Beberapa Hal Aneh Tentang Hujan

53 comments
Hujan-hujan pergilah, datang lagi lain hari.

Bacanya jangan sambil nyanyi, ya.

Mengingat lagu itu, gue mendadak kesel. Iya, sama Dora. Kampret emang si Dora! Gue dibohongin mulu. Pas gue nyanyi lagu itu, masa hujan nggak pergi. Di film kartun anak kecil dengan rambut berponi yang biasa ditemenin sama monyet, cara mengusir hujan gampang banget.  Pas gue praktekin di kehidupan nyata, sama sekali nggak berpengaruh. Justru tambah deres. Sekali lagi, Dora emang ngeselin!
Udah ah, kasihan Dora. Sekarang Dora ke mana, ya? :(

Abaikan paragraf pertama.

Entah, kenapa gue pengin nulis tentang hujan. Kebetulan, memang hujan masih suka turun seenaknya. Padahal, imlek sudah lewat. Kata orang-orang, sih, kalo imlek sudah berlalu, hujan juga bakalan berakhir. Itu masih katanya. Nampaknya, hari ini gue masih merasakan cuaca hujan. Gapapa, deh. Hujan itu berkah.

Berbicara hujan, pasti nggak jauh dengan kata ‘kenangan’. Baru gerimis dikit, langsung inget mantan. LEMAH. Gue dong, kegerimisan dikit langsung meriang. Udah seminggu lebih batuk, pilek, dan radang tenggorokan tapi tak kunjung sembuh.

Uhuk, srot. *ngelap ingus*

Ternyata,  gue yang lebih lemah.

Kali ini, gue ingin membahas beberapa hal aneh tentang hujan. Oke, langsung saja.

1. Gerimis itu romantis.

Kata orang-orang, gerimis itu identik dengan romantis. Romantis apanya? BIKIN ORANG SAKIT  MALAHAN!

Kadang gue masih bingung, dan merasa aneh sama gerimis. Padahal, gerimis itu airnya sedikit, tapi suka bikin puyeng. Giliran hujan deres yang airnya banyak, malah enggak puyeng. Aneh, ya?
Emang sih, kadang hujan-hujanan bareng, dan gerimis-gerimisan gitu bisa dibilang romantis. Apalagi sama pacar sambil gandengan tangan, so sweet. Sama pacar orang apalagi. Makin hits.

Nampaknya, gerimis tidak hanya romantis. Tapi, bisa juga membuat orang meringis. Yoi, meringis kesakitan karena setelah main gerimis harus bikin tato merah-merah di punggung.

Masih mau bilang gerimis romantis?

2. Kalo bawa payung atau jas hujan malah terang, pas nggak bawa malah hujan.

Kalian pernah? Pas lagi musim hujan, udah siap-siap bawa payung, jas hujan, jas-jus. Eh, di perjalanan nggak hujan sama sekali? Kalo pernah, kalian senasib sama gue. Gue sering banget. Jadi, gue selalu diingetin sama Nyokap ketika berangkat kuliah.

Waktu itu, ketika gue lagi manasin motor, Nyokap langsung teriak “Yog, jangan lupa bawa jas hujan.”

Karena lagi musim hujan, mau nggak mau gue nurutin kata beliau. Ya, daripada gue harus pulang dengan lepek, mending gue nurut sama Nyokap, nggak mau durhaka juga soalnya. #YogaAnakBerbakti

Sayangnya, dari mata perkuliahan jam pertama sampe gue tiba di rumah. Cuaca begitu cerah. Oalah.
Lalu, di Sabtu yang lain, pagi itu cuaca benar-benar cerah. Nggak ada tanda-tanda hujan mau turun. Gue dengan PD-nya berangkat kuliah tidak membawa jas hujan. Alhasil, ketika pulang kuliah, tepatnya di daerah Ciputat yang padat merayap. Gue berada di tengah jalan, sedang terhimpit mobil dan bus. Kemudian, langit malah menangis. Mau meneduh, sudah terjebak macet. Yap, gue kehujanan dan lepek. Kampret, kan?!

Karena gue manusia biasa, kalo kehujanan pasti lepek. Emangnya Haji Lulung, yang ketika hujan turun, hujannya malah naik ke atas lagi. #SaveHajiLulung

3. Setelah nyuci kendaraan malah hujan.

Ketika musim hujan, pasti banyak kendaraan yang tingkat kekotorannya meraih juara 1 dalam kontes Rinso  ‘berani kotor itu baik’.

Karena kendaraan itu pasti kena becek-becekan. Apalagi motor, pasti kondisinya sudah mengenaskan seperti gambar di bawah ini.

sumber : https://motorcyclefunblog.files.wordpress.com/2014/04/resizes5032805.jpg


Entah, motor itu sudah nggak dicuci berapa bulan. Yang jelas orang-orang pasti males nyuci kendaraan mereka ketika musim hujan.

Kenapa males?

Karena menurut gue, ada sebuah kutukan yang sedikit aneh. Setiap mencuci motor, nggak lama setelah motor itu dicuci pasti kena kutukan. Misalnya, baru dipake beberapa menit. Eh, tiba-tiba hujan. Ada yang pernah ngalamin? Ini kutukan!

Kalo gue, baru banget merasakan keanehan itu hari ini. Emang sih, dari tadi pagi hujan sedang deras-derasnya. Tapi, setelah siangan dikit, hujan pun reda.
Kayaknya sampe nanti malem bakalan cerah, nih. Batin gue

Sekitar jam 2-an, gue lagi nggak ada kerjaan apa-apa selain tiduran sambil menatap layar hape. Tiba-tiba, gue langsung berpikir untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dari sekadar mainan hape. Munculah pikiran untuk mencuci motor. Jujur saja, gue belum nyuci motor dari bulan Januari. Huwahaha.

Selesai dicuci, motor gue biarkan mengering. Tidak sampai 5 menit setelah itu, kemudian hujan turun begitu derasnya. Astaghfirullah. Sabar-sabar.

Kayaknya setelah kejadian hari ini, mulai besok gue bakalan mikir-mikir lagi untuk nyuci motor. Apalagi ini nyuci sendiri. Kalo di tempat steam enak, nggak perlu capek-capek. Kalo nyuci sendiri, kan nyesek.

Yaudahlah, itu aja curhatan untuk hari ini.


Mungkin cuma 3 saja keanehan-keanehan tentang hujan. Ada yang mau nambahin, atau sekalian pengin curhat? Tulis saja di kolom komentar. :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

53 comments

  1. WEHEHEHE gue sering banget ngalamin bawa payung tapi ngga ujan, eh pas ngga bawa hujan mulu :(

    ReplyDelete
  2. kayaknya lu suka banget ya yog sama ujan :)
    kalau gue yang ke 3 ini ngena banget yog. sering banget abis nyuci motor di tempat cuci motor, sore nya ujan. lembaran sepuluh ribu gue pun terbuang percuma. hujan memeang terkadang kejam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka, Jev. Hujan itu penuh dengen cerita. Tsaahh.

      Sumpah, lebih nyesek nyuci sendiri. :(

      Delete
  3. Pas ada acara nikahan, ujan juga sering dateng. Tapi nggak bawa amplop. *ih garing yak*

    ReplyDelete
  4. Baca kalimat depan aja udah salah njirr...
    Hahaha :))

    Dasar lemah, ujan ujan malah keingetan mantan.. Emang payung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggemar dora pasti!

      Iya, payung. Payung Sevel.

      Delete
  5. gerimis memang romantis, apalagi jalan bebarengan sama istri, terus lari2 kecil ngga jelas sambil tertawa bahagia gitu, lalu singgah di sebuah kafe, menikmati secangkir teh hangat... lalu memegang pipinya hangat, waahhhhhh romantis lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaah. Jadi pengin punya istri. Halah.

      Delete
  6. Ada lagi yang aneh, hujan bisa dipakai buat bahan tulisan blog. Eh, itu ga aneh ya? :|

    ReplyDelete
  7. halaaaah mas pantesan ajah motornya burik :p dari bulan januari belum di mandiin itu motor :D

    ReplyDelete
  8. Ketahuan banget kamu fans beratnya Dora, Yog.
    Udah ngumpulin niat buat nyuci motor eeh lima menit kemudian hujan turun deras itu memang nyesek, setara nyeseknya sama pake baju kekecilan :(
    Selain keingat mantan, aku juga suka keingat kejadian malu-maluinku, Yog. Ngg jadi gini, aku dulu pernah nyungsep di dalam besi penutup parit depan ATM dekat kantor. Bukan aku sih, kakiku, Aaah sama aja. Nah di hari itu hujan turun deras banget, sampe banjirnya tumpeh-tumpeh. Kelar hujan yang masih menyisakan banjir sedikit, semata kaki, aku sama dua temanku jalan buat ambil motor salah satu temanku yang diparkir lumayan jauh dari kantor. Di tengah perjalanan mau ngambil motor kami cekakak-cekikik ketawa puas, apa aja diketawain, Apalagi pas di depan ATM, kami nyaring banget ketawanya. Sampe aku gak sadar nginjak besi penutup parit dan voilaaaaaaa kaki kiriku terperosok di dalamnya. Aku yang lagi gandengan sama temenku, Kak Yuls, langsung bikin Kak Yuls kaget dan ikut jatoh tapi gak ikut terperosok. Kak Ira, temenku yang satu lagi, ikutan kaget dan datangin kami. Mereka berdua bantuin aku buat ngeluarin kakiku dari situ, dan rasanya sakiiiiittt banget. Aku sampe teriak-teriak nangis kejer kayak orang lagi ngelahirin. Orang-orang pada datangan, ikut ngebantuin juga, salah satunya ada bapak-bapak pake sorban gitu. Beliau bantuin aku, tangannya masuk ke dalam gorong-gorong ngedorong kakiku dari bawah, sebelumnya dia tanya "Adeknya pake sandal?" aku ngangguk dan beliau langsung menjalankan aksinya. Tanganku ditarik Kak Yuls, badanku dipegangin sama Kak Ira, sementara aku setengah berdiri dengan satu kaki. Huaaa rasanya sakit banget, malu juga jadi tontonan orang sama kendaraan yang lewat. Setelah ngedorong-dorong kakiku tapi gak bisa keluar-keluar juga, beliau ngomong, "Gak bisa sudah ini." dannn huaaa badanku langsung lemes. Tapi dicoba sekali lagi, kakiku dibalurin sama sabun. Dan akhirnya bisa keluar juga, meski dengan luka lecet dan kulit robek yang bikin harapanku buat punya kaki mulus kayak Cherrybelle langsung kandas, Yog :( Mungkin waktu itu aku kena azab gara-gara ketawa berlebihan kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Yog. Baru nyadar kalau komenku panjang bener. Khilaf sorry haha

      Delete
    2. Gapapa, Cha. Makasih. :))
      Nggak sekalian jadi tulisan di blog aja? Lumayan, loh, itu. Hehe.

      Dora itu temanku waktu SD. :')
      Wapaaaraaahhh. Masa sampe kulitnya sobek? Agak gimana gitu ngebayanginnya. Soal ketawa, kayaknya nggak ada hubungannya, deh.
      Hmm, cerita lu hampir sama kayak cerita gue. Kalo gue harus mengikhlaskan sepatu. Jadi gue pulang nyeker. Sepatunya masuk ke dalam got. :')

      Delete
  9. Rinai hujan basahi aku . . temani sepi yang mengendap .. *numpangnyanyi*
    Cara alam ngajak bercanda . . ujan deres, menepi mo make jas ujan ee malah terang . . Kan Kamfret . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. *dengerin*

      Iya, gue juga sering. Udah males nyopot. Takut hujan lagi. Haha.

      Delete
  10. pernah ngalamin hal serupa juga yog,saat cuaca panas gak bawa payung eh pas giliran pulang langit malah sendu :( jadinya lepek juga deh sampai rumah :D

    ReplyDelete
  11. Kalau lagi deman gitu karna ujan minum Nat C 1000 aja hehehe #promosi

    ReplyDelete
  12. Bhahahha... dora dijadikan kambing hitam

    Yup..ngeselin itu pas klo bawa payung terang, ga bawa payung deres...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal, Dora nggak salah, ya? :(

      Sabar, Mbak. :))

      Delete
  13. Paling ngeselin tuh waktu naek motor ujan, terus pake jas ujan. Beberapa meter jalan, ujannya berenti. Kan KZL

    ReplyDelete
  14. Bahahahahak lo makin lucu aja dah Yog tulisannya. Keren keren.
    Dari nomer satu sampe tiga itu true story banget ya Alloh. Kita juga kayaknya senasib pak, pas abis nyuci motor trus malah langsung hujan deres. That's so kampret you know. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, bise aje emang nih si Deva.
      Iya, gue habis melakukan pengamatan. Hahahaha.
      Yes, i knew. :'))

      Delete
  15. 3..3nya pernah ngalamin semua mas yog. apalagi setelah nyuci motor, terus kena ujan. itu sering banget.. jadi males nyuci kalo lagi musim ujan, hemat aer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, gue juga mau hemat air kalo gitu. Pffffttt.

      Delete
  16. Gue jarang nyuci motor karena anggapan 'nanti juga kotor kena ujan' :p

    paling kesel kalau ujan deres, terus udah pakai mantol, tiba-tiba reda ujannya. setelah dicopot, ujan lagi. itu kampret parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sama, gue juga jarang. Sekalinya nyuci ya begitu. Malah hujan.

      Paraaahhhh emang.

      Delete
  17. Ak pling gk ska pake jas hujan, klo lg musim hujan gini. Soalnya menurut gue ribet. Tp klo terpaksa makai juga. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus lu lebih milih hujan-hujanan, Zis?

      Delete
  18. lo ga bisa nyalahin dora sepenuhnya yog! dora nyanyi gitu ditemenin sama monyet, lah elu nyanyi sendirian, mantranya kurang lengkap yog itu wkwk...

    ini bener2 ngakak abis, ke 3 story itu bener2 yang sering di alamin banget, adalagi kadang giliran mau pergi dan belom mandi lihat keluar wih cerahhh!! pas selesai mandi udah ganteng abis, ujan deres!! itu maksudnya apa yog ? kadang disitu gue gondok banget, akhirnya gue cuman bisa bobo ganteng -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga, ya. Berarti gue harus ajak monyet.
      Nah, gue juga pernah. Udah rapi tinggal jalan malah hujan deres.
      Bobo ganteng itu gimanaaaaa, sih?

      Delete
  19. gue justru pas lagi ujan malah nyuci motor.

    biar irit aer.

    btw, gue suka ujan :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga idenya. Kapan-kapan gue nyucinya pas hujan kalo gitu.

      Hujannya nggak suka kamu, Bang. :(

      Delete
  20. Rasanya hujan itu tetap romantis mas, gak peduli itu lagi sama pacar atau lagi sendiri temenin kopi hangat tapi kesejukan udara saat hujan itulah yang membuatnya terasa romantis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga, Mas. Hawa sejuknya itu memang sesuatu. Makasih tambahannya. :D

      Delete
  21. headernya keren bos, no 2 saya sering ngalamin tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks! Dibikinin temen gue vector-nya. :))

      Delete
  22. Wah ketauan nih kalo kecilnya demen nonton Dora, aku juga sih *eaaak.
    Hujan-hujan berhentilah, datanglah lain hari:D
    Kalo bahas hujan emang gada matinya, apalagi cuaca Indonesia kalo ga ujan ya panas itu mulu. Bosen.
    Suka banget kalo hujan dateng itu nyium bau tanahnya bikin adem, suasanya bikin galau max.
    Apalagi kalo ujan keluar pelangi, duh demen banget deh.
    Tapi paling gasuka kalo pas mau pulang ke rumah, udah deket turun hujan deres. Kepaksa pake jas ujan deh padahal udah deket banget:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa, masa kecil itu membahagiakan. Iya, musimnya cuma 2. Kalo mau nambah di mana, ya?
      Udah jarang banget gue melihat pelangi. :(

      Delete
  23. Kalok lagi ujan, biasanya kadar ngantuk meningkat, Yog. Mata maunya merem, padahal lagi naik Honda. :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Gue juga kadang takut ngantuk naik motor pas hujan. Hawanya bikin pengin tidur. Sama takut basah, deh. :/

      Delete
    2. Dulu pernah ketiduran trus bablas nabrak trotoar jalan. Wkwkwk :D

      Delete
    3. Hmm, ada-ada aja. Pantes sekarang agak eror. Pissssss.

      Delete
  24. Gpp lah, tato temporer bentuk tulang ikannya kan keren juga kalo diliat. :P

    ReplyDelete
  25. Rain rain...go away, come again another day..Little Fylly wants to play, rain rain go away...

    hahahaha,.itu lagu kesukaan anakkuuu ;p

    Tapi yg kamu tulis itu bnr semua mas... Hr ini juga hujan, untungnya udh di taxi, jd ga kuyup...

    Dulu inget bgt, pas SD, beli payung baru, berharap pas pulang sekolah hujan turun gede biar payungnya bisa kepake...Tapi ampe berbulan2, malah ga ujan...Trs jdi males bawa payung lagi ;p.. Dan di situlah hujan turun dengan derasnya :D Kampret bgt emang ;p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.