Selamat Hari Ibu

3 comments
Hari ini tepat tanggal 22 Desember 2013. Bentar lagi tahun baru dong? Yeay! Bukan, bukan. Yang bener hari ini adalah hari ibu. Buat yang biasa manggil ibunya dengan kata lain, bisa juga hari mama, hari mami, hari emak, hari mamake, hari bunda, atau biar gaul hari nyokap..

Hey Ibu, selamat hari ibu.. aku sayang ibu..
Terimakasih udah ngebesarin Yoga sampe seperti ini.. (padahal mah gue kurus, badan gue kecil juga)
Udah mengandung Yoga selama 9 bulan atau lebih, engkau bidadari tanpa sayap Bu :) ({})
Engkau pertaruhkan nyawamu hanya untuk melahirkan aku :')
Pas aku bayi ibu pasti tidak pernah bisa tidur nyenyak, selalu denger tangisan aku, selalu aku ompolin.. ASI mu begitu penting untuk diriku.. (tolong jangan mikir yang macem-macem kalo soal ASI, gausah dibayangin juga)

Dan,

sekitar 18 tahun terhitung dari Yoga lahir ibu selalu ngebiayain hidup aku, tidak ada kata perhitungan yang engkau minta dari ku.. Biarpun sekarang aku udah bisa cari duit sendiri, bayar kuliah sendiri, tetep aja aku masih minta makan, aku masih numpang tidur di rumahnya, walaupun aku bisa mandiri dengan ngekost atau apa, tapi aku lebih suka tinggal dengan keluarga.. Karena aku masih butuh kasih sayangnya. kasih sayang keluarga, terutama nyokap :(

sumber: Pixabay


Beberapa bulan yang lalu Nyokap gue shock berat, karena anak nya yang baru mau di lahirkan meninggal dunia saat proses caesar.. Beliau harus kehilangan darah banyak, sehingga mesti transfusi darah.. Tetesan air mata berlinang di pipinya.. gue cuma bisa diem melihat nyokap gue nyesek sampe susah ngomong gitu.. Bayi yang ditunggu-tunggunya, yang di kandung selama 9 bulan mesti pergi, dan gue juga merasa kecewa karena gue gagal punya adik cewek.. Tapi mungkin rencana Allah jauh lebih baik o:)

Jangan pernah suudzan sama Allah, karena Tuhan tahu mana yang terbaik buat kita


Gue hanya bisa bilang, 'yang udah gak ada biarin aja, ikhlasin aja, yang penting Ibu selamet, Adek udah nunggu di Surga :)'

Katanya bayi yang belum punya dosa itu bisa jadi tabungan buat orang tuanya, dia bisa nolong orang tuanya, dan ngajak orang tuanya itu masuk ke dalam surganya :)
Dan gak perlu ada acara tahlilan juga, bayi itu bener bener suci yaaa :)

Nyokap mempertaruhkan nyawanya lagi, tapi hanya satu orang yang selamat, alhamdulillah masih selamat, jangan sampe enggak ada dua-duanya, karena gue gak akan pernah bisa bayangin jika gue kehilangan nyokap gue secepet itu.. Terima kasih ya Allah engkau masih mengizinkan saya untuk lebih membahagiakan ibu saya, ayah saya juga :)

Emang kita gak pernah tau kematian itu kapan datengnya, jangankan yang sudah tua, yang masih remaja juga bisa tau tau meninggal, dan yang baru mau lahir saja, yang belum melihat dunia bisa meninggal..
Maka berusahalah berbuat baik sebanyak mungkin, berbakti kepada orang tua, terutama nyokap, karena Ridho Allah itu juga Ridho orang tua juga


Terus lo udah belum Yog bahagiain orang tua lo? Terutama ibu lo?

Ya gimana ya, kalo ngomong bahagiain kayaknya belum, ini lagi proses kok :') tapi masih awal, belum ada apa-apanya juga sih.. Gue cuma bisa ngasih sebagian gaji gue, cuma sedikit, bukan karena gue pelit.. Tapi nyokap gue bilang, 'pentingin dulu kebutuhan kamu, kamu bisa bayar kuliah sendiri, bisa gak minta sama ibu lagi aja ibu udah seneng, kamu bisa ngasih adik kamu juga biarpun gak seberapa.. Ibu kan masih bisa cari duit sendiri'


Iya nyokap gue cari duit sendiri, gak cuma dapet duit dari gaji bokap, tapi nyokap gue berdagang.. Berdagang yang halal ya

Awalnya pas gue kelas 3 SD, gue suka banget sarapan sama nasi uduk, kebetulan tetangga gue jualan tapi rasanya suka nggak karuan, eh bukan nya gue mau menghina masakan nya dia ya tapi beneran jujur loh..
Nyokap gue juga ngomong gitu, entah kenapa akhirnya nyokap belajar bikin nasi uduk..


Gue disuruh cobain, gue orang pertama yang makan nasi buatan beliau.. Enaaaak bangeeeeet asli mau nambah mulu gue hahahaha.. Gue ngomong apa adanya, enggak belain nyokap gue, ya mungkin emang nyokap gue lumayan jago masak.
karena menurut gue, seenak enaknya makan di restoran mewah atau mahal, lebih enak masakan nyokap, lebih hiegenis, lebih terpercaya kesehatan nya, trus udah gratis bisa nambah pula..
gak perlu bayar coy!!

Nyokap gue seorang penjual nasi uduk, trus lontong sayur, dulu selagi gue masih SD dan kekuatan fisik nyokap juga masih kuat belom gampang capek, beliau juga suka bikin makanan makanan kecil, kayak combro misro, lupis kue pisang, lontong, getuk, dan masih banyak laen nya..


Tapi karena sekarang udah mulai tua, ya baru umur 42 sih.. Cuma kekuatan fisik nyokap udah gak sekuat dulu, entah karena belom lama abis ngelahirin atau gimana ya gue gak ngerti hehe.. Salut lah buat nyokap yang hobi dagang :p semoga gue mewarisi hobinya yak, siapa tau jadi calon pengusaha sukses.. tapi pengennya penulis.. dua-duanya kalo perlu.. Aaaamiiinnn o:)


Pas SMP ada kisah yang bikin gue malu sama profesi orang tua gue..

Okee gue cerita yaa..

Bokap gue tuh cuma berijazah SMP, trus nyokap gue SD.. Trus kenapa? Masalah buat eloooo?

Dulu gue gak bisa ngomong gitu, gue malu :(
Gue sekolah di salah satu SMP favorit di jakarta barat. Itu adalah sesuatu yang bikin minder. Iya, karena gue bukan anak orang kaya. Jadi gini, pas waktu SMP jajan gue cuma Rp 7000 , tapi tetep gue cukup-cukupin dan bersyukur, nah temen temen gue udah pada 10.000 paling minimal, mungkin ya? ada yang 20.000 , ada yang 50.000 juga, gileeee SMP udah jajan segitu mah gue bisa nabung beli HP selama 1 bulan..

Hape gue cuma nokia cdma pas smp, kamera VGA, mp3nya gak ada lagi -__- , beda sama temen temen gue yang udah canggih canggih, tapi dulu tuh buat gue, hape yang udah bisa setel musik itu kereeen.. ya karena gue suka banget dengerin musik :D

maaf ini kenapa gue sesi curhat, oke balik lagi ke topik tentang cerita nyokap..

Temen gue belanja di minimarket TomangTol (tempat kerja bokap gue) , dia belanja dan ngeliat bokap gue jadi kasir.. iya kasir, kenapa sih? salah ya? :( Padahal kan halal tau..

Gitu-gitu juga jabatan bokap gue sebenernya supervisor, bokap gue udah kerja 20an tahun mungkin sampe saat ini, cuma semenjak kerusuhan 1998 Tomang Tol bangkrutttt, cabang cabangnya udah gak ada, dijual semua, yang paling gede yang di pinggir Tol daerah tanjung duren, dulu mah bagus, ada Texasnya juga, artis-artis aja sering kesitu.. cuma ya sekarang udah krisis, karyawan-karyawan lama dan loyal aja yang masih tetep disitu, karena udah stuck, gak mungkin cari kerjaan laen karena ijazah bokap gue cuma SMP, trus kenapa dia jadi kasir? ya mungkin emang karyawan lain nya belom bisa jadi kasir? intinya halal kan? dan bisa menghidupi gue sampai sekarang ini..

Gue gak malu tuh punya bokap kerjaan nya jadi kasir.. Iya sekarang gak malu, dulu pas SMP malu gue :( , maaf Yah, beda cara berpikir kan sekarang sama dulu.. Gue di cela abis-abisan ama temen temen gue karena bokap gue kasir.. Emang bokap lo apaan sih kerjaan nya? Pejabat? Direktur? PNS? Tukang Gulali? kok belagu banget?

Gue bilangin ya, sehebat apapun profesi bokap lu, tapi kenapa anaknya gak di ajarin sopan santun menghina orang tua temen nya? Jangan-jangan bokapnya yang suka korupsi tuh?

Gue bisa aja waktu itu pukul hajar orang yang hina bokap gue, sayangnya badan dia lebih gede, dan gue sendiri paling kecil pendek kurus di kelas jadi gue takut deh. -_- Emang sih gak semua temen temen gue begitu, cuma kenapa ada beberapa anak yang gitu yek? haha sian deh lu anak orang tajir tapi gak punya moral.. Semoga sekarang lo gak gitu yak, gue doain temen temen gue jadi orang yang baeeekk o:)

Trus ga lama lagi gue bekel tuh masakan nyokap gue, gue bawa nasi uduk, karena mungkin gue lagi butuh duit jajan gue buat di tabung, buat maen warnet

Seperti biasa ada temen gue yang suka ngata-ngatain gue, kenapa dah gue dibully mulu dulu? kampreet, emang sih pas masih kelas 7 gue belom tinggi, bener-bener pendek, masih harus ke SD lagi kali ya? :/

Dia ngatain gue, 'bekel nasi uduk haha, gak punya duit ya buat jajan di kantin?'
Asli kalo ada orang yang ngatain gue begitu lagi, gue tonjok mukanya bodo amat gak pandang badan dia gede kecil dah, jangan pernah menghina nyokap gue, sekalipun itu cuma masakannya.

Gue cuma sedih, kesel, kenapa sih hidup gue dulu tuh di cela-cela gitu, dari jualan nasi uduk itu kan ngebiayain sekolah gue. itu kan halal. gue emang cuma orang sederhana , tapi seenggaknya gue gak ngemis, gue juga trus berusaha buat bisa jadi orang sukses nantinya !

Trus temen baek gue ngehibur gue, yaudah gue ajak makan berdua sama gue, nyobain nawarin dan dia mau nyendok, dia bilang.. "enak yog nasi uduknya, beli dimana? beneran nyokap lu yang buat?"

ya itu emang nasi uduk buatan nyokap gue, temen gue doyan tuh malah enak katanya. Trus besoknya dia malah nitip sama gue minta dibawain, hehehe gue bahagia ada yang ngomong gitu ke gue.. dia secara gak langsung muji nyokap gue kan..

Gue gak akan bisa seperti ini kalo nyokap gue gak jualan nasi uduk, berkat nyokap gue bisa lulus SMK, ngebiayain dari SD sampe SMK itu tuh gak murah.. oh iya gue gak TK ya haha :p, sekarang gue udah bisa kuliah dengan uang sendiri dan sekarang gantian gue mau berusaha bales jasa jasa nyokap gue yang gak akan mungkin bisa gue bayar. karena seberapapun harta yang gue miliki, seberapapun gue bayar pake duit yang gue punya, gak akan bisa ngebeli semua apa yang nyokap udah kasih ke gue.. I Love You Mom..


Kasih Ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, walau memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia

Tapi di satu sisi ada juga ibu yang ngebuang anaknya, trus calon calon ibu yang menggugurkan janinnya.. Ya gak semua hidup itu indah kan? Gue bersyukur bukan menjadi bagian itu. :')

Kalo ada yang penasaran sama sosok nyokap gue, gue ada fotonya.. Padahal dulu banyak banget foto foto gue sama nyokap, foto keluarga juga,, tapi hape nokia gue jatoh dan ilang, belom sempet di backup pula data datanya.. yaudah hilang deh kenangan kenangan di situ..

Sebenernya kalo gue mau cerita semua bisa aja, tapi gue capek ngetiknya, trus gue juga bakalan makin nangis ini ngetik tulisan begini kalo nginget dosa-dosa gue banyak banget ke nyokap..

Pernah gue sampe marah-marah ke Nyokap cuma karena flashdisk gue kebuang, ya marah sih marah cuma gak harus kan ya gue bentak nyokap gue. maaf ya Bu.. dosa gue pasti banyak banget ke Nyokap, kalo disuruh bilang nanti dulu aja katanya dosa kan? Trus juga kalo bilang 'ah' dosa..
Gue cuma manusia , gak akan luput dari kesalahan kan? Maka dari itu, mulai sekarang, gue berusaha bahagiain nyokap gue, gue harus bisa bikin nyokap gue nanti bangga dengan kesuksesan gue, aaaaamiiiinnnn..


Buat orang orang yang udah ditinggal nyokapnya pergi duluan ke surga sabar ya, tetep doain nyokapnya, rajin sholat atau beribadah, sering sering ke makamnya bacain yasin :) , karena pahala anak yang berbakti sama orang tuanya gak akan putus :D

Beberapa foto foto tentang nyokap :




Ibu selain jadi orang tua bisa jadi sahabat buat kita, bisa jadi  temen curhat, coba sesekali kalian curhat soal pacar ke nyokap.. Nyokap juga siap kok dengerin nya, kalian putus dari pacar coba curhat ke nyokap juga.. paling juga suruh cari pacar lagi, kayak gue. ahahaha..




ini nih foto Nyokap gue, cantik kan? agak narsis juga ya

nyokap begitu perhatian lewat sms



Udah ya segitu aja tulisan gue tentang nyokap, di hari ibu ini kenapa hujan gak berhenti berhenti ya, bikin gue makin mellow aja deh..


Sesungguhnya suara yang terindah itu adalah omelan dari orang tua, gue lupa pernah baca tulisan itu di mana. gue malah sedih udah jarang di omelin sama nyokap.. Kadang kita bilang kalo nyokap itu bawel, berisik banget, emang kalian tau arti sebenernya beliau ngomelin itu apa? itu tanda sayang beliau ke kita..

Dan cepat atau lambat nyokap bakal ninggalin kita, entah kita duluan yang ninggalin juga gak ada yang tau, maka dari itu berbaktilah dan jangan durhaka, karena surga di telapak kaki Ibu.. sampe sekarang belom pindah kan ke telapak kaki ayah?

SELAMAT HARI IBU UNTUK PARA IBU-IBU YANG LUAR BIASA, KALIAN SEMUA ADALAH MALAIKAT TANPA SAYAP ! BERHATI LEMBUT, DAN JUGA BERHATI BAJA !

Yang repot ngurusin rumah tangga, sibuk masakin kalian, ngasih uang jajan, bikin anggaran belanja bulanan, semua hal-hal yang hanya ibu yang sanggup melakukan ya.. :) Mungkin cuma sebuah tulisan curhatan gak jelas yang bisa gue kasih sebagai tanda sayang gue ke nyokap di hari ibu ini. tapi gue juga bakal berusaha jadi anak yang baik, dan buat bangga orang tuanya.

Semua jerih payah yang udah nyokap kasih ke gue, harus gue inget selalu, dan doa nyokap gue selalu gue butuhkan buat mengejar mimpi mimpi gue.. Doakan anakmu ini mak supaya sukses yaa :')
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

3 comments

  1. wah terharu, mau futsal aja sampe diperhatiin gitu. semoga Ibu kita semua sehat-sehat selalu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya, Rabb. Iya, ibuku memang begitu perhatian. :D

      Delete
  2. wahhh, kerenn. btw erte yang gambarnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.