Tipe Komentar di Blog

96 comments
“Bete banget malam minggu di rumah doang. Huffft :(”
Itulah status Facebook Rani pada malam minggu. Kemudian Agus berkomentar,  “Kasian amat jadi jomlo kesepian. :p”
Lalu komentar itu dibalas lagi oleh Rani, “BERISIK! Lu juga jomlo!”

Karena tidak terima dengan komentar Rani, Agus membalasnya lagi, “Yang penting gue jomlo bahagia, nggak kayak lu JONES a.k.a jomlo ngenes. Hahahaha.”

Rani pun marah, “JOMLO MAH JOMLO AJA. NGGAK USAH SOK BAHAGIA!”

“DIH JOMLO MARAH-MARAH”


“LU YANG JOMLO!”

“LU JUGA JOMLO!”

Begitu aja terus, sampai Avenged Sevenfold dangdutan.

Nah, setelah membahas tentang komentar Agus dan Rani di Facebook. Ada beberapa media sosial yang tersedia fitur komentar. Seperti, Instagram, Youtube, Blogger, dan lain-lain. Karena tulisan ini gue tulis di blog. Di blog tentunya ada pembaca, para pembaca inilah yang memberi respons terhadap tulisannya. Baik berupa kritik maupun saran, ada juga yang sekadar meramaikan di kolom komentar. Sekarang, gue ingin membahas tipe-tipe komentar di blog versi on the way. Oke, langsung saja.



1. Komentar Yang Baik dan Benar

Tipe seperti inilah yang paling membuat para blogger bersemangat. Karena isi komentarnya sesuai dengan isi artikel. Dan biasanya memberi pujian kepada empunya blog. Misal isi artikelnya membahas, “Belajar menulis EYD”. Dia akan berkomentar, “Kok gue jadi kesindir, ya? Tapi gapapa. Makasih, Bro. Karena tulisan lu, gue jadi ngerti dan paham soal EYD. Baru tau kalo nulis “di sana” itu ‘di’-nya dipisah. Bermanfaat banget!”

2. Komentar Yang Penting Komen

Tipe komentar seperti ini yang nyolot. Entah, orang ini baca artikelnya atau enggak. Yang penting dia memberi komentar. Dan biasanya komentarnya hanya 3 kata doang. Seperti, “Keren nih, Bro!” atau, “Nice post, Gan.” atau “Hahaha lucu, nih.” Padahal tulisannya biasa aja, nggak keren dan nggak lucu. BANGSAT! Dia komentar hanya sekadar basa-basi. Taik emang yang suka komen begini. Semoga cepet tobat kau, Nak!

3. Komentar Yang Rusuh

Untuk tipe komentar seperti ini, biasanya sudah kenal deket sama blogger-nya, misal teman kuliah, teman kantor, atau teman makan teman. *eeaaaa. Pokoknya dia sudah berteman baik sama empunya blog, bisa jadi sahabatnya, atau justru saudara kandungnya. Jadi, dia bebas komentar seenak jidat. Atau memang orang yang terlahir rusuh. Biasa ikutan demo di depan gedung DPR/MPR. Ikut-ikutan bakar-bakar gitu. Biasanya bakar ban motor... motornya sendiri. Kacau emang orang begini. Tapi masih mendinglah daripada tipe yang penting komen. Misalnya, “Itu cewek namanya siapa? Cakep juga. Kenalin dong.*salah fokus*” Atau “Ciyee jomlo, kapan punya pacar?”

4. Komentar Yang Nggak Nyambung

Entahlah, gue nggak tau banyak untuk tipe komentar seperti ini. Orang macam gini hobinya tuh apa? Suka menghirup lem aibon? Suka mabok jengkol? Atau suka minum Molto? Otaknya sudah sedikit eror. Artikel membahas tentang “Mantan” dia malah ngomongin politik. Absurd abis. Sulit dimengerti orang begini. Jaka sembung bikin blog , nggak nyambung GOBLOK!

5. Komentar Yang Promosi Link

Biasanya, tipe komentar yang seperti ini adalah para blogger pemula. Dan dia komentar ke blog-blog yang sudah terkenal dan ramai. Yap, tujuannya untuk numpang eksis di blog tersebut. Siapa tau ada pembaca yang khilaf mampir atau bermaksud untuk dikunjungi balik. Misalnya, “Salam kenal, Gan. Main-main ke blog gue, www.budiganteng.blogspot.com” atau “Baru mampir udah suka sama tulisannya. Visit back ya, www.tapirkayang.com makasih.” Begitulah biasanya para komentar yang promosi link. Menurut gue, boleh-boleh aja ngasih link. Yang penting bukan link aktif. Asalkan tulisannya itu dibaca, nggak hanya sekadar komentar. Tapi, alangkah lebih baiknya kamu nggak perlu menyisipkan link begitu. Karena biasanya, empunya blog juga penasaran kok sama pembacanya. Pasti blog kalian dikunjungin balik. Apalagi yang sering mampir dan komentar. Kecuali, ya orang-orang sombong yang nggak suka silaturahmi sesama blogger. Emang ada, Yog? Adalah pasti. BANYAAKKK!

6. Komentar Yang Ngingetin Supaya Follow Back Blog-nya

Gue kadang bingung sama orang yang begini. Ada gitu ya, yang setiap komentar selalu ngingetin untuk di-follback blognya. Sebenarnya, kalo blog kalian bagus. Orang itu bakalan senang hati untuk mem-follow,dan  follow-nya tanpa paksaan. Tapi, masih ada aja orang yang terus-terusan ngingetin supaya blog-nya di-follow back. “Eh, Bro. Blog lu udah di-follow ya. Jangan lupa folbek-nya.” Kalo blog-nya belum di-folbek. Pasti orang macam ini masih tetap komentar yang begitu lagi. Tipe komentar macam ini rajin banget, rela berulang-ulang untuk mengingatkan empunya blog supaya folbek. Emang ada, Yog? ADA.

7. Komentar Jualan Yang Nyampah

Kenapa gue bilang komentar jualan yang nyampah? Karena tipe komentar seperti ini memang nyampah banget. Biasanya, komentar dia itu paling parah. Udah rusuh, nggak nyambung, promosi link pula. Padahal kagak kenal. Contohnya gini, “Ayo kakak, mari ditengok dagangan saya. Saya menjual obat herbal mujarab. Ada obat herbal kanker otak tanpa operasi, obat herbal paru-paru basah, obat herbal asam lambung kronis paling ampuh, obat herbal cepet dapet pacar, obat herbal anti jomlo, obat herbal kuat dan tahan lama hubungan intim.” Udah gitu setiap obat semuanya link aktif. Kalo ada komentar begini, langsung hapus pokoknya! Jualan kok di blog orang. HIH!

Itu aja macam-macam tipe komentar di blog yang  biasa gue jumpai. Kalo ada yang ingin menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar. Bebas mau komen apa aja. Nanti kamu tau sendiri, kamu itu tipe komentar yang mana? :p
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

96 comments

  1. JENIS KOMEN KAYAK GUE YOG YANG KALO DATENG-DATENG RUSUH SAMA CAPSLOCK GINI. :(
    Huahahanjer gue pas lagi baca postingan ini malah salah fokus ke tweet lo ke Rima yang bahasa inggris itu. Sedeng banget si lo ya Alloh. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lu kenapa marah-marah di komentar sih, Dev? -___-
      Ya Tuhan... Aku sedeng. :(

      Delete
    2. Emang, Dev. Kayaknya si Yoga sakit deh... Sakit jiwa. Sedih. :(

      Delete
    3. Udh yog Wanita selalu benar,
      sabar sabar

      Delete
    4. < Ini tipe komentar yang ngomentarin komentar lain yang udah dibales komentarnya. #komentarception

      Delete
  2. Gue paling sebel tipe gabungan yang nomor 2 sama nomor 5 . . Ada aja gitu yang minta divisit linknya . . begitu dibuka isinya download2 software gitu . . nggak matching ama blog gue yang personal. .
    Nggak di vis-back dikira nggak balas budi . . di vis-back bingung mo comment apa'an . .??

    BTW, comment gue ni masuk tipe commenters yang mana . .??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan blogger juga sebel sama tipe yang begitu. Hehehe.
      Hahaha, lu termasuk tipe nomor 1. :))

      Delete
  3. Sama, gue juga salah fokus. siyal.

    Btw, gue tipe yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue gak pernah promosi link sih....

      Apa lo bilang gue berumur 45 tahun? Siyal!

      Delete
    2. Bagus, Kak. :)
      Haha tipe 45 bukannya untuk rumah? Kok umur?

      Delete
    3. Hahaha baca komen lo gue jadi ngakak, Yog! Miftah baru mau UN SMA, tapi dipanggil "Kak". Berasa tua banget si Emip wkwkwk

      Delete
  4. baru mampir gue uda suka nih yog :) #ifyouknowhat..
    Bahahahahaha! nomor 6 gue banget tuh. tapi gue nggak ngingetin, cuma minta followback doang biar keren :)
    kadang gue suka sebel sama yang promosi link (padahal waktu pertama kali blog walking gue juga pernah begini), kayak nggak percaya sama blogwalking. padahal kan kebaikan akan dibalas kebaikan. nggak perlu dikasih link, nanti juga dimampirin balik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. I knew, Jev. :)
      Wakakakak ngaku juga dia. Yah, tergantung blogger-nya.

      Delete
  5. wakakwak (kalo itu komentar apa?) aku gak baca semua loh tulisanmu,, gak masalah kan? haha

    ReplyDelete
  6. ayo kakak, aku jual obat bahagia buat jomblo di malam minggu.

    kira2 kalo mau endorse hubungin kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, soal bahagia itu secara alami, tanpa obat. :p

      Delete
  7. Nice post gan! *ceritanya jadi nomer 2*

    Tapi gue tau tuh yang suka komen yang nomer 5 itu haha, tiap blogwalking dia pasti komennya begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue tulis sengaja, Don. Siapa tau orangnya baca. Semoga dia tobat. :))

      Delete
  8. Nomor 2 emang yang paling kampret, Yog. HAHAHA. Langsung pengen mandi junub rasanya kalo dapet komentar kayak gitu. Halah. -_-

    Teruuus yang nomor 6 kayaknya dibutuhin deh. Yaa siapa tau dari ngingetin followback, bisa jadi ngingetin makan dan jangan tidur malem-malem. :')))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak, begitulah. Tapi ada, loh.
      Kamu butuh? Ya Tuhan, kasihan banget jomlo kayak kamu, Rim. :(

      Delete
    2. Iya memang ada, Yog. :))
      Yaampun.. mana jomlo? mana? Takut ih sama jomlo.. :(

      Delete
    3. Ngaca, gih. Biar takut sama diri sendiri. :p

      Delete
    4. Waaparah waajahaat waassalam.. :(

      Delete
  9. Nice Post, Gan.

    Yog, kalimat ini mubazir banget deh, *Kemudian ada seseorang cowok yang berkomentar, “Kasian amat jadi jomlo kesepian. :p” kata Agus.* Mendinga langsung ditulis, "Kemudian Agus berkomentar".

    Eh, itu. Siapa yang suka komentar nyebar iklan obat herbal? cakep nggak?

    Itu di header, kok kameranya ngeluarin sinyal?

    Oh iya, jangan lupa follow blog gue ya! Ada obat herbal buat gedein gaji loh.

    www.hawadisberbagi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sialan. Gue malah diledekin begitu. Nice post, Gan mulu. :(
      Makasih, Haw. Sudah gue edit.
      Njirrrrrrr malah promosi obat sama link juga. Wakakakak.

      Delete
  10. nice post, gan. keren nih, bro. kamu lucu deh. kamu ganteng yog, kok kamu jomblo?
    gabungan komentar 2 sama nomor 4 yog, keren gak? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Cha sebelumnya, udah bilang gue ganteng. Tapi kemudian ditanya, "kok, jomlo?" Kok agak kampret, ya? Ganteng jomlo memang mubazir. Tapi gapapa, belum ada wanita beruntung saja. Halah.

      Delete
    2. iya makasih juga udah dibilang agak kampret haha. ditunggu postingan tentang wanita beruntungnya yaaaaaa biar aku komennya agak kampretan lagi *kabur* *takut ditabok*

      Delete
  11. Gue pasti yang nomor satu kan, Yog? Iyalah pasti gue tipe yang itu. Gue kan baek, Yog!

    Eh, btw Rani itu mantan lo yang lo ceritain di kuis teka tekinya Bang Adi, bukan? Muahahahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor satu itu, Ketuhanan Yang Maha Esa. -___-
      Serah lu, Za. Orang baik jarang yang ngaku baik. :p
      Rani itu nama samaran. Ya Tuhan...

      Delete
  12. Nice post, Gan!
    EYD gue masih amburadul, nih. Postingan tentang EYD kemarin keren. Bermanfaat banget! *lho?
    Coba deh nanti main ke blog gue.
    BlogSiGantengAgung.blogspot.com. Gue juga udah follow punya lo. Kali aja lo mau folback.
    Sekalian liat-liat dagangan baru gue. Gue sewain pacar, lo jomblo, kan?

    Oh iya, gue tipe berapa, Yog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kenapa malah gue yang di-bully di tulisan sendiri? KACAU!
      Lo tipe 36 C. :))

      Delete
    2. Oh iya, lupa, gue kan anak baik. Maaf, ya!
      Bagus deh, tipe itu kan jadi sexy :))

      Delete
    3. Maaf itu gampang. Kalo tetep ngulang kesalahan? :)) *ceritanya bijak*
      Mantap!

      Delete
    4. Kesalahan yang mana dulu, nih? Kalo nge-bully lo kayaknya itu sunnah. *eeeehh

      Delete
  13. Gw enggak terlalu merisaukan komen2 yang ada di blog gw. Asal mereka udah mampir dan sedikit tersenyum, itu udah lebih dari cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. Gitu ya, Bang? Buat gue komentar itu agak penting. Setidaknya itu respons dari tulisan. Kalo komentarnya cuma promosi link. Kan sakit juga diliatnya. :(

      Delete
  14. Gw cuman mau ngomentari "Kalo sama2 jomblo ngak usah berantem, knp ngak jadian aja kalian berdua" hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang dimaksud siapa, ya? Yang cewek di atas tadi? Hahaha.

      Delete
  15. gue juga pernah ngalamin komentar yang aneh yog,
    kaya BLOGWALKING, udh gtu doank
    paling malas udh kena Spam / Auto Komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, hampir setiap blogger pernah mengalaminya kok, Bro. :)

      Delete
  16. Nice post, gan. Ulasannya menarik. Jangan lupa mampir ke blog ane faketaxi(dot)com

    Sengaja, biar lo kesel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NJIR! FAKETAXI. TAEEEE! HAHAHA. XD

      Delete
    2. Faktaxi.com itu situs apa? Kok waktu aku coba pake google chrome cuma muncul tulisan "It works" doang. Situs L-Men ya?

      Delete
    3. Coba googling dulu pake yahoo, Haw.

      Delete
  17. Barusan ada dua komen yang masuk ke blog gue, Ga. Isinya tentang suami isteri yang mau cerai apa gimana gitu deh ga baca juga. Intinya menawarkan jasa konsultasi gitu haha. Langsung gue hapus, dua pula. Semoga komen mereka cepat sampai ke blog ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa kamu, Mz. Jangan sampai mampir ke blog ini. Blog ini nggak butuh konsultasi. Saya juga belum menikah. :(

      Delete
    2. Lah justru itu kamu butuh konsultan...

      Delete
  18. paling males ama komen yang gak nyambung tuh, semacam nice post dll. keliatan banget cuman nyari backlinknya hhe

    gue juga jarang minta follow atau maksa orang follow blog gue, itu kan hak tiap orang ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu hak. Follow karena blog-nya menarik. Bukan soal itu temen. Lagian, tanpa follow juga bisa blogwalking. :)

      Delete
  19. Nah... Postingan kayak gini yang tepat untuk jelasin. Gini, nama Google+ gue = Nama Blog gue, secara tidak langsung gue promosi, niatnya sih ganti. Tapi, udah nggak bisa! Mungkin udah 3x gue ganti. Asu emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kali itu, Ric. :)) Itu kan nama, bukan komentar ninggalin link. Hihi.

      Delete
  20. Gue pasti ada semua di semua tipe ini kan yog ?

    ReplyDelete
  21. Kasian Rani, hari gini masih jomlo. Hahaha. Agus juga. Hahaha.

    Gue pasti masuk tipe komentar nomor 1 nih..

    ReplyDelete
  22. Tapi untuk blog yang gapernah dikomen kaya blog gue dulu, 1 komen itu berharga banget yog :'' bodo amat mau promosi kek iklan kek, ye gak ? #respect

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih. Dulu gue seneng banget pas ada yang komentarin. Tapi, seiring berjalannya waktu kan mulai berubah. Haha.

      Delete
  23. Ah, gue mah ini ditipe yang nomor 1. Wkawaka x)))

    Komentar nomor 5, dan 6 emang nggak sesuai untuk blog personal. Tapi, sesuai untuk blog yang menyajikan tutorial, download, dan sebagainya. Bwehehe...

    ReplyDelete
  24. Paling bete sama komentar yang nggak nyambung itu.
    KZL bet :(

    ReplyDelete
  25. Point 4 & 5 yang paling sering gue temuin. Biasanya mereka adalah yang blognya berisi download software, template, etc. (re: bukan blog personal). tapi nggak jarang juga ada blog personal yang seperti itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, Fan. Hehe. Semoga para komenter yang asal komen segera tobat. :))

      Delete
  26. Tipe komentarnya kurang satu nih, Yog. Coba deh jelasin gimana tipe komentar yang diberikan oleh para silent reader *nahloh*.
    Oh iya, kadang-kadang aku jadi komentator tipe 2 karena tulisan yang aku baca beneran bagus loh, sampai-sampai aku speechless ga tau mau bilang apa lagi :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka nggak pernah komentar. :(
      Kadang gue juga pernah begitu. :)) Malah bingung karena takjub.

      Delete
  27. sumpah, gondok gue sama yang komen asal komen. dan nggak nyambung. nulis panjang'', ujungnya, 'gue jomblo, gan'. kan setan. padahal lagi bahas politik.

    yah, kadang orang'' yg kayak gitu, pas gue BW, gue komennya suka asal juga. biar mereka merasakan sakitnya tuh gimana. tpi, skrg udah tobat kok. semoga

    ReplyDelete
  28. Dulu gua jadi tukang komen yang dagang gitu, tapi akhirnya berhenti karena gak ada yang bisa gua jual. :(

    ReplyDelete
  29. Poin 5 bukan gue banget, bro! Bukan!



    www.ahmadfajaraz.blogspot.com

    ReplyDelete
  30. waktu pertama kali ngeblog, aku seneng banget yog dapet komentar apapun walaupun dari tukang obat :')
    kerennya tukang obat itu isi komentarnya selalu panjang :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu, sih. Tapi sekarang kan sudah berkembang. Hahaha.
      Iyaaaa. Panjang karena promosi. :D

      Delete
  31. Kalok tipe komen ku sih uda banyak yang tau jenisnya apa.. Eheheh.. :P *suombooooong*

    ReplyDelete
  32. oke, kalo buatku nih,

    Tipe no 2, msh bisa ditolerir tergantung mood :D.. Kalo aku lg baik, aku approve aja tuh komen sambil basa-basi ga penting... tp kalo lg jelek, alamat bakal aku krm k tempat sampah doang ;p

    kalo yg nomor 3, itu juga tergantung orangnya siapa :D... Temen deket, ga masalah...tapi kalo org ga dikenal, minta dikirim ke Spam kayaknya ;p

    nomor 4 dan nomor 7 , ga ush ditanya..udh pasti sukses dikirim ke spam ;p

    nomor 5 dan 6, ini sumpah ga bakal aku lirik blognya ;p kalo dia sampe promosiin linknya sndiri, berarti cerita blognya psti ga seru ;p sampe hrs dipromote...

    Terakhir, memang cuma nomor 1 yg bakal aku rutin baca :) apalagi kalo isinya berguna, enak dibaca, ringan, tampilan juga ga bikin sakit mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kamu memang tipe komentar nomor satu, Mbak. Lengkap bangeeeetttttt!!!
      Gue tadinya juga pengin komentar yang moderasi gitu. Tapi takut nggak ada yang komen. :(

      Delete
  33. Nice post, Sist. Hahaha lucu banget tulisannya. Baru mampir kesini udah suka sama orangnya. Btw, cek blog aku, yuk. Aku buka jasa buat reparasi hati loh buat para jomblo. Ada ramuan cinta juga biar Mas cepet dapet pacar. Jangan lupa follow balik blog aku juga ya ~~\o/

    reparasihatiyangrapuh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini komen macam apa? :(
      Malah pada ngaco. Di situ kadang saya merasa sedih. :')

      Delete
  34. Aku kan berusaha ngikutin tipe-tipe komentar yang ada di atas, Kak :((
    Cari pacar makanya, Kak, biar nggak sedih terus~

    ReplyDelete
  35. Baru mampir langsung terpesona sama tulisanya.

    ReplyDelete
  36. haha, bener banget tuch, males kalo nanggepin komentar yg gak nyambung apalagi hanya bertujuan buat promosi bukanya memberi apresiasi, kritik dan saran yg ngebangun

    ReplyDelete
  37. hahahah..jadi ngerasa kesindir di salah satu point nih, maklum newbi

    ReplyDelete
  38. wah keren ni bro.. mantap.. hahaha jadi blogger penjilat ah gue, biar nambah kenalan, jangan lupa mampir ke atm terus transfer gue pulsa yah ( loh ko jadi tipe ga nyambung ).. ah sudahlah.

    mau masuk komentator apapun yang mampir di blog gue yang penting udah mau komen aja seneng gue bro maklum masih blogger setengah mateng... -_-

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.