Bahagia Itu Apa Sih?

2 comments
Dari segala pertanyaan, pasti ada juga yang namanya jawaban. Maka dari itu, gue pengen nanya sama diri sendiri, dan buat para pembaca, ( syukur-syukur ada yang baca dan ninggalin komentar )

Bahagia itu apa sih?


Bahagia menurut  wikipedia adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan atau kegembiraan.



Sedangkan menurut orang-orang bahagia itu pasti berbeda-beda..

Ada yang bilang,
  • Bahagia itu kalo gue bisa terbang, nggak perlu macet-macetan lagi pas di jalan, kemana-mana tinggal terbang, itu rasanya bahagia banget. -anonim
  • Bahagia itu punya rumah mewah, mobil mewah, uang banyak, istri cantik dll -anonim
  • Bahagia itu ketika gue membuka mata di pagi hari, dan ternyata gue masih hidup. -anonim

Dan kebetulan gue iseng survey nanya sama temen-temen gue yang kebetulan nongol di RU BBM, jadi gue tanyain aja, :) , inilah bahagia menurut mereka yang bersedia jawab pertanyaan sesat gue :
  • Bahagia itu ketika gue bebas melakukan apa saja, tanpa ada yang ngatur-ngatur. -Devi Novitasari
  • Bahagia itu ketika orang yang gue sayang, dan yang sayang sama gue selalu ada di saat gue sedih maupun senang -Moch Fahmi
  • Bahagia itu simple aja ya, selalu ada waktu sama orang-orang terdekat, nggak perlu materi yang penting kebersamaan, pokoknya solidarity above everything. -Vindy
  • Bahagia itu 7 huruf yang mempunyai makna yang sangat indah untuk sebuah kehidupan yang diinginkan semua manusia. -Rifqi Azufar
  • Bahagia itu adalah ketika semua orang merasakan manfaat dari adanya kita di tengah-tengah mereka, dan selalu tersenyum. -Buana


  • Bahagia itu deket sama orang terdekat dan orang yang disayangin, apalagi bisa ngebuat orang tua bangga, itu bahagia banget. -Rivaldi
  • Bahagia itu ketika kita menemukan sesuatu yang belom pernah kita rasakan sebelumnya. -Imam
  • Bahagia itu di saat kita punya orang-orang di sekeliling kita yang sayang dan perduli sama kita, lalu kehadiran kita pun bisa bikin mereka bahagia, dan yang terpenting adalah selalu bersyukur. -Septi
  • Bahagia itu adalah sesuatu hal yang  melupakan masalah hidup kita, bisa sementara bisa selamanya.    -Kadafi
  • Bahagia itu adalah sesuatu hal yang nggak bisa dibeli atau dibayar oleh apapun, bahagia itu kita yang membuat, bukan orang lain, yang lebih bahagia adalah ketika kumpul bersama dengan sanak saudara dan sahabat. -Aldy Wijaya
  • Bahagia itu simple, adanya di hati hanya bisa dirasakan. -Marliana
  • Bahagia itu ketika gue masuk surga dan bebas dari api neraka. - Saddam
  • Bahagia itu ketika gue berhasil buat ngebahagiain orang-orang terdekat, bisa menjalin hubungan baik dengan orang yang di idam-idamkan, menuai hasil manis dari apa yang kita usahakan atau perjuangkan selama ini. -Faudzan
  • Bahagia itu ikhlas dateng dari hati, diri sendiri. kenyamanan, bukan karena materi, walaupun materi bisa membuat kebahagiaan, tapi kalo terus-terusan ngejar materi dimana bahagianya? kadang kalo kebanyakan materi jadi kepikiran aman atau enggaknya materi yang kita punya, tersiksa juga. Tapi kalo ikhlas insya allah akan bahagia, nggak ada beban pikiran. -Siti Nurohmah
  •  Bahagia itu dimana semua keinginan kita telah terwujud dan kita bisa buktiin ke orang-orang yang udah ngeremehin kita serta buat orang yang sayang sama kita bangga. -Ayu Assiah

Sedangkan bahagia menurut gue sendiri adalah, ketika gue menjadi diri sendiri, disaat itulah gue bisa tau apa kelebihan dan kekurangan gue. gue bebas mengekspresikan diri, tentunya ketika gue menjadi diri sendiri, masih banyak temen maupun sahabat yang ingin bertemen sama gue, mempunyai pacar yang bisa nerima gue apa adanya meskipun banyak kekurangan, mendapatkan kasih sayang dari keluarga, yang terpenting adalah tersenyum dan selalu mensyukuri nikmat-Nya atas kehidupan ini.

"Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membuat orang lain bahagia."

Bahagia itu luas pengertian nya ternyata, tergantung gimana kita mendefinisikan nya..

Bagi sebagian orang, bahagia itu ketika memiliki segala kemewahan, tapi kan nggak selamanya bahagia itu selalu diukur oleh materi, bahagia itu nggak akan pernah bisa di beli oleh uang.
Mungkin orang-orang tajir bisa ngebeli mobil mewah, tapi dia nggak akan bisa ngebeli nyawanya lagi ketika kecelakaan. mereka bisa ngebeli obat-obatan, tapi nggak akan pernah bisa ngebeli kesehatan, mereka bisa ngebeli arloji atau jam tangan seharga jutaan, tapi apakah bisa mereka membeli waktu? katanya waktu adalah uang? tapi kenyataan nya waktu itu lebih berharga daripada uang.

uang itu memang bisa membuat kita bahagia, tapi uang itu jumlahnya banyak dan tidak akan pernah habis, maka jika kalian berbahagia karena uang. kalian tidak akan pernah berbahagia, karena kebahagian yang ingin kalian rasakan tidak ada ukuran nya, membuat kalian selalu merasa kekurangan.

Untuk itu maka bahagia adalah, harus selalu bersyukur, mungkin bagi orang-orang miskin, para pengemis jalanan, atau kaum-kaum kekurangan, bahagia itu ketika mereka bisa makan hari ini saja sudah cukup, mereka bersyukur karena masih punya nikmat sehat, masih bisa ngerasain makanan tahu tempe tapi kenikmatan nya lebih mantap daripada masakan di restoran bintang 5,
kenapa begitu? karena untuk makan saja mereka harus berjuang, berjuang dengan sepenuh tenaga, harus letih, harus capek, ada yang harus jungkir balik banting tulang untuk menyambung hidup.. tapi di setiap butir-butir nasinya akan ada keberkahan atas jerih payah mereka dengan cara yang halal, dibandingkan dengan makan-makanan yang enak tetapi hasil korupsi.

Ada juga orang yang saat kumpul bersama teman-teman dan sahabatnya merasa bahagia, bisa tertawa lepas, melupakan segala masalah dalam hidup, kalo kata orang dulu, makan gak makan yang penting kumpul.

Bahagia itu juga ketika mimpi kita bisa jadi kenyataan, gue juga termasuk orang yang selalu bermimpi, tapi mimpi itu lah yang menjadikan nya motivasi untuk meraih mimpi tersebut.

Semua orang pasti tentu punya mimpi, punya keinginan, punya cita-cita, ada yang ingin jadi dokter, ada yang ingin jadi presiden, ada yang ingin jadi direktur dan punya perusahaan, ada yang ingin jadi pemain bola terkenal, ada yang ingin jadi pengusaha, ada yang bermimpi jadi musisi terkenal, ada yang ingin jadi penulis.

Buat para kaum jomblo, mungkin bahagia itu ketika memiliki pacar. dan buat yang memiliki pacar, mungkin adalah bisa bahagia bersama lalu menikah dan hidup harmonis.


Maka untuk mewujudkan semua mimpi itu kita harus berusaha dari sekarang, dan jangan lupa berdoa, setelah itu tawakkal, kalo kalian udah berusaha semaksimal mungkin tapi belom ada hasilnya berarti kalian masih kurang tekun, nggak perduli berapa kali harus gagal, yang penting jangan nyerah. kita harus bahagia nantinya ketika kita berhasil mewujudkan mimpi itu. Lalu kita harus berusaha meraih cita-cita itu dari sekarang, harus tekun, harus semangat, dan jangan nyerah, nikmatin segala prosesnya..

Gue bahagia karena bisa menulis tulisan yang bertema bahagia, ngebuat gue makin bersyukur atas hidup ini. gue harus selalu tersenyum apapun yang terjadi, gue harus semangat, meskipun banyak masalah dan beban dalam hidup. tapi dengan senyum dan nggak ngeluh itu semua akan terasa ringan, kalian harus yakin, kalian pasti bahagia..
Seperti lagunya D'masiv yang feat Ariel Noah, Giring Nidji, dan Momo Geisha, : Esok Kan Bahagia

Berikut ini ada tips-tips konyol dari gue,
Yang perlu kita lakukan agar bahagia adalah :

1. Selalu tersenyum
Senyum itu gampang kan? simple kan? maka tersenyumlah, karena buat senyum itu hanya butuh sedikit otot, daripada cemberut? cemberut itu gak enak, pokoknya dipandang orang juga kurang bagus, coba senyum, mungkin orang lain ikut tertular virus senyum kalian :)

2. Lakuin apa yang kalian suka
Kalo kalian suka sesuatu, entah hobi atau apalah yang kalian sukai, terus aja lakuin, kalo sesuatu hal yang kalian suka bisa ngebuat bahagia kenapa harus berhenti? terus aja lakuin, kalo orang lain bicara yang buruk ya gausah didengerin. misalnya kamu suka nyanyi, tapi banyak yang bilang suara kamu jelek, apa kamu bakalan diem dan berhenti nyanyi? Kalo nyanyi bisa bikin kamu bahagia meskipun suara nya jelek, terus aja lakuin, kenapa harus berhenti nyanyi? kenapa nggak milih belajar nyanyi? les vocal, atau kegiatan apa yang bisa mengasah kemampuan vokal kamu. pokoknya lakuin aja apa yang kamu suka, tentunya yang positif ya :)

3. Lebih dekat dengan lingkungan alam
Banyak orang yang lebih milih berdiam diri di kamar daripada pergi ke lingkungan luar. gue suka merhatiin orang-orang yang suka touring, suka hiking, suka traveling, kayaknya mereka bahagia banget, meskipun bisa aja resiko kecelakaan, mungkin karena alam bisa ngebuatnya bahagia, menghirup udara segar di pegunungan, menikmati pemandangan dll

4. Keluar dari hal-hal yang mengekang
pada dasarnya setiap manusia nggak ada yang mau dikekang, nggak ada yang mau di atur-atur, maka keluarlah dari segala macam kekang-kekangan. peraturan emang penting, tapi kalo apa-apa diatur, ini nggak boleh, itu nggak boleh, lama-lama bisa gila !

seharusnya ada yang namanya kebebasan, misalnya dalam ruangan kantor kerja yang berAC, larangan tidak boleh merokok itu wajar, dilarang bawa handphone ke ruangan dan taruh di loker mungkin disiplin.. tapi kalo misalnya ada sesuatu hal yang penting gimana? ini agak nggak wajar, apalagi di larang bawa makanan atau minuman ke ruangan, mungkin bagi sebagian orang akan mager kalo udah duduk nyaman, jadi kalo laper pingin ngemil kan bisa ambil di laci atau haus lalu ingin minum tinggal minum, nggak usah pake jalan-jalan dulu atau nyuruh OBnya.

apalagi dilarang ngobrol, setiap tempat butuh yang namanya interaksi, masa ngobrol dilarang? terus diem aja gitu? capek kali di kekang-kekang, coba aja rasain gimana rasanya di perlakukan seperti itu, terkadang banyak atasan yang suka semena-mena sama karyawan bawahan nya, apalagi dilarang gak boleh sakit, kesehatan mah nggak ada yang tau. masa dilarang sakit? ya sakit sih boleh aja, tapi kalo nggak masuk kerja gaji bakalan dipotong. jadi ini kan termasuk hal yang mengekang paling sadis. Mengenaskan! #CurhatanAkibatPeraturanKantor


5. Jangan pernah takut mencoba dan gagal
Kita gak akan pernah tau sebelum mencobanya, gagal urusan belakangan, lagian kalo mau sukses ya harus  merasakan apa yang namanya gagal dulu.. Jadi nanti saat sukses, ada kebahagiaan tersendiri, berulang-ulang kali mencoba dan sering gagal tapi akhirnya sukses..

gue inget pertama kali gue belajar ngendarain sepeda pas SD, gue takut buat mencoba, karena kaki gue  pendek dan nggak nginjek tanah lah. gue takut jatuh lah, tapi lama kelamaan rasa ingin tahu untuk mencoba itu ngebuat gue penasaran, jadi gue ya nyoba aja, awalnya gue jatuh, nabrak orang, nyebur got, banyak luka-luka tapi pada akhirnya gue bisa, gue berhasil dengan lancar ! hoho

6. Sering olahraga
Entah gue baca dimana, kalo kita sering olahraga itu katanya bisa ngilangin stres, jadi olahraga juga bisa bikin kita bahagia, ada orang yang suka banget futsal, dia mungkin sudah kelelahan namun karena hobi dia ngerasa gak pernah letih buat menciptakan kebahagiaan nya. olahraga bikin bahagia

7. Selalu bersyukur
Entah hidup kita ini kekurangan, ataupun kelebihan, bersyukurlah. Bersyukur sama apa yang saat ini kita miliki. jadi gimana pun kondisinya jika kita bersyukur akan terasa bahagia.


Segitu aja dari gue,
Anak balita yang bahagia ketika berhasil membuka payung



Selamat hari Minggu, semoga hari ini penuh dengan kebahagiaan.
kalo ada yang mau nambahin di kolom komentar apa itu arti bahagia, silahkan :)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments

  1. keren bang postingannya, pada dasarnya semua orang itu punya kebahagiaannya sendiri dan punya cara tersendiri buat ngedapatin kebahagiannya. cara paling gampang buat bahagia sih ya bersyukur seperti yang bang yoga bilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, kamu juga keren kok:)
      iya bener banget.. setiap orang beda-beda mendefinisikannya dan punya cara tersendiri untuk bahagia ..
      ya menurut gue, cara paling sederhana untuk bahagia memang bersyukur :)

      Delete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.