Gejala Insomnia Menyerang Mahasiswa

4 comments
Suatu malam saat gue sedang mengerjakan tugas dari dosen, ya sebagai mahasiswa yang rajin emang gitu kalo ada tugas di kerjain, tapi gue malah ngerjain nya malam-malam, karena sudah terlalu larut malam tiba tiba gue terkena gejala susah tidur yang biasa di sebut insomnia.

Pengertian insomnia dalam kamus wikipedia adalah gejala kelainan dalam tidur yang berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk tidur, gejala tersebut biasanya di ikuti gangguan fungsional saat bangun.
Dalam kasus ini, gue cuma mengalami Insomnia sementara, gue gak bisa tidur cuma karena terpaksa mengerjakan tugas yang besoknya di kumpulin, kadang ribet banget rasanya kalo ngerjain tugas yang mepet sama deadline, emang paling enak tuh apa apa tepat waktu.
Nah maka dari itu gue mau ngebahas tentang insomnia
Insomnia sendiri sebenernya berawal dari kebiasaan tidur yang tidak teratur, banyak pikiran, sedang stres dan lain sebagainya.





Tetapi faktor-faktor seseorang terkena gejala insomnia yang biasa menyerang para mahasiswa adalah sebagai berikut :



1.Tugas Kuliah , UTS, ataupun UAS

Kenapa tugas? udah gue jelasin kan di atas, tapi untuk detailnya lagi, seorang mahasiswa gampang banget terkena insomnia karena tugas, apalagi gue yang mahasiswa merangkap karyawan, hari Senin-Jumat kerja dari pagi sampe sore, baru ada waktu malam, untuk mengerjakan tugas jadinya malam malam.. Lebih sering di kerjain jumat malam, karena jarang banget mahasiswa ontime, taulah aktifitas anak muda sekarang, nongkrong sama temen-temen, godain cabe-cabean hangout, pacaran, dan lain lain. jadinya baru bisa ngerjain tugas pas udah mepet waktunya, apa lagi mau UTS ataupun UAS, mesti bikin contekan malem malem biar besok lancar ngerjainnya, padahal mah besoknya ngantuk karena kurang tidur, tapi ya mau gimana lagi, namanya juga orang yang ngambil jalan pintas, gamau ribet baca dan belajar, padahal mah kalo di pikir-pikir sama aja, waktu buat membaca dan bikin contekan, udah pasti kan nyontek juga ngebaca.
*gak semua mahasiswa begitu, dan itu juga belom tentu gue kayak gitu, tapi mayoritas pada begitu haha


2. Nonton Pertandingan SepakBola

Para cowok-cowok yang suka banget bola, cewek-cewek yang juga suka, apalagi di kalangan mahasiswa, yang mayoritas pasti gemar sepakbola, kalo tim kesayangan nya bertanding bakalan rela-relain nonton, ya nonton di televisi sih.. Kalo nonton TV nya di rumah sih enak, kalo ngantuk tinggal tidur, tapi biasanya mahasiswa-mahasiswi itu lebih suka Nobar  (Nonton Bareng) sama temen-temen nya, katanya biar seru, sekalian gathering, nambah temen, atau apalah.. itu kan pertandingan bola yang bigmatch biasanya malem-malem, kalo mulainya aja jam 12 malem, mau pulang jam berapa itu?
gak pernah juga gue kayaknya nonton bola siang-siang, palingan nonton anak-anak bocah maen di lapangan deket rumah ahahaha. itu mah pas jaman SD-SMP
Karena ingin menyaksikan tim jagoan nya tampil, mereka lebih mengutamakan bola daripada kesehatan nya, lebih milih begadang daripada tidur, terus akibatnya insomnia.. Karena keseringan nunda tidur


3. Cinta


Kenapa lagi dengan cinta? haha ya cinta itu bisa merubah segalanya, merubah orang yang biasa tidur cepet bisa tidur larut karena cinta.. orang yang sedang menjalani masa-masa PDKT biasanya gak bisa jauh dari suatu alat canggih yang digunakan untuk berkomunikasi.. Biasanya jam 21.00 udah tidur, tapi karena lagi pendekatan, lagi fokus ngegebet gebetan banyak orang yang secara tidak sadar mengurangi jam tidurnya hanya untuk komunikasi instan seperti, sms,bbm, wa, line, wechat, dan masih banyak lainnya.. Kadang juga rela telponan sampe larut malam, aturan udah tidur tapi sampe jam 00.00 masih melek, ya namanya juga pdkt, apa aja yang di lakuin bakal terasa indah, karena mereka punya satu tujuan, yaitu jadian. Mereka yang sedang jatuh cinta sulit sekali bisa tidur seperti biasa, saat berusaha memejamkan mata untuk tidur, terlintas pikiran sang gebetan, hati berkata "dia udah tidur belum ya" , sehingga nyari handphone lalu mengetik bbm dan ngucapin "goodnight, semoga mimpi indah" , kalo bbmnya dibales? akan terjadi percakapan singkat maupun panjang yang bikin gak jadi tidur.. Kalo gak di bales, juga bakalan kepikiran, dan ngomong dalam hati, "kok bbm gue ga dibales ya? apa dia bener udah tidur? apa sengaja balesnya besok pagi biar ada cara buat ngontak gue duluan?" dan beberapa kata lain nya akan muncul di pikiran, terucap di hati, niatnya mau tidur malah jadi galau..

Kalo sehabis kencan juga pasti gitu, sepulang dinner sama gebetan, padahal udah begitu lelah, udah capek, tapi bukan nya tidur malah kebayang-bayang wajahnya dia, seharusnya sih waktunya untuk tidur tetapi malah mikirin dia terus yang enggak-enggak
Cinta memang aneh, bisa ngerubah pola kehidupan, bisa membuat orang berubah menjadi 180 derajat, kalo 90 derajat siku-siku dong




Itu tadi adalah hal-hal yang menyebabkan para mahasiswa terkena insomnia, maka dari itu gue bakalan ngasih tips supaya enggak terkena insomnia lagi..

1. Melakukan olahraga teratur, olahraga nya pas pagi hari, bukan malem-malem pas mau tidur.. Karena berolahraga dengan teratur, kesehatan akan menjadi optimal, dan dapat melawan stres dengan baik

2. Tidur dalam lingkungan yang nyaman, saat tidur, matikan lampu, matikan televisi, matikan handphone, pokoknya matikan hal-hal yang menimbulkan suara dan kegelisahan.

3. Jangan mengonsumsi kopi sebelum tidur, mengurangi minuman yang bersifat stimulan seperti, teh dan kopi. Mengurangi merokok juga, atau gak usah ngerokok sekalian, biar kayak gue.. Tetap tampan tanpa rokok wkwk

4. Tidur dan bangun dalam waktu yang teratur, 7-8 jam sehari . jangan di kurang-kurangin nanti rasa ngantuknya jadi gak teratur deh

5. Sholat isya sebaiknya di laksanakan tepat waktu, atau terlebih dahulu sebelum tidur, kadang gelisah susah tidur terjadi karena belum sholat.

6. Minum segelas susu hangat, susu kadang bikin kenyang, dan kalo kenyang hawanya mengantuk.

7. Jangan terlalu banyak makan dan minum saat menjelang tidur. Nanti bisa aja terjaga untuk pipis atau pup akibat kebanyakan makan dan minum

8. Menjernihkan segala pikiran, buang pikiran-pikiran yang negatif, dan gausah mikirin negara, mikirin pejabat yang korupsi bukan tugas kalian..

9. Bersihkan tempat tidur secara teratur, karena saat tidur dengan kondisi tempat tidur yang kotor, nanti bisa gatal-gatal, dan susah untuk tidur nyenyak.

10. Jauhkan jam dari diri kalian, saat tidur gak usah ngeliatin jam, waktu akan terus berputar, jadi gausah di liatin, yang ada kalian ngerasa semakin was-was karena sudah pukul berapa tapi gak bisa tidur juga.


Segini aja tulisan gue tentang insomnia, semoga bermanfaat. gue sendiri kena penyakit handsomenia, ada yang tau cara ngobatinnya? wkwk

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments

  1. Hahahaha.... ini pertama kalinya gue mampir ke blog lo... kerenn

    Gue jg Mahasiswa.. yak bener karena beberapa hal di atas gue jadi sering Imsomnia tiap hari malah..
    Tapi Insomnia itu gue manfaatin buat nulis atau BW ke blog2 org lain...hehe biar nambah kenalan jg hehe

    Keren tipsnya... semoga bisa gue jalanin hahaha...

    Hidup Imsonia... #Lah --__--

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih baru juga sih nulisnya, kelamaan vakum, tapi mulai 2014 gue berusaha berubah supaya tekun menulis, gue juga udah liat blog lu, lo lebih keren hohoho.. thanks sudah mampir ke blog gue, sering-sering main haha :D

      Delete

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.