Menyiapkan Masa Depan dari Sekarang !

No Comments
Hidup ini terbagi menjadi 3 bagian. masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. seperti kita sedang belajar bahasa Inggris, yaitu, past, present, and future.

Saat ini kita hidup di masa sekarang, karena masa ini adalah yang sedang terjadi.. untuk itu kita harus menyiapkan masa depan dari sekarang, tentunya dengan memahami pengalaman dan pelajaran di masa lalu, itu adalah kunci untuk masa depan yang sukses.

Terus apa aja sih yang harus di siapin dari sekarang buat masa depan Yog?


Gue juga belom tau banyak apa aja yang bakalan di siapin, tapi ini beberapa hal yang bakalan gue rangkum menurut gue sendiri, gue cuma bermaksud sharing, enggak ada maksud menggurui, apalagi soktau. serius!


Kalo gitu langsung aja :

1. Menabung


Dari jaman gue SD sampe sekarang itu perlu yang namanya menabung , ya menabung itu untuk keperluan di masa mendatang..gue waktu itu gak pernah nyangka, kalo uang saku gue pas kelas 1 SD yang cuma Rp.1000 selalu gue tabungin di buku tabungan sekolah, gue lebih memilih uang sakunya ditabung.. Lah terus lo gak makan Yog? Tenang aja gue bawa bekel kok, nyokap bersedia ngebuatin nya. Setelah setahun berlalu gue naik ke kelas 2, gue mempunyai tabungan sekitar Rp. 200.000 , uang itu akhirnya diambil untuk keperluan sekolah gue, membeli seragam baru, beli buku, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dan segala jenis peralatan tulis menulis.. Namun itu hanya gue lakuin di jaman SD, semakin gue tumbuh, semakin banyak keinginan gue, waktu SMP gue masih bingung, mana yang kebutuhan, mana yang keinginan, gue lebih mentingin kesenangan gue yang sesaat itu, gue menghambur-hamburkan uang di warnet, demi main game, gue rela gak makan pas di sekolah, gue gak pernah lagi yang namanya menabung..

seandainya waktu SMP gue terus menabung, mungkin pas SMK gue udah bisa membeli laptop sendiri ketimbang apa-apa ke warnet? Ngerjain tugas harus ke warnet? tugasnya gak kelar, malah main game. Itu sih yang gue dapet dari pengalaman gue. Padahal kalo 3 tahun menabung, sisihkan uang saku kalian Rp. 5000 aja , pasti 3 tahun udah ada juta-jutaan, walaupun kurang, kalo niat kalian baik, orang tua pasti bantu, apalagi gak full ngebeliin, cuma ngebantu sedikit dana, orang tua juga pasti bangga sama anak yang bisa nabung.


Sekarang ini setelah gue lulus SMK dan kuliah sambil bekerja, gue baru ngerti apa pentingnya menabung..

Menabung itu benar-benar penting karena kita gak akan pernah tahu, suatu waktu ada kebutuhan yang tidak menduga
Contohnya : Pas bokap gue di rawat di Rumah Sakit, karena asthma nya bener-bener kambuh, dan butuh di asapin, (gue kurang tau istilah di asapin itu apa, ya intinya di asapin itu buat pertolongan pernafasan) , waktu itu ketika orang tua gue hanya punya sedikit uang atau lagi krisis, keluarga gue gak perlu minjem uang kemana-kemana, karena kebetulan gue masih punya tabungan, biarpun gak banyak, cukuplah buat rawat inap semalam..

Gue hanya mengambil pelajaran dari apa yang gue lakuin, disaat keadaan mendesak seperti itu di saat itulah tabungan diperlukan.
Nah mari kita menabung!



2. Investasi


Pengertian investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial tentunya di masa mendatang. 

Tentunya kalian udah tau dong investasi itu apa, investasi ada yang berbentuk investasi emas, investasi tanah, investasi saham, dan investasi barang-barang antik..

Menurut gue investasi itu penting banget, karena nilainya selalu bertambah, jadi lebih baik kalian investasi. daripada beli gadget yang bagus-bagus, punya gadget 1 juga udah cukup kan, gak mesti banyak-banyak, lagian harga gadget selalu turun, sedangkan investasi selalu naik..
Investasi yang paling gue suka adalah investasi emas, tapi sampai sekarang gue belom memulainya, ya insya Allah abis lebaran gue mau investasi, penting kan buat nyiapin masa depan..

Emas termasuk investasi jangka panjang, jangan cuma di inves selama 1 tahun, lebih baik 5 tahun atau lebih.




Mungkin harga emas sekarang 1 gramnya mencapai 500 ribu rupiah, tapi 10 tahun ke depan bisa aja sudah 2 juta bahkan lebih.. gak akan ada yang tau kan.


Sebagian orang juga investasi tanah,  banyak yang udah ngelakuin investasi tanah, kadang ada yang cuma punya usaha jual beli tanah, tapi gak ada rumahnya, ada juga yang digunakan untuk membangun rumah di masa mendatang, hampir semua pria dari lulus S1 dan sudah mendapat pekerjaan tetap, pasti banyak yang sudah menyicil rumah untuk calon istrinya kelak.



Banyak juga yang suka main saham, tapi gue gak begitu ngerti haha. silahkan googling aja :p

Lantas kalian mau tunggu apalagi buat investasi?

3. Asuransi

Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu,
Asuransi itu penting banget kalo saat keluarga kamu tiba-tiba mendadak sakit, kalo kalian sudah asuransi gak perlu pinjem sana, pinjem sini, gak perlu jual-jual perabotan rumah untuk biaya pengobatan, atau pahitnya kamu sendiri meninggal dunia , meninggalkan anak dan istri. Nanti mereka makan apa, siapa yang menafkahinya? Gak akan ada yang tau apa yang terjadi besok kan? makanya kita harus menyiapkan masa depan dari sekarang.

Tapi bagi sebagian orang, asuransi itu serem, apalagi telemarketing bidang asuransi, banyak cacian, dan celaan saat menawarkan produk asuransinya, di omel-omelin, padahal sih maksudnya baik, tapi di sangka nyumpahin segera cepet mati.. Sensitif banget sih kalo udah ngebahas kata kematian, haha

Gue gak begitu tau banyak tentang asuransi sih..

4. Buka Usaha

Tahap akhir adalah memulai merintis usaha, jadilah pengusaha, harus berani mengambil resiko, kita gak mau kan dari kecil sampai dewasa di atur-atur terus, sekali-kali kita yang ngatur, kita yang jadi bosnya..

Bob sadino pernah bilang,


SETINGGI apapun pangkat yang dimiliki, anda tetap seorang PEGAWAI, dan SEKECIL apapun usaha yang anda punya, anda adalah BOS nya !

Gue bermimpi kelak nanti gue bisa jadi pengusaha yang sukses, dan itu pun untuk menyiapkan masa depan, dari umur sekarang gue sudah mulai suka jualan, waktu itu jualan jersey, harga awalnya dari pasar Rp.100.000 bisa gue jual seharga Rp 135.000 , terus pernah juga ngejual kemeja, celana, ya awalnya iseng-iseng tapi gue seneng aja ngelakuin usaha ini, tapi karena bentrok sama jam kerja, gue juga kuliah, sekarang gak usaha lagi deh, padahal lumayan kan keuntungan nya, nyokap gue pun buka usaha nasi uduk, ya meskipun belum begitu berkembang, tapi gue yakin suatu saat semua indah pada waktunya..
Jadi tunggu apalagi, selagi ada modal, selagi ada niat, semua nya bisa dilaksanakan, mungkin kalian pikir nanti bisa aja bangkrut, tapi kalo gak di coba gak akan tau dong? Gak ada pengusaha yang mengerti arti sukses, tanpa gagal terlebih dahulu..
Buka usaha banyak macamnya, dari mulai makanan, makanan ringan, minuman, pakaian, dan macam-macam, yang baru-baru ini sih banyak yang suka makanan ringan seperti keripik pedas, makaroni pedas, enak kan buat ngemil, mungkin kalian bisa lebih kreatif lagi, dan minuman nya seperti cappucino cincau, bisa juga bisnis di bidang pakaian, seperti membuka distro atau toko baju, atau apapun sesuai selera kalian masing-masing.

Mungkin itu aja yang bisa gue tulis, mulai dari sekarang, dari saat ini, ayo siapkan masa depan yang cerah !

tulisan ini terinspirasi dari tulisan bang Alitt di SINI

Selamat hari libur selang-seling
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.