. Ditolak pula. Turut prihatin :')
    Itu yang di video, jadi kaya kelinci ngajak foto singa deh ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :')

      Waakakak parah lu! Za, lu dikatain kelinci masa. XD

      Delete
  27. cie cie Yoga poto bareng sama Imas:D

    ReplyDelete
  28. cantik Yog, yg ini ;) Jadiin gih hihihihi ;p..

    ya ampun permainan kalian... hrs ya foto ama Om2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Imas, disuruh jadian nih kita? Gimana?

      Hahaha. Iseng aja, Mbak.

      Delete
  29. Wkwk makanannya enak, tuh, pasti

    ReplyDelete
  30. Banyak yang setuju tuh, Yog, keknya kalo dengan Imas~ Kapan lagi... xD

    *nahan diri buat ga ikutan ngerusuh di atas* *padahal udah niat banget ini*

    ReplyDelete
  31. UCUP NGGAK DIAJAK MAKAN, PARAH CUP PARAAAHHH!!! disuruh pulang duluan #kompor

    ReplyDelete
  32. seru yaa apalagi semua hal diabadikan dengan selfie jadi bacanya ga ngantuk walaupun lumayan panjang postingannya :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, makasih udah baca sampe habis. :)

      Delete
  33. IIIIIIIIH BETE BANGET DONG NGGAK ADA AKUNYA DI SITU HIH. dan itu kok imas mau aja sih foto sama kamu? -.- kangen kumpul lagiii, bukber dong ayo, tapi jangan kejauhan terus ka salam ajak lagi coba, mau lihat, beneran ganteng apa cm ganteng di foto aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAGIAN NGGAK IKUT!

      Auk, mungkin dia khilaf. Dia yang ngajak beneran loh. :))

      Susah emang tante satu ini, nggak bisa lihat berondong ganteng. :p

      Delete
    2. Iyaaa aduhh aku sedih banyak dedeq dedeq cakep di JB *istighfar* .. :( kalau kopdar berikutnya, kabarin ya!

      Delete
  34. Eh ada Tataaaa.. Tata ganteng banget! :3

    ReplyDelete
  35. Alamat blog teman-teman yang lain apaan?? Ke ragunan kok nggak mampir ke kandang saya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.