Hidup Adalah Pilihan

No Comments
Hidup adalah pilihan itu judul artikel pertama gue, 



Motto hidup gue tuh : HIDUP ADALAH PILIHAN, DAN MENIKMATINYA DENGAN MENJALANI HIDUP SANTAI TAPI PASTI.



Dalam hidup, kita tentu hidup berdampingan satu sama lain, karena manusia adalah makhluk sosial. Hidup di dunia tuh cuma sementara, setelah itu kita hidup di akhirat. Soal hidup, kita tuh harus memilih, gue yang memilih ! bukan elo ! dia, ataupun mereka


Hidup tuh cuma sekali, gausah diambil pusing, jangan dibawa beban, nikmatin tiap – tiap detik, menit, jam, hari, bulan, semester, tahun dalam hidup ini. Syukuri apa aja yang ada, syukuri yang kalian punya, yang kalian miliki sekarang. Apa yang kalian punya belom tentu orang lain miliki, entah itu kekayaan, keterampilan, kecantikan atau ketampanan. Apapun itu sifat atau bentuknya, kalian harus bangga sama apa yang kalian punya, enggak perlu iri sama orang lain. 

Contohnya : kalian hidup dengan kesederhanaan, gak kaya, lo juga gak cakep. Tapi misalkan kalian punya bakat seperti suara nya punya tekhnik vocal yang baik, jago maen keyboard, jago ngelawak dll. Kalian punya keistimewaan yang orang lain belom tentu punya. Emang sih kalian itu enggak punya harta atau barang – barang mewah gitu. Tapi kalian masih punya harta yang berharga, yaitu KELUARGA


Kadang ada, orang yang tajir, tapi keluarganya berantakan, enggak sebahagia yang kalian miliki. Manusia gak ada yang sempurna kan? Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Manusia punya kekurangan, dan kelebihan. Intinya sih bersyukur. Hehe :D

Disini gue mau cerita tentang kehidupan. Hidup ini pasti enggak jauh dari uang, buat bertahan hidup pasti butuh uang. Uang uang uang, kenapa selalu uang? Di jaman sekarang uang harus di dapatkan, enggak kayak dulu. Masih ada sistem barter, haha dulu banget itumah. Bagaimanapun caranya uang harus di peroleh, entah dengan cara halal ataupun haram. Ada yang dengan cara bekerja keras selama 1 bulan baru nerima gaji, ada yang nyopet, atau ngerampok. Ada pula yang tinggal duduk nyantai menikmati hasil korupsi.

Gatau deh gue pokoknya, bingung sama uang, tapi uang juga yang buat gue ngebeli makanan atau minuman, trus biaya sekolah, beli handphone trus pulsanya, biaya internetan, pacaran pun juga butuh biaya. Itu semua pasti pake uang kan? Tapi apa dengan uang kita bisa selalu bahagia? Belom tentu kan? Bagi gue, bahagia tuh sederhana. Walaupun gue enggak punya banyak uang, uang hanya seadanya. Itu pun kalo lagi belom dapet kerjaan masih minta sama orang tua, belom mandiri seutuhnya.
Ya alhamdulillah sih udah belajar mandiri, jadi cuma numpang makan tidur, soal biaya biaya kuliah udah gue bayar sendiri, kalo belom ada uang minjem dulu sama orangtua baru nanti gajian di ganti..

Dan,
Bagi gue bahagia tuh, masih punya keluarga yang utuh, masih punya sahabat yang baik sama gue, punya pacar yang sayang dan bisa terima gue apa adanya. Itu udah cukup buat gue bahagia..

ada juga lirik lagu yg kayak gini : hati senang walaupun tak punya uang. Buat apa hidup bergelimang harta, tapi hidup kalian tuh enggak bahagia, jadi uang belom bisa ngejamin kebahagiaan, itu bahagia menurut versi gue. Gatau yang lain gimana? Pendapat masing – masing, hehe yang terpenting selalu syukuri rezeki yang Allah kasih, kalian bakal bahagia.



Hidup di Jakarta keras bos ! apa – apa uang, parkir bayar, mau buang air kecil atau besar pun bayar. Mungkin kalo udah bener – bener gila, nafas pun di suruh bayar hahaha. Nyari kerjaan di jaman sekarang susah, lihat aja banyak pengangguran di mana mana berserakan ( termasuk gue ) tapi gue masih bersyukur, masih bisa makan, walaupun seadanya, indomie, telor, tahu, tempe, mau makan ayam aja baru bisa telornya doang. Hahaha sederhana banget, tapi gue ga boleh nengok keatas seperti orang – orang tajir, mau makan ke restoran, makan seharga ratusan ribu. Mending gue ke warteg, goceng juga udah enak, haha. Kalo nengok ke atas hidup gak akan ada puasnya. Coba kalian nengok ke bawah, demi buat makan, ia rela menengadahkan tangan nya, mengemis dari tiap rumah ke rumah lain, ngamen di bus, berbuat kriminal hanya untuk sesuap nasi. Kalian bakalan ngerti apa arti kehidupan, apalagi kalian yang ngerasain kayak gitu.


Kalo kalian beneran masih belom ngerti arti kehidupan, liat daerah sekitar kalian, liat di lampu merah, kolong jembatan. Masih ada gak yang lebih membutuhkan ketimbang kalian? Masih banyak kan? kalian masih beruntung. Bersyukur masih bisa sekolah, makan 3x sehari . ada orang di luar sana, gak berpendidikan, jangankan buat sekolah, mau makan aja 1x sehari itu di cukup cukupin. Ada juga kan pengemis yang bilang, pak minta pak, 3 hari belom makan pak. Kasihan kan?

Buka mata hati kalian, rasain jadi mereka. Kalo ada uang lebih ya di amalin, sedekahin kepada yang kurang mampu, ke kaum duafa, apalagi anak yatim piatu. Itu juga buat bekal nanti di akhirat.

Ngomong ngomong soal akhirat, setelah hidup di dunia yang fana ini, kita bakal kekal di akhirat. Kalo amalan kalian baik ya masuk surga, kalo sebaliknya, amalan kalian buruk ya kalian masuk neraka. Gue agak heran, gue bisa berkata demikian. Tapi gue sendiri belom ngejalanin perintah – perintah Nya. Masih jarang ngelaksanain nya, begitu pun larangan Nya, sering gue langgar. Di hati ini udah ngerasa, tapi apa daya diri ini masih belom sanggup melaksanakan. Ngomong itu gampang ya? Tapi ngelakuin nya susah kan? Tapi mau gimana pun, kita semua harus punya komitmen. Gue harus ngelakuin nya, gue pasti bisa.. *Yoga lagi bijak*

Begitulah kira kira kalo lagi punya semangat, tekad yang kuat. Gue bisa kok, hehe. Hidup ini indah ya? Apalagi dijalani dengan cinta, tapi gatau kenapa , masih banyak orang yang sakit hati karena cinta. Soal cinta, cinta tuh luas, gak sempit kayak yang kalian kira. Jangan nganggep cinta tuh cuma ke lawan jenis aja. Cinta sama Allah dan Rasulnya, cinta sama orang tua kalian, sama anak-anak kalian, sama sahabat-sahabat kalian, cinta sama lingkungan sekitar, cinta sama pekerjaan. Kalo kalian udah ngerti arti cinta, hidup kalian bakalan indah bro !

Pasti pada gamau kan, kehilangan orang orang yang kalian cinta ? entah orang tua, sahabat, pacar atau apalah yang lo sayang, begitu juga kehilangan pekerjaan. Kalian juga harus bisa cinta sama lingkungan sekitar, bersihin lingkungan rumah tempat tinggal kalian, jaga kebersihan dengan kerja bakti setiap hari minggu, terus buat penghijauan tanam pohon, jaga kelestarian hewan yang sudah langka, jangan malah di rusak habitatnya. Hutan malah pada di tebangin. Kalo ada bencana alam, manusia sendiri kan yang kena akibat ulahnya? Begitulah manusia jaman sekarang, kurang perduli sama alam sekitar.


Cinta sama pekerjaan pun perlu, percuma deh kerja di kantoran, jadi manager, penghasilan gede tapi ga cinta sama pekerjaan, lama lama bisa bangkrut tuh perusahaan. Apapun pekerjaan nya, kalian harus cintai tuh kerjaan. Tapi pekerjaan yang halal yaa, seharusnya kalian bersyukur masih bisa kerja, masih bisa cari uang halal dari kerja keras kalian sendiri. Apapun itu, jika didasari dengan cinta pasti bakalan indah.

Balik lagi soal pacaran, atau lebih tepatnya cinta ke lawan jenis, tapi kenapa masih banyak yang sakit hati karena cinta yang indah ini, yang gak bisa di jelaskan lewat kata-kata ataupun bahasa. Berulang kali patah hati karena pacaran, banyak sekarang yang tiap hari galau. Apasih yang digalauin ? mengapa anda galau? Galau karena gak punya pacar? Ya carilah, gak dapet juga? Terus usaha sama doa, dan sisanya serahin sama Allah. Galau karena baru putus sama pacar? Wajar karena masih sayang dan belom bisa ngelupain mantan. Tapi kalo yang udah putus berbulan bulan dan masih belom bisa move on itu gak wajar deh. Karena, sejatinya jatuh cinta itu harus siap juga buat patah hati. Emang sih gak gampang buat dapet cinta sejati, butuh proses yang lama. Sakit hati itu semakin membuat dewasa dan semakin dekat dengan cinta sejati.. Proses adaptasi dengan banyak cewek atau cowok yang sekiranya cocok sama kalian, sampe kalian ngerasa nyaman dan ngejalanin nya dengan bahagia.



Terkadang yang kita kira pertama cocok, ternyata akhirnya gak cocok atau bukan jodoh. Kalian udah pacaran bertahun tahun, eh pas udah mau nikah gak di restuin. Jadi ternyata bukan jodoh tuh.


Kalo menurut gue sih, jalanin aja yang sekarang, soal kedepan nya ya urusan yang ngejalanin. Mau ke tahap pernikahan atau kandas di tengah jalan. Kita kan gak ada yang tau, sekarang udah yakin banget, pacar kalian itu yang kelak jadi jodoh kalian, kalo tau tau besok putus gimana? Atau pacar kalian meninggal entah karena kecelakaan apa emang udah waktunya dia pergi. Kita ga akan tau, Allah udah ngatur soal jodoh, ya memang kita yang memilih, dan Allah yang ngerestuin.

Yang terpenting kalian punya komitmen dulu sama pacar kalian, kalo udah siap minta restu sama orang tua, jangan lupa buat berdoa. Gak perlu lebay deh, bilang gue cinta mati sama lo, atau gue ga bisa hidup tanpa lo. Bodoh banget bilang kayak gitu, coba misalkan kalian putus, apa kalian mati? Kalian masih bisa ngejalanin hidup dengan single, cari pasangan lain. Mati satu tumbuh seribu ! jangan takut buat move on, itu tandanya dia bukan yang terbaik buat kita, masih ada rencana Allah yang lebih baik, kita pasti dapet yang lebih baik.

Percaya deh, tapi kita juga harus intropeksi diri, kita baik dapet baik, kalo buruk ya dapet buruk. Coba kita mikir, kesalahan apa sampe kalian bisa di tinggalin atau di putusin, pasti ada kesalahan di kitanya. Kalo kita gak merasa salah, ya mungkin dianya udah bosen sama hubungan yang di jalanin. Dalam berhubungan, pasangan harus bisa menciptakan rasa nyaman dan ngehilangin rasa bosan itu baru di sebut sebuah hubungan. Hehe






Hubungan tanpa berantem juga rasanya seperti sayur tanpa garam, tapi kalo berantemnya lebih sering kayaknya gak cocok tuh, buruan putusin cari yang lain. Tapi inget inget kalo mau putus, gimana awal saat kalian pdkt, saat kalian nembak atau di tembak, berjuang demi jadian. Itu semuanya indah, masa di akhiri dengan berpisah? Salah satu dari pasangan harus bersikap dewasa dan mau mengalah demi menjamin suatu hubungan yang harmonis, tapi kalo pasangan kalian egois, kalian mesti tegas. Hubungan tuh di jalanin berdua bukan dengan ego masing masing. Dan buat nyari pasangan hidup atau bisa di sebut calon istri/suami, kita harus milih yang menurut hati nurani, jangan ada keterpaksaan, jangan sampe nyesel di kemudian hari , karena dia kelak yang akan menemani elo sampe akhir hayat. Itu aja sih menurut gue arti cinta, gatau pendapat yang lain. Yang sudah ahli soal percintaan. Haahaa






Tadi pacar udah, sekarang sahabat, sekarang nyari sahabat jangan asal pilih, kadang yang kita kira baik ternyata nusuk dari belakang. Temen tuh beda sama sahabat, temen yang jahat biasanya dateng pas cuma kita lagi seneng doang, beda banget sama sahabat. Sahabat itu bakal ngebantuin kalian, nemenin kalian dalam suka maupun duka. Sahabat yang baik gak akan ngedeketin kalian cuma karena ada maunya doang. Dia pasti sungguh sungguh kalo mau bersahabat. Bisa jaga kepercayaan, tempat curhat, dan masih banyak yang lain. Sahabat bisa juga dibilang seperti keluarga, tapi bedalah sahabat sama keluarga.


'Keluarga adalah saudara yang di takdirkan oleh Allah. Sedangkan Sahabat itu adalah saudara yang kita pilih sendiri !'


HIDUP ADALAH PILIHAN, LIFE IS CHOICE, semuanya dari pacar, sahabat, sekolah, universitas, pekerjaan, perilaku itu harus milih. Kalian mau milih pacar yang type apa, milih sahabat yang kayak gimana, sekolah dimana, universitas apa, fakultas apa, pekerjaan yang kalian suka apa, perilaku kalian baik atau buruk pun harus milih. Mau jadi orang baik apa orang jahat? Itu tergantung sama pilihan diri kalian sendiri, emang sih terkadang kita terpaksa buat milih, gak sesuai sama hati nurani atau kalian milih karena di pengaruhi keluarga, teman, pacar atau terpengaruh apa gitu. Sampe sampe kalian kadang di paksa buat milih karena keadaan. Semua keputusan ada di diri sendiri, mau pilih yang mana, inti dari semuanya tuh sama. Semua berdasarkan pilihan. Sesuai sama judul artikel gue, HIDUP ADALAH PILIHAN.

Semoga artikel ini bermanfaat ya buat yang ngebaca, makasih kalo yang udah sempet baca, ngeluangin waktu buat artikel gue. Mohon kritik dan saran ya. Terima kasih, sekian dari gue.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca.

Berkomentarlah sebelum berkomentar itu dilarang, mumpung gratis kan....

Karena sebuah komentar itu memotivasi seorang blogger untuk lebih giat lagi menulis. Jadi, jangan ragu meninggalkan komentar saat membaca tulisan ini.